Skip to main content

Cara Memindahkan data dari HP (Android dan iPhone) ke Komputer PC atau laptop

Di artikel kali ini saya akan bahas bagaimana cara memindahkan file baik itu foto, gambar, video, maupun music mp3 atau lagu dari komputer pc ke hp android atau iPhone maupun dari hp android atau iPhone ke komputer PC atau laptop.

Transfer data dari hp android maupun iPhone ke komputer pc atau laptop maupun dari komputer ke hp  caranya sangat mudah dan biasanya dilakukan dengan tujuan-tujuan tertentu, terkadang dilakukan untuk memindahkan sebagian data dari perangkat hp, karena kapasitas penyimpanan di hp sudah sesak full atau penuh dengan foto akibat sering digunakan untuk selfy, atau bisa juga dilakukan karena ingin memindahkan file-file tertentu untuk sementara.

Bahkan saat ini tidak jarang perangkat hp baik android maupun iPhone, juga banyak digunakan sebagai media penyimpanan seperti layaknya sebuah flash disk, untuk memindahkan data dari komputer pc  atau laptop ke HP android, seperti untuk menyimpan data berupa lagu, video, dokumen, music mp3, atau ingin memindahkan aplikasi android (APK) yang didownload melalui komputer ke hp, dan data lainnya agar data tersebut dapat di diproses di perangkat ponsel.

Di artikel sebelumnya saya pernah membahas juga artikel mengenai masalah android terkait masalah tidak cukup ruang pada media penyimpanan android, sehingga tidak bisa menginstal aplikasi dari google playstore, masih seputar gadget di artikel kali ini saya juga ingin membahas mengenai cara memindahkan data dari hp android ke komputer pc atau sebaliknya.

Di artikel kali ini saya akan bahas bagaimana cara memindahkan file baik itu foto Cara Memindahkan data dari HP (Android dan iPhone) ke Komputer PC atau laptop


Cara ini saya bahas dalam artikel untuk membantu pengguna komputer maupun pengguna perangkat mobile seperti ponsel, smartphone dan tablet yang merasa kesulitan dan tidak tau cara memindahkan data dari hp android ke komputer pc atau laptop dan juga sebaliknya dari komputer ke HP.

Perlu diketahui bahwa aktivitas memindahkan data atau trasfer file dari android ke komputer pc atau laptop maupun dari komputer ke hp android sebenarnya sangatlah mudah, namun karena aktivitas ini jarang dilakukan, membuat cara yang mudah ini terkadang sering lupa atau caranya belum tahu.


A. Cara Memindahkan File dari HP Android ke Komputer PC atau dari komputer ke HP Android.

Untuk memindahkan file atau data baik berupa video, music mp3 atau lagu, dokumen dan data lainnya, dari komputer pc atau laptop ke hp android atau sebaliknya sebenarnya bisa dilakukan dengan 2 cara, bisa menggunakan kabel atau tanpa menggunakan kabel.

Jika menggunakan kabel biasanya kabel yang bisa digunakan adalah kabel data yang dikenal dengan kabel USB, sedangkan jika tanpa bantuan kabel biasanya menggunakan bluetooth, cara ini hanya bisa dilakukan jika antara komputer dan hp keduanya sudah memiliki perangkat bluetooth yang berfungsi dengan baik.


1. Cara Memindahakan data komputer vs HP melalui bluetooth.

Cara pertama untuk memindahkan data atau transfer data antara komputer dengan ponsel bisa anda lakukan melalui bluetooth, tapi hp anda dan juga laptop yang digunakan harus sudah memiliki perangkat bluetoot. dan pastikan perangkat bluetoot di laptop berfungsi dengan baik.

Langkah-langkah memindahkan data dari hp ke komputer pc atau laptop adalah sebagai berikut:

langkah 1: Aktifkan bluetooth di perangkat android anda,
Caranya masuk ke menu setelan/settings > bluetooth silahkan aktifkan.

langkah 2: Aktifkan juga perangkat bluetooth di laptop.
Oh ya pastikan perangkat bluetooth di laptop berfungsi dengan baik, karena walaupun laptop dilengkapi perangkat bluetooth, terkadang jika drivernya belum diinstal bluetooth tidak akan berfungsi dan tidak akan bisa digunakan untuk melakukan transfer data.

Cara mengaktifkan perangkat bluetooth di laptop biasanya berbeda-beda antara merk laptop yang satu dengan merk lainnya, untuk anda yang kebetulan menggunakan laptop ASUS anda bisa menekan tombol keyboard khusus biasanya tombol FN + tombol F2 secara bersamaan, sedangkan untuk merk laptop lainnya jika anda tidak tau caranya anda bisa cari referensi di mesin pencari google, sesuai dengan merk laptop yang anda gunakan.

Langkah 3: Di laptop, Setelah bluetoot dalam keadaan aktif, tekan tombol start menu, lalu cari dan klik bluetooth file transfer, seperti gambar di bawah ini:

Di artikel kali ini saya akan bahas bagaimana cara memindahkan file baik itu foto Cara Memindahkan data dari HP (Android dan iPhone) ke Komputer PC atau laptop


Akan tampil seperti gambar di bawah ini:

Di artikel kali ini saya akan bahas bagaimana cara memindahkan file baik itu foto Cara Memindahkan data dari HP (Android dan iPhone) ke Komputer PC atau laptop
Tekan tulisan Send files jika anda hendak melakukan pengiriman data dari laptop atau komputer ke hp, dan klik tulisan Receives files, untuk anda yang ingin memindahkandata atau file dari ponsel ke komputer atau pc.

Misal kita gunakan untuk memindahkan file dari hp ke komputer, maka klik saja pada tulisan Receives files, aplikasi akan masuk ke mode status menunggu koneksi, seperti gambar di bawah ni:

Di artikel kali ini saya akan bahas bagaimana cara memindahkan file baik itu foto Cara Memindahkan data dari HP (Android dan iPhone) ke Komputer PC atau laptop
Langkah 4: Sekarang kembali ke hp android anda. silahkan cari file (video, gambar atau foto, music dan file lainnya yang ingin anda pindahkan ke komputer laptop. jika sudah ketemu, tekan pada file tersebut, lalu tekan tombol kirim / share, kemudian pilih bluetooth.

Anda akan masuk ke halaman daftar perangkat bluetooth yang terdeteksi oleh hp, jika bluetooth pada laptop berfungsi, maka nama komputer laptop akan muncul pada daftar. jika tidak coba silahkan tekan saja tombol refresh/ segarkan, sampai anda menemukan nama laptop yang disandingkan. jika sudah ada klik saja pada nama komputer tersebut.

HP akan melakukan transfer file, dan komputer laptop akan meresponnya dengan munculnya notifikasi di taskbark seperti gambar di bawah ini:






Langkah 5: Silahkan klik pada notifikasi tersebut.


Kembali ke hp, di hp anda akan muncul notifikasi penyandingan perangkat, silahkan setujui penyandingan.

Langkah 6: Kembali ke komputer lalu tekan Tombol Next. data pun akan diterima silahkan tunggu proses transfer sampai selesai.

Jika sudah selsai data bisa di lihat di komputer anda  buka saja window ekplorer, kemudian di sebelah kiri cari dan klik  Documents > Bluetooth folder

b. Cara memindahakan data HP vs Komputer melalui Kabel data USB

Cara kedua untuk memindahkan data atau file dari komputer ke hp atau dari hp ke komputer pc atau laptop adalah menggunakan kabel data USB. langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Langkah 1: Sambungkan Komputer dengan HP melalui kabel USB.
Silahkan colokan kabel usb ke komputer dan juga ke HP anda.

Langkah 2: di HP anda Aktifkan mode MTP transfer file
Ketika HP di sambungkan ke MTP, maka di hp android akan muncul notifikasi, klik saja pada notifikasi tersebut, biasanya anda akan diminta menentukan sambungan, meliputi:
  • a. Hanya untuk pengisian daya
  • b. Transger file (MTP)
  • c.Transfer foto (PTP)

Pilih transfer file (MTP), agar memory penyimpanan HP bisa terbaca oleh komputer. oh ya di beberapa HP caranya bisa saja berbeda.

Jika USB masih tidak terhubung dan tidak terdeteksi, pastikan penambatan usb di HP android anda dalam keaadaan aktif, caranya:

Di HP xiaomi
Masuk ke Setelan / settings >  pilih menu others.../lainnya....> aktifkan penambatan USB.

 Langkah 3: Pada Komputer buka windows ekplorer, lalu klik pada perangat hp anda seperti terlihat di gambar di bawah ini:

Di artikel kali ini saya akan bahas bagaimana cara memindahkan file baik itu foto Cara Memindahkan data dari HP (Android dan iPhone) ke Komputer PC atau laptop




HP android anda akan terbaca seperti layaknya sebuah flashdisk (portable device), anda bisa menghapus, mengcopy file apapun seperti aplikasi android (apk), video, music, gambar, footo dan file lainnya, baik dari komputer PC ke penyimpanan HP android anda maupun dari penyimpanan HP ke komputer PC atau laptop.


Itulah artikel mengenai Cara Praktis Memindahkan data dari HP Android ke Komputer PC atau laptop.

B. Cara Memindahkan File Dari iPhone ke Komputer PC atau dari Komputer ke iPhone

Bukan hanya di hp android, di iphone pun proses transfer data sering dilakukan, biasanya sih karena ingin memindahkan file-file yang terdapat di iphone ke komputer ketika memory penyimpanan iphone kapasitasnya sudah full, karena iphone sudah penuh dengan foto akibat sering digunakan untuk selfi, atau mungkin dari koputer ke iPhone untuk menyimpan file-fle multimedia seperti music dan  video.

Sebenarnya untuk memindahkan data dari iphone ke komputer pc atau laptop sangat lah mudah, namun masih banyak pengguna iphone yang belum tau dan sering gagal ketika mencobanya.

Jadi untuk anda yang kebetulan ingin memindahkan data atau file dari perangkat iPhone ke komputer maupun sebaliknya, langkah-lankahnya adalah sebagai berikut:

1. Pastikan aplikasi iTunes sudah diinstal di komputer
Untuk pengguna windows silahkan download itunes for windows. Dengan menginstal aplikasi itunes maka iPhone akan terdeteksi secara otomatis. jika belum diinstal maka komputer tidak akan mengenali iphone dan tidak akan terdeteksi.

2. Pastikan menggunakan kabel data Original
Beberapa kasus jika menggunakan kabel data tidak ori biasanya iphone akan sulit terdeteksi oleh komputer walaupun aplikasi iTunes sudah diinstal di komputer.

3. Sambungkan kabel usb ke laptop dan komputer
Tunggu beberapa saat sampai laptop dapat mendeteksi perangkat iPhone, silahkan pilih trust this computer yang muncul di iPhone, setelah itu buka windows explorer, dan klik  My Computer, icon penyimpaan iphone akan muncul dalam bentuk Portable Device ( seperti layaknya sebuah flashdisk).

Di artikel kali ini saya akan bahas bagaimana cara memindahkan file baik itu foto Cara Memindahkan data dari HP (Android dan iPhone) ke Komputer PC atau laptop
Silahkan buka portable device tersebut dan operasikan seperti layaknya anda menggunakan  flashdisk. anda bisa memindahkan foto dan data lainnya dari komputer ke iphone maupun dari iphone ke komputer pc.

Jika Iphone masih tidak terdeteksi oleh Komputer

Ada kalanya walaupun secara fisik sudah terhubung iphone masih saja belum bisa didteksi secara otomatis oleh komputer, jika ini terjadi, maka anda melakukan hal berikut:

1. Instal ulang iTunes

2. Mengganti kabel USB dengan yang original

3. Coba lakukan putus sambung beberapa kali

4. Atur pengaturan iphones ke pengaturan default.
Caranya, silahkan masuk ke menu Pengaturan – Umum – Atur Ulang kemudian kembalikan semua pengaturan di iPhone ke default dengan memilih Atur Ulang Pengaturan. Jangan khawatir data di iPhone termasuk foto tidak akan hilang, karena cuma pengaturannya aja yang di defaultkan.

5. lihat di windows ekplorer di bagian Liberary, beberapa kasus muncul di lokasi tersebut.


Demikian semoga artikel tentang Cara Memindahkan data dari HP (Android dan iPhone) ke Komputer PC atau laptop yang di uraikan di atas dapat membantu permasalahan anda.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar