Skip to main content

Raih Banyak Keuntungan Untuk Pemula Dengan Berternak Hewan-Hewan Ini!

Apakah anda ingin memulai suatu usaha berupa beternak hewan? Apabila kamu memang baru mau menekuni bidang ini, kamu harus memilih jenis hewan yang tepat dan memahami bagaimana cara membudidayakannya.

Beternak hewan memang susah-susah gampang. Untuk itulah kalian harus merencanakannya dengan matang. Dengan begitu, kamu bisa menghemat biaya yang dibutuhkan untuk memulai membangun suatu peternakan dan dapat menekan resiko apabila terjadi kegagalan. Berikut ini adalah rekomendasi untuk membantu kamu dalam memilih hewan ternak yang paling mudah dan lumayan menghasilkan untuk pemula.

Ternak Hewan Yang Cocok Untuk Pemula, Sangat Menguntungkan!

1. Ayam Broiler

Ayam Broiler

Memulai beternak ayam broiler bisa dibilang tidak terlalu sulit dan dapat dimulai dengan modal yang relatif tidak terlalu besar. Kamu bisa memanen ayam broiler hanya dengan 30 sampai 35 hari saja. Biasanya ayam broiler sudah mempunyai bobot mulai dari 1,5 hingga 2 kg. Tetapi banyak konsumen yang lebih menyukai ayam broiler dengan bobot yang kurang dari 1 kg, sehingga kamu bisa memanen ayam lebih cepat.

2. Ayam Kampung

Ayam Kampung

Kalau kamu menginginkan ternak hewan yang tidak pernah sepi, maka ayam kampung bisa menjadi pilihan. Namun harga ayam kampung memang lebih mahal dari pada ayam broiler. Beternak ayam kampung terbilang mudah karena hanya membutuhkan waktu sekitar 60 hari untuk memasuki masa panen. Walaupun membutuhkan model yang lebih banyak tetapi harga jual ayam kamu juga cukup tinggi dengan perawatan yang relatif mudah. Untuk itulah beternak ayam ini nggak cocok untuk pemula.

3. Ayam Petelur

Ayam Petelur

Ayam petelur sudah bisa bertelur bahkan sejak usia 15 sampai 20 minggu dan dapat menghasilkan 1 sampai 3 telur setiap harinya. Nah supaya telur tidak dierami oleh induknya maka kamu harus segera mengambilnya. Jenis ayam petelur akan terus produktif hingga usia 2 sampai 3 tahun, setelah itu baru kalian bisa menjual ayam petelur sebagai pedaging. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan keuntungan sekaligus yaitu dari daging dan juga telurnya.

4. Bebek

Bebek

Hampir sama seperti ayam petelur, dengan membudidayakan bebek, kamu juga bisa memanfaatkan sebagai petelur dan pedaging secara bersamaan. Bebek mulai bisa dipanen sebagai pedaging mulai dari 40 hari. Sedangkan bebek yang bisa bertelur mulai dari usia 5 bulan dan akan terus produktif hinggau usia 2 tahun. Selama masa produktif, 1 ekor bebek mampu menghasilkan 250 sampai 300 telur setiap tahun. Oleh sebab itulah bebek bisa dipilih sebagai hewan ternak yang paling menguntungkan dan mudah dipelihara.

5. Ikan Lele

Ikan Lele

Ikan lele hanya membutuhkan modal yang sedikit dan perawatan yang sangat mudah. Kamu bisa menggunakan lahan yang terbatas sekalipun untuk membudidayakan ikan lele. Bahkan kamu hanya butuh terpal untuk membuat kolam pembesaran ikan. Kamu juga bisa memanen ikan lele dengan waktu yang relatif cepat yaitu mulai dari usia 40 hari.

6. Ikan nila

Ikan Nila

Dengan beternak ikan nila, kamu bisa memasok restoran atau banyak rumah makan. Masa panennya juga dibilang cukup cepat yaitu mulai dari 3 sampai 6 bulan. Yang harus kamu perhatikan untuk beternak ikan lele yaitu kondisi air serta pakan yang pasti akan sangat berpengaruh pada kecepatan waktu panennya. Jadi kamu harus benar-benar memahami cara pembuatan kolam yang tepat dan pemilihan makan yang benar. Selain itu kalian juga harus memilih benih ikan nila yang berkualitas sehingga hasilnya bisa memuaskan.

Demikianlah rekomendasi hewan yang bisa diternak dengan mudah dan cukup menghasilkan bagi pemula. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar