Skip to main content

Awal Mula Saya Mengenal Blog, SEO dan AdSense

Blog sebenarnya bukan hal yang baru bagi kebanyakan para netter, apalagi jaman sekarang, teknologi semakin canggih, salah satunya banyak tersedianya provider internet yang menawarkan fasilitas berinternet portable dengan banyaknya modem yang dijual murah, sehingga berinternet semakin mudah bisa dimana saja dan kapan saja, sehingga pertumbuhan blogger sangat cepat luar biasa, kadang saya iri dengan anak jaman sekarang, jaman sekarang di era teknologi yang semakin canggih, dari balita bahkan sudah dikenalkan internet, beda halnya dengan jaman dulu, saya pribadi benar-benar baru mengenal dan baru pertama kali memegang yang namanya komputer pertama kali di awal tahun 2001 dan baru mengenal internet pertama kali pada tahun 2002, karena adanya tugas kuliah yang mengharuskan tugas tersebut dikirim via email.

Internet jaman dulu beda dengan sekarang, sekarang sangat mudah dan cepat, sedangkan dulu penuh dengan keterbatasan, sangat lambat dan mahal, saya masih ingat ketika pertama kali memberanikan diri nyewa warnet 5.000 rupiah per jam menggunakan window 98, dengan kecepatan yang sangat lemot, belum apa-apa waktu sudah habis, mungkin karena gugup belum mengenal internet dan tidak pandai mengetik, jadi kebanyakan melongok saja di depan layar monitor tanpa tau apa yang harus dilakukan akhirnya uang Rp 5.000 yang boleh dibilang cukup besar pada waktu itu akhirnya ludes tanpa mendapatkan hasil apapun, sejak itu saya tidak pernah lagi membuka internet sampai akhir tahun 2007.

Awal Mula saya mengenal Blog !


Ya lupakan saja itu masa lalu terpuruk yang saya alami, seiring waktu di pertengan tahun 2013 atas referensi dari teman, saya iseng membuat blog di blogger, ini blog pertama saya yang masih aktif sampai saat ini, saya membuat blog sedikitpun tanpa ada tujuan yang jelas, mungkin hanya sekedar iseng, dan tidak punya teknik apapun tentang dunia perbloggingan, apalagi dunia SEO dan yang lainnya mengganti template blog saja tidak tau, benar-benar tidak tau sama sekali, yang ada dipikiran saya pada waktu itu, saya cuma ingin menulis kembali ilmu yang saya pelajari agar tidak lupa dan dikemudian hari bisa dibaca kembali secara online. saya memberi nama blog dengan nama , karena pada awalnya blog ini ingin digunakan untuk mendokumentasikan source code java dan bahasa pemrograman web yang saya pelajari.

Di awal bulan pertama saya mencoba menerbitkan kurang lebih 6 buah artikel, masih ingat artikel yang saya terbitkan kebanyakan saya kopi dari ms word, padahal sebenarnya kopi paste seperti itu kurang bagus dan memperbesar kapasitas konten karena banyaknya kode format ms word akan ikut terkopi.

Karena tanpa tujuan yang jelas, akhirnya beberapa bulan saya lupa sama sekali dengan blog saya ini, baru mulai dibuka dan dilanjutkan kembali di pertenggahan tahun 2014, bulan juli 2014 kalo tidak salah, saya terpaksa membuka blog lama saya ini karena harus mengajar mata pelajaran membuat blog di sebuah kursusan di kota garut, padahal saya kurang mahir tapi terpaksa saya ambil, jadi dibuat demo saja blog saya ini,padahal tetap masih tidak tau apa tujuan membuat blog sebenarnya, bahkan pada waktu itu saya masih bertanya-tanya apa tujuan orang rela menghabiskan waktu hanya untuk terus menulis banyak artikel untuk blognya?.

Mulai mengenal SEO karena tidak sengaja

Masih ingat ketika siswa bertanya bagaimana agar blog muncul di pencarian, haha gua bingung waktu itu jawabnya apa brow...., lawong saya juga tidak tau...., untuk menutupi ke tidak tauan saya, akhirnya saya jawab saja nanti saya jelaskan hehe....padahal tidak tau!!!.

Peristiwa ini ternyata menjadi awal mula saya mengenal istilah SEO, karena itu jadi pertanyaan pribadi saya juga bagaimana agar blog bisa muncul dipencarian google, akhirnya saya mulai browsing, dan mengenallah yang namanya SEO, saya mendapatkan kesimpulan bahwa agar blog bisa muncul dipencarian google dan bisa menempati posisi terbaik harus tau bagaimana caranya optimasi mesin pencari atau istilah lainnya SEO.

Dari sejak itu saya jadi tertarik dengan yang namanya seo, agar apa yang saya pelajari tidak lupa saya putuskan untuk selalu menulis kembali apa yang saya pahami tentang seo di blog saya ini, jadi aneh juga ya, blog yang tadinya digunakan untuk menulis dokumentasi bahasa pemrograman, jadi melenceng ke SEO, memang benar dengan menuliskan kembali apa yang kita pahami ternyata jadi memperpanjang ingatan.

Mulai Mengenal Google Adsense

 Seiring dengan berjalannya waktu dan sedikit demi sedikit tau tentang istilah-itilah seo, namun tetap masih belum menemukan jawaban mengenai petanyaan saya pribadi, apa tujuan orang membuat blog bahkan sampai rela disibukan membuat artikel untuk membuat blog?

Sampai suatu hari saya membaca status seorang teman lama saya di halaman facebook saya, yang sedang pamer penghasilan dolar, katanya diperoleh dari internet, masih ingat pada waktu menjelang idul qurban tahun lalu, status teman saya "total bulan ini dapat 1.000$ lumayan buat qurban, status yang dia bikin dilengkapi dengan Screen shoot nilai penghasilan yang iya dapatkan, awalnya saya tidak percaya dan itu hanya bohong saja. namun yang membuat saya jadi yakin dan percaya adalah celotehan balasan komentar temannya yang sepertinya sedang bersaing, dan dari komentar temennya yang saya baca saya menyimpulkan bahwa mereka ternyata sedang bermain google ads dan juga amazon.

Dari sana saya mulai menyapa teman saya mengenai tentang cara bagaimana bisa mendapatkan dolar sebesar itu", tapi dia jawab "rahasia katanya !!!!", haha jawaban seperti itu yang membuat saya semakin penasaran,  dengan bantuan paman saya yang baik "Om Google", akhirnya saya mencoba mencari tau bagaimana cara mendapatkan dolar dari internet melalui google ads. sampai pada akhirnya dengan berbekal pengetahuan tentang  google adsense yang masih pas-pasan, saya mencoba iseng mendaftarkan blog saya ini, untuk pertama kalinya, dan alhamdulilah dengan banyak mengikuti saran-saran para master yang berpengalaman, akhirnya saya berhasil diterima google AdSense dalam sekali daftar.

seiring dengan diterimanya saya menjadi publisher google adsense, saya terus mencoba memahami dan memperdalam tips dan trik bagaimana cara bermain google ads yang baik, dan saya berhasil dibulan pertama bisa memperoleh dolar melebihi ambang batas dikirimkannya PIN google adsense, bulan pertama dan kedua pin tak kunjung datang sampai pada akhirnya bulan ketiga akhirnya PIN google adsense sampai juga ke rumah saya.

Pendapatan Pertama dari google AdSense.

Seiring dengan sampainya PIN ternyata saldo ads saya untuk 3 bulan pertama sudah bisa di cairkan, masih ingat untuk pertama kali saya dapat dolar dari adsense saya anggap lumayan cukup besar untuk blogger pemula seperti saya, bahkan kalo diuangkan dan dibandingkan dengan gaji saya ketika masih bekerja dulu di software hause di kota bandung. lebih besar perolehan saya pertama kali dari google adsense, bahkan mencapai 2x lipatnya, namun saat itu karena mungkin belum punya pengalaman mencairkan pendapatan google adsense, masih banyak keraguan dan bertanya-tanya "Apakah benar-benar ini bisa dicairkan?"

Dengan mengikuti referensi dari para blogger, saya akhirnya memberanikan diri untuk mencairkan menggunakan WU di kantor pos di kota garut dengan membawa syarat-syarat yang diperlukan, haha ingat pertama kali, dengan perasaan kurang yakin, saya mulai menulis di formulir WU, kemudian menuju salah satu petugas Pos disana, benar-benar gemetaran, Alhamdulilah ternyata pendapatan dolar saya benar-benar bisa dicairkan, saya ambil itu uang dengan gemetaran dan seraya mengucap syukur "Alhamdulilah ternyata benar!", sungguh  pengalaman pertama yang bikin deg-degan dan tidak bisa dilupakan.

Dari sejak itu akhirnya saya tau, pertanyaan saya mengenai kenapa banyak blogger yang rela menghabiskan waktunya untuk membuat artikel akhirnya terjawab pada waktu itu, ternyata-eh ternyata blog bisa menghasilkan uang.

Namun Sejak itu saya menyesal sangat dalam, Apa yang saya sesalkan adalah, kenapa saya tidak dari dulu mengenal dunia blogging, barang kali itu penyesalan saya yang paling dalam yang tidak bisa saya lupakan.

Hikmah Ngeblog dan Google Adsense

Saya mulai berfikir ternyata apa yang saya peroleh sampai saat ini dari adsense sebenarnya adalah jawaban dari Yang maha kuasa mengenai do'a saya, 5 tahun saya bekerja di software hause di kota bandung terpaksa harus keluar karena tidak bisa meninggalkan istri saya di kota garut  yang sering pingsan akibat efek kecelakan ditabrak yang menyebabkan  tertanggunya saraf motorik dikepalanya, dan sampai saat ini sering pingsan dan pingsan, setiap habis pingsan maka harus istirahat total selama 2 hari, sungguh tidak bisa ditinggalkan.

Masih ingat di awal keluar dari pekerjaan, tidak punya pekerjaan, bahkan beberapa bulan hanya mendapatkan 100 ribu rupiah, dan sedihnya ketika menjelang lebaran tidak punya penghasilan sepeserpun padahal istri dan anak sulung saya, belum sama sekali membeli baju lebaran...untung istri saya adalah istri solehah hehe....

Ternyata dengan bekerja menjadi seorang blogger bisa terus berdekatan dengan anak istri dan keluarga dan cukup untuk membiayai mereka, ini yang membuat saya memutuskan untuk semangat ngeblog sampai akhir hayat.

Saya hanya berharap mudah-mudahan apa yang saya peroleh sampai saat ini bisa langgeung seumur hidup saya dan bisa bertambah, dan mudah-mudahan apa yang saya sajikan melalui artikel blog ini bisa  bermanfaat bagi siapapun. Salam

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar