Skip to main content

How to Cook Perfect SEPAT SANTAN khas Sumbawa

SEPAT SANTAN khas Sumbawa. Hallo semuanyaKali ini aku buat video tentang Resep dan cara membuat sepat santan. Sepat merupakan makanan khas Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Kue majareal terbuat dari gula dan gerusan kacang tanah lembut.

SEPAT SANTAN khas Sumbawa Sepat ikan adalah makanan khas daerah Sumbawa. Memang inilah salah satu resep masakan khas. Makanan Khas Sumbawa - Ketika anda mengunjungi pulau Sumbawa tentu anda tidak hanya menikmati keindahan wisata religi, alam, sejarah, budaya, maupun wisata baharinya saja, melainkan juga menikmati wisata kuliner di Sumbawa yang tak boleh terlewatkan. You can cook SEPAT SANTAN khas Sumbawa using 16 ingredients and 10 steps. Here is how you cook it.

Ingredients of SEPAT SANTAN khas Sumbawa

  1. You need 1/2 kg of ikan apa saja yang biasa untuk di bakar.
  2. Prepare 1/4 kg of ayam.
  3. Prepare 1 pcs of jantung pisang belah lalu di rebus sampai matang (berikan garam dan asam jawa agar warnanya tidak hitam).
  4. It's 5 pcs of cabai rawit.
  5. It's 1 pcs of kemiri.
  6. Prepare 4 siung of bawang merah.
  7. You need 1 pcs of tomat.
  8. You need 10 pcs of belilimbing wulu.
  9. It's 2 pcs of terong panjang.
  10. It's 1 pcs of jeruk monte atau purut.
  11. It's secukupnya of kemangi.
  12. It's secukupnya of garam.
  13. It's secukupnya of penyedap.
  14. You need 1 pcs of santan BUMAS uk 90ml bisa di ganti dengan santan yg diperes dari kelapa asli.
  15. Prepare secukupnya of gula.
  16. You need 1L of air.

Sepat ikan adalah makanan khas daerah Sumbawa. Sepat, lebih tepatnya sepat ini merupakan teman makan untuk ikan bakar yang terbuat dari air, asam, terong, bawang merah. Ada bnayak macam sepat, diantaranya Sepat Bage, Sepat Aru, Sepat Santan. Manjareal, merupakn kue khas Sumbawa yang berbahan dasar kacang yang di balut.

SEPAT SANTAN khas Sumbawa step by step

  1. Bersihkan ikan lalu rendam dwngan garam saja.
  2. Bersihkan ayam lalu rebus sebentar dengan garam.
  3. Bakar ikan dan ayam diatas bara api sampai matang.
  4. Bakar bahan.. kemiri. Cabai. Tomat. Jeruk monte. Terong. Bawang merah. Bakar sampai agak layu.
  5. Bersihkan jantung pisang lalu direbus jangan lupa berikan sedikit garam dan asam jawa ya.
  6. Haluskan bahan.. kemiri. Bawang. Cabai. Tomat Dan garam sampai halus. Masukkan di dalam wadah mangkok besar.
  7. Ambil jantung pisang yang sudah matang lalu potong2 kecil lalu haluskan kasar jangan sampai halus ya.... lali campurkan dengan bumbu yang sudh dihaluskan tadi.. Lakukan hal yang sama untuk terong tapi bersihkan kulitx yang sudah gosong ya...
  8. Parut belim ing wulu kedalam wadah yg diisi bahan yang sdh dihaluskan. Campur kemudian berikan santan, air 1 L. Opsinya tergantung selera suka kexut atau tidak.
  9. Terakgir berikan penyedap. Garam dan gula.
  10. Ayam di suir suir... lalu masukkan kedalam bahan adonan tadi.. yerakhir berikan kemangi.. lalu sepat siap di hidangkan dengan ikan bakar.

Nikmati sedap dan lezatnya hidangan kue pukis santan yang khas dari Banyumas. Nah, agar anda bisa menghidangkan sajian ini dirumah mari kita simak langsung resep mudahnya dibawah ini. Belum lengkap rasanya jika kamu mengunjungi Sumbawa dan tidak mencicipi sepat. Sepat adalah makanan berkuah asam, yang di dalamnya berisikan ikan bakar, irisan tomat, asam sumbawa (bage), belimbing wuluh, terong, mangga muda, dan kemiri. Deskripsi: Sepat adalah masakan khas daerah Sumbawa, rasanya asam - asam segar.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar