100+ Contoh Soal USBN/USP PKN SMA/SMK Beserta Jawabannya (Kurikulum 2013 + KTSP)

100+ Contoh Soal USBN/USP PKN SMA/MA/SMK/MAK beserta jawabannya tulisan ini, berisikan kumpulan materi soal-soal unit satuan pendidikan/ujian akhir bagi siswa SMA tahun-tahun sebelumnya, tahun ajaran 2017/2018, dan 2019/2020. Tentunya sangat cocok dijadikan referensi latihan belajar online siswa SMA/Sederajat sebelum menghadapi ujian akhir tahun 2021 kelas 12 yang sebenarnya. Karena biasanya materi soal yang keluar, tidak jauh dari tahun lalu/sebelumnya, dan banyak kemiripan soal antara Paket A/B/C, Utama/Pengganti/Cadangan. Paket 1/2/3 apapun istilahnya, tetapi sejauh pengamatan admin soalnya tidak jauh dari kisi-kisi USP Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. 

Sebagai informasi, sebelumnya admin telah mempublish 135 buitr soal USBN kewarganergaraan kurikulum 2013 dan KTSP , yang bisa anda baca pada postingan 45 butir soal USBN PKN K13 beserta jawaban, lalu 90 soal USBN KTSP (paket 1 dan 2), yang bisa anda pada tulisan: kumpulan soal-soal USBN SMA dan kunci jawaban

Dan yang sekarang anda baca ini, berisikan 45 butir soal (40 PG+5 essay/uraian) berisikan soal-soal USBN kewarganegaraan tahun 2019/2020. 

Dengan demikian ada sekitar 100+ (lebih tepatnya 180 soal USP/USBN)

Berikut dibawah ini soal USP/USBN Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dilengkapi kunci jawaban dengan pertanyaan dimulai dari nomor 1.

1. Pembukaan Undang Undang Dasar Negara RI Tahun 1945 berkedudukan lebih tinggi dari Batang Tubuh (Pasal-Pasal) dan merupakan Pokok Kaidah Negara Fundamental, karena memuat berbagai unsur mutlak atau pokok yang sangat diperlukan dalam kehidupan bernegara antara lain….
A.sistem politik negara.
B.pandangan hidup bangsa.
C.asas politik negara yaitu kedaulatan rakyat.
D.tatanan kehidupan sosio budaya bangsa Indonesia.
E.sistem kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
Jawaban: B

2.Salah satu bentuk pengamalan yang terkandung dari pokok pikiran Pembukaan UUD Negara RI Tahun 1945 alinea ke-3 adalah….
A.tidak melakukan diskriminasi dengan bersikap merendahkan harkat orang lain
B.mendukung terwujudnya sistem pemerintahan negara berdasarkan kedaulatan rakyat
C.keteguhan bangsa Indonesia dalam membela kemerdekaan melawan penjajah dalam segala bentuk
D.belajar dengan tekun sebagai dukungan untuk terwujudnya tujuan negara, mencerdaskan kehidupan bangsa
E.memahami bahwa kemerdekaan bukanlah akhir perjuangan, tetapi harus di isi dengan mewujudkan negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur
Jawaban: C

3.Pancasila sebagai ideologi terbuka mengandung nilai-nilai yang mampu beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman dengan tetap mempertahankan nilai-nilai dasarnya, hal ini mengandung makna bahwa nilai-nilai dasar Pancasila harus tetap dipertahankan karena kalau sampai berubah Pancasila menjadi tidak berarti. Yang dimaksud dengan nilai-nilai dasar Pancasila adalah….
A.Ketuhanan menurut dasar kemanusian yang adil dan beradab.
B.Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan, dan Keadilan.
C.Toleransi antarumat beragama dan kepercayaan terhadap Tuhah YME.
D.Kemanusiaan yang adil dan beradab mengutamakan persatuan Indonesia.
E.Ketuhanan, keberadaban, persatuan Indonesia, kerakyatan, dan keadailan sosial.
Jawaban: D

4.Pancasila sebagai sumber nilai memiliki makna….
A.konsensus mayoritas warga negara mewujudkan nilai-nilai dasar Pancasila
B.sikap masyarakat menjadi landasan dalam mengembangkan nilai-nilai Pancasila
C.gagasan tentang nilai-nilai Pancasila ditentukan secara mutlak untuk pedoman hidup
D.nilai kerohanian dalam Pancasila menjadi sumber utama pengamalan bagi generasi muda
E.seluruh tatanan kehidupan masyarakat, bangsa dan negara menggunakan Pancasila
Jawaban: A

5.Pembukaan UUD Negara RI Tahun 1945 sebagai tertib hukum tertinggi di dalamnya memuat tujuan nasional yang akan diwujudkan oleh setiap pemegang kekuasaan. Tujuan nasional Indonesia yang terkait dengan upaya penegakkan hukum tanpa pandang bulu bagi siapa saja yang bersalah adalah….
A.melindungi segenap bangsa indonesia.
B.memajukan kesejahteraan umum.
C.mencerdaskan kehidupan bangsa.
D.menciptakan ketertiban umum.
E.ikut melaksanakan ketertiban dunia.
Jawaban: B

6.Amandemen UUD Negara RI Tahun 1945 merupakan agenda reformasi di bidang hukum dan salah satu hasilnya adalah berubahnya ketentuan pasal 1 ayat (2) yaitu Kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan sepenuhnya oleh MPR berubah menjadi Kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut UUD. Konsekuensi atau akibat dari amandemen pasal tersebut adalah….
A.MPR sebagai lembaga tertinggi negara.
B.Presiden pemegang kekuasaan pemerintahan menurut UUD.
C.keanggotaan MPR terdiri dari anggota DPR dan anggota DPD.
D.Presiden tidak lagi dipilih oleh MPR tetapi oleh rakyat secara langsung.
E.Presiden memiliki tugas dan kewenangan eksekutif dan legislatif dalam pemerintahan.
Jawaban: C

7.Berikut ini yang merupakan salah satu kewenangan Mahkamah Agung, yaitu ….
A.memberikan pertimbangan hukum kepada Presiden dalam pemberian ataupun penolakan grasi
B.memeriksa dan memutus perkara tingkat pertama dan terakhir yang bersifat final dan meningkat
C.mengeksekusi pihak–pihak yang kalah dalam berperkara di pengadilan negeri dan pengadilan tinggi
D.memeriksa dan memutus perselisihan hasil pemilihan Presiden/wakil Presiden secara langsung
E.memeriksa dan memutus perselisihan antarlembaga yang tidak dapat diganggu gugat
Jawaban: A

8.Perhatikan contoh peristiwa berikut?
Tiba-tiba seorang ibu menyerobot lampu merah di traffic light dan hampir saja terjadi kecelakaan. Spontan seorang polisi mengejar pengendara tersebut dan diberhentikan kemudian diminta menunjukkan surat-surat kendaraan termasuk SIM dan ditunjukkan kesalahannya. Ternyata ibu tersebut adalah istrinya sendiri. Mohon maaf saya menilang anda karena telah melakukan kesalahan dalam berlalu lintas melanggar ramburambu dan membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang lain, begitu polisi itu berkata. Dan si ibu itu hanya menunjukkan muka kecewa dan sedih tetapi tidak dapat berkata-kata.
Dari kutipan peristiwa tersebut di atas menunjukkan ….
A.hukum tanpa pandang bulu.
B.keputusan hukum yang tidak manusiawi.
C.hukum itu bebas dan tetapi tidak mandiri.
D.hukum itu tidak adil karena telah menindak istri sendiri.
E.hukum adalah hukum harus mengesampingkan unsur yuridis.
Jawaban: E

9.Kasus korupsi yang banyak menimpa para pejabat negara merupakan indikasi masih lemahnya integritas para penyelenggara pemerintahan sebagai abdi negara dan masyarakat. Di bawah ini beberapa lembaga hukum yang menangani kasus korupsi pejabat negara antara lain KPK. Hasil penyelidikan KPK dalam kasus korupsi pejabat diserahkan kepada….
A.pengadilan negeri.
B.peradilan negeri.
C.pengadilan tipikor.
D.peradilan ad hoc.
E.pengadilan tinggi.
Jawaban: B

10.Konstitusi di Indonesia dijadikan sebagai alat untuk melaksanakan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Dilihat dari sejauh mana tanggapan masyarakat terhadap konstitusi yang dibuat oleh Negara maka ada tiga nilai,sedangkan nilai yang sesuai dengan kontek diatas yaitu:
A.nilai normatif
B.nilai spiritual
C.nilai materiel
D.nilai estetika
E.nilai religi
Jawaban: D

11.Budi merupakan anak dari keluarga kaya raya akan tetapi hal ini tidak membuatnya menjadi sombong. Karena budi menyadari bahwa setiap orang memiliki hak dan kewajiban yang sama. Hal diatas merupakan contoh sikap dari sila ke….
A.Sila ke-1
B.Sila ke-2
C.Sila ke-3
D.Sula ke-4
E.Sila ke-5
Jawaban: A

12.Pelanggaran HAM yang berbentuk kejahatan seperti penganiayaan, mencemarkan nama baik atau pemukulan seharusnya tidak perlu terjadi apabila setiap orang sudah mengerti tentang HAM. Berdasarkan hal tersebut di atas, diperlukan upaya untuk memahami pentingnya penghormatan, perlindungan dan penegakan HAM, dalam rangka….
A.melindungi hak-hak minoritas warga negara
B.mendukung hak-hak mayoritas warga negara
C.menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat
D.melindungi hak setiap orang didalam masyarakat
E.memajukan pergaulan dalam hubungan Internasional
Jawaban: C

13.Negara Indonesia adalah Negara Hukum terbukti setiap pelanggaran ada konsekuensinya.Hukum yang mengatur tentang Hak Asasi Manusia di Indonesia tertera pada ketetapan MPR Republik Indonesia No….
A.XVI/MPRI/1998 Tentang HAM
B.XVII/MPRI/1998 Tentang HAM
C.XVII/MPRI/1999 Tentang HAM
D.XVIII/MPRI/1998 Tentang HAM
E.XVIII/MPRI/1999 Tentang HAM
Jawaban: E

14.Setelah melalui penyelidikan dan penyidikan tentang kasus pelanggaran HAM ,maka selanjutnya itu merupakan tugas dan wewenang Pengadilan HAM untuk memeriksa dan memutus jenis perkara Pelanggaran HAM….
A.yang dilakukan oleh negara
B.berat dan ringan
C.internasional
D.yang ringan
E.yang berat
Jawaban: B

15.Hak yang diprioritaskan dalam pengaturan Hak dan Kewajiban yang terdapat dalam Peraturan Perundang undangan adalah hak….
A.Melaksanakan kewajiban secara tegas
B.Tata cara dalam melakukan kewajiban
C.Pelaksanaan hak yang terorganisir
D.Kesetaraan antara warga Negara
E.Pemberian hak yang adil
Jawaban: D

Baca juga kumpulan soal-soal PKN lainnya di Umar-danny.blogspot.com:
35 Contoh Soal UTS/PTS PKN Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban
Contoh Soal dengan Jawaban PKN Kelas 10 Semester 2
Contoh Soal dengan Jawaban PKN Kelas 12 Semester 2

16.Kerja sama internasional antarnegara penting sebagai konsekuensi menjadi bagian dari masyarakat Internasional agar…..
A.terjaminnya persatuan dan persaudaraan antarnegara
B.terpenuhinya kebutuhan dalam negeri masing – masing
C.setiap negara menempatkan perwakilannya di negara lain
D.konflik politik yang terjadi antarnegara ini bisa di minimalisir
E.terjaminnya kesejahteraan para warga negaranya masing-masing
Jawaban: B

17.Dalam kehidupan sehari-hari, semua orang selalu melakukan hak dan kewajiban sesuai dengan pihaknya. Namun ada beberapa yang melalaikan hak dan kewajiban itu. Agar Indonesia menjadi lebih baik dalam melakukan hak dan kewajiban dengan baik, maka langkah yang paling tepat untuk dilakukan adalah….
A.Mempertegas pihak yang berwajib
B.Menetapkan undang-undang yang lebih tegas dan tanpa pandang bulu
C.Melakukan penegasan terhadap pelaku pelanggaran hak dan kewajiban
D.Menanamkan kesadaran pada semua orang akan pentingnya melakukan hak dan kewajiban dengan baik dan benar
E.Memperbaiki susunan kepemimpinan negara dari pusat hingga daerah agar menjadi lebih baik dan benar serta tegas. Dan memperbaiki susunan masyarakat yang saling berkelompok
Jawaban: C

18.Diawal tahun 2017 Indonesia mendapat pemimpin negara Arab Saudi yaitu Raja Salman. Kedatangan beliau tidak hanya ingin mengunjungi Indonesia tetapi ingin menjalin kerjasama di berbagai bidang terutama ekonomi. Kerjasama yang dilakukan oleh Indonesia dan Arab Saudi termasuk bentuk kerja sama….
A.Kerjasama Internasional
B.Kerjasama Multi Internasional
C.Kerjasama Bilateral
D.Kerjasama Multilateral
E.Kerjasma fungsional.
Jawaban: D

19.Hambatan penegakan HAM di Indonesia sebenarnya bukan karena kurangnya peraturan hukum tentang HAM. Ancaman hukuman berat dalam peraturan hukum tentang HAM Indonesia tidak dapat dilaksanakan akibat….
A.belum adanya lembaga penegak hokum HAM di Indonesia
B.terbunuhnya aktivis HAM Munir
C.masih lemahnya sikap mental aparat penegak hukum
D.tidak adanya pressure dari masyarakat dalam masalah pelanggaran HAM
E.kondisi geografis Indonesia yang berbentuk kepulauan
Jawaban: E

20.Negara Kesatuan Republik Indonesia dibagi atas daerah-daerah provinsi dan daerah provinsi itu dibagi atas kabupaten dan kota, yang tiap-tiap provinsi, kabupaten, dan kota itu mempunyai pemerintahan daerah, yang diatur dalam UUD 1945 pasal….
A.pasal 18 ayat 2
B.pasal 18 ayat 3
C.pasal 18 ayat 1
D.pasal 18 ayat 4
E.pasal 18 ayat 5
Jawaban: B

Lanjut ke soal nomor 21-45 ==> soal USBN PKN SMA tahun 2019/2020

Tinggalkan komentar