Skip to main content

Ini 5 tips ampuh Merawat baterai laptop agar tetap awet, tidak mudah drop, hemat dan tahan lama

Zaman sekarang apalagi untuk anda yang pekerjaannya tidak lepas dari internet dan dunia online, komputer atau laptop merupakan perangkat wajib yang harus kita miliki, saat ini laptop sering menjadi pilihan dari pada komputer PC atau desktop, dikarenakan laptop atau notebook lebih praktis, bersifat portable, ringan serta mudah dibawa ke mana-mana.

Selain itu, perangkat laptop atau notebook sudah dilengkapi dengan baterai, sehingga pengguna bisa menyalakan laptop dimanapun dan kapanpun  tanpa harus tersambung ke aliran listrik secara langsung sama halnya seperti sebuah smartphone.

Seiring dengan perkembangan teknologi laptop saat ini, selain spesifikasi laptop yang semakin tinggi, kapasitas baterai juga sudah lebih baik, kini baterai laptop dapat menyimpan daya yang cukup lama, bahkan bisa tahan berhari-hari, cukup mencharge baterai laptop secara penuh kita bisa menggunakannya tanpa harus disambungkan ke aliran listrik.

Zaman sekarang apalagi untuk anda yang pekerjaannya tidak lepas dari internet dan dunia on Ini 5 tips ampuh  Merawat  baterai  laptop agar tetap awet, tidak mudah drop, hemat  dan tahan lama

Kita ketahui bahwa Baterai laptop memang bukan merupakan bagian yang bisa menunjang kecepatan proses kinerja laptop, namun walaupun begitu keberadaan dan kondisi baterai laptop boleh dibilang satu hal cukup penting, karena laptop dengan baterai yang bagus dapat membuat laptop tidak akan selalu tergantung pada aliran listrik langsung, sehingga penggunaan laptop dapat menjadi lebih praktis dan leluasa.

Sayangnya kondisi baterai laptop tidak akan selalu dalam kondisi baik, seiring dengan usia laptop dan cara penggunaan laptop, tidak jarang baterai laptop menjadi rusak baik dalam waktu yang cepat atau dalam waktu yang lama.

Jika baterai laptop rusak biasanya ketika komputer laptop atau PC digunakan, daya baterai akan terkuras dengan cepat, sebagai akibatnya baterai terpaksa harus sering di charger atau diisi ulang, dalam kondisi demikian laptop akan tergantung sekali dengan aliran listrik yang membuat penggunaan laptop menjadi kurang praktis.

Baca juga: Cara cepat memindahkan data dari hp ke komputer pc atau laptop

Ada banyak penyebab kenapa baterai laptop menjadi rusak, tapi pada umumnya Kondisi cepat rusaknya baterai laptop sangat ditentukan oleh cara pengguna memelihara laptop tersebut,  jika pengguna kurang memperhatikan kesehatan baterai laptop, maka sudah dapat dipastikan baterai laptop akan cepat sekali rusak.

Oleh karena itu untuk mempertahankan baterai laptop agar awet dan bertahan lama, maka kita harus memperhatikan kesehatan baterai laptop.

Ada banyak sekali cara yang bisa kita baca di artikel-artikel blog tentang bagaimana cara merawat baterai laptop, namun ternyata setelah dicoba sendiri, sebagaian ada yang terbukti benar dan sebagian lagi ada yang belum terbukti kebenarannya alias meleset.

Berangkat dari pengalaman, setelah beberapa kali gonta-ganti laptop, ternyata ada cara ampuh bagaimana cara memelihara baterai laptop agar baterai laptop tidak cepat rusak dan tahan lama.

Tips Ampuh Memelihara Baterai Laptop Agar tetap Awet dan tahan lama

Jika diamati, teknologi baterai laptop saat ini memang sudah sangat baik tidak seperti dulu, rata-rata hampir semua merk laptop seperti acer, hp, asus, toshiba, sony dan merk laptop lainnya udah dilengkapi dengan teknologi  pemutus arus otomatis.

Pada saat baterai  sedang di charge dan baterai full, maka arus listrik yang menyuplai daya pada baterai akan terputus secara otomatis sehingga baterai tidak akan mendapatkan supplai daya berlebih yang bisa menyebabkan baterai cepat rusak.

Namun begitu, teknologi tersebut bukanlah satu-satunya jaminan yang bisa membuat baterai laptop akan selalu awet, ada hal-hal lainnya yang tetap harus diperhatikan untuk membuat baterai laptop tetap awet.

Berikut tips untuk memelihara kesehatan baterai laptop agar tetap awet dan tahan lama

1. Cabut charger jika baterai sudah full.

Tips  pertama yang harus diperhatikan agar baterai laptop tetap awet adalah, mencabut charger laptop manakala baterai laptop sudah penuh.

Barangkali anda pernah mendengar bahwa, ketika laptop akan digunakan dalam waktu yang lama, charger lebih baik jangan dicabut, daya akan terputus dengan sendirinya manakala full, karena laptop sudah dilengkapi dengan pemutus arus otomatis.

Hal tersebut tidak sepenuhnya benar, karena berdasarkan pengalaman semakin sering kita mencharger baterai laptop dalam keadaan penuh, maka baterai akan cepat sekali rusak, walaupun baterai sudah dilengkapi dengan pemutus arus otomatis.

Cara terbaik agar baterai laptop tetap awet adalah memperlakukan laptop sama halnya seperti baterai smartphone, biasakan cabut ketika baterai sudah penuh, dan charge kembali pada saat daya baterai di bawah 25% atau pada saat kondisi baterai perlu di charge ulang,  anggap saja laptop anda seperti smartphone.

Cara seperti ini cukup membuat baterai tahan lama dan performanya akan tetap baik, walaupun sudah bertahun-tahun digunakan.

2. Jangan biarkan daya baterai laptop mencapai 0% dan laptop mati.

Terus terang, berdasarkan pengalaman ini merupakan penyebab baterai laptop cepat sekali rusak, membiarkan baterai laptop sampai 0% lalu laptop mati dengan sendirinya karena kekurangan daya merupakan penyebab baterai anda akan cepat sekali drop.

Saya pribadi dulu sering sekali melakukan hal ini tanpa sengaja, karena alasan tanggung sedang sibuk menggunakan laptop, walaupun sudah diperingati oleh munculnya jendela peringatan  sistem operasi, bahwa daya baterai sudah hampir habis, saya tetap melanjutkan menggunakan laptop tersebut tanpa di charger, akhirnya lupa dan menyebabkan laptop mati karena dayanya sudah 0%.

Satu kali terjadi sepertinya tidak kelihatan dampaknya, kondisi baterai masih tetap kelihatan baik, namun setelah  berkali-kali  dan semakin sering terjadi, baterai laptop pada akhirnya cepat rusak ngedrop, baterai tidak akan mampu lagi bertahan lama, walaupun daya masih ada, laptop langsung mati karena baterai sudah rusak.

Jadi hindari untuk menggunakan laptop sampai mati karena dayanya mencapai 0%, jika daya sudah sangat sedikit, maka segera kembali lakukan pengisian daya baterai sampai baterai full 100%, lalu jangan lupa cabut daya.  Jika kondisi anda tidak memungkinkan untuk mencharger laptop sementara daya hampir 0%, lebih baik matikan laptop terlebih dahulu lalu isi ulang lagi dirumah.

3. Gunakan Cooling pad pada saat laptop digunakan dalam waktu yang lama

Jika anda sering menggunakan laptop anda dalam waktu yang sangat lama, artinya laptop dinyalakan terus dalam waktu yang lama seperti untuk bermain game atau untuk mengerjakan pekerjaan lainnya, disarankan untuk menggunakan cooling pad (pendingin) agar suhu laptop tetap setabil.

Menjaga suhu laptop tetap dingin dengan bantuan cooling pad, akan mengurangi kinerja kipas pendingin yang terdapat dilaptop itu sendiri yang biasanya otomatis bekerja pada saat suhu laptop panas, laptop dalam kondisi dingin membuat kinerja laptop akan  tetap normal dan akan membuat performa baterai tidak cepat terkuras.

Selain itu kondisi perangkat keras laptop tidak akan mudah panas dan akan selalu terjaga performanya, penggunaan cooling pad selain dapat memelihara kesehatan baterai laptop juga dapat menjaga kondisi hardware laptop terutama motherboard akan tetap prima sehingga laptop anda akan semakin awet dan tahan lama karena suhunya akan tetap stabil.

4. Hindari untuk sering mencabut charger laptop pada saat baterai belum full.

Pastikan anda tidak sering mencabut laptop pada saat baterai laptop sedang di charger namun daya belum sepenuhnya penuh.

Satu kali dua kali sepertinya tidak akan menjadi masalah, namun semakin sering anda melakukan cabut daya pada saat baterai sedang diisi namun daya baterai belum 100%, sedikit demi sedikit akan membuat baterai laptop anda rusak. Apalagi dilakukan secara berulang-ulang. Semakin sering anda melakukan cabut, isi, cabut isi dalam waktu yang berdekatan, saya pastikan lambat tapi pasti baterai laptop anda akan mudah sekali rusak dan drop.

5. Hindari untuk mencopot baterai laptop ketika laptop akan digunakan

Mungkin anda pernah mendengar atau mungkin pernah memperaktekannya, ada yang menyarankan agar baterai selalu awet maka lebih baik baterai  dicopot pada saat laptop akan digunakan dalam waktu yang lama.

Memang  cara ini benar-benar akan membuat baterai laptop akan tetap awet dalam waktu yang lama, namun kerusakan pada hardware laptop lainnya tidak akan terjamin, karena mungkin saja ketika laptop sedang  digunakan terjadi putus aliran listrik, yang menyebabkan laptop akan langsung mati tanpa melalui proses shutdown.

Semakin sering terjadi laptop mati tanpa melalui proses shutdown, akan menyebabkan hardware laptop terutama hardisk akan semakin cepat rusak, bahkan mungkin bisa mengancam kerusakan fatal yang mungkin terjadi pada motherboard laptop anda.

Memang ada banyak sekali tips memelihara baterai laptop yang bisa kita gunakan, namun tentu saja cara terbaik adalah yang bersumber dari pengalaman pengguna.

Cara di atas sengaja saya share untuk anda, sesuai dengan pengalaman saya pribadi, yang sudah beberapa kali gonta-ganti laptop dan sudah beberapa kali mencoba beberapa cara guna memelihara baterai laptop, cara di atas menurut saya cara yang paling efektif sepanjang saya menggunakan laptop terakhir kali dan memang benar-benar ampuh dapat membuat baterai laptop awet dan tahan lama.

Apa yang saya pernah saya alami, kerusahakan laptop paling umum yang saya sering sekali alami adalah baterai laptop yang rusak  alias drop, atau motherboard laptop yang mudah sekali panas dan mati secara tiba-tiba, tentu saja itu akibat dari cara penggunaan laptop yang kurang memperhatikan kondisi kesehatan laptop itu sendiri.



Lebih baik mencegah dari pada menunggu terjadi kerusakan, walaupun untuk sebagian orang laptop dianggap murah, demi menghemat keuangan anda, alangkah baiknya memelihara laptop dengan baik sehingga bisa bertahan lama.

Tips di atas tidak terbatas pada satu jenis merk laptop saja, apapun merk laptop yang anda miliki, baik itu acer, asus, hp, sony, samsung, toshoba benq dan merk komputer laptop atau notebook lainnya yang menggunakan baterai, bisa menggunakan tips di atas untuk menghemat baterai laptop agar tetap awet dan tahan lama.

Semoga tips di atas mengenai cara memelihara baterai laptop agar tatap selalu awet dan tahan lama bisa bermanfaat untuk anda, selamat mencoba.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar