Skip to main content

Fix mengatasi hamparan layar terdeteksi pada hp android xiaomi, samsung dan lenovo

Satu lagi permasalahan yang sering muncul pada hp dengan sistem operasi android adalah munculnya notifikasi peringatan yang berisi pesan Hamparan layar terdeteksi atau screen overlay detected.

Munculnya pesan tersebut bukan hanya di merk hp xiaomi saja, tapi beberapa merk hp lainnya seperti samsung, lenovo, sony, asus dan merk hp android lainnya pun dikabarkan juga sering mengalami hal yang sama. Peringatan tersebut biasanya muncul pada saat si pengguna mengkatifkan sebuah aplikasi, seperti aplikasi permainan, bbm, whatsapp  atau aplikasi lainnya.

Untuk saya pribadi peringatan tersebut muncul ketika ingin bermain permainan mobile legend setelah sebelumnya system android  hp android yang saya gunakan saya upgrade, awalnya sempat bingung dengan peringatan tersebut, karena sangat sulit dipahami.

Satu lagi permasalahan yang sering muncul pada hp dengan sistem operasi android adalah mun Fix mengatasi hamparan layar terdeteksi pada hp android xiaomi, samsung dan lenovo


Tapi sepertinya pesan peringatan hamparan layar terdeteksi itu memberitahukan kepada pengguna bahwa ada aplikasi-aplikasi yang terpasang di hand phone android yang kita miliki yang mengaktifkan notifikasi pemberitahuan atau wondow popup yang sering muncul di bagian status bar hp android, atau mungkin saja kita diminta untuk mengaktifkan izin perangkat untuk mengakses aplikasi.

Munculnya pesan hamparan layar terdeteksi tersebut sebenarnya secara tidak langsung meminta pengguna untuk menonaktifkan popup window yang sedang dalam keadaan aktif yang dimiliki oleh aplikasi-aplikasi tertentu pada hp android yang kita miliki.

Untuk Beberapa aplikasi seperti halnya mobile legend, aktifnya popup window yang dimiliki sebuah aplikasi memang diminta untuk dimatikan, entah tujuannya untuk apa, tapi kemungkinan besar tujuannya agar aplikasi mobile legend yang sedang dimainkan bisa running atau berjalan secara maksimal.

Untuk anda yang kebetulan mengalami munculnya pesan peringatan hampran layar terdeteksi pada hp android anda, maka tugas anda adalah menonaktifkan popup window pada perangkat hp android anda.

Di artikel kali ini saya akan coba uraikan langkah-langkah untuk menonaktifkan hamparan layar terdeteksi pada beberapa merk hp android seperti xiaomi, lenovo, sony, asus smartfren andromax dan merk hp lainnya, walaupun caranya tidak jauh berbeda namun tata letak menu untuk menonaktifkan hamparan layar terdeteksi sedikit berbeda untuk setiap merk hp. lets check it out....!

Menonaktifkan Hamparan layar terdeteksi di hp Xiaomi

Untuk anda pengguna hp xiaomi, untuk menonaktifkan hamparan layar terdeteksi terbilang cukup mudah dan cepat, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Masuk ke menu pengaturan

2. Di halaman pengaturan/settings, scroll ke bagian bawah lalu pilih menu Perizinan

3. Pada halaman perizinan, pilih lagi menu Perizinan Lainnya.

4. Pada halaman perizinan lainnya, geser layar ke kiri atau klik pada tab Perizinan

5. Pada halaman tab berizinan, pilih menu Tampil Jendela popup / Show windows popup.

6. Pada halaman selanjutnya, klik pada menu titik tiga di pojok kanan atas, lalu pilih menu Larang semua.

Silahkan coba kembali menjalankan aplikasi yang sebelumnya muncul hamparan layar terdeteksi, jika pengaturan benar maka pesan hamparan layar terdeteksi tidak akan muncul kembali.

Menonaktifkan hamparan layar terdeteksi di hp samsung.

Untuk menonaktifkan pesan hamparan layar terdeteksi di hp samsung, sedikit ribet jika dibandingkan dengan hp xiaomi karena kita harus masuk dulu ke safe mode. langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Matikan ponsel Samsung, kemudian nyalakan kembali

2. Jika sudah muncul tulisan Samsung, tekan tombol volume ke bawah dan tahan untuk masuk ke mode aman atau Safe Mode. Anda akan masuk ke mode aman atau Safe Mode dengan munculnya tulisan Safe Mode, tepatnya pada bagian bawah layar hp anda.

3. Selanjutnya masuk ke halaman Settings, pilih menu Apps, cari dan klik pada aplikasi yang menimbulkan Screen Overlay Detected, dan masuk ke bagian permission
    Set izin akses yang diperlukan oleh aplikasi


4. Restart kembali hp samsung anda.


Silahkan coba kembali untuk mengaktifkan aplikasi yang sebelumnya muncul hamparan layar terdeteksi. jika benar, maka pesan tersebut tidak akan muncul kembali.

Menonaktifkan hamparan layar terdeteksi di hp Lenovo.

Untuk hp lenovo sama halnya seperti di hp samsung, anda harus masuk dulu ke mode aman, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Tekan tombol power

2. Pada dialog pilihan yang muncul, tekan  dan tahan pada opsi Matikan daya, hingga muncul dialog pesan Reboot ke mode aman, lalu tekan OK. maka anda akan masuk ke mode aman dengan munculnya tulisan mode aman di bagian bawah layar hp lenovo anda.

3. Selanjutnya, masuk ke menu pengaturan, pilih menu Aplikasi

4. Pada halaman aplikasi, pilih menu titik 3 di pojok kanan atas, lalu pilih menu Tampilkan Sistem.

5. Cari dan pilih aplikasi yang sebelumnya terkendala dengan munculnya pesan hamparan layar terdeteksi.

6. Pada halaman Info Aplikasi, pilih opsi Izin, Silahkan aktifkan daftar semua perizinan untuk aplikasi tersebut.

7. Restart hp lenovo anda.

Setelah melakukan pengaturan di atas, seharusnya hp lenovo anda bisa menjalankan aplikasi-aplikasi yang sebelumnya memiliki permasalahan hamparan layar terdeteksi

Untuk perangkat android lainnya seperti Asus, OPPO, Vivo, smartfren, caranya sebenarnya tidak jauh berbeda, namun biasanya penyajian menunya yang sedikit berbeda.

Langkah pertama bisa dicoba tanpa harus masuk ke safe mode terlebih dahulu, jika tidak bisa bisa dicoba masuk dulu ke safe mode, lalu coba langkah-langkah di atas.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar