CARA mendaftarkan BLOG ke Bing dan Google webmaster tool

Cara mendaftarkan blog ke Bing dan google webmaster tool: lengkap agar blog cepat diindex dan dikenali mesin pencari – Ada banyak sekali mesin pencari yang cukup populer saat ini, diantaranya adalah mesin pencari google dan bing, sebenarnya seiring dengan berjalannya waktu, artikel yang kita terbitkan pada akhirnya akan diindex dan dikenali oleh mesin pencari terutama search enggine google dan bing, namun untuk lebih memastikan artikel yang kita buat terindex dengan lebih cepat, salah satu caranya kita harus mendaftarkan blog yang kita miliki ke mesin pencari, dan sekaligus mensubmit peta situs yang terdapat dalam blog, sehingga artikel blog akan mudah untuk dindex dan dikenali.

 Untuk saat ini google dan bing menyajikan sebuah tool yang dapat membantu memfasilitasi webmaster agar blognya mudah ditemukan mesin pencari, syaratnya adalah melalukan registrasi blog ke kedua tool tersebut dan submit peta situs blog didalamnya, peta situs pada umumnya berisi daftar link-link url yang terdapat dalam sebuah blog atau situs, dengan mensubmit peta situs di mesin pencari maka mesin pencari akan lebih mudah untuk menelusuri struktur blog anda secara keseluruhan dan menemukan url-url blog anda untuk di index kedalam basis data mereka dengan cepat, sehingga blog anda akan mudah dikenal dan ditemukan di halaman mesin pencari.

Selain digunakan untuk submit peta situs, kegunaan lain dari webmaster tool adalah dapat membantu para webmaster untuk memonitor interaksi robot mesin pencari dengan halaman blog yang mereka miliki,  sehingga para webmaster akan sangat mudah mengetahui berbagai informasi hasil penelusuran robot mesin pencari untuk mereka analisa dan untuk dijadikan referensi guna meningkatkan kinerja blog mereka di mata mesin pencari.

A.Cara mendaftarkan blog ke Bing webmaster tool

Pada artikel sebelumnya saya sudah pernah membahas bagaimana cara mendapatkan kode verifikasi google webmaster tool, pada artikel kali ini saya akan membahas bagaimana cara mendaftarkan blog ke bing webmaster tool, bing webmaster tool adalah tool yang disediakan oleh microsoft yang dapat membantu para webmaster untuk membuat blog atau situsnya mudah dikenali dan ditemukan oleh mesin pencari bing.

Langkah-Langkah Mendaftarkan blog ke Bing Webmaster Tool

Untuk  mendaftarkan  blog ke bing webmaster tool syaratnya sangat mudah, yaitu kita  harus memiliki salah satu alamat email hotmail atau alamat email outlok, seperti halnya google, dengan memiliki salah satu alamat email tersebut kita bisa menggunakan setiap layanan online dari microsoft tanpa harus melakukan registrasi ulang, jika anda belum memiliki alamat email hotmail atau outlok, langsung saja lakukan pendaftaran bing, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Masuk ke alamat situs buat email google terlebih dahulu.

Langkah-langkah mendaftarkan blog ke google webmaster tool

1. Masuk ke halaman pendaftaran google webmaster tool, kemudian cari dan tekan tombol “Sign In to Webmaster Tools“. silahkan login dengan gunakan email dan password google anda.

2. Submit alamat blog atau situs anda, lihat gambar dibawah ini:

Cara mendaftarkan blog ke Bing dan google webmaster tool CARA mendaftarkan BLOG ke Bing dan Google webmaster tool

Masukan alamat url anda pada kotak no 1, kemudian tekan tombol “ADD SITE

3.  Berikutnya, pilih alternate method (lihat no 1 gambar dibawah), kemudian pilih HTML Tag, kemudian copykan kode verifikasi google webmaster tool (lihat no 2 gambar dibawah), sekarang masuk ke akun blogspot anda, dan letakan kode verifikasi tersebut pada kode template blog anda, letakan diatas kode , kemudian simpan template.

Jika kode verifikasi sudah diletakan didalam template blog, silahkan kembali ke halaman google webmaster tool, dan tekan tombol “VERIFY” seperti yang ditujukan no 3 pada gambar.

“Tips: Tombol verifikasi harus anda tekan ketika kode verifikasi sudah selesai diletakan di template blog anda”

Sampai tahap 3 diatas berarti anda sudah berhasil mengintegrasikan blog yang anda miliki dengan google webmaster tool, tahap berikutnya adalah anda diharuskan mensubmit peta situs atau alamat situs ke google webmaster tool, agar robot google mudah menelusuri setiap bagian situs anda.

Cara Submit Site Map di Google Webmaster Tool

Setelah anda berhasil mengintegrasikan blog anda dengan google webmaster tool, yang harus anda lakukan selanjutnya adalah mensubmit peta situs atau sitemap blog anda ke google webmaster tool, untuk mensubmit petas situs di google webmaster tool langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Masuk ke halaman Akun webmaster tool Anda, silahkan gunakan email dan password google yang anda daftarkan

2. Setelah masuk, pilih salah satu blog anda pada daftar, pada bilah menu sisi kiri pilih menu Crawl, kemudian pilih submenu sitemaps.

3. Cari dan tekan tombol ADD/TEST SITEMAP, kemudian masukan sitemap blog anda, khusu untuk blogspot, peta situs terletak di http://nama_blog_kamu.blogspot.com/sitemap.xml, anda cukup memasukan sitemap.xml pada kotak isian yang disediakan, seperti gambar dibawah ini:

Cara mendaftarkan blog ke Bing dan google webmaster tool CARA mendaftarkan BLOG ke Bing dan Google webmaster tool

Kemudian tekan tombol Submit sitemap, silahkan refresh blog anda untuk melihat hasilnya

“Tips: seiring dengan bertambahnya artikel postingan, anda harus selalu me resubmit peta situs atau sitemap di google webmaster tool, agar setiap artikel baru yang  anda terbitkan cepat dikenali oleh mesin pencari google”

Demikian apa yang bisa saya bagikan untuk anda tentang Cara mendaftarkan blog ke Bing dan Google webmaster tool terbaru, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar