Skip to main content

Ini dia Penyebab BLOG Anda DIBANNED dan DIHAPUS GOOGLE

Penyebab yang memicu blog anda dibanned dan dihapus google? - Sakitnya tuh disini-ni...., ketika blog yang berflatform blogspot kesayangan kita harus kita relakan dengan terpaksa karena hilang begitu saja dari peredaran, blog yang dari awal kita pelihara kemudian kita besarkan, dan setelah blog tersebut tumbuh menjadi sebuah blog yang memiliki visitor berlimpah, tiba-tiba hilang dan tidak bisa diakses, baik itu oleh para pengunjung maupun kita sebagai sipemilik blog, sepertinya itu buka hal yang tidak mungkin, jika anda mengalami hal semacam itu berarti blog anda sudah terkena banned google dan blog anda tanpa syarat dihapus secara langsung dari internet, hal semacam ini banyak dialami oleh para blogger senior, dan mungkin saja kita juga bisa mengalami hal serupa jika kita mengabaikan penyebabnya. oleh karena itu untuk menghindari banned dan delete pada blog, setidaknya kita harus dapat mengetahui dan dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan sebuah blog dibanned.

Penyebab yang memicu blog anda dibanned dan dihapus google Ini dia Penyebab BLOG Anda DIBANNED dan DIHAPUS GOOGLE

Pada artikel kali ini saya akan coba share mengenai faktor-faktor penyebab banned, sehingga kita sebagai pemilik blog sekaligus blogger bisa mengantisifasi setiap hal yang menyebabkan banned, sehingga blog yang kita miliki bisa berumur panjang, tumbuh dan berkembang menjadi sebuah blog yang berkualitas dimata mesin pencari juga para pengunjung setia blog.

Faktor-Faktor penyebab Banned pada Blog

Untuk menghindari blog menjadi target banned dan delete oleh google, langkah terbaik adalah mengetahui faktor penyebab banned, sehingga kita bisa mengantisifasi dan terhindar dari segala kemungkinan buruk untuk blog kita, adapun faktor-faktor penyebab banned dan delete pada blog adalah sebagai berikut:

1. Blog Berisi artikel copy Paste

Copy paste adalah salah satu tindakan yang sangat dibenci oleh google, google sangat menghargai kebijakan atas hak kekayaan intelektual (HAKI), jika blog anda disinyalir sebagai blog dengan artikel-artikel kopi paste, sebaiknya anda berhati-hati, dan kemungkinan besar anda tinggal menunggu waktu saja blog anda dibanned dan didelete dari peredaran dunia maya. Perlu diketahu kopi paste sebenarnya sangat merugikan bukan hanya untuk si tukang kopas namun untuk sipemilik blog juga, blog yang kita miliki akan rentan terhadap duplikat konten sedangkan duplikat konten sangat dibenci oleh google, dan lambat laun jika terdeteksi google, popularitas blog kita di mata mesin pencari akan semakin menurun.

Baca juga :Agar artikel postingan tidak dapat dicopy paste

Sebaiknya ketika anda memang senang kopi paste, silahkan kopi paste asalkan anda mencantumkan link aktif ke sumbernya dengan begitu akan menjadi pertimbangan si pemilik blog untuk tidak melaporkan blog anda, kemudian dilanjutkan dengan  merubah judul dan isinya sehingga tidak terlalu sama, sama 10% sampai dengan 30% bisa dibilang masih normal, namun jika 100% sama, baik itu judul maupun isinya itu sudah tidak bisa ditolelir, jika kita menemukan kasus seperti itu, benar-benar harus kita sikapi dengan serius.

Tukang kopas sebaiknya jangan merasa pandai mengelabui google, untuk beberapa kasus saya sendiri sempat menemukan sebuah blog yang benar-benar menjiplak seluruh artikel pada blog saya ini, dari mulai judul dan isi artikel sama semuanya, namun tidak ada satupun yang mencantumkan link ke sumbernya, mereka sepertinya merasa pandai, apa yang mereka lakukan adalah mengatur tanggal penerbitan artikel sehingga terkesan bahwa artikel hasil kopi paste yang mereka terbitkan lebih dulu diterbitkan dari aslinya,
apa yang saya lakukan untuk pertama kali adalah memperingatinya agar jangan suka kopi paste sembarangan tanpa izin, dan sebaiknya artikel tersebut dilengakapi link aktif ke sumbernya, 1 hari, 2 hari sampai 1 minggu kelihatannya tidak ada respon, langsung saja saya laporkan ke google, dan akhirnya blog tersebut saya cek ternyata sudah di hapus dari peredaran.
Ada beberapa blog yang memang menjiplak artikel-artikel pada blog ini tidak saya laporkan salah satunya dikarenakan mereka mencantumkan link balik pada blog ini.

Jangan pernah merasa pandai mengelabui google, meskipun anda merubah penerbitan artikel sehingga terkesan artikel kopi paste anda lebih dulu terbit dari artikel aslinya, tetap saja yang dijadikan acuan google ketika membandingkan antara artikel hasil kopi paste dengan artikel aslinya adalah waktu yang terdapat pada bihind the sceene. jadi google akan mudah menemukan mana artikel aslinya dan mana artikel kopi paste.

2. Prilaku SPAM sipemilik blog.

Prilaku Spam bisa terjadi ketika kita membangun backlink. baik itu backlink dofollow maupun backlink nofollow, untuk kebanyakan blogger indonesia backlink yang mereka peroleh termasuk saya sebagian besar diperoleh dengan cara meletakan komentar pada blog atau situs baik itu situs atau blog luar negeri maupun dalam negeri. sebaiknya ketika memburu backlink kita harus senantiasa hati-hati, jangan sampai apa yang kita lakukan dianggaps sebagai tindakan NYEPAM, sebuah komentar bisa dikategorikan sebagai sebuah tindakan spam jika:

a. Komentar tidak relevan dengan isi artikel
Kadang kita menemukan beberapa pesan isi komentar yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan isi artikel dan sama sekali tidak ada relevansi sedikitpun, komentar seperti itu banyak berkeliaran biasanya diletakan hanya untuk mempromosikan sesuatu.
Tips: sebaiknya berkomentar lebih dari satu baris dan terlebih dahulu baca isi artikelnya kemudian dilanjutkan dengan berkomentar yang relevan.

b. Bulk
Bulk adalah tindakan berkomentar pada blog atau situs dimana isi komentar yang kita letakan untuk setiap blog memiliki isi yang sama. ketika kita melakukan aktivitas blog walking jangan sekali-kali karena dengan alasan ingin cepat berkomentar atau, malas harus mengetikan ulang komentar, tidak sedikit komentar yang kita letakan hasil kopi paste dan sama seluruhnya untuk setiap blog yang kita kunjungi. tindakan tersebut bisa  terindikasi sebagai tindakan spam yang pada akhirnya akan merugikan si komentator.

c. Menggunakan name/ url yang sama setiap kali berkomentar
 Salah satu aktivitas yang dianggap dapat meningkatkan visitor dan dapat mempercepat clain backlink oleh google adalah aktivitas blogwalking yitu mengunjungi blog orang lain dan meletakan komentar didalamnya, ada beberapa alasan kenapa harus meletekan komentar, yaitu untuk meningkatkan eksistensi kita di dunia blogsphere dan untuk mendapatkan backlink dari blog yang kita kunjungi tersebut baik itu backlink dofollow maupun nofollow.

Ada beberapa pilihan, yang bisa kita gunakan ketika berkomentar, salah satunya adalah name/URL kita bisa memasukan name dan url, name adalah untuk nama kita, url adalah untuk url situs kita, ini adalah salah satu layanan yang cukup efektif untuk mendapatkan backlink, namun kita harus hati-hati ketika meletakan komentar dengan mode ini, yang pertama adalah jangan terlalu sering menggunakan name dan url yang sama, dan jangan terlalu membabibuta melakukan blog walking dengan mode ini sementara anda mencantumkan name dan url yang sama setiap kali berkomentar.
Tips: Jika yang anda sukai adalah berkomentar dengan name /url sebaiknya gunakan sekali-kali saja dan jangan terlalu sering (hindari: dalam waktu yang singkat anda membuat komentar dengan jumlah yang sangat banyak menggunakan name dan url yang sama, jika tidak anda bisa terindikasi sebagai seorang spammer).

d. Sering Menggunakan Open ID dalam berkomentar.
Open ID didesain untuk memudahkan ketika kita berkomentar, dengan menggunakan open id kita bisa langsung mendapatkan backlink hanya dengan memasukan url yang teregistrasi untuk openID tersebut, agar kita bisa menggunakan komentar dengan openID, terlebih dahulu kita harus melalukan registrasi OpenID untuk blog atau situs kita melalui pihak ke3, jika tidak maka akan ada peringatan Kredensial openID anda tidak dapat diverifikasi, dan anda tidak akan bisa berkomentar, untuk solusinya silahkan anda baca : Solusi kredensial openID tidak dapat diverifikasi.

Kita bisa dan sah-sah saja menggunakan open ID dalam setiap kali berkomentar, namun yang harus diwaspadai adalah, penggunakan openID setiap kali berkomentar untuk jumlah komentar yang banyak yang kita sebar di beberapa blog dalam waktu yang singkat, karena alasan ingin cepat mendapatkan backlink dan ingin cepat mendapatkan banyak visitor ke blog yang kita miliki, jika memang apa yang anda lakukan seperti itu  sebaiknya segera dihentikan karena bukan keuntungan yang akan kita raih namun tindakan tersebut malah bisa memberi signal kepada robot webspam sebagai salah satu tindakan NYEPAM.
 "Tips: batasilah penggunaan openID dalam berkomentar, jika memang anda lebih menyukai komentar dengan openID sebaiknya jangan terlalu membabibuta memburu komentar dengan cara ini".

3. Konten Dew*s@

Menyebarkan konten dew*s@ adalah salah satu tindakan yang dilarang oleh google, namun bagaimanapun juga google masih tetap memeri toleransi sebuah blog untuk berisi konten-konten seperti itu dengan syarat mencantumkan tanda bahwa konten tersebut khusus untuk dew*s@, cara tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan faslitas yang tersedia dalam setingan blog.

4. Cloacking /Redirect

Teknik ini adalah mengalihkan sebuah halaman postingan dengan judul tertentu yang meredirect ke halaman lain atau situs tertentu, padahal jelas post  yang kita klik adalah yang ada saat itu, namun di halaman tersebut justru kita diarahkan untuk membuka halaman lain atau  blog lain, dengan kata lain, artikel yang kita cari tidak ada di postingan tersebut. Masih banyak situs-situs semacam ini di google search. (mungkin belum terdeteksi google penguin).

"Tips: Jika artikel kita tentang suatu topik memang tidak ada pada halaman yang dimaksud sebaiknya jangan menggunakan teknik ini, gunakan saja beberapa kalimat yang menyarankan agar mengunjungi post atau blog yang dimaksud dengan bantuan sebuah link aktif.

 5. Hidden Tekt atau link tersembunyi

Hidden text atau link tersembunyi yang kita letakan dalam blog kita sebaiknya kita hindari, link atau text tersembunyi tidak akan memberikan pengaruh apa-apa pada pengunjung, namun link atau text tersembunyi masih tetap bisa dibaca dan dideteksi oleh mesin pencari, dan hal seperti itu dapat menyebabkan situs Anda dianggap sebagai sebuah situs yang tidak dapat dipercaya karena menyajikan informasi ke mesin pencari berbeda dengan pengunjung, cara ini bisa dilakukan dengan cara  memberikan warna tulisan text/link yang sama dengan warna background sehingga tidak terbaca oleh pengunjung.

Teknik ini sering digunakan untuk meletakan kata kunci berlebihan, dengan tujuan agar lebih mudah di cari oleh mesin pencari dan tidak mengganggu kenyamanan pengunjung, manun hal semacan itu justru dibenci oleh mesin pencari dan bisa menyebabkan tindakan lebih serius dari google.

6. Dorway Page

Yaitu sebuah teknik mengelabui mesin pencari dengan cara mencantumkan kata kunci-kata kuci dalam jumlah yang sangat banyak yang kmungkinan dicari orang namun konten sama sekali tidak dimengerti, konten seperti ini bisa dibuat dengan perantara kode javascript tertentu atau dengan cara manual. Biasanya blog semacam ini kurang berbobot dan isi artikel yang sedikit.


Banned adalah hukuman terakhir yang dilakukan google terhadap blog berflatform blogspot, penyebab blog dibanned karena terdeteksi sudah banyak melakukan pelangaran  yang dianggap  sudah sangat keterlalauan, pelangaran yang dilakukan bisa dikarenakan dari sipemilik blog yang ingin serba instan sehingga cara cur*ngpun dilakukan, dengan tujuan karena ingin memiliki blog tapi malas membuat artikel akhirnya kopi paste, atau karena ingin mendapatkan banyak visitor akhirnya memburu backlink dengan memababibuta dengan cara yang tidak benar, sebaiknya hal semacam itu bisa kita hindari, karena sekali lagi bukan kentungan yang akan kita dapatkan, namun malah merugikan, yang harus selalu diingat adalah, "untuk menuju sebuah kesuksesan itu perlu kerja keras dan waktu, dan kesuksesan tidak bisa kita peroleh dalam waktu yang sangat singkat dan instan kecuali anda memang beruntung atau anda pandai bermain cur*ng.

Demikian artikel sederhana yang bisa saya bagikan untuk anda mengenai "Ini dia penyebab blog anda dibanned dan dihapus google?", semoga bermanfaat.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar