Skip to main content

Cara mudah menambahkan blog ke seach enggine Google

Sebenarnya artikel menenai cara agar judul artikel postingan muncul di google pernah saya buat, namun untuk memberkan informasi tambahan saya membuat lagi artikel serupa mengenai cara cepat menambahkan blog ke search enggine google, dengan tujuan agar artikel bisa tampil di mesin pencari google.

 Tidak dipungkiri bahwa google sampai  saat ini merupakan salah satu mesin pencari yang paling popular didunia, sehingga keberadaannya banyak digunakan oleh pengguna internet untuk lebih mudah menemukan informasi yang mereka inginkan.

Kepopeleran mesin pencari google juga ternyata bukan hanya dimanfaatkan oleh pengguna internet yang mencari informasi, tetapi juga dimanfaatkan oleh pemilik blog untuk lebih mempopulerkan halaman blognya, salah satu caranya adalah mengupayakan agar blognya lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari, dengan cara mendaftarkan blognya ke mesin pencari.

Tujuan mendaftarkan blog ke mesin pencari adalah untuk memberi tahu google bahwa ada halaman blog yang harus segera google index, sehingga mesin pencari google dapat segera mengenali blog tersebut sehingga lebih mudah ditemukan di hasil pencarian.

cara agar judul artikel postingan muncul di google Cara mudah menambahkan blog ke seach enggine Google


Untuk blogger yang berpengalaman tentu saja mengenalkan blog ke mesin pencari adalah sebuah aktivitas rutin yang jarang sekali dilawatkan, setiap kali mereka selesai menerbitkan artikel, biasanya langkah selanjutnya yang akan mereka lakukan adalah mendaftarkan artikel tersebut ke mesin pencari, sehingga artikel tersebut lebih cepat dikenali oleh google dan muncul di mesin pencari google.

Sayangnya untuk blogger pemula terutama untuk blog yang baru mengenal dunia blogging, karena tidak tau aktifitas memasukan blog ke search engine hamper tidak pernah dilakukan, sehingga jangan heran banyak blogger pemula tumbang ditengah jalan, putus asa karena blog yang mereka buat sangat sulit sekali muncul di halaman google.

Cara Memasukan blog Ke mesin pencari google agar mudah ditemukan

Mendaftarkan blog atau mengenalkan blog ke mesin pencari sebenarnya tujuannya sederhana, agar blog dan setiap artikel yang terdapat pada blog tersebut lebih cepat dikenali oleh mesin pencari sehingga bisa muncul di hasil pencarian ketika ada pengguna internet yang mencari dengan kata kunci yang relevan dengan judul-judul artikel yang terdapat pada blog tersebut.

Untuk anda pemilik blog berflatform blogspot atau blog wordpress dengan domain pribadi yang ingin memasukan blognya ke mesin pencari supaya muncul di hasil pencarian google, langkah-langkah yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut:

1. Daftarkan blog anda ke google webmaster tool

Untuk setiap pemilik blog yang ingin blognya lebih cepat popular dan bisa muncul di hasil pencarian google, mendaftarkan blog ke webmaster tool merupakan langkah wajib yang harus dilakukan. 

Google webmaster tool atau sekarang dikenal sebagai google search consolue, merupakan tool online gratis yang disediakan google untuk  membantu pemilik situs agar dapat memonitor kinerja blog yang anda miliki.

Google webmaster tool dapat memberikan informasi bagaimana interaksi robot mesin pencari terhadap halaman blog atau situs anda.

Sehingga dari informasi yang dilaporkan oleh gooogle webmaster tool, anda bisa meningkatkan kinerja dan performa blog anda menjadi lebih baik, baik dimata google maupun di mata pengunjung blog anda.

Selain itu dengan mendaftarkan blog ke google webmaster tool, maka secara tidak langsung anda mengenalkan alamat blog anda ke mesin pencari, bahwa ada alamat blog baru yang harus mereka index, dengan demikian blog anda akan muncul dapat muncul di hasil pencarian.

2. Submit Peta situs blog anda di google webmaster tool.

Mendaftarkan blog ke google webmaster tool tidaklah cukup, setelah blog didaftarkan langkah selanjutnya adalah mensubmit peta situ blog anda di google webmaster tool.

Tujuannya adalah agar google tau mana yang harus mereka index, sehingga index blog anda akan menjadi lebih cepat.

Semakin banyak jumlah index itu artinya blog anda akan lebih mudah dikenali oleh mesin pencari.

Saya tidak akan menguraikan bagaimana cara submit peta situs di google webmaster tool di artikel ini, karena sebelumnya saya sudah sajikan artikel khusus bagaimana cara submit peta situs / sitemap di google webmaster tool, anda bisa membacanya.

2.  Sumbit setiap alamat url artikel blog anda ke google setelah artikel selesai dipublikasikan (publish).

Setelah anda mendaftarkan alamat blog anda ke google search consule, maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan agar setiap artikel yang anda buat bisa lebih cepat dikenali dan dapat muncul di hasil pencarian google adalah memasukan / submit url artkel blog anda ke search engine google.

Jadi jangan lupa setiap kali anda selesai menerbitkan artikel, selanjutnya anda harus memasukan atau submit url/alamat dari artikel blog anda ke mesin pencari google, tujuannya adalah memberitahu google bahwa di blog anda ada artikel baru yang harus google index, sehingga artikel tersebut lebih cepat dikenal oleh google dan bisa muncul di hasil pencarian google.

Untuk mensubmit alamat blog maupun alamat setiap artikel blog anda ke mesin pencari google, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a.  Masuk ke alamat https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url
Anda biasanya akan diminta untuk login dengan menggunakan email google anda, silahkan login,

b. Pada kotak isian yang disediakan silahkan masukan url artikel blog anda yang ingin dikenalkan ke google.

cara agar judul artikel postingan muncul di google Cara mudah menambahkan blog ke seach enggine Google

Centang im not a robot, lalu tekan tombol submit request.

Cukup satu kali saja, dan lakukan hal yang sama untuk setiap alamat url artikel blog baru anda yang anda terbitkan.

Lho Kenapa Judul artikel saya tidak muncul di hasil pencarian ?

Dengan mengenalkan blog ke mesin pencari, maka seharusnya blog dan juga setiap artikel pada blog anda akan mampu dikenali oleh google dan bisa muncul di hasil pencarian google.

Tapi kenapa blog saya tidak muncul di hasil pencarian walaupun sudah melakukan langkah-langkah di atas ?

Perlu diketahui bahwa ketika anda mencari artikel blog anda di hasil pencarian, dan ternyata judul artikel blog anda tidak muncul, itu bukan berarti artikel blog anda tidak dikenali atau belum diindex google, kemungkinan besar artikel blog anda kalah bersaing dengan artikel lainnya yang lebih berkualitas dan lebih dulu popular.

Untuk memastikan bahwa setiap artikel blog anda sudah dikenali oleh mesin pencari google, maka anda bisa mencoba melakukan pencarian dengan menggunakan mesin pencari google dengan format kata kunci pencarian:
site:alamat_url_blog_anda
Missal :
site:
Dengan format pencarian di atas anda akan melihat judul-judul artikel blog anda yang sudah diindex dan dikenali oleh mesin pencari google. Silahkan amati judul-judul artikel blog anda yang muncul di hasil pencarian google, jika artikel yang anda maksud muncul, itu artinya artikel tersebut sudah  diindex google dan dapat dikenali oleh google.

Jadi jangan heran ketika artikel anda tidak muncul di hasil pencarian google, itu bukan berarti artikel tersebut belum terindex, tetapi kemungkinan artikel tersebut kalah bersaing dan posisinya tidak berada pada halaman pertama google.

Bagaimana cara cek Ranking Artikel Blog di hasil pencarian?

Untuk meningkatkan performa artikel anda, maka sebaiknya anda mengecek urutan setiap artikel postingan blog anda di hasil pencarian, sehingga jika posisinya kurang maksimal, maka anda bisa mengupayakan optimasi baik optimasi seo offpage maupun optimasi seo onpage.

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengecek urutan artikel positingan blog anda di hasil pencarian, bisa dengan mesin pencari google atau dengan bantuan tool khusus.

Untuk anda yang ingin mengecek artikel postingan anda menggunakan mesin pencari google, pastikan anda menggunakan halaman browser incognito windows, tujuannya adalah agar hasilnya akurat dan real.

Karena jika anda menggunakan halaman browser dimana status anda sedang dalam keadaan login email google yang digunakan blog, maka kemungkinan hasilnya kurang akurat atau mungkin saja yang muncul adalah halaman google + anda.

Cara #1: Mengecek rangking google menggunakan mesin pencari

Untuk anda yang ingin mengecek google menggunakan mesin pencari langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Buka Browser anda
b.  Buka halaman incognito windows, caranya klik menu tiga baris yang letaknya di pojok kanan atas browser mozila anda. lalu pilih new private windows



c. Pada tab browser private / incognito yang tampil, silahkan buka google.com dan lakukan pencarian dengan mengetikan target kata kunci untuk artikel blog anda.

d. Silahkan amati urutan judul artikel blog anda, jika tidak ada di halaman pertama anda bisa mencarinya di halaman ke2, ke 3 dan halaman lainnya di hasil pencarian.

Cara ini memang kurang efektif, Karena untuk mengetahui posisi rangking artikel anda harus mencarinya dan anda harus menghitung urutannya, jika muncul di halaman pertama ya mungkin akan lebih mudah, namun jika muncul di halaman ke2 dan seterusnya anda akan cukup direpotkan.

Cara ke #2: Cek rangking halaman Menggunakan Bantuan tool Khusus.

Ada banyak tool yang bisa digunakan untuk mengecek rangking artikel di hasil pencarian, tool yang bisa digunakan salah satunya adalah Free Monitor for google,

Untuk menggunakan tool ini secara lengkap sudah saya bahas di artikel sebelumnya mengenai cara terbaik mengetahui posisi artikel di hasil pencarian google.

Dengan tool tersebut anda bisa memonitor lebih dari satu kata kunci dan anda bisa mengetahui dengan cepat apakah rangking halaman menurun atau naik, jika rangking dikatehaui mengalami penurunan maka anda bisa segera melakukan optimasi untuk artikel tersebut.

Kesimpulan

Memasukan blog ke mesin pencari adalah langkah penting yang harus dilakukan agar blognya lebih mudah dikenali oleh mesin pencari dan juga setiap artikel yang diterbitkan di blognya lebih mudah dikenali oleh mesin pencari.

Memasukan blog ke search enggine bisa anda lakukan untuk anda pemilik blog berflatform blogspot dan juga blog wordpress dengan domain pribadi, terutama untuk pemilik blog yang memiliki akses terhadap kode template blog tersebut.

Dengan memasukan blog ke search enggine, maka blog akan lebih mudah dikenali oleh mesin pencari, dan bisa muncul di halaman pencarian di posisi terbaik ketika kata kunci pencarian yang digunakan relevan dan blog anda dianggap pantas menduduki posisi terbaik.

Semoga artikel tentang  Cara Cepat Memasukan blog ke seach enggine Google di atas bermanfaat untuk anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar