Skip to main content

Cara agar backlink cepat terindex oleh google

Cara agar backlink cepat terindex oleh google

Cara agar backlink cepat terindex oleh google - Orang yang berkecimpung di dunia SEO tidak akan lupa pentingnya peranan backlink untuk mendongkrak popularitas blog di sisi mesin pencari, ada 1001 cara bagaimana untuk meningkatkan blog agar muncul pada halaman pertama SERP (Search Engine Result Page), salah satunya adalah membangun backlik.

Barangkali semua orang yang baru belajar membangun backlink seperti saya, salah satu langkah yang diambil untuk membuat halaman blog muncul di halaman pertama SERP adalah dengan membuat backlink sebanyak-banyaknya tentu saja backlink tersebut diarahkan ke halaman blog kita, yang ada di benak kita, setelah backlink kita bangun kita akan gunakan aplikasi pengecek backlink setiap kali, dengan harapan jumlah backlink yang kita miliki bertambah sesuai dengan backlink yang kita tanam, hampir seperti itu, bahkan setiap kali kita akan selalu cek backlink kita untuk melihat perkembangannya.

Jika yang Anda lakukan seperti itu, berhentilah, perlu Anda ketahui sebenarnya Hanya membuat Backlink saja itu tidak cukup, perlu ada langkah selanjutnya agar google bisa segera mengindex dan mengenali setiap backlink yang kita tanam.

Cara Google mengindex backlink ?

Sebenarnya secara otomatis backlink bisa terindex oleh google membutuhkan waktu ber bulan-bulan, dan kebanyakan kasus dari backlink yang sudah kita bangun tidak akan muncul semua seperti yang kita harapkan, ada beberapa alasan kenapa bisa seperti itu.
  1.  Mesin pencari seperti google  melakukan crawl (perayapan) terhadap internet hanya mencari halaman-halaman blog yang terbaru.
  2. Search engine akan merayapi halaman situs secara detail dan lebih dalam hanya pada situs yang punya otoritas yang baik, maksudnya situs-situs yang sudah mempynyai page rank diatas 5-10. sedangkan untuk situs-situs berpagerank rendah 0-4 mesin pencari akan membatasi hanya beberapa link saja dalam satu halaman, jika posisi backlink yang kita tanam dalam suatu blog berpagerank rendah berada pada urutan paling bawah misalkan diurutan 60 keatas,jangan banyak harapan backlink yang kita tanam akan diindex oleh google.

Agar google cepat mengindex backlink yang kita buat ?

Ada beberapa tahap yang bisa kita lakukan agar usaha kita dalam membangun backlink tidak sia-sia,

#1. Quick Blog Walking

Jika Anda senang memburu backlink dengan cara blog walking,   yaitu dengan cara berkomentar di blog dofollow, ada beberapa yang harus Anda perhatikan,   Lihat posisi komentar Anda, jika komentar yang Anda masukan adalah komentar ke 60 sekian, dari komentar lainnya yang sudah ada sebaiknya saya sarankan Anda berhenti.

Artikel terkait:
4 tips mendapatan backlink dengan blog walking
Teknik blogwalking untuk meningkatkan visitor 

Kecil kemungkinannya backlink yang Anda tanam pada komentar tersebut akan segera di index oleh google,   Solusi yang saya tawarkan adalah, cari blog yang dofollow, cari postingan yang terbaru, kemudian cari jumlah komentar yang kurang dari 10 ini biar lebih efektif, berkomentarlah disitu jangan lupa untuk menanam backlink kehalaman Anda, jika seandainya komentar yang sudah ada diatas 60 sebaiknya Anda tinggalkan dan cari yang lainnya.

#2. Ping setiap anda selesai meletakan backlink

Setelah menanam backlink, anda jangan hanya  menunggu google untuk merayapi backlink yang anda tanam, langkah berikutnya yaitu memberi tahu google agar google merayapi kembali secara langsung halaman anda letakan didalamnya.

Teknik ini lebih dikenal dengan teknik Pinging (memberi tahu mesin pencari google bahwa halaman blog yang dimaksud sudah diupdate /ada perubahan) untuk melakukan Pinging ada banyak tool yang bisa kita gunakan, yang paling saya suka adalah dengan menggunakan PingFarm, kita bisa melakukan Pinging sampai dengan 100 halaman dalam satu kali pingging.

Kita masukan daftar situs yang sudah kita tanam backlink didalamnya , atau kita bisa upload file txt yang didalamnya terdapat daftar alamat url halaman blog yang ada backlink kita didalamnya, halaman yang dimasukan akan di reindex dengan cepat.

#3. Cek Kesehatan Situs Anda

Lakukan pengecekan setiap saat, terhadap kesehatan situs Anda, gunakan layanan dari webmaster tools atau tool gratis lainnya untuk melihat crawl error, page not found 404 atau error-lainnya,  jika ada error anda harus segera memperbaikinya, atau jika ada page not found, lebih baik anda hapus index untuk halaman yang tidak ditemukan tersebut.

Artikel terkait: Cara menghapus crawl error page not found 404 pada blog

Error bisa terjadi tiba-tiba kadang-kadang berasal dari para komentaror  yang meletakan link yang sudah tidak aktif, atau link yang sudah mati. ingat selalu cek setiap saat, karena ini yang saya sering lakukan dan memang berefek cepat di akuinya backlink oleh google.

#4. Update artikel sesering mungkin

Sebaiknya Anda harus rajin update artikel, buatlah artikel paling tidak 2 setiap hari atau jika anda rajin, menerbitkan 5 atau lebih artikel setiap hari akan lebih baik, jangan lupa setiap kali anda selesai menerbitkan artikel baru, lakukan submit artikel melalui google add url atau, fetch as google pada halaman webmaster tool anda dengan menyertakan url artikel baru anda.

Langkah ini secara tidak langsung memberikan signal kpd robot google untuk segera mengcrawl kembali halaman situs anda.

#5. Seringlah untuk submit RSS Blog anda di directory RSSfeed

Bisa juga menjadi pilihan untuk sesering mungkin mensubmit artikel yang kita miliki di directory rss feed, kita bisa submit alamat rss blog,  biasanya untuk situs berflatform blogspot url rssfeed terletak pada http://nama_blog_anda.blogspot.com/rss.xml, anda bisa cari penyedia directory rss feed dan submitlah alamat url rss feed blog anda cukup satu kali saja di setiap directory rss feed.

Semakin sering akan semakin baik, sudah saya coba ternyata berdampak terhadap backlink yang kita tanam menjadi lebih cepat untuk di claim oleh google.

#6. Coba submit backlink anda di linklicious

Ini juga sepertinya masih bisa menjadi pilihan dengan submit url-url situs dimana kita meletakan backlink didalamnya ke layanan linklicious, linklicious merupakan salah satu layanan ping, memberitahukan robot pencari google agar mengcrawl kembali alamat situs dimana kita meletakan backlink didalamnya.

Meskipun saya ragu khawatir dianggap teknik blackhat SEO, saya pernah beberapa kali menempuh langkah ini, dan memang berpengaruh sekali terhadap backlink yang kita tanam lebih cepat diindex, jika anda mau mencoba anda bisa registrasi kemudian coba untuk submit backlink anda dilinklicious dan silahkan amati efeknya, setiap hari biasanya dibatasai sampai 45 link, jangan lupa ketika mensubmit, set link per days nya menjadi 0.

Cara diatas tentu saja bukan cara pasti, ini  adalah pengalaman saya pribadi, dan cukup berhasil untuk blog saya, barangkali ada banyak cara  selain cara-cara diatas, seandainya anda punya cara lain yang memang sudah terbukti berhasil, mudah-mudahan bisa sharing.

Terima kasih anda sudah membaca artikel saya tentang

Cara agar backlink cepat terindex oleh google

semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar