Skip to main content

8 Cara Mempercepat Index Google Untuk Blog Baru

Ketika blog atau website baru selesai dibuat dan dipublish ke internet salah satu yang juga harus difikirkan adalah bagaimana caranya agar website atau blog baru tersebut dikenali dan mudah ditemukan oleh pengguna internet, tentu saja salah satu cara agar blog lebih mudah untuk ditemukan adalah melalui mesin pencari semisal google. namun mesin pencari google tidak akan mengenali situs atau website baru kita jika google bot  belum meng-crawl (menelusuri) dan meng-index blog atau website baru kita.

Oleh karena itu tugas kita berikutnya yang harus diprioritaskan ketika website atau blog baru selesai kita publish ke internet adalah mengupayakan bagaimana caranya agar mesin pencari baik itu google, bing maupun mesin pencari lainnya kita upayakan bisa lebih cepat mengcrawl dan mengindex agar mengenal website atau blog baru yang kita miliki.

Pada artikel kali ini saya akan coba share mengenai beberapa upaya yang bisa anda lakukan untuk mempercepat mesin pencari menelusuri (crawling) kemudian mengindex (indexing) blog atau situs yang kita miliki lebih awal dan lebih cepat, baik itu untuk blog bahasa inggris atau blog bahasa indonesia.

Mengenal apa itu Google Bot, Crawling dan indexing?

Sebelum kita bahas mengenai tips bagaimana agar google bot lebih cepat mengcrawl dan mengindex blog baru kita, saya akan sedikit jelaskan tentang apa itu google bot, crawling dan indexing, sebagai berikit:

1. Google Bot.

Google bot atau robot mesin pencari, adalah software canggih yang dibuat google yang fungsinya untuk mendapatkan informasi situs-situs yang bertebaran di internet, google bot akan menelusuri setiap situs kemudian mengumpulkan informasi yang dimiliki oleh berbagai situs tersebut untuk di index oleh mesin pencari google, agar lebih mudah untuk ditampilkan dihasil pencarian google.

2. Crawling

Crawling  adalah proses penelusuran situs atau website yang dilakukan oleh google bot atau robot mesin pencari untuk menemukan dan mendapatkan informasi terbaru atau informasi yang sudah dimodifikasi oleh sipemilik setiap website. informasi yang didapat akan diindex kembali oleh mesin pencari. google bot bisa melakukan crawl jika mereka menemukan sebuah link yang mengarah ke situs yang kita miliki, salah satu upaya yang bisa dilakukan oleh si pemilik situs agar situs bisa cepat di crawl adalah melalui aktivitas ping.

3. Indexing

Indexing atau pengindekan adalah proses mengumpulkan dan menganalisa informasi-informasi yang diperoleh melalui crawl google bot atau robot mesin pencari, untuk ditambahkan ke index pencarian google, proses ini akan turut merekam segala hal yang berkaitan dengan konten blog. untuk mempermudah menampilkan hasil pencarian yang sangat relevan dengan kriteria pencarian pengguna. 

Cara untuk mempercepat index google

Setelah memahami cara kerja google bot, mengenal proses crawling dan juga indexing, kita mendapatkan kesimpulan bahwa sebelum  blog baru bisa diindex oleh mesin pencari, pertama yang harus kita lakukan adalah mengupayakan bagaimana caranya agar google bot lebih cepat melakukan crawl terhadap konten situs blog kita, karena melalui proses crawl google bot tersebut situs kita bisa diindex dan dikenali oleh google untuk lebih mudah ditemukan di SERP.

Tips berikut bisa anda lakukan agar google bot lebih cepat meng-crawl dan mengiindex blog atau website baru kita sehingga mudah ditemukan pengunjung:

1. Daftarkan blog di google dan Bing webmaster tool

Google webmaster tool adalah tool gratis yang disediakan oleh google sebagai alat bantu webmaster untuk membantu berinteraksi dengan google bot serta memonitor interaksi google bot dengan blog atau situs yang kita miliki.

Sedangkan Bing Webmaster tool sama halnya dengan google webmaster tool, jika google webmaster tool untuk mesin pencari google sedangkan bing webmaster tool khusus untuk memonitor interaksi  robot mesin pencari bing dengan blog yang kita miliki.

Untuk mempermudah melakukan pendaftaran di kedua tool tersebut anda bisa baca artikel tentang: Cara mdaftarkan Blog ke Bing dan google webmaster tool terbaru

2. Submit Sitemap blog di bing dan google webmaster tool.

Setelah melakukan pendaftaran blog di bing dan google webmaster tool, langkah berikutnya adalah melakukan submit sitemap di bing dan google webmaster tool. submit sitemap tujuannya adalah memberikan daftar URL berupa peta situs ke robot mesin pencari agar robot mesin pencari  lebih mudah menemukan konten blog yang harus di re-crawl untuk segera diindex.

Untuk blog berflatform blogspot sitemap pada umumnya sudah di generate secara otomatis oleh mesin blog itu sendiri, lokasinya bisa anda aksis pada nama_blog_anda.blogspot.com/sitemap.xml, namun untuk blog atau situs yang dibuat secara khusus sitemap harus dibuat sesuai dengan standar yang berlaku.

Untuk mempermudah melakukan submit sitemap ke bing dan google webmaster tool anda bisa baca panduan: Cara submit sitemap ke bing dan google

 3.Submit URL Blog ke mesin pencari

Langkah berikutnya agar mesin pencari lebih cepat mengenali blog dan artikel yang terdapat di blog kita adalah, melakukan submit URL blog dan juga URL setiap artikel baru anda pada mesin pencari, baik itu ke mesin pencari google ataupun mesin pencari lainnya yang menjadi target pengunjung blog anda.

Untuk melakukan submit URL ke mesin pencari google caranya sangat mudah, silahkan anda login dengan akun gmail anda, kemudian masuk ke fasilitas google submit url, silahkan masukan url blog dan juga url artikel-artikel blog anda, cukup satu kali untuk setiap URL.

Sedangkan untuk mesin pencari bing anda bisa men-submit url blog anda dan juga url artikel blog di fasilitas bing submit url, silahkan masukan satu-persatu.


4. Integrasikan blog atau website anda ke google analitic

Langkah berikutnya adalah mengintegrasikan blog atau website baru anda ke google analitic, google analitic adalah tool yang disediakan google untuk membantu memonitor interaksi pengunjung terhadap blog atau website yang kita miliki, dengan mengintegrasikan blog ke google analitic secara tidak langsung memberi sinyal ke google bahwa ada situs baru yang harus di proses untuk di analisa.

5. Mengintegrasikan situs ke media social.

Situs media social bisa menjadi salah satu media yang bisa kita manfaatkan untuk share setiap artikel yang kita buat, media sosial juga bisa kita gunakan untuk meletakan backlink profile ke blog kita, meskipun link yang kita letakan sifatnya nofollow, link tersebut bisa memberikan sinyal media sosial pada mesin pencari.

Untuk meningkatkan signal media sosial di mata mesin pencari, berikut beberapa cara yang bisa lakukan:
a. bergabung dengan google + kemudian meletakan link ke situs anda di halaman profile.

b. membuat video tentang website anda, kemudian upload di youtube dan letakan link ke website baru anda melalu descripsi video tersebut.

c. Bergabung dengan pinterest, letakan link kesitus anda di halaman profile.

Cukup letakan link  yang menuju url blog atau sistus di halaman profil media social dan jangan sekali-kali menggunakan teknik spam. seperti membagikan url secara manual di status-staus media social, karena efeknya bisa dianggap spam dan akan buruk untuk blog baru anda.

6. Submit di sosial bookmarking

Submit blog baru anda di social bookmarking yang berkualitas, social bookmarking luar negeri yang berkualitas dan cukup terkenal yang bisa anda gunakan diantaranya adalah Stumbleupon dan juga delicious.

7. Submit RSS Feed di blog directory

Submit juga rss feed blog anda di blog directory, beberapa blog directory yang sudah memiliki otoritas baik dan cukup recomended diantaranya adalah:
a. Toprankblog
b. Technorati
c. Alltop

Terkadang dengan submit di blog directory kita bisa mendapatkan link dari situs tersebut, untuk informasi tambahan tentang web directory diatas anda bisa cari di google.

Baca Juga: Cara melihat dan mengeteahui index google pada blog Anda
 

8. Mulailah untuk membangun backlink

Untuk pertama kali buatlah backlling dengan membuat konten sejenis yang relevan kemudian terbitkan di situs orang lain  bisa melalui blog posting atau forum online dan jangan lupa untuk meletakan backlink ke situs baru kita didalam artikel tersebuti.


Langkah-langkah diantas cukup ampuh untuk mempercepat index mesin pencari, dengan terindeknya blog atau website kita akan memudahkan pengunjung menemukan blog yang kita miliki dihasil pencarian, dan pengunjungpun akan mulai berdatangan.

Blog yang sudah terindex belum tentu bisa ditemukan diposisi terbaik dihasil pencarian mesin pencari, untuk meningkatkan ranking hasil pencarian anda bisa melibatkan backlink sebagai salah satu optimasi seo offpage yang cukup efektif.


Demikian artikel tentang cara  Mempercepat Index Google untuk Website atau blog baru, semoga bermanfaat.




Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar