Skip to main content

Cara Custom domain blogspot menjadi domain pribadi di Niagahoster.com

Berhubung saya baru saja melakukan custom domain salah satu blogspot saya di niagahoster.com, maka kali ini saya akan menguraikan bagaimana cara custom domain blogspot di niagahoster untuk menghubungkan alamat blog berflatform blogspot anda ke nama domain yang anda register di niagahoster, sehingga dengan melakukan custom domain  nama domain blog yang awalnya .blogspot.com bisa diakses dengan nama domain pribadi dengan ektensi .com, .co.id, .net dll.

Custom domain dari blogspot menjadi domain pribadi mungkin untuk sebagian orang sangatlah mudah, namun untuk pemula sepertinya akan mengalami kesulitan, bahkan untuk yang sudah lama berkecimpung di dunia blog pun bisa saja akan dibuat bingung. bisa karena lupa atau bisa juga karena bingung dengan tampilan pengelola custom domain yang disediakan oleh pengelola hosting.

Berhubung saya baru saja melakukan custom domain salah satu blogspot saya di niagahoster Cara Custom domain blogspot menjadi domain pribadi di Niagahoster.com


Oleh karena itu untuk memberikan informasi tambahan kepada anda yang ingin melakukan custom domain di niagahoster.com, maka melalui artikel saya akan menguraikan bagaimana langkah-langkah cara custom domain blogspot menjadi domain pribadi di niagahoster.com

Pertimbangan Saya memilih niagahoster untuk membeli domain dikarenakan harga domain di niagahoster.com cukup murah jika dibandingkan dengan beberapa penyedia hosting yang saya bandingkan beda-beda dikit lah, selain itu banyak yang memberikan testimoni bahka niagahoster layak untuk digunakan.

Atas pertimbangan tersebut akhirnya saya memutuskan untuk membeli domain baru untuk custom domain salah satu blog berflatform blogspot yang saya miliki, dengan alasan agar blog saya lebih dipercaya oleh pengunjung.

Persiapan sebelum Custom Domain

Sebelum melakukan custom domain langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membeli nama domain terlebih dahulu.

Oh ya untuk custom domain blogspot menjadi domain pribadi di niagahoster anda hanya perlu membeli nama domain saja tanpa hosting, karena file hosting blogspot tetap adanya di hosting google, jadi sekali lagi cukup membeli nama domain saja yang harganya kurang dari Rp. 150.000

Untuk membeli nama domain di niagahoster anda bisa mengunjungi situs niagahoster.com, silahkan lakukan pengecekan nama domain yang ingin anda gunakan, pastikan nama domain valid dan belum ada yang menggunakan, kemudian jika domain bisa digunakan, lanjutkan dengan pembelian domain tersebut.

Tugas anda selanjutnya setelah nama domain anda aktif adalah mengarahkan alamat blogspot anda ke nama domain yang anda beli.

Di artikel kali ini saya tidak akan menjelaskan secara panjang lebar bagaimana cara membeli domain, saya yakin anda sudah tau caranya, apa yang akan saya uraikan fokus untuk melakukan custom domain saja.

Langkah-langkah custom domain blogspot menjadi domain pribadi di niagahoster.

Untuk custom domain blogspot menjadi domain pribadi, apa yang harus anda lakukan adalah menginput alamat CName dan alamat A Record di pengelolaan DNS yang disediakan oleh pengelola hosting.

Alamat CName bisa anda peroleh di pengaturan akun blogspot anda, sedangkan alamat A Record sudah ditentukan oleh google.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Siapkan nama domain aktif yang sudah anda daftarkan di niagahoster (misal: domaingue.com)

2. Masuk ke halaman akun blogspot anda yang ingin di customisasi.

3. Di akun blogspot anda, pergi ke pengaturan > Dasar, kemudian pada bagian Publishing, silahkan anda klik  tulisan + Setup 3rd Party URL for your blog.


Kemudian pada blogaddress untuk kolom http://, silahkan masukan nama domain yang sudah anda daftarkan di niaga hoster.

Oh ya ingat, nama domain yang dimasukan harus memakai www., misalkan www.domaingue.com. kemudian tekan tombol save, maka akan muncul tampilan Error seperti gambar di bawah ini:



Jangan dulu panik, karena itu normal, pada tampilan error tersebut akan ditampilkan 2 alamat CName blogspot anda yang nanti akan diinput di DNS managemen di niagahoster.

Oh ya alamat  C Name blospot anda bisa dilihat seperti pada gambar di atas yang diberi kotak merah.

Silahkan catat 2 alamat  C Name tersebut atau siapkan untuk dicopy-pate, bentuk 2 alamat CName yang harus anda catat kurang lebih contohnya seperti berikut:

www                                    ghs.google.com

a7ydk4vwh2xi             gx-o6g2s6lkxyzxhpj.dv.googlehosted.com

Setelah anda mendapatkan data CName blog anda selanjutnya kita masukan alamat terebut di DNS Management niagahoster.com

4.  Login ke pengelolaan domain Niagahoster.com
Selanjutnya menuju situs niagahoster.com, lalu silahkan anda login, Pada halaman pengelolaan domain niagahoster, pilih menu Hosting and Domain  kemudian pilih tab DNS Management


di halaman DNS Management, silahkan Catat (atau copy paste) 4 daftar Alamat name server yang muncul di halaman tersebut, seperti terlihat di gambar di atas.

5. Selanjutnya pilih tab Name server, lalu input ke 4 name server dari DNS Management tersebut, pada kotak Nameserver1,2,3,4 yang disediakan, kurang lebih hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini:


Tekan tombol Update jika sudah dimasukan.

6. Kembali pilih tab DNS Management, lalu scroll ke bagian bawah kemudian tekan tombol Add Record

Masukan satu persatu ke 2 alamat CName dari blogspot yang sudah kita catat sebelumnya:
CName ke 1:

  • Record Type: Pilih CName
  • SubDomain: masukan www
  • Hostname: ghs.google.com
  • TTL:14400

seperti terlihat di gambar di bawah ini:


CName ke 2:

  • Record Type: Pilih CName
  • SubDomain: masukan kode misal a7ydk4vwh2xi (sesuaikan dengan kode di blog anda       .
  • Hostname: gx-o6g2s6lkxyzxhpj.dv.googlehosted.com
  • TTL:14400



7. Selanjutnya Masukan juga data A Record dari google
Data A Record untuk customisasi blog berflatform blogspot sudah ditentukan oleh google dengan alamat:
  • Hostname : @
  • Type: A Record
  • Address: 216.239.32.21
  • Hostname: @
  • Type: A Record
  • Address: 216.239.34.21
  • Hostname : @
  • Type: A Record
  • Address: 216.239.36.21
  • Hostname: @
  • Type: A Record
  • Address: 216.239.38.21

Silahkan masukan ke 4 A Record tersebut satu persatu.

Jika data CName dan ARecord sudah dimasukan, maka hasilnya kurang lebih akan kelihatan seperti gambar di bawah ini:



8. Selanjutnya kembali ke akun blogspot anda,  Pada menu Settings / Pengaturan > Basic / Dasar, Silahkan anda tekan tombol Save sampai tidak terjadi error.

Oh ya, terkadang Ketika menekan tombol Save masih saja error, solusinya:
  • Pastikan data C Name dan A Record yang di input di DNS Management niagahoster.com benar.
  • Tunggu beberapa jam, saya pribadi menunggu sampai tidak eror dan bisa tersimpan hingga 60 menit, beberapa kasus bisa saja langsung sukses.
Jika sudah sukses maka akan tampil seperti gambar dibawah ini:


9. Selanjutnya klik pada Link Edit kemudian centang opsi Redirect namadoian.com to www.namadomain.com



Opsi tersebut bertujuan agar ketika pengguna mengetikan namadomain.com akan diredirect atau diteruskan menjadi www.namadoian.com otomatis.

Tekan tombol Save jika sudah selesai.

10. Aktifkan Fitur HTTPS
Saat ini blogspot sudah menyediakan fitur ssl https untuk custom domain, sehingga blog anda akan bisa diakses menggunakan https://www.namadomainanda.com.

Fitur https penting baik untuk mata mesin pencari maupun di mata pengunjung, apalagi untuk blog-blog penjualan.

Langkah untuk mengaktifkan https, cukup dengan memilih YES pada opsi HTTPS Availability di pengaturan blogspot anda.



Warning:

Jika anda mengaktifkan fitur https maka pastikan template blog anda support dengan https, karena jika tidak maka fitur https tidak akan berjalan dengan baik,

Pastikan sumber daya yang digunakan di bloganda, seperti external css, gambar link menggunakan https:...

Jika langkah-langkah di atas sudah anda lakukan, maka domain blog anda yang lama ketika diakses akan di arahkan ke alamat custom domain anda.

11. Cek alamat blog anda.
Silahkan cek nama domain blog baru anda, jika belum terbuka itu artinya masih dalam proses propagasi domain, silahkan ditunggu saja beberapa hari.

Apa saja yang harus dilakukan setelah custom domain ?

Umumnya setelah custom domain visitor akan turun dalam beberapa hari, hal-hal yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut:

1.Rajin memposting artikel

2. Memeriksa template blog anda, pastikan ketika di akses dengan https://namablog_anda.com muncul icon gembok berwarna hisju di address bar.

Jika muncul https dicoret merah itu artinya template blog anda tidak support, biasanya ada sumberdaya ekternal seperti alamat gambar, css, link atau javascript yang menggunakan http: silahkan ganti saja dengan sumberdaya serupa yang menggunakan alamat https.

3. Registrasi ulang di webmastertool dengan menggunakan alamat www.namablog_anda.com.

Baca juga: Tips mengebalikan trafik setelah custom domain

Semoga uraian artikel di atas dapat memberikan informasi kepada anda bagaimana cara melakukan custom domain blogspot menjadi domain pribadi di layanan hosting niagahoster.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar