Skip to main content

6 Aroma Ini Bantu Atasi Susah Tidur di Malam Hari

6 Aroma Ini Bantu Atasi Susah Tidur di Malam Hari


MASSE.id - Susah tidur di malam hari adalah masalah yang dialami oleh banyak orang.


Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah menciptakan lingkungan yang mendukung untuk tenang dan tertidur.


Misalnya, mematikan lampu kamar, mengatur suhu ruangan agar terasa sejuk, tidur di tempat yang hening, latihan pernapasan, mematikan ponsel, dan lainnya.


Namun, cara lain yang juga bisa kamu lakukan ketika memiliki masalah susah tidur di malam hari adalah dengan mencium aroma-aroma tertentu.


Faktanya, menurut para pakar aromaterapi, memang ada beberapa aroma yang bisa membuat kita tidur lebih nyaman dan nyenyak.


Berikut beberapa aroma yang diyakini bisa membantumu tidur lebih cepat di malam hari, seperti dihimpun dari sejumlah sumber:


1. Lavender

Kekuatan aroma lavender memang terkenal mampu membantu orang untuk tidur nyenyak.


Aroma ini membagikan molekul yang dapat membuat tubuh rileks dan pikiran lebih tenang.


Aroma lavender juga mendukung pernapasan kita, maksudnya dapat membantu kita bernapas lebih dalam dan tenang.


Kondisi itu membuat kita lebih mudah untuk beristirahat.


Selain menyebarkan aroma minyak esensial lavender, kamu juga bisa menggunakannya dengan cara lain seperti membeli semprotan bantal aroma lavender, minum teh lavender, hingga mandi dengan produk-produk beraroma lavender.


2. Mawar

Penelitian mengungkapkan bahwa aroma mawar dapar secara alami memberikan efek menenangkan dan membantu menurunkan tingkat stres.


Penelitian juga menemukan bahwa aroma ini bisa meningkatkan kemampuan belajar ketika kita tidur.


Jadi, jika kamu punya jadwal presentasi kerja di keesokan harinya, meletakkan buket bunga mawar di samping tempat tidur mungkin bisa membantu otakmu menyerap materi lebih mudah sekaligus menenangkan saraf ketika tidur.


3. Chamomile

Aroma chamomile cukup kuat untuk membantu menenangkan pikiran dan tubuh, inilah yang menjelaskan mengapa teh chamomile sangat cocok untuk diminum sebelum tidur.


Chamomil memiliki sifat anti-peradangan dan anti-spasmodik, jadi akan sangat membantu menenangkan sistem saraf, terutama ketika kita sedang stres.


4. Vanila

Aroma vanila terkenal manjur untuk memberikan efek menenangkan. Kamu juga bisa mencobanya untuk menemani tidur.


Bahkan, seseorang yang mencium aroma vanila saat menyelesaikan tes stres memiliki denyut jantung yang lebih stabil dan angka tekanan darah yang lebih baik daripada orang-orang yang menjalani tes stres di ruangan tanpa pengharum beraroma vanila.


5. Melati

Cobalah meletakkan beberapa kelopal bunga melati yang lembut dan beraroma manis ini di kamar tidurmu dan kamu akan merasakan efek yang cukup mengejutkan.


Orang yang menghirup aroma melati saat mereka tidur diyakini mengalami efisiensi tidur yang lebih baik, pergerakan yang lebih sedikit selama tidur, hingga kualitas tidur yang lebih baik secara keseluruhan.


Bahkan, aroma ini disebut memiliki efek yang lebih kuat daripada lavender.


6. Aroma yang disukai

Terlepas dari jenis aroma yang umumnya membantu menenangkan tubuh dan pikiran, mencium aroma yang membuat seseorang bahagia juga bisa membantu untuk tidur lebih cepat.


Sistem penciuman kita terkait secara langsung dengan pusat emosi di otak.


Jadi, ketika kita mencium sesuatu yang mengembalikan ingatan positif atau membuat kita merasa bersemangat, tubuh akan melepaskan bahan kimia yang membuat kita merasa nyaman dan tenang.


Kondisi itu tentunya dapat meningkatkan kemungkinan untuk tertidur.


Mencium aroma khas pasangan juga bisa membuat kita tertidur lebih cepat, lho.


Dalam studi yang diterbitkan melalui Psychological Science, sebanyak 155 peserta menghabiskan dua malam dengan aroma pasangan mereka dan dua malam dengan aroma yang dikontrol.


Hasilnya, tidur dengan aroma pasangan dapat meningkatkan efisiensi tidur rata-rata lebih dari 2 persen.


Ini sama dengan efek melatonin pada aktivitas tidur itu sendiri.


Jika kamu jauh dari pasangan, tidur bersama pakaian pasanganmu juga bisa membantu tidur lebih nyenyak.


Apapun wewangian yang paling kamu sukai, ada banyak cara yang bisa kamu coba untuk tidur bersama aroma tersebut.


Misalnya, menaruh lilin beraroma dan meletakannya di kamar tidur.


Namun, pastikan meniupnya sebelum kamu tertidur agar tidak menyebabkan kebakaran.


Kamu juga bisa memasukkan beberapa tetes minyak esensial ke dalam botol semprot berisi air, kemudian menyemprotkannya ke bantal sebelum tidur atau menaburkan beberapa tetes pewangi ke saputangan lalu menyelipkannya di bawah bantal.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar