#5 Faktor Penyebab Trafik Pengunjung (Visitor) blog Turun

Tinggi rendahnya trafik suatu blog  bisa dipengaruhi oleh berbagai hal, bisa dari faktor internal maupun faktor eksternal, faktor internal berkaitan dengan bagaimana cara memelihara dan mengopimasi blog atau situs dari dalam sedangkan faktor eksternal adalah segala upaya yang anda lakukan di luar situs yang bisa mempengaruhi poularitas blog anda.

Jangan heran ketika blog anda masih baru, bisa jadi blog anda sepi pengunjung  dan pada umumnya perlu proses untuk meningkatkan trafik, namun jika blog anda sudah cukup umur lalu dengan tiba-tiba trafik pengunjung atau visitor blog turun secara drastis dengan tiba-tiba, kemungkinan besar ada sesuatu yang sedang terjadi pada blog anda, apa yang harus anda lakukan adalah mencari penyebabnya sehingga anda dapat menemukan solusinya.

optimasi seo onpage maupun optimasi seo offpage, dua-duanya harus mendapatkan takaran yang tepat. Jika tidak maka kemungkinan besar hasilnya tidak maksimal.

Apapun optimasi yang anda lakukan sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan, Matt Cutt kepala webspam google pernah memaparkan, bahwa ketika anda melibatkan optimasi seo pada blog anda, maka, popularitas blog akan mulai merangkak naik dan terus naik jika anda terus melakukan optimasi secara berlebihan maka grafik popularitas akan semakin menurun dan pada akhirnya blog anda akan mendapatkan penalty, sulit ditemukan di pencarian google (SERP).

Oleh karena itu, jangan sekali-kali melibatkan optimasi seo yang berlebihan untuk blog anda karena itu tidak baik buat blog anda, memang tidak ada aturan pasti seperti apa takaran optimasi yang baik, baik itu untuk optimasi seo offpage maupun optimasi seo onpage, namun apa yang harus anda perhatikan adalah jangan terlalu over optimasi. Secukupnya saja, bahkan banyak yang menyarankan jika usia artikel blog sudah mencapai 3 bulan, kita tidak perlu lagi membangun backlink. Biarlah artikel tersebut mendapatkan backlink secara natural.

#5. Blog Anda didominasi oleh artikel dengan kata kunci musiman

Artikel dengan kata kunci musiman biasanya tidak akan bertahan lama, dan disaat tertentu akan menyebabkan trafik blog anda yang membahas topik dengan kata kunci musiman akan turun seiring waktu.

Barangkali banyak kata kunci yang bisa kita gunakan untuk dijadikan judul artikel, tergantung dari niche atau topik blog yang dibahas, bisa kata kunci yang dianggap abadi atau kata kunci musiman, kata kunci dikatakan kata kunci abadi jika kata kunci yang digunakan kepopulerannya mampu bertahan selamanya tanpa dibatasi oleh waktu, kata kunci tersebut akan tetap bertahan sebagai kata kunci yang selalu banyak dicari oleh netter yang membutuhkan informasi relevan sesuai dengan kata kunci yang dibahas, sebagai contoh adalah kata kunci yang selalu disangkutpautkan dengan pembahasan SEO, kata kunci seperti ini sepertinya tidak akan usang ditelan jaman selama teknologi mesin pencari masih dimanfaatkan oleh pengguna internet.

Sedangkan kata kunci musiman adalah kata kunci yang hanya dapat bertahan di saat-saat tertentu saja, kata kunci seperti ini pada umumnya akan usang ditelan jaman manakala sudah tidak sesuai dengan musimnya, salah satu contohnya adalah kata kunci yang membahas batu akik, kata kunci seperti ini bisa kita sebut sebagai kata kunci musiman, dan kata kunci seperti ini akan mampu populer pada jamannya di saat penomena batu akik sedang naik daun, akan tetapi seiring waktu dan seiring dengan pudarnya popularitas batu mata kata kunci tersebut akan usang ditelan jaman dan artikel yang membahas hal tersebut tidak akan lagi populer, dampaknya tentu saja volume pencarian akan berkurang dan trafik blog akan menurun.

Sebenarnya banyak sekali faktor yang menyebabkan trafik blog anda turun, beberapa diantaranya adalah yang sudah saya paparkan diatas, dengan mengetahui penyebab trafik blog anda turun setidaknya anda bisa antisifasi terhadap segala hal yang berkaitan dengan penyebab trafik turun dan juga anda bisa menemukan solusinya.

Demikian artikel tentang beberapa Faktor Penyebab Trafik Pengunjung (Visitor) blog Turun, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar