Skip to main content

Cara Mempublikasikan website ke internet agar bisa diakses secara online

cara Mempublikasikan website ke internet agar online Cara Mempublikasikan website ke internet agar bisa diakses secara online
Untuk mempublikasikan halaman website agar bisa diakses secara online sebenarnya bukanlah hal yang sulit, apalagi untuk anda yang sudah berpengalaman di bidangnya, namun untuk anda yang baru bisa mengembangkan website dan belum memiliki banyak pengalaman mengelolanya, anda kemungkinan akan bertanya-tanya bagaimana cara agar halaman website bisa diakses secara online melalui jaringan internet.

Kita ketahui bersama, ketika halaman website masih dalam proses pengembangan, pada umumnya halaman website akan dibuat secara offline menggunakan komputer pribadi, komputer yang digunakan biasanya sudah terinstal webserver local seperti xampp dan webserver lainnya,  pada komputer local halaman website biasanya hanya dapat diakses secara lokal menggunakan alamat domain localhost, baru setelah halaman website siap, pengembang bisa mengonlinekannya sehingga halaman tersebut bisa diakses melalui internet.

Untuk membuat halaman website yang kita buat bisa diakses secara public, ada 2 pilihan yang bisa kita gunakan, bisa dihosting menggunakan komputer server pribadi, atau bisa menyewa penyedia layanan web hosting. Tentunya yang paling praktis adalah dengan menggunakan jasa penyedia layanan web hosting.

Ada banyak sekali layanan hosting murah yang bisa kita pilih, dengan menggunakan jasa mereka selain dapat menekan biaya, kita juga tidak akan disibukan dengan masalah teknis yang berkaitan dengan troubleshooting hardware dan jaringan, sehingga kita bisa fokus mengelola halaman website yang kita miliki secara maksimal.

Saat ini ada banyak sekali penyedia layanan web hosting yang bisa kita gunakan, baik berlokasi di indonesia maupun luar negeri, lokasi layanan web hosting yang harus dipilih tentunya bisa disesuaikan dengan kebutuhan, jika target visitor untuk halaman website anda adalah orang indonesia maka sebaiknya anda memilih jasa penyedia layanan web hosting local yang terdapat di indonesia, namun jika anda menargetkan pengunjung dari luar negeri, maka anda bisa menyewa penyedia layanan web hosting luar negeri atau penyedia layanan webhosting lokal yang menyediakan server di luar negeri.

Jika saat ini anda mampu mengembangkan halaman website sendiri, namun kebetulan anda masih bingung karena belum memiliki pengalaman bagaimana cara mengonlinekan halaman website anda, sehingga bisa diakses melalui internet, maka anda beruntung membaca artikel ini, karena pada artikel ini akan memberikan informasi tambahan untuk anda, bagaimana cara agar website anda yang anda kembangkan sendiri di komputer anda bisa diakses secara online melalui jaringan internet.

Cara agar website anda dapat diakses secara online melalui jaringan internet

Langkah-langkah untuk mempublikasikan website agar dapat diakses secara online adalah sebagai berikut:

A. Membeli nama domain

cara Mempublikasikan website ke internet agar online Cara Mempublikasikan website ke internet agar bisa diakses secara online
Domain adalah semacam alamat fisik yang digunakan pengguna internet untuk mengakses  halaman website anda, nama domain sama halnya seperti  nama alamat untuk menuju rumah anda.

Untuk membuat website anda bisa diakses secara publik, maka anda harus memiliki nama domain dengan cara membelinya di penyedia layanan webhosting misalnya di domainesia.com dengan harga yang cukup murah, harga domain  biasanya akan sangat ditentutan dengan jenis ektensi domain yang ingin digunakan (.com, .net, .id, .co.id dan lain sebagainya).

Pada saat kita memutuskan untuk membeli nama domain, maka kita akan diminta untuk menentukan nama domain yang ingin digunakan, nama domain yang dapat kita gunakan bisa apa saja sesuai keinginan namun harus unik (tidak boleh sama dengan nama domain yang sudah ada),  selain nama domain umumnya kita juga akan diminta untuk memilih ektensi domain, yaitu akhiran untuk nama domain, seperti  (.com, .org, .co.id, .sch.id, . net dan lain sebagainy).

Contoh nama domain misalnya, domainesia.com, nama domain domainesia dan ektensinya adalah .com. anda bisa mencari nama domain yang sesuai dengan jenis website anda. Nama domain tersebut selanjutnya akan diintegrasikan dengan web hosting yang akan  digunakan sebagai alamat untuk mengakses halaman website anda.

B. Menyewa Web hosting

cara Mempublikasikan website ke internet agar online Cara Mempublikasikan website ke internet agar bisa diakses secara online
Jika domain adalah alamat fisik, maka webhosting adalah rumahnya, ya jika dianalogikan webhosting bisa diibaratkan semacam rumah yang fungsinya adalah untuk menyimpan dan sekaligus mengelola file-file halaman website.

Web hosting dan domain memang merupakan dua hal yang berbeda, namun keduanya saling terintegrasi dan akan saling berkaitan, domain adalah nama alamatnya, sedangkan webhosting adalah rumahnya.

web hosting secara fisik merupakan  komputer server khusus yang sudah dikonfigurasi sedemikian rupa serta sudah dilengkapi dengan aplikasi webserver di dalamnya. Webhosting berperan seperti layaknya sebuah rumah yang dapat anda gunakan untuk menyimpan file-file website anda.

Sama halnya dengan domain, untuk memiliki Web hosting kita juga bisa menyewanya di penyedia layanan webhosting, harga sewa webhosting biasanya berbeda-beda, namun biasanya para penyedia layanan webhosting sudah mengkategorikannya dalam bentuk paket pilihan, semakin tinggi spesifikasi paket yang ditawarkan dan semakin lengkap fiturnya umumnya harganya akan semakin mahal.

Ketika anda memutuskan untuk menyewa webhosting untuk website anda, sebaiknya tidak serampangan dan asal-asalan, karena jika salah memilih kemungkinan anda akan merasa dirugikan di kemudian hari.

Ketika anda memilih layanan web hosting maka jangan tergiur hanya karena harganya yang murah, ada banyak parameter yang harus anda jadikan acuan, namun satu hal yang harus diperhatikan adalah memahami kebutukan website anda, sehingga anda pada akhirnya akan dapat menentukan paket webhosting yang cocok dan sesuai dengan jenis website anda dalam jangka panjang.

Tips memilih webhosting yang baik dan berkualitas.

Untuk mendapatkan web hosting yang cocok dan berkualitas baik, memang gampang-gampang susah, untuk yang berpengalaman mungkin akan sangat mudah bagaimana memilihnya, namun untuk pemula apalagi yang baru pertama kali mengelola halaman web, kemungkinan akan dibuat bingung harus memilih yang mana.

Untuk membantu dalam mendapatkan layanan webhosting yang baik dan berkualitas, maka anda bisa menggunakan parameter sederhana sebagai acuan, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Pikirkan mengenai target visitor website anda, seperti yang sudah dijelaskan di awal artikel, target visitor akan sangat menentukan lokasi server yang harus anda pilih ketika anda menyewa layanan webhosting, jika visitor dari luar negeri maka usahakan memilih server yang lokasinya di luar negeri, namun jika target visitor indonesia anda bisa memilih server yang lokasinya di indonesia, semakin dekat lokasi server dengan lokasi pengunjung yang mengakses website anda, maka akses akan semakin cepat.

2. Spesifikasi server, selain lokasi server anda juga harus memperhatikan spesifikasi server, spesifikasi server yang harus anda perhatiakan diantaranya, teknologi server, jenis processor yang digunakan, RAM, kapasitas penyimpanan, jenis hardisk, kecepatan jaringan, semakin baik spesifikasinya dan semakin murah harganya maka itu bisa menjadi pilihan anda.

3. Flatform yang digunakan untuk membuat website, pastikan penyedia layanan webhosting yang akan anda sewa support dengan flatworm website yang anda gunakan.

4. Kapasitas data, ada banyak ragam website, beberapa website mungkin sangat dominan dalam menggunakan transaksi basis data, sehingga seiring waktu kapasitasnya akan semakin membengkak, jika kebutuhan penyimpanan data untuk website anda sangat besar, pastikan anda memilih penyedia layanan web hosting yang menawarkan paket server dengan kapasitas penyimpanan yang besar dan juga spesifikasi hardware yang  mumpuni.

5. Harga, Harga memang bukan prioritas utama, namun anda bisa mengupayakan untuk mendapatkan dan memilih layanan webhosting yang menawarkan harga termurah, namun tatap memberikan kualitas terbaik. Untuk mendapatkan harga terbaik  anda bisa membandingkan beberapa harga layanan webhosting, silahkan tentukan pilihan pada layanan webhosting yang menawarkan harga termurah namun kualitasnya terjamin.

6. Testimoni pengguna, sebelum memutuskan untuk menyewa layanan web hosting, penting sekali untuk membaca testimoni dari para pengguna webhosting yang anda pilih, testimoni pengguna akan sangat menentukan kualits webhosting yang anda pilih, dengan membaca testimoni pengguna anda akan mampu mengetahui kelebihan dan kekurangan dari web hosting yang anda pilih, jika anda kurang puas dengan  testimoni yang ada, maka anda bisa bertanya langsung dengan pengguna di webhosting tersebut di forum-forum terkenal terkait bagus tidaknya layanan webhosting yang akan anda pilih.

Yang jelas pastikan anda untuk memilih layanan webhosting yang memiliki testimoni yang baik dari penggunanya, walaupun tidak 100% semua testimoni positif, namun tetap anda bisa memilih webhosting yang testimoni penggunanya didominasi oleh testimoni positif.

7. Customer support , selain 6 hal di atas, yang paling penting yang harus anda perhatikan adalah  custumer support, pastikan customer support dari penyedia layanan webhosting yang anda pilih selalu aktif dalam 24 jam , responsif dan sangat enak diajak diskusi. Customer support akan memabantu anda manakala anda mendapatkan permasalahan terkait dengan website anda, customer support yang berkualitas adalah customer support yang ramah serta selalu mampu membantu  untuk memecahkan permasalahan terkait website anda.

Jika anda mengacu pada parameter diatas, maka anda akan dengan mudah mencari dan menemukan layanan  web hosting  yang murah dan berkualtias untuk website anda.

C. Mengupload file-file halaman website anda

cara Mempublikasikan website ke internet agar online Cara Mempublikasikan website ke internet agar bisa diakses secara online
Selanjutnya setelah anda memiliki nama domain dan webhosting, maka agar halaman website anda dapat diakses secara publik melalui jaringan internet, anda harus mengupload seluruh file-file website anda baik itu file html, css, javascript, script server ke web hosting.

Bagaimana cara menguploadnya ?
Cara menguploadnya tentunya tidak sulit, karena setelah anda memiliki halaman webhosting, maka anda akan mendapatkan akun webhosting yang dapat anda gunakan untuk mengelola website anda, seperti untuk mengupload file-file website anda,  mengelola basis data (membuat basis data, membackup, restore basis data dan lain  sebagainya), sekaligus pengaturan konfigurasi untuk mengintegrasikan antara domain dan webhosting anda.

Untuk mengupload dan cara konfigurasi saya tidak akan bahas secara terperinci di artikel ini, karena umumnya setiap layanan web hosting memiliki cara berbeda. Anda bisa mencari Referensi terkait sesuai dengan layanan webhosting yang anda pilih.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar