CARA memilih longtail keywords yang tepat

CARA memilih longtail keywords yang tepat – longtail keyword adalah kata kunci yang sering digunakan sebagai kriteria pencarian pada mesin pencari, artikel dengan longtail keyword memiliki peluang besar muncul pada urutan 10 besar hasil pencarian search enggine, ketika kata kunci yang digunakan pencarian tepat sesuai dengan judul artikel kita yang menggunakan lonagtail keyword, maka kemungkinan besar artikel yang kita miliki muncul pada urutan 10 besar mesin pencari, bahkan memiliki peluang untuk menduduki urutan pertama mesin pencari, namun dalam memilih long tail keyword ada beberapa hal yang harus kita perhatikan diantaranya yaitu mengenai tingkat kompetitor atau pesaing yang menggunakan long tail keyword tersebut, tapi dengan analisa yang tepat, besar kemungkinan artikel  kita muncul lebih baik pada halaman SERP (search enggine result page).

memahami apa itu longtail keyword?, jika anda sudah paham, baiklah mari kita lanjutkan.

Pembahasan meliputi:
#1. Bagaimana cara mencari longtail keyword dari kata kunci utama yang kita bidik
#2. Menganalisa kompetitor yang sudah menggunakan longtail keyword yang kita bidik.
#3. Membuat judul artikel dari longkeyword.

Cara Mendapatkan Longtail Keywrods

Keyword research atau riset kata kunci adalah hal yang wajib dilakukan sebelum kita memutuskan untuk kata kunci tersebut kita jadikan judul artikel, tujuan kita menggunakan tool research adalah untuk menemukan long tail keyword dan tingkat kompetitornya, untuk mengetahui caranya sebagai contoh kita akan gunakan contoh kasus sebagai berikut:
Misal kita akan membidik kata kunci utama “Buat Email”,  sebelum digunakan untuk judul artikel langkah pertama adalah kita harus jadikan kata kunci utama tersebut menjadi kata kunci longtail keyword, caranya bagaimana?, tentu saja bukan asal tebak,  untuk menjadikan kata kunci long tail keyword kita harus mencari kata kunci longtail keyword dari kata kunci “Buat Email”, kita bisa menggunakan salah satu tool gratis dari google yaitu google adword keyword tool, dengan langkah sebagai berikut:

a. Masuk ke halaman https://adwords.google.com dan silahkan anda login dengan menggunakan email gmail yang anda miliki.

b. Pada halaman utama google adwords keyword tool, silahkan anda pilih dan klik menu tools dan pilih submenu Keyword Planner, seperti diperlihatkan pada gambar dibawah ini:

c. Pada halaman berikutnya yang muncul kemudian pilih dan klik Menu “Search for new keyword and ad group ideas“, maka akan tapil tampilan seperti gambar dibawah ini:

Silahkan atur seperti gambar diatas, dan masukan kata kunci utama yaitu “Buat Email” seperti terlihat pada gambar diatas kemudian tekan tombol “Get Ideas“.

d. Anda akan dibawa ke daftar kata kunci yang relevan dengan kata kunci “Buat Email” yang kita masukan, silahkan anda pilih Tab “Keyword ideas”, kata akan melihat daftar kata kunci yang relevan dengan kata kunci “Buat Email”, seperti terlihat pada gambara dibawai ini, beberapa kata kunci yang muncul ada yang 1 kata, 2 kata dan 3 kata atau lebih, dari daftar yang muncul kita bisa pilih beberapa kandidat kata kunci yang nanti kita jadikan judul artikel, dan sebaiknya kita memilih kata kunci yang terdiri dari 3 suku kata atau lebih, jangan lupa kata kunci yang anda pilih sebaiknya kata kunci yang memiliki pencarian perbulan besar tetapi jumlah kompetitornya menengah kebawah atau medium/low.

Lihat gambar diatas,  sebenarnya kita bisa memilih kandidat kata kunci manapun sesuai dengan selera anda, yang penting kata kunci yang kita ambil adalah kata kunci long tail keyword, yaitu kata kunci yang terdiri dari 3 suku kata atau lebih, dengan nilai pencarian tinggi tapi nilai kopetitornya rendah, seperti terlihat pada gambar diatas, sebagai contoh kita ambil kata kunci yang saya kasih kotak sebagai berikut:

1. Kata kunci pertama yaitu: “Cara Membuat email” dengan jumlah pencarian 74.000 dan nilai kompetitornya Medium/menengah.

2. Kata kunci kedua yang kita ambil yaitu: “Mendaftar Email Baru“, dengan jumlah pencarian perbulan 27.100 dan niali kompetitornya Low/rendah.

kita bisa mengembangkan kta kunci tersebut menjadi long tail keyword yang baru misal dari kata kunci Cara membuat email kita kembangkan dan kita ubah menjadi “Cara buat Email Yahoo baru lengkap” atau apapun tergantung dari kata kunci longtail keyword yang ingin anda bidik.

 Cara Menganalisa Nilai kompetitor Blog/Situs

Setelah kita memutuskan mengambil kandidat kata kunci diatas, langkah selanjutnya adalah kita harus melakukan riset lanjutan untuk melihat  daftar blog atau situs saingan yang sudah lebih dulu menggunakan kata kunci tersebut. apakah bisa kita saingi atau tidak.
  Untuk memperoleh informasi mengenai situs-situs kompetitor yang lebih dulu sudah menggunakan kata kunci long tail keyword yang kita bidik, kita akan gunakan plugin MozBar, tool ini tersedia untuk google croome juga untuk mozila firefox. untuk memasangnya pada browser anda silahkan anda masuk ke situs http://moz.com/tools/seo-toolbar, kemudian silahkan anda download sesuai dengan browser yang anda gunakan kemudian silahkan anda instal. sebelum digunakan jangan lupa restart browser anda.

Mozbar Sebenarnya berfungsi untuk melihat nilai Page authority PA dan Domain Authority, situs-situs secara langsung yang muncul pada daftar hasil pencarian google, ketika pada browser kita sudah terinstal MozBar, daftar hasil pencarian search enggine akan dilengkapi dengan informasi DA dan PA serta informasi terkait lainnya.

 Untuk melakukan analisa tingkat kompetitor daftar blog yang sudah lebih dulu menggunakan kata kunci yang kita bidik, adalah sebagai berikut:

a. Silahkan cari menggunakan google kata kunci longtail keyword yang kita bidik, misal kita akan cek blog pesaing yang sudah menggunakan kata kunci “Cara Membuat Email Yahoo baru lengkap” silahkan lakukan pencarian dengan kata kunci tersebut, kita akan mendapatkan informasi berikut:

 Dapat kita lihat setelah menginstal MozBar pada browser hasil pencarian google dilengkapi dengan Analisa PA dan DA,  PA mengindikasikan Kepercarayaan google terhadap suatu halaman artikel, Semakin banyak yang mengunjungi nilai PA biasanya akan semakin meningkat, semakin tinggi PA berarti akan semakin sulit untuk kita lewati posisi SERP nya. sedangkan DA adalah nilai kepercayaan mesin pencari terhadap domain situs atau blog yang kita gunakan, semakin besar nilai DA akan semakin sulit untuk kita lewati, PA dan DA biasanya selalu beriringan menentukan posisi teratas pada hasil pencarian, jika halaman yang kita miliki untuk kata kunci tertentu memiliki PA dan DA yang sangat tinggi, berarti dapat dipastikan halaman tersebut walaupun dengan short tile keyword sekalipun akan menduduki urutan pertama mesin pencari dengan kata kunci pencarian yang relevan.
yang bisa kita jadikan acuan untuk longtail keyword yang akan kita bidik, data yang dijadikan acuan adalah data hasil pencarian (SERP) yang muncul pada urutan 1 sampai 10 saja, kita lihat PA dan DA nya, jika dalam daftar terdapat hasil yang memiliki PA dibawah 1-10 kemudian DA nya juga kecil berarti kita bisa menggunakan longtail keyword yang kita bidik tersebut, tetapi jika dari hasil 10 pencarian hampir semuanya memiliki DA dan PA yang tinggi, berarti kita harus meracik kembali longtail keyword lainnya untuk  judul artikel kita, begitu seterusnya, silahkan gunakan cara yang sama untuk longtail keyword lainnya yang anda bidik. 
Jika anda sudah menemukan longtailkeyword kemudian nilai kompetitor masih dibawah rata-rata, berarti longtail keywords yang anda bidik tersbut bisa anda jadikan judul artikel. semoga berhasil.
Demikian informasi yang saya bisa share tentang  CARA memilih longtail keywords yang tepat, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar