Skip to main content

Easiest Way to Cook Appetizing Sop Kapurung Malinau khas kalimantan utara

Sop Kapurung Malinau khas kalimantan utara. Makanan khas Kalimantan utara banyak dipengaruhi oleh budaya asli daerah tersebut seperti Kutai dan Demak. Kalimantan Utara merupakan satu provinsi yang tergolong baru di Indonesia. Kuliner khas Kalimantan Utara ini dikenal juga dengan nama ikan asin pedas atau gami.

Sop Kapurung Malinau khas kalimantan utara Selain itu salah satu hal yang paling dinanti saat berkunjung ke suatu kota di Indonesia adalah kenikmatan dan. Sup kapurung malinau, Kalimantan Utara. cookpad.com/Tukang Makan. Sup kapurung malinau terbilang unik karena di dalamnya terdapat bola-bola yang terbuat dari tepung kanji. You can have Sop Kapurung Malinau khas kalimantan utara using 16 ingredients and 6 steps. Here is how you cook that.

Ingredients of Sop Kapurung Malinau khas kalimantan utara

  1. You need 1/2 kg of tepung kanji.
  2. It's 1/2 kg of ikan bandeng.
  3. You need sesuai selera of sayur (bayam, katuk, jantung pisang, dan terong un.
  4. It's 1 ltr of air mendidih.
  5. It's of bumbu iris ikan :.
  6. It's 1 jempol of jahe.
  7. You need 1 ruas of kunyit.
  8. It's 10 buah of belimbing wuluh.
  9. You need 1 btg of serai.
  10. It's 5 siung of bawang putih.
  11. It's 3 siung of bawang merah.
  12. Prepare sesuai selera of pelengkap :.
  13. Prepare of kacang goreng.
  14. You need of sambal cabai tumis teri.
  15. Prepare of jeruk nipis.
  16. You need of kecap manis.

Kuliner di atas bisa dijadikan pilihan. Kalimantan Utara juga memiliki sajian sate yang unik dan khas, yaitu sate temburung. Seperti namanya, sate ini terbuat dari bahan utama temburung, yaitu sejenis hewan laut yang menyerupai kerang. Bedanya, temburung memiliki cangkang yang berbentuk melingkar seperti bentuk terompet.

Sop Kapurung Malinau khas kalimantan utara step by step

  1. Bola - bola kanji : Tepung kanji diencerkan dg air dingin hingga larut. Lalu tuang air mendidih sambil terus diaduk tanpa henti sampai terbentuk bubur lengket berwarna bening. Dengan sendok, bentuk bubur sebesar baso lalu cemplungkan ke dalam air dingin, begitu seterusnya hingga bubur habis.
  2. Ikan kuah kuning : Rebus hingga mendidih 1 1/2 ltr air bersama bumbu iris terkecuali belimbing wuluh. Masukan ikan yg sudah disiapkan lalu masak hingga matang. Bumbui dg garam, gula, msg sesuai selera. 1 menit sebelum diangkat, masukan belimbing. Ambil ikan, buang tulang2 halusnya, lalu suwir2 kasar, Sisihkan. Saring air kaldu ikan, sisihkan..
  3. Sayur : Rebus singkat bayam dan daun katuk, angkat, rendam dalam air es, sisihkan. Rebus jantung pisang hingga getirnya hilang, sisihkan. Bakar terong, kupas kulit hitamnya, haluskan, sisihkan..
  4. Sambal cabai tumis teri : Blender kasar cabai, bawang putih, serai, dan tomat. Tumis lalu masukan teri yg direndam hingga lunak. Bumbui perasa, angkat tanpa perlu terlalu kering..
  5. Penyajian : Ambil bola2 kanji sedikit ke mangkok, tambahkan sayur sesuai selera banyaknya. Tambahkan suiran ikan dan taburan kacang goreng. Siram dengan kaldu ikan. Agar lebih nikmat, tambahkan sambal cabai teri, jeruk nipis dan kecap manis.
  6. Hidangkan panas - panas segera, selamat menikmati.

Kappurung adalah salah satu makanan khas tradisional di Sulawesi Selatan, khususnya masyarakat daerah Luwu (Kota Palopo, Kabupaten Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur) juga di Tawau, di Sabah,Malaysia yang dihuni masyarakat mayoritas suku Bugis. Tumis tudai atau kerang darah/ kerang dara kuliner khas Kalimantan Utara. Bumbu tumis tudai adalah bawang, jahe, cabai, daun salam, dan kecap manis. Kode Pos - Malinau - Provinsi Kalimantan Utara. Keripik kelakai adalah makanan khas Kalimantan Tengah yang dibuat oleh suku Dayak dengan memanfaatkan bagian daunnya yang masih muda.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar