135 UTS/PTS Bahasa Indonesia Kelas 10 Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban

135 UTS/PTS Bahasa Indonesia Kelas X Semester Ganjil Kurikulum 2013 Beserta Jawaban postingan ini, berisikan materi soal pilihan b. Indonesia sebagai referensi online siswa SMA/MA/SMK/MAK/Sederajat sebelum menghadapi ujian tengah semester atau penilaian semester yang sebenarnya. Selain itu bagi guru mata pelajaran yang mengampu bidang studi Bahasa Indonesia, kiranya bisa dijadikan acuan dalam pembuatan soal/bank soal. Tulisan yang sedang anda baca ini, berisikan 35 butir soal pilihan ganda, karena materi yang sama (teks laporan hasil observasi dan teks eksposisi) dengan pertanyaan dan jawaban yang berbeda telah admin publish pada 100 soal UTS/PTS bahasa Indonesia kelas 10 semester 1 K13 edisi revisi dengan kunci jawaban (PG + essay/uraian). Jadi, 35 soal ini merupakan soal tambahan yang sangat cocok dijadikan materi dalam pembelajaran.

Selain itu bagi anda yang mencari referensi kelas x semester genap anda bisa membaca postingan admin sebelumnya: 20 Contoh Soal UTS/PTS Bahasa Indonesia Kelas 10 Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban Lengkap, yang berisikan materi soal bahasa Indonesia kelas 10 tentang teks negoisasi dan soal b. Indonesia mengenai debat.

Dimulai dari pertanyaan nomor 1, berikut dibawah ini soal bahasa Indonesia dilengkapi kunci jawabannya.

1.Ini merupakan bagian akhir dari sebuah teks eksposisi yang berupa penguatan kembali atas pendapat yang telah ditunjang oleh fakta-fakta dalam bagian argumentasi. Disebut apa struktur teks eksposisi yang dimaksud….
A. Penegasan ulang
B. Contoh
C. Pernyataan pendapat (tesis)
D. Fakta
E. Argumentasi
Jawaban: A

2.Bacalah teks ekposisi berikut!
Berbagai teori dikemukakan untuk mencari latar belakang kematian Merilyn Monroe. Ada yang berpendapat dia diancam oleh mafia. Seorang detektif memperkirakan, Merilyn pernah berhubungan dengan J.F. Kennedy. Dia dibunuh untuk menutupi kejadian yang dapat merusak nama baik tokoh penting AS tersebut.
Teks eksposisi di atas termasuk ke dalam jenis teks eksposisi….
A. Analisis
B. Pertentangan
C. Definisi
D. Berita
E. Proses
Jawaban: A

3.Meutia Hatta, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden mengungkapkan bahwa kurikulum 2013 ini bertujuan untuk membentuk karakter generasi berkualitas, cinta tanah air dan bangsanya. Selain itu kurikulum 2013 juga menitikberatkan peran aktif siswa dalam proses belajar mengajar, sehingga generasi mendatang tetap mempunyai jati diri Bangsa Indonesia dan berkualitas.
Sturktur teks eksposisi pada penggalan teks di atas adalah….
A. Argumentasi berupa para ahli
B. Argumentasi berupa fakta
C. Tesis
D. Pernyataan pendapat
E. Penegasan ulang pendapat
Jawaban: A

4.Tanaman kangkung memerlukan air yang cukup. Kadang-kadang tanaman itu ditanam di sawah, di kolam, dan di kali yang arus airnya tidak deras. Di sela-sela tanaman kangkung, hidup juga ikan. Ikan tidak bisa hidup tanpa air yang cukup karena binatang ini hidupnya tergantung pada air. Tanaman di kolam akan tumbuh subur bila disertai ikan.
Kalimat yang tepat untuk memperbaiki kalimat bercetak miring dalam kutipan teks laporan tersebut adalah….
A. Kangkung dan ikan hidupnya saling bergantung.
B. Kangkung dan ikan sama-sama sebagai tanaman konsumsi.
C. Jadi, kangkung dan ikan sama-sama membutuhkan air dalam hidupnya.
D. Oleh karena itu, kangkung dan ikan harus hidup berdampingan.
E. Ikan akan lebih cepat besar bila ditanam berdampingan dengan kangkung.
Jawaban: C

5.Bacalah kutipan laporan hasil observasi berikut untuk menjawab soal nomor 5 s.d. 6!
(1) Dalam upaya pencegahan pencemaran udara, hutan mampu menangkal polutan gas ataupun butiran padat. (2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa volume udara yang mengandung polusi gas zon sebesar 150 ppm gas ternyata 99% terserap oleh tegukan hutan dalam waktu delapan jam. (3) Komplek industri yang mengeluarkan polutan belerang dioksida di Uni Rusia ternyata berkurang dengan adanya jalur vegetasi kayu selebar 500 m yang mengelilingi kawasan industri tersebut. (4) Tumbuhan berkayu ataupun pohon memang diandalkan dalam penyelamatan keadaan lingkungan seperti tanah, air, dan udara walaupun peran pohon tersebut sebatas pada lingkungan, yang belum akut. (5) Pohon memang tidak akan mampu menetralisasi polusi, terutama pada kawasan industri besar.
Aspek yang dilaporkan pada kutipan laporan hasil observasi tersebut adalah….
A. polutan gas dalam udara
B. kemampuan hutan menangkal polutan gas
C. pencegahan pencemaran hutan
D. upaya pencegahan pencemaran udara
E. populasi gas ozon
Jawaban: B

6.Ringkasan informasi dari teks laporan hasil observasi di atas adalah….
A. Hutan mampu menangkal polutan gas ataupun butiran padat
B. Pencemaran hutan dapat diatasi dengan reboisasi
C. Pohon tidak bisa menetralisasi polusi di kawasan industri
D. Pencemaran udara harus dicegah dengan penanaman hutan kembali
E. Hasil penelitian menunjukkan bahwa volume udara yang mengandung polusi gas zon
Jawaban: A

7.Berikut yang merupakan kalimat kompleks adalah….
A. Hari ini, bapak tidak menghadiri rapat.
B. Pak Amir membawa talas Bogor.
C. Ibu Nina dan Ibu Chintya sedang memasak di dapur.
D. Rudi membaca buku dongeng bersama adiknya.
E. Dwiky sedang bermain.
Jawaban: C

8.Bacalah cuplikan teks hasil observasi berikut!
(1) Setelah dingin, kembali peras-peras daun kemangi. (2) Saring dan simpan air sari kemangi di dalam botol. (3) Agar lebih awet, simpan dalam kulkas. (4) Gunakan dengan bantuan kapas dan oleskan ke seluruh wajah sebelum tidur. (5) Biarkan hingga keesokan paginya.
Kalimat simpleks yang terdapat pada paragraf di atas adalah….
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3, 4, dan 5
D. 1, 3, dan 5
E. 2 dan 4
Jawaban: D

9.Dikarenakan teks laporan hasil observasi merupakan laporan, maka harus menggunakan istilah ilmiah. Hal ini dilakukan untuk….
A. meyakinkan pembaca tentang fakta
B. penggunaan aspek kebahasaan yang tepat
C. meyakinkan pembaca bahwa tulisan tersebut dibuat dengan menyertakan ilmu pengetahuan
D. menilai suatu karya ilmiah
E. mengetahui makna yang terkandung dalam teks tersebut
Jawaban: C

10.Berikut ini termasuk ciri-ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi, kecuali….
A. adanya frasa/kelompok kata
B. adanya konjungsi
C. adanya kata baru
D. menggunakan berbagai istilah
E. persamaan kata/sinonim
Jawaban: C

11.Padatnya jadwal pelajaran di sekolah menyebabkan aktivitas siswa untuk belajar tari tradisional di luar jam sekolah semakin sulit. Meski demikian, tari Remo, salah satu ikon produk seni dan budaya Jawa Timur, masih diminati anak-anak untuk belajar tari Remo, “kata Dini Ariati, pemimpin sanggar tari Remo, “Laboratorium Remo” di sela-sela pembukaan Festival Budaya di Surabaya, Kamis (31/5).
Judul yang tepat untuk wacana eksposisi di atas adalah….
A. Festival Budaya di Surabaya
B. Tari Remo Masih Diminati Anak-anak
C. Tari Remo sebagai Seni Budaya Jawa Timur
D. Ikon Budaya Jawa Timur
E. Belajar Tari Remo
Jawaban: C

12.Perhatikan teks eksposisi berikut!
(1) Struktur bahasa akan memengaruhi pembentukan budaya serta tingkah laku. (2) Demikianlah teori yang pernah disampaikan oleh Sapir-Whorf. (3) Satu contoh yang pernah penulis temukan adalah mengenai perbedaan struktur bahasa jerman dengan bahasa Indonesia. (4) Dalam banyak hal, struktur kalimat kompleks bahasa Jerman menekankan posisi predikat ada pada bagian akhir kalimat. (5) Jika kita ingin membentuk kalimat saya mau meminum kopi di kafe dalam bahasa Jerman, bentuk yang muncul adalah Ich moechte im kaffee einen kaffee trinken. (6) Bentuk kata trinken ‘meminum’ muncul pada bagian akhir kalimat. (7) Proses seperti ini ternyata berpengaruh pada cara orang Jerman yang selalu berusaha untuk tidak memotong pembicaraan saat berkomunikasi antarsesama. (8) Inilah satu alasan yang menunjukkan bahwa benarlah bahasa bisa memengaruhi budaya masyarakatnya.
Kalimat yang menunjukkan letak bagian argumen muncul pada nomor….
A. 3, 4, dan 5
B. 2, 5, dan 6
C. 1, 3, dan 4
D. 2, 3, dan 5
E. 2, 7, dan 8
Jawaban: A

13.Bacalah wacana berikut dengan cermat!
Pemakaian batubara di negara kita hingga saat ini masih terbatas hanya pada PLTU dan pabrik semen. Teknologi pengolahan dan kualitas batubara yang dimiliki bisa dikatakan masih rendah. Selain itu, masalah dana juga sangat terbatas. Di negara-negara maju, batubara sudah bisa diolah menjadi sumber energi. Di samping itu, dengan teknologi tinggi, batubara sudah bisa menghasilkan bahan baku industri kimia berupa gas sintetis.
Berikut ini yang bukan merupakan rincian gagasan yang dikemukakan pada wacana di atas adalah….
A. teknologi pengolahan batubara masih rendah
B. kualitas batubara masih rendah
C. batubara menjadi sumber energi
D. batubara bahan baku industri kimia
E. pemakaian batubara masih terbatas
Jawaban: C

14.Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
tenaga kerja yang menjadi andalan pada masa pembangunan ini adalah tenaga kerja yang memiliki profesionalisme, mandiri, dan kreatif. Namun, kenyataannya perbandingan penawaran tenaga kerja lebih besar daripada lapangan kerja yang tersedia. Seharusnya sejak pendidikan formal di SD, anak didik sudah diarahkan….
Kalimat yang tepat untuk melanjutkan paragraf di atas adalah….
A. untuk masuk ke sekolah yang jenjang pendidikannnya lebih terarah
B. untuk menjadi calon tenaga kerja yang bersedia ditempatkan di dalam dan luar negeri
C. untuk menjadi manusia terampil, ahli di bidangnya, dan mampu menciptakan lapangan kerja baru, sehingga mereka menjadi manusia mandiri
D. ke arah yang lebih baik lagi
E. untuk menjadi pekerja yang tidak materialistis
Jawaban: C

15.Bacalah paragraf berikut dengan baik!
1) Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini berlangsung sangat cepat. Perkembangan juga terasa dalam bidang telekomunikasi. 2) Telepon bukan lagi barang mewah. 3) Bahkan telepon genggam pun sudah dimiliki oleh hampir semua orang, karena komunikasi dan informasi merupakan hal yang diperlukan oleh setiap individu. 4) Bahkan, mungkin kini sudah menjadi kebutuhan primer….
Kalimat yang paling tepat untuk simpulan teks eksposisi tersebut adalah….
A. Hal itu menandakan bahwa perkembangan teknologi akan maju.
B. Dengan demikian jelaslah, betapa besar peranan teknologi komunikasi dalam kehidupan.
C. Oleh karena itu, manfaatkanlah perkembangan teknologi dengan baik.
D. Sehingga teknologi komunikasi menjadi dunia usaha yang diminati.
E. Hal itu membuat kinerja telekomunikasi perlu ditingkatkan.
Jawaban: B

16.Kalimat utama : Merokok dapat mengganggu kesehatan.
Kalimat penjelas :
(1) Banyak penyakit telah terbukti menjadi akibat buruk dan merokok, baik secara langsung maupun tidak langsung.
(2) Asap rokok dapat menjadi polutan bagi manusia dan lingkungan sekitarnya.
(3) Cukai terbesar untuk pendapatan negara adalah dari produksi rokok.
(4) Kebiasaan merokok bukan saja merugikan perokok, melainkan juga bagi orang di sekitarnya.
(5) Para pengusaha rokok terus bersaing untuk dapat memproduksi rokok yang bebas dari polutan.
Kalimat penjelas yang tidak sesuai dengan kalimat utama teks eksposisi adalah….
A. (2) dan (4)
B. (3) dan (5)
C. (3) dan (4)
D. (3) dan (5)
E. (l) dan (3)
Jawaban: A

Baca juga kumpulan soal-soal b. Indonesia lainnya di umardanny.blogspot.com 2021
Contoh Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban
40 Contoh Soal UTS/PTS Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawaban
– 20 Contoh Soal UTS/PTS Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban Lengkap
– 20 Contoh Soal UTS/PTS Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban Lengkap
– Contoh Soal USP/USBN Bahasa Indonesia dan Kunci Jawabannya

17.1) Merokok berbahaya bagi semua orang. 2) Asap rokok yang kita hirup mengandung racun yang berbahaya. 3) Banyak penyakit yang ditimbulkan asap rokok, misalnya asma atau paru-paru. 4) Asap rokok, merusak tubuh kita secara tidak langsung. 5) Oleh karena itu, kita harus menghindari rokok.
Penegasan dari tesis kutipan teks eksposisi di atas adalah pada kalimat….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
Jawaban: E

18.Isi argumentasi dari teks eksposisi di atas adalah….
A. Asap rokok mengadung racun dan menyebabkan penyakit
B. Rokok berbahaya bagi semua orang
C. Rokok beracun bagi semua orang
D. Rokok menyebabkan asap beracun
E. Kita harus menghindari rokok
Jawaban: A

19.Bacalah kutipan teks eksposisi ini untuk menjawab soal nomor 19 dan 20!
Banyak alasan orang tidak hobi atau tidak suka membaca. Mereka mengganggap kegiatan membaca itu merupakan kegiatan yang menyita waktu sehingga membosankan. Yang paling parah lagi, ada yang mengatakan membaca kurang bermanfaat bagi dirinya. Ada pula yang berpandapat kalau orang hobi membaca akan menjadikannya ia pemalas karena waktu dihabiskan hanya untuk membaca. Banyak juga yang berpendapat membaca juga menimbulkan kejenuhan.
Ide pokok paragraf eksposisi tersebut adalah….
A. Memahami tujuan membaca
B. Pendapat tentang membaca
C. Waktu tersedia untuk membaca.
D. Alasan tidak hobi membaca
E. Kejenuhan dalam membaca
Jawaban: D

20.Berdasarkan struktur isinya, kutipan teks eksposisi tersebut merupakan bagian dari….
A. Urutan peristiwa
B. Tesis
C. Argumen
D. antithesis
E. kesimpulan
Jawaban: B

Lanjut ke soal nomor 21-35 di umar-danny.blogspot.com ==> 135 soal uts/pts b. Indonesia kelas 10 semester 1

Tinggalkan komentar