Skip to main content

12 Tempat Wisata di Indonesia yang wajib kamu kunjungi

12 Tempat Wisata di Indonesia yang wajib kamu kunjungi


12 Tempat Wisata di Indonesia yang wajib kamu kunjungi di tahun 2021 ini akan saya rekomendasikan kepada anda yang hobi traveling khususnya di Wilayah Indonesia. 

Pertanyaan mendasar sepanjang dan sejauh apa anda menelusuri tempat wisata/rekreasi di Indonesia? Kamu lebih senang berlibur ke luar negeri atau berkeliling-keliling di negeri sendiri? Dari Sabang sampai Merauke, tempat Wisata di Indonesia seperti bentangan permadani dengan keelokan alamnya yang mengagumkan. Dimulai dari kekayaan alam bawah laut sampai rangkaian pegunungan, Indonesia ialah pemenangnya. Kamu senang pantai? Indonesia mempunyai jejeran pantai yang tidak akan habis kamu telusuri. Kamu senang gunung? Indonesia mempunyai daftar pegunungan yang menanti untuk selekasnya kamu daki.


Tidak cuman kekayaan alamnya yang melimpah, kebudayaan di Indonesia juga benar-benar bermacam. Tiap wilayah mempunyai budaya ciri khas yang jadikan negeri ini makin warna. Masih menyangsikan kekayaan negeri sendiri? Berikut ringkasan 10 tempat rekreasi di Indonesia yang harus kamu datangi:


TOC / Daftar Isi

1. Pulau Komodo

Pantai Pink Pulau Komodo
Pantai Pink Pulau Komodo


Pulau Komodo masuk ke teritori Taman Nasional Komodo bersama beberapa pulau lain di seputar Kepulauan Nusa Tenggara. Di tahun 1986, UNESCO memutuskan tempat rekreasi di Indonesia ini sebagai salah satunya situs peninggalan dunia. Pulau ini dipandang seperti habitat binatang komodo yang harus diproteksi. Salah satunya penghargaan paling tinggi yang sukses dicapai ialah sukses masuk ke barisan tujuh kejaiban alam di dunia atau yang lebih dikenali dengan New Seven Wonders of Nature di tahun 2011.


Tempat rekreasi ini tawarkan keelokan dataran dan alam bawah laut yang mengagumkan. Ada beberapa hal yang dapat kamu kerjakan di sini, dimulai dari trackking, menyelam sampai snorkerling.


Untuk trackking, kamu dapat menelusuri pulau bersama kelompok dan seorang ranger atau pemandu. Diperjalanan, kamu dapat mendapati komodo yang lagi memburu mangsa atau istirahat. Ranger akan memperlengkapi kamu dengan sebuah tongkat yang ujungnya bercabang. Tongkat ini dipercayai bisa lemahkan komodo saat binatang ini mulai serang. Dengan mendesak leher komodo memakai ujung tongkat yang bercabang, binatang ini saat itu juga akan jinak. Penting untuk kamu untuk jaga tiap pergerakan saat berjalan sebab binatang ini benar-benar sensitif pada pergerakan yang mendadak.


Baca juga : Tempat rekreasi referensi terbaik di Indonesia


Menyelam dan snorkeling di perairan Pulau Komodo tidak kalah hebat. Tempat rekreasi ini dikenal juga dengan keelokan alam bawah lautnya dan jadi salah satunya posisi menyelam favorite. Yang memikat kembali ialah ada Pink Beach atau Pantai Merah Muda. Pantai ini adalah dari 7 pantai di dunia yang mempunyai pasir warna kemerahan. Warna ini diperhitungkan berawal dari serpihan koral yang remuk dan bersatu bersama pasir pantai. Saat terserang ombak, warna merah makin nampak terang sebab basah.

Back to Content ↑

2. Trio Gili

Gili Lombok
Gili Lombok


Trio Gili adalah tiga pulau elok yang berada di Lombok. Ke-3 pulau itu diantaranya Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Ke-3 nya tidak cuman dikenali oleh pelancong lokal, tetapi juga sudah sukses mengundang banyak pelancong luar negeri untuk tiba.


Dari ke-3 pulau itu, dapat disebut Gili Trawangan ialah yang terpopuler. Selain ukuran yang lebih luas dibandingkan ke-2 pulau yang lain, di sini sudah berdiri banyak lokasi hiburan seperti bar dan cafe. Ada beberapa aktivitas yang dapat kamu kerjakan di tempat rekreasi ini dimulai dari berjemur, menyelam sampai snorkeling. Yang lebih asyik, kamu bisa juga sewa sepeda atau naik cidomo, kereta kuda seperti delman, untuk berkeliling-keliling pulau.


Walau Gili Trawangan semakin banyak didatangi, tetapi Gili Meno dan Gili Air tidak kalah menarik. Ke-2 pulau ini mempunyai keelokan pantai dan alam bawah laut yang menanti buat kamu telusuri. Situasi ke-2 nya lebih sepi dan tenang hingga pas buat kamu yang ingin terlepas dari keramaian.

Back to Content ↑

3 Raja Ampat

Raja Ampat


Raja Ampat jadi bintang baru di dunia pariwisata Indonesia. Daya tarik tempat rekreasi di Indonesia ini banyak mulai dikenali baik oleh pelancong lokal atau luar negeri. Raja Ampat sendiri adalah kelompok dari beberapa pulau di ujung Papua. Ada empat pulau khusus di sini, yakni Waigeo, Misool, Salawati dan Batanta.


Kekayaan alam bawah laut Raja Ampat tidak perlu disangsikan kembali. Perairan di tempat rekreasi ini dikenali sebagai salah satunya posisi menyelam dan snorkeling terbaik di dunia. Bahkan juga The Nature Conservancy menyebutkan jika seputar 75% biota laut dunia bisa diketemukan di perairan Raja Ampat. Untuk memberikan bukti, silahkan persiapkan perlengakapan menyelam kamu dan mulai menelusuri alam bawah lautnya. Bulan Oktober dan November dikatakan sebagai saat yang terbaik untuk menyelam di sini sebab cuaca dan keadaan perairan benar-benar bagus.


Kecuali menyelam, kamu bisa juga menelusuri keelokan dataran beberapa pulau di Raja Ampat ini. Masyarakat di tempat akan suka hati tawarkan layanan sebagai pemandu. Sepanjang trackking, kamu bisa juga singgah ke beberapa rumah masyarakat dan berhubungan langsung atau beli kerajinan tangan seperti patung suku Asmat dan alat musik tradisionil hasil kreasi mereka sebagai cenderamata. Makin bertambah kembali tempat rekreasi di Indonesia untuk kamu datangi.


Simak juga : Punyai gagasan traveling ? Check dahulu hari liburannya

Back to Content ↑

4. Danau Sentani

Danau Sentani
Tempat Rekreasi di Indonesia - Danau Sentani


Danau Sentani dikatakan sebagai danau paling besar dengan di Papua. Tidak mengejutkan memang, sebab danau ini mempunyai luas seputar 9.360 hektar dan ada pada ketinggian 75 mtr. di permukaan laut. Tempat rekreasi di Indonesia ini dihias dengan 21 pulau disekelilingnya sebagai perkampungan masyarakat.


Apa yang dapat kamu kerjakan di sini? Banyak. kamu dapat memancing, berenang atau berkeliling-keliling danau dengan perahu sewaan. Bila masih berasa masih tidak cukup, mengapa tidak bertandang ke desa-desa di tempat? kamu dapat singgah ke beberapa rumah dan terlibat perbincangan sekalian nikmati kulineran uniknya.


Bila kamu bertandang pada tengah bulan Juni, selamat! Kamu dapat sekalian nikmati Festival Danau Sentani. Festival ini adalah acara teratur tahunan yang tampilkan bermacam perlihatkan seni dan budaya Papua. Disamping itu, bermacam kulineran ciri khas Papua dapat kamu cicipi di sini.

Back to Content ↑

5. Bali

Wisata Di Bali
Tempat Rekreasi di Indonesia - Bali


Siapa tidak mengenali Bali? Susah untuk pilih tempat rekreasi apa yang sangat menarik di Bali, sebab sebagian besar pelosok Bali ialah tempat rekreasi yang mengagumkan. Bali mempunyai banyak keelokan alam yang paling cantik dimulai dari jejeran pantainya, situasi pegunungannya sampai berpura-pura keramatnya. Dari beberapa tempat rekreasi menarik, yang terpopuler di telinga pelancong sudah pasti Pantai Kuta, Pantai Legian, Pantai Seminyak, Pura Tanah Lot dan situasi perdesaan Ubud.


Bali jadi bukti jika untuk dapat menari perhatian dunia internasional, budaya dan nilai kekhasan tidak perlu dipertaruhkan. Dengan masih jaga budayanya, Bali malah mengundang banyak pelancong asing untuk tiba. Di sini, kamu bisa banyak menjumpai beberapa kumpulan pelancong asing yang lagi nikmati pergelaran seni dan budaya ciri khas Bali.

Back to Content ↑

6. Taman Laut Bunaken

Taman Laut Bunaken
Tempat Rekreasi di Indonesia - Taman Laut Bunaken


Taman Laut Bunaken jadi salah satunya tempat rekreasi di Indonesia yang kembali lagi diputuskan UNESCO sebagai situs peninggalan dunia, persisnya di tahun 2005. Ini karena kekayaan dan keberagaman biota lautnya yang mengagumkan dimulai dari terumbu karang, rumput laut sampai spesies ikan yang ada.


tempat rekreasi di Indonesia ini mempunyai lebih dari 30 titik menyelam sebagai favorite banyak penyelam lokal atau luar negeri. Kecuali menyelam dan bersinggungan langsung dengan ikan-ikan di sini, kamu bisa juga menyelam bersama kapal selam yang sudah disiapkan. Kapal ini mempunyai dinding kaca terbuka untuk mempermudah kamu menyaksikan panorama bawah laut Taman Laut Bunaken tanpa terserang air dan basah. Hmm, menarik!


Simak juga : Referensi rekreasi alam yang harus didatangi.

Back to Content ↑

7. Puncak Jayawijaya

Pucuk Gunung Jayawijaya
Tempat Rekreasi di Indonesia - Pucuk Jayawijaya


Pucuk Jayawijaya atau yang umum disebutkan dengan Pucuk Carstensz ialah salah satu pucuk gunung di Indonesia yang mempunyai salju kekal. Pucuk ini membubung setinggi lebih dari 5.000 mtr. di permukaan laut. Yang lebih membesarkan hati kembali ialah Gunung Jayawijaya masuk di dalam perincian Seven Summits atau tujuh gunung dengan pucuk paling tinggi di dunia.


Pucuk Jayawijaya ini pertama kalinya ditaklukan dengan seorang pelacak asal Belanda namanya Hendrik Albert Lorentz di tahun 1909. Lorentz sukses mendaki pucuk bersalju ini bersama 6 orang suku Dayak Kenyah yang direkrutnya di Kalimantan. Sesudah pendakian yang sukses ini, banyak mulai pendaki yang mengikut tapak jejak Lorentz untuk menaklukan Pucuk Jayawijaya. Hmm, apa kamu pendaki seterusnya yang sukses menaklukan Pucuk Carstensz?

Back to Content ↑

8. Tana Toraja

Tana Toraja
Tempat Rekreasi di Indonesia - Tana Toraja


Tana Toraja mempunyai keelokan alam yang mengagumkan dimulai dari jejeran pegunungan dan hijau perbukitannya. Kecuali kaya alamnya, tempat rekreasi d Indonesia ini kaya budaya nenek moyang yang dijaga hingga saat ini. Di sini, ada beberapa adat kuno yang dipertahankan, diantaranya ialah Rambu Solo'.


Rambu Solo' adalah upacara penyemayaman di Tana Toraja. Apa menariknya upacara penyemayaman? Eits, upacara penyemayaman tradisi Tana Toraja ini tidak dapat kamu terlewat demikian saja. Rambu Solo' adalah salah satu upacara penyemayaman paling mahal di Indonesia dan mungkin saja di dunia. Upacara ini dilaksanakan sepanjang beberapa hari dengan ongkos yang cukup banyak. Salah satunya ritus yang dilaksanakan ialah sembelih kerbau. Kerbau ini tidak cukup cuman satu. Makin tinggi kelas orang yang wafat, karena itu makin banyak kerbau yang dipertaruhkan.


Beberapa orang Tana Toraja yakin jika sepanjang belum disemayamkan, orang yang wafat ialah orang yang lagi sakit. Badannya menyengaja disuntik formalin supaya tidak membusuk sepanjang menanti keluarga dapat mengadakan Rambu Solo'. Orang yang wafat dipandang cuman sedang pada keadaan sakit saja. Keluarga masih perlakukannya seperti orang yang hidup, ajaknya mengobrol dan bergurau. Bila sudah dilaksanakan Rambu Solo', baru keluarga yakin orang itu telah wafat.


Bila Rambu Solo' kurang melawan untuk kamu, coba berkunjung Londa atau pusara menggantung ala-ala Tana Toraja. Di sini, kamu dapat mendapati banyak peti mati yang digantungkan dalam gua di tebing terjal. Berani bertandang?

Back to Content ↑

1. Candi Borobudur

Candi Borobudur - Magelang
Tempat Rekreasi di Indonesia - Candi Borobudur - Magelang


Candi Borobudur adalah kompleks candi Buddha paling besar di dunia. Tempat rekreasi di Indonesia ini diputuskan UNESCO sebagai salah satunya situs peninggalan dunia di tahun 1991. Candi Borobudur sempat terpendam abu vulkanik dari letusan Gunung Merapi, sampai selanjutnya diketemukan oleh Sir Thomas Stamford Raffles pada tahun 1814.


Tempat rekreasi di Indonesia ini diprediksi dibuat di tahun 824. Bangunannya tersusun dari balok vulkanik dan membuat 504 arca Buddha, 72 stupa dan sebuah stupa induk pas di pucuk candi. Mitosnya, bila kamu masukkan tangan ke lubang stupa dan sukses sentuh arca yang ada didalamnya, karena itu kemauan kamu akan terkabulkan. Di sini, kamu bisa juga beli berbagai cenderamata dimulai dari kaos, gantungan kunci, kipas sampai miniatur Candi Borobudur.


Pada perayaan Waisak, Candi Borobudur jadi pusat berkumpulnya banyak umat Buddha dari bermacam penjuru dunia seperti Tibet dan Thailand. Ritus ini jadi salah satunya daya magnet rekreasi di sini. Yang paling disukai pelancong ialah acara pucuk berbentuk pelepasan lampion ke langit. Lampion-lampion itu akan dilepaskan bersama-sama dengan doa dan keinginan untuk setahun di depan.


Simak juga : Langkah memperoleh ticket pesawat murah untuk liburan

Back to Content ↑

10. Air Terjun Sampang

Curug Luweng Sampang
Rekreasi Curug Luweng Sampang


Luweng dengan bahasa Jawa maknanya lubang. Ya, kamu akan nikmati eksotisme saluran air terjun yang dijepit oleh bebatuan cadas cantik seperti lubang menganga yang artistic. Bebatuan itu memberi struktur bergaris - garis sebab terkikis erosi air sungai.


Airnya jatuh ke sungai yang tidak berapa dalam hingga akan nyaman bila dibikin berenang maupun bermain air. Saat musim penghujan datang, air sungainya melimpah. Tetapi saat musim kemarau datang, debet airnya jadi benar-benar minim.


Kamu akan rasakan gemericik air yang paling jadi teduh dengan udara sejuk yang jangan dilewati saat bertandang ke rekreasi curug Jogja ini. Ditanggung bermacam koleksi photo menarik akan kamu dapatkan pada tempat ini.

Back to Content ↑

11. Kepulauan Anambas Riau

Kepulauan Anambas Riau
Tempat Rekreasi di Indonesia - Kepulauan Anambas Riau


Kepulauan Anambas di Riau ialah tujuan rekreasi pertama yang harus dimasukkan pada dalam bucket list-mu. Tempat ini menyediakan panorama alam yang super elok dan mempesona.


Di sini, kamu akan dimanja dengan pemandangan pantai berpasir putih bersatu sama air laut warna hijau toska. Batu-batuan karang raksasa yang menyebar di semua pulau menambahkan daya magnet tempat ini sebagai tempat rekreasi di indonesia. Demikian eksotisnya, Kepulauan Anambas dikukuhkan sebagai Kepulauan Tropis Terbaik di Asia di tahun 2013.

12. Kepulauan Belitung

Tempat Rekreasi di Indonesia - Pulau Belitung, Kepulauan Bangka Belitung
Pulau Belitung, Kepulauan Bangka Belitung


Nama Belitung semakin terkenal semenjak timbulnya novel "Laskar Pelangi" kreasi Andrea Hirata. Pulau yang populer sebagai pemroduksi timah ini tawarkan surga rekreasi yang ditanggung akan membuat kamu takjub.


Keunikan pantai di Kepulauan Belitung ialah batu granit raksasa yang menyebar di seluruh penjuru. Air laut yang biru jernih, pasir putih, dan pohon-pohon kelapa di bibir pantai ialah gabungan prima untuk buat peristiwa berlibur tidak terlewatkan.


Baca: 10 Tempat Rekreasi di Belitung yang Harus Didatangi

Back to Content ↑

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar