Skip to main content

3 Cara Menerima Pembayaran dari google Adsense

Dulu sekali ketika pertama kali untuk memutuskan menjadi publisher google adsense, saya pribadi sempat mempertanyakan bagaimana kita dibayar dan bagaimana cara kita menerima pembayaran, apakah melalui atm, transfer bank, paypal atau ada cara lain, setelah mengalaminya sendiri ternyata cara menerima pembayaran dari google adsense walaupun dari luar negeri tidaklah sesualit dan serumit yang difikirkan.

Kita ketahui bersama bahwa saat ini ada banyak sekali cara yang dapat anda gunakan untuk menghasilkan uang secara online dari internet, salah satu yang paling populer di dunia termasuk di indonesia sendiri adalah bergabung menjadi publisher google adsense, yaitu menjadi pemasang iklan dari media periklanan yang dikelola oleh google.



Google adsense merupakan media periklanan milik google yang dapat membayar publishernya dengan jumlah yang lumayan cukup besar, jika dibandingkan dengan media periklanan lainnya, iklan google adsense dapat dipublikasikan melalui 3 media yaitu, memasang di halaman blog, memasangnya di aplikasi android dan menampilkannya di video youtube.

Untuk iklan yang dipasang di blog anda akan mendapatkan komisi jika iklan yang anda pasang mendapatkan klik dari pengunjung, untuk iklan yang dipasang di aplikasi mobile (android), anda akan mendapatkan komisi jika ada pengguna aplikasi android anda, melakukan klik atau menonton iklan berbentuk video yang muncul, sedangkan untuk iklan yang ditayangkan di viedeo youtube, anda baru akan mendapatkan komisi jika penonton melihat (view).

Terkait penghasilan yang diperoleh dari google adsense, ada satu pertanyaan yang sering ditanyakan oleh publisher pemula yaitu bagaimana kita akan menerima pembayaran dari komisi yang kita peroleh, apakah melalui ATM, bank, paypal atau ada cara lain?

Dengan menjadi publisher adsense anda akan memiliki Akun adsense?

Menjadi publisher adsense tidaklah mudah, karena anda harus mengajukan pendaftaran google adsense, dan pendaftaran anda bisa diterima atau ditolak.

Jika pengajuan pendaftaran anda diterima, maka anda akan diberi akun google adsense, akun tersebut bisa anda gunakan untuk membuat iklan adsense yang akan dipasang, melihat informasi kinerja iklan, serta melihat informasi penghasilan yang anda dapatkan.

Penghasilan dari adsense baru bisa dicairkan jika jumlahnya sudah memenuhi ambang batas pembayaran (minimal 100$), pencairan bisa menggunakan beberapa cara.

Kenali jenis akun adsense dan cara pembayarannya?

Terkait dengan metode pembayaran ini sanat tergantung dari jenis akun adsense yang kita miliki, saat ini ada 2 jenis akun adsense yang bisa dimiliki oleh publisher indonesia yaitu:

a. Akun google adsense IDR
Google baru-baru ini memberlakukan country akun, jadi jika anda daftar google adsense dari indonesia, maka anda akan mendapatkan  akun google adsense idr dengan mata uang rupiah.
Akun jenis ini hanya bisa melakukan pencairan melalu transfer bank.

b. Akun google adsense US
Akun google adsense  adalah jenis akun adsense yang umumnya diperoleh sebelum tahun 2014, akun jenis ini memiliki beberapa metode pembayaran diantaranya yaitu:
  • Melalui Western Union atau (WU)
  • Melalui Transfer kawat atau transfer langsung ke rekening bank
  • Melalui Cek, berlaku hanya untuk negara-negara tertentu.

Sebelum menerima pembayaran yang harus anda lakukan adalah menyeting metode pembayaran di akun adsense. Pembayaran akan diterima atau bisa dicaikan jika jumlah saldo  sudah memenuhi ambang batas pembayaran (minimal 100$).

Cara Menerima Pembayaran dari google Adsense

Terus terang saja, mengenai cara menerima pembayaran dari google adsens dulu sempat juga saya pikirkan, bagaimana kita bisa menerima pembayaran dari google, apakah melalui ATM, Transfer bank, melalui paypal, cek atau ada cara lain, namun setelah digeluti ternyata cara menerima pembayaran dari google adsense tidaklah sulit.

Ada beberapa metode yang bisa kita gunakan untuk  mencairkan atau menerima pembayaran dari google adsense, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Melalui Western Union

Cara pertama untuk menerima pembayaran dari google adsense adalah melalui western union, cara ini hanya bisa digunakan untuk akun google adsense US / akun google adsense yang diperoleh sebelum tahun 2014. Wetern union adalah media semacam wesel dengan skala international yang dapat digunakan untuk mengirim dan menerima uang keluar negeri.

Proses pencairan pendapatan adsense melalui western union sangatlah mudah, syaratnya anda harus memiliki Kode MTCN (Money Transfer kode Number).

Dari mana kode MTCN bisa kita peroleh ?

Jika jumlah penghasilan google adsense anda sudah di atas ambang batas penciran yaitu  minimal 100$, pada waktu pencairan (setiap tanggal 23 dan setelahnya setiap bulan), Informasi kode MTCN biasanya akan google kirimkan ke akun adsense anda beserta data penerima dan jumlah dana yang bisa diambil. Anda bisa mencetak bukti tersebut ketika ingin melakukan pencairan melalui western union.

Pencairan western union bisa dilakukan di agen western union yang tersebar di berbagai kota , beberapa agen western union yang cukup terpercaya diantaranya adalah:
  • Kantor Pos
  • Alfamart
  • Indomart
  • Pegadaian
  • dll 
Kalo saya sendiri biasanya  suka memilih kantor pos.

Untuk mencairkan penghasilan dari google adsense melalui western union langkah-langkahnya adalah:
  • Membawa kode MTCN (Hati-hati ini rahasia, hanya anda saja yang tau)
  • Membawa fotocopy KTP dan asli KTP (sesuai dengan data si penerima)
  • Mengisi formulir pencairan western union (sudah disediakan di ages western union) , data harus sesuai dengan penerima dana.

Untuk informasi detail silahkan baca saja : cara mencairkan pendapatan google adense melalui western union.

Siapa saja yang bisa mencairkan dana adsense melalui western union (WU) ?

Sayangnya tidak semua akun google adsense support metode pencairan western union, pencairan western union hanya untuk akun adsense US atau akun adsense yang diperoleh sebelum tahun 2014, karena akun adsense indonesia saat ini merupakan akun adsense IDR yang bisa dicairkan melalui transfer bank.

2. Melalui Transfer Bank ?

Cara menerima pembayaran adsense berikutnya adalah melalui transfer bank, metode ini merupakan salah satu metode pencairan untuk akun google adsense IDR (mata uang rupiah), yang diperoleh setelah tahun 2014.

Agar penghasilan adsense bisa ditransfer melalui rekening bank yang kita miliki, maka sebelum jadwal pencairan anda harus sudah menyeting biodata rekening bank di akun adsense anda untuk menerima dana dari adsense.

Setiap kali jumlah penghasilan mencapai minimal 100$ maka secara otomatis dana akan ditransfer ke rekening bank yang kita seting. transfer biasanya dilakukan setiap tanggal 22 - 30 setiap bulan yang bersangkutan.

3. Melalui Cek

Cara yang ketiga untuk menerima pembayaran dari google adsense adalah melalui cek, cara ini bisa digunakan baik untuk jenis akun adsense IDR maupun akun adsense US.

Sayangnya di indonesia sendiri cara ini kurang begitu praktis untuk negara indonesia, karena  jadwal transfer membutuhkan waktu yang cukup lama.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar