Skip to main content

Cara Membuat ANCHOR TEXT Berkualitas SEO untuk BACKLINK?

Cara Membuat ANCHOR TEXT Berkualitas SEO untuk BACKLINK? - Apa itu Anchor Text ?, Anchor text adalah text yang digunakan oleh sebuah link, ketika kita membuat sebuah link, baik itu inboundlink (link masuk) atau backlink maupun outboundlink atau link keluar, ada 4 hal yang pada umunya digunakan, yang pertama adalah alamat url tujuan, yaitu URL yang akan dituju ketika link tersebut kita klik, yang ke dua adalah, anchor text atau tampilan text yang dapat kita baca untuk link tersebut, yang ke tiga adalah title link, keterangan atau judul yang akan muncul dalam bentuk tool tips text ketika link tersebut kita sorot memakai mouse, dan yang terakhir adalah jenis link, apakah link dofollow atau link nofollow, jika link tersebut dofollow maka link tersebut akan diikuti oleh goole bot atau robot mesin pencari, dan link tersebut akan berdampak meningkatkan pagerank halaman yang dituju, sedangkan jika link tersebut nofolow, memberikan sinyal pada mesin pencari bahwa link tersebut tidak usah untuk di ikuti, link atau backlink nofollow tidak akan memberikan pengaruh apa-apa terhadap pagerank suatau halaman blog atau situs yang ditujunya, untuk optimasi SEO 4 hal tersebut harus benar-benar kita perhatikan.

Memahami Anchor Text  dan title link ?

Pada umunya perintah pembuatan anchor text untuk sebuah link dalam bentuk kode html adalah sebagai berikut:

a. Contoh link nofollow :
ini anchor text

Contoh:
blog belajar seo
link diatas akan menghasilkan anchor text bertuliskan blog belajar seo, bersifat nofollow, ketika tulisan tersebut disorot memakai mouse, akan mincul title link berupa (tool tips) dengan tulisan 'belajar seo', kemudian jika kita klik akan menuju halaman 'http://'.

b. Contoh link dofollow:
ini anchor text

Contoh:
blog belajar seo
link diatas akan menghasilkan anchor text bertuliskan blog belajar seo, bersifat dofollow, ketika tulisan tersebut disorot memakai mouse, akan muncul title link berupa (tool tips) dengan tulisan 'belajar seo', kemudian jika kita klik akan menuju halaman 'http://'.

perbedaan dari link nofollow dan dofollow dalam penulisan kode html terletak pada atribut 'rel', jika kita membuat link nofollow maka atribut rel kita isi dengan nofollow  (rel='nofollow), sedangkan jika atribut dofolow, tanpa memakai embel-embel rel, seperti terlihat pada contoh b diatas.

Cara Membuat Anchor Text Berkualitas SEO

Seiring perkembangannya sampai akhir tahun 2014 saat ini SEO banyak mengalami perubahan, terutama perubahan untuk algoritma mesin pencari, salah satunya adalah update algoritma penguin. hal tersebut berdampak juga terhadap cara membangun link atau backlink, terutama penggunaan anchor text untuk link atau backlink yang kita buat.

a. Kesalahan Ketika Membuat anchor Text

Banyak para blogger yang belum paham mengenai pembuatan anchor text ketika mereka membuat internal linking atau ketika mereka meletakan backlink, beberapa kesalahan yang mereka lakukan ketika membuat sebuah link, misal ketika mereka memubuat internal linking, yaitu link yang trhubung ke artikel lama yang mereka miliki, mereka masih ada yang menggunakan anchor text "klik disini", " baca disini", "informasi selanjutnya disini" atau text semacamnya, sebenarnya untuk pengunjung text tersebut tidak bermasalah, namun di mata mesin pencari, secara teknis anchor text seperti itu tidak akan memberikan dampak positif untuk alamat url atau artikel yang ditujunya, cara terbaik seharusnya membuat link dengan anchor text menggunakan kata kunci yang kita target untuk alamat url atau artikel yang ditujunya, sehingga link tersebut bisa memberikan energi linkjuice atau dampak positif untuk artikel relevan yang ditujunya.

b. Membuat Anchor Text dan Title Link Berkualitas SEO

Lantas bagaimanakah cara membuat anchor text dan title link yang baik itu ?, ketika kita membuat sebuah link baik itu untuk tujuan membangun backlink maupun tujuan internal linking, sebaiknya kita memperhatikan penulisan anchor text dan title link, caranya yaitu menggunakan kata kunci untuk anchor text dan title link yang relevan dengan artikel yang ditujunya, dan kata kunci anchor text dan title link yang digunakan sebaiknya kata kunci yang kita targetkan.
Sebagai contoh: jika kita memiliki artikel lama dengan judul "optimasi seo onpage pada blog", kemudian saya bermaksud membuat internal linking dengan artikel tersebut melalui artikel ini, maka anchor text dan title link untuk internal link yang akan kita buat sebaiknya menggunakan text dengan kata kunci yang kita targetkan untuk artikel ("optimasi seo onpage pada blog") tersebut.

 Seperti apa ?,

Jika saya ingin artikel dengan judul "optimasi seo onpage pada blog" muncul baik pada hasil pencarian mesin pencari dengan menggunakan kata kunci "optimasi seo Onpage", maka sebaiknya ketika kita membuat link baik itu untuk backlink maupun internal link, yang menuju artikel tersebut, sebaiknya kita gunakan kata kunci "Optimasi SEO Onpage" untuk anchor text dan title link yang kita buat, dengan demikian, popularitas kata kunci "Optimasi SEO Onpage" dimesin pencari akan semakin baik untuk artikel saya dengan judul "Optimasi seo onpage pada blog" sehingga peluang muncul pada urutan SERP sedikit demi sedikit akan semakin baik.


Kesimpulan:

Ketika kita membuat link, baik itu ketika kita membangun backlink berkualitas maupun membuat internal linking ke artikel lama yang kita miliki, sebaiknya pilih artikel yang relevan dan gunakan anchor text dan title link dengan kata kunci yang kita targetkan untuk artikel lama kita tersebut. dengan demikian popularitas artikel lama yang kita targetkan dengan kata kunci tertentu akan semakin baik dimata mesin pencari.


 demikian tip sederhana yang bisa saya share dan bagikan untuk anda tentang Cara Membuat ANCHOR TEXT Berkualitas SEO untuk BACKLINK?, semoga bermanfaat.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar