Skip to main content

3 langkah ampuh menghilangkan iklan malware di browser komputer

Jengkel saya yakin jika anda ketika sedang browsing atau internetan, tiba-tiba bermunculan sendiri iklan popup pada browser yang anda gunakan padahal tak pernah anda kehendaki, selain itu browser yang anda gunakan untuk berselancar pun sangat lelet dan lambat sekali.

Bahkan terkadang ketika anda melakukan pencarian dengan mesin pencari google di alihkan ke mesin pencari yang anda tidak kenal, bahkan terkadang sering terbuka tab baru secara otomatis yang menuju situs-situs yang tidak anda kenal, padahal anda belum melakukan apa-apa.

Jika anda sedang mengalami hal semacam itu, itu artinya kemungkinan besar komputer anda sudah disusupi malware tanpa anda ketahui sebelumnya. Malware (Malicious Software) adalah suatu program yang dirancang dengan tujuan untuk merusak dengan menyusup ke sistem komputer. Malware mencakup virus, worm, trojan horse, sebagian besar rootkit, spyware, adware yang tidak jujur, serta software-software lain yang berbahaya dan tidak diinginkan oleh pengguna PC.

Jengkel saya yakin jika anda ketika sedang browsing atau internetan 3 langkah ampuh menghilangkan iklan malware di browser komputer


Malware pemicu iklan yang sudah bersemayam di komputer anda sebenarnya bukanlah virus, namun merupakan software penganggu dengan tujuan-tujuan tertentu, biasanya sih untuk meraup keuntungan dari aktivitas anda melalui iklan yang bermunculan di browser yang anda gunakan tanpa anda kehendaki.

Cara Malware masuk ke komputer anda ?

Tapi tahukah anda bagaimana malware tersebut bisa masuk ke komputer anda ?

Ini biasanya banyak dialami oleh pengguna komputer yang tidak terlalu mahir menggunakan komputer dan internet, atau pengguna komputer pemula yang jarang sekali berinteraksi dengan komputer dan internet, masuknya malware yang paling umum adalah melalui download dan instal aplikasi hasil download yang dianggapnya adalah software yang mereka inginkan, padahal software tersebut hanyalah tipuan belaka.

Ketika anda mencari softare di internet, dan anda diarahkan ke situs tertentu untuk mendownload softaware tersebut, lantas anda mendownloadnya lalu anda instal tanpa curiga sedikitpun, namun setelah anda instal, ternyata sama sekali tidak ada aplikasi yang anda maksud terinstal di komputer anda.

Jika anda mengalami masalah tersebut, bisa jadi sofware tersebut adalah tiruan yang justru bukan aplikasi yang anda inginkan yang terinstal namun aplikasi malware yang akan menanggu aktivitas berinternet anda.

Saya dulu sering mengalami masalah ini, saya download aplikasi melalui internet, dan setelah di download langsung saya instal, ketika proses instal, langsung tanpa langkah-langkah melakukan instal yang prosesnya tidak bisa dicancel atau dibatalkan sama sekali, akhirnya ternyata setelah proses instal selesai dengan terpaksa, ketika membuka browser langsung bermunculan iklan dan ketika melakukan pencarian selalu di arahkan ke mesin pencari yang tidak dikenal, bahkan sering muncul iklan tiba-tiba dengan cara jendela windows browser membuka sendiri. menjengkelkan karena loading internet menjadi sangat lambat sekali.

Terakhir diketahui ternyata aplikasi semacam itu adalah aplikasi yang didalamnya sudah disusupi malware secara sengaja dengan menggunakan nama aplikasi yang anda kenal sebelumnya.

Ciri-ciri komputer yang terserang malware ?

Sebelum anda membersihkan iklan malware di komputer anda, maka anda harus memastikan bahwa komputer anda sudah terserang malware.

Untuk mengenali komputer sudah terserang malware, sangatlah mudah, jika beberapa masalah di bawah ini muncul di browser yang anda gunakan untuk berinternet baik itu Google Chrome, mozila firefox, internet ekplorer dan browser lainnya, artinya ada software yang tidak diinginkan atau malware terinstal di komputer Anda.

Biasanya ciri-cirinya adalah sebagai berikut:

  1. Iklan pop-up tidak dapat dihapus dan sering bermunculan tiba-tiba ketika anda sedang berselancar.
  2. Hasil pencarian selalu menampilkan iklan yang tidak relevan dengan kata kunc pencarian
  3. Beranda atau mesin telusur selalu berubah ke situs yang tidak dikena atau tidak disetel ke Google lagi.
  4. Ekstensi Chrome atau toolbar yang tidak diinginkan terus muncul.
  5. Anda terus-menerus dialihkan ke halaman web yang tidak dikenal. ini yang bisa membuat loading halaman menjadi sangat lama.
  6. Setiap halaman situs selalu muncul ikla tiba-tiba dalam jumlah yang banyak dan tidak bisa anda hilangkan.
Jika anda sering mengalami permasalahan dengan ciri-ciri di atas pada komputer anda, maka kemungkinan komputer tersebut sudah terinstal malware di dalamnya tanpa anda kehendaki sebelumnya.

3 langkah ampuh menghilangkan iklan malware yang sering bermunculan di browser windows

Di artikel sebelunya saya sudah pernah membahas mengenai cara menghilangkan iklan di halaman situs, cara tersebut adalah cara yang hanya dapat digunakan untuk menghilangkan iklan (membuat iklan tidak kelihatan) tapi hanya untuk halaman-halaman situs yang memang sengaja di scriptnya sudah terpasang iklan oleh sipemliknya.

Cara menghlangkan iklan dihalaman situs tersebut cukuplah dengan menggunakan plugin adblock plush di brower yang anda gunakan (mozila firefix maupun google chrome),  iklan pun tidak akan kelihatan dan anda akan terhindar dari gangguan iklan.

Tapi plugin adblock plush tidak akan bisa diandalkan jika iklan yang bermunculan adalah iklan yang disebabkan oleh malware, walaupun anda menggunakan adblock plush pada borser yang anda gunakan iklan masih akan terus bermunculan.

Walaupun begitu bukan tidak mungkin iklan malware bisa dihilangkan, sayangnya untuk menghilangkan iklan malware ada cara-cara khusus yang harus anda tempuh. 

Berikut adalah langkah ampuh yang saya sudah coba sendiri yang berhasil menghlangkan iklan malware 100% bersih tanpa tersisa.

Langkah 1 : Uninsal program malware dari komputer

Langkah pertama untuk membersihkan malware adalah melakukan uninstal malware yang sudah terinstal di komputer anda.

Tapi sayangnya cara uninstal malware dari komputer tidak seperti aplikasi normal kebanyakan, aplikasi normal biasanya menyediakan palikasi untuk uninstal dan juga tempat penyimpanannya jelas, tapi malware biasanya tidak ada fasilitas uninstal, di add remove program pun tidak kelihatan, bahkan folder tempat penyimpanannya pun tidak jelas, ini yang membuat malware sulit dihilangkan dari komputer.

Walaupun begitu anda tetap bisa menghilangkannya dengan bantuan software khusus, berdasarkan arahan dari team google tentang cara menghilangkan malware dari komputer, jika Anda menggunakan komputer Windows,

Untuk pengguna windows:
Untuk pengguna komputer windows langkah pertama yang dapat anda tempuh untuk membersihkan malware adalah sebagai berikut:

1. Khusus pengguna browser google chrome
Anda bisa menggunakan alat Pembersih Chrome, tool tersebut akan mencari program mencurigakan di komputer dan menawarkan untuk menghapusnya. caranya adalah sebagai berikut:

  • Di komputer Windows, menggunakan google chrome, buka situs web Alat Pembersih Chrome lalu silahkan download
  • Klik file hasil download (chrome_cleanup_tool.exe).
  • Windows akan menanyakan apakah Anda ingin menjalankan file. Klik Jalankan.
  • Alat Pembersih Chrome akan memindai komputer. Anda akan melihat daftar software perusak yang ditemukan.
  • Klik Hapus program mencurigakan.
  • Chrome akan membuka tab baru, dan meminta Anda menyetel ulang setelan. Klik Setel Ulang.

2.  Gunakan software malware byte untuk semua browser
Jika menggunakan alat pembersih chrome masih belum membuahkan hasil, anda bisa menggunakan sofware khusus pemberih malware.

  • Download software malware byte, aplikasi berbayar namun cukup bisa digunakan
  • Instal di komputer anda, lalu scan dengan sofware tersebut. tunggu jika terdapat malware akan ditemukan malware yang menganggu komputer anda, lakukan sampai selesai, kemudian lakukan quarantine.
Scan menggunakan malware byte cukup lama, namun sangat ampuh menemukan program-program malware.

Untuk pengguna Komputer Mac OS:
Jika anda kebetulan pengguna mac os, langkah-langkah untuk menghapus malware adalah sebagai berikut :
  •     Pada komputer Mac, di bagian bawah, buka Finder.
  •     Di sebelah kiri, klik Applications.
  •     Cari program yang tidak dikenali.
  •     Klik kanan pada nama program yang tidak diinginkan.
  •     Klik Move to Trash.
  •     Setelah selesai, di bagian bawah, klik kanan Trash.
  •     Klik Empty Trash.

Langkah #2: Hapus Temporary file melalui Save Mode

Sampai langkah 1 di atas biasanya malware tidak 100% terhapus, namun sudah cukup bisa menghilangkan sebagaian malware, tapi kadang-kadang masih suka bermunculan, oleh karena itu anda bisa menempuh cara ke 2 untuk memberihkan malware 100%, tapi harus di save mode;

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Silahkan masuk ke save mode
Untuk masuk ke tampilan save mode, silahkan restart komputer anda, selama komputer melakukan booting, tekan-tekan tombol keyboard F8 berulang-ulang, anda akan masuk ke boot menu khusus windows (tampilan gelap), seperti gambar di bawah ini:

Jengkel saya yakin jika anda ketika sedang browsing atau internetan 3 langkah ampuh menghilangkan iklan malware di browser komputer

Silakan pilih safe mode, dengan tombol panah atas-bawah, lalu tekan tombol enter. tunggu hingga anda masuh ke tampilan window safe mode (jangan heran tampilan windows dalam safe mode biasanya besar-besar dan warnanya agak kasar, itu normal).

2. Hapus temporary file melalui disk cleanup
Untuk menghapus temporary file melalui disk cleanup, caranya , pada tamplilan safe mode, masuk ke windows explorer, pada drive system (biasanya drive C:) silahkan klik kanan, lalu pada menu yang muncul pilih properties


Kemudian pada tampilan wondow property, pilih tombol disk cleanup

Jengkel saya yakin jika anda ketika sedang browsing atau internetan 3 langkah ampuh menghilangkan iklan malware di browser komputer

Proses untuk menampilkan disk cleaup biasanya akan sedikit memakan waktu, silahkan tunggu saja hinagga keluar dialog disk cleanup seperti gambar di bawah ini:

Jengkel saya yakin jika anda ketika sedang browsing atau internetan 3 langkah ampuh menghilangkan iklan malware di browser komputer

Centang semua, lalu  tekan tombol Clean up system files, setelah itu tekan tombol Ok, dengan cara ini file-file malware yang mungkin disembunyikan di temporary fle akan secara otomatis terhapus.

Restart ulang komputer anda agar kembali ke normal mode.

Langkah #3 : Lalukan reset browser ke pengaturan awal.

Sampai langkah 2 diatas, biasanya malware masih tersisa di browser dan kadang masih sering muncul iklan, jika ini masih anda alami anda bisa menempuh langkah 3 dengan cara melakukan reset browser agar kembali ke pengaturan awal, tapi semua data browser seperti plugin dan juga markah halaman akan hilang.

Langkah-langkah untuk melakukan reset browser agar kembali ke pengaturan awal adalah sebagai berikut:

1. Untuk google chrome
  • Di komputer, buka Chrome.
  • Di kanan atas, klik Lainnya Lainnya berikutnya Setelan.
  • Di bagian bawah, klik Lanjutan.
  • Di bagian "Setel ulang", klik Setel ulang.
  • Konfirmasi dengan mengklik Setel ulang.

2. Untuk pengguna mozila firefox
  • Buka browser mozila firefox
  • Tekan tombol ALT pada keyboard, untuk menampilkan menu
  • pilih menu bantuan / help > pilih menu Mulai ualang dengan pengaya dinonaktifkan, firefox akan melakukan restart
  • Lalu nanti pilih tombol segarkan firefox  /  refresh firefox
 

Firefox anda akan kembali ke pengaturan awal, sama halnya seperti baru diinstal pertama kali.

Pengalaman saya, sampai langkah 3 di atas malware hilang 100%, dan tidak pernah muncul lagi, dan berinternetan pun menjadi lebih cepat tidak lagi di ganggu iklan.


Kesimpulan

Iklan malware memang sangat menggangu, membuat iklan bermunculan, halaman menjadi berat dan bisa menguras quota internet.

Oleh karena itu, untuk antisifasi dari serangan malware, perhatikan ketika anda sedang berselancar, silahkan gunakan adblock plush agar iklan tidak bermunculan yang terkadang malware bisa masuk karena anda mengklik tautan khusus yang akan langsung memasang malware pada browser anda.

Begitu juga ketika anda mendownload softare, pastikan bahwa software instalasi yang anda download memang benar-benar software sesungguhnya bukan malware.

Software malware biasanya berukuran kecil, jadi ketika anda mendownload dan kapasitasnya ternyata kecil tidak sebanding dengan kapasitas untuk software yang bersangkutan, maka itu bisa jadi sotware malware.

Software tersebut banyak sengaja disajikan oleh situs-situs download yang bekerjasama dengan pemilik malware, jadi pastikan jika melakukan download di situs-situs terpercaya.

Jangan lupa pasang antiviris atau antimalware, agar ketika terlanjut memasang aplikasi malware, maka dapat terdeteksi oleh antivirus / antimalware, sehingga kerusakan bisa terhindarkan.

Itulah tentang 3 langkah ampuh menghilangkan iklan malware di browser komputer, semoga membantu.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar