Skip to main content

Jumlah terbaik iklan adsense dalam 1 halaman agar BPK / CPC meningkat

Jumlah terbaik iklan adsense dalam 1 halaman agar BPK / CPC meningkat - Sampai tulisan ini dibuat saya merasa bahwa media periklanan yang terbaik dan cukup besar dalam memberikan komisi terhadap publishernya hanya iklan dari media periklanan google adsense, ntahlah saya beranggapan seperti itu karena mungkin saya pribadi tidak banyak pengalaman di media periklanan lainnya, hanya adsense dan beberapa media periklanan saja yang pernah saya coba. Setelah dibandingkan untuk saat ini saya anggap media periklanan terbaik hanya google adsense.

Kita ketahui bersama bahwa iklan dari google adsense terutama iklan google adsense yang dipasang untuk halaman blog / situs, umumnya perhitungan komisinya menggunakan metode CPC (cost per klik) atau BPK (biaya per klik), artinya publisher akan dibayar jika iklan yang dipasang di halaman blog atau situs miliknya mendapatkan klik dari pengunjung blog tersebut.

 Sampai tulisan ini dibuat saya merasa bahwa media periklanan yang terbaik dan cukup besar Jumlah terbaik iklan adsense dalam 1 halaman agar BPK / CPC meningkat

Tapi harus diperhatikan, besar kecilnya komisi yang bisa didapat oleh publisher iklan adsense bukan hanya ditentukan oleh jumlah klik saja, namun ditentukan juga oleh nilai CPC atau nilai Biaya perklik untuk setiap iklan, semakin besar jumlah klik dan semakin tinggi nilai CPC atau BPK iklan yang diklik tersebut, maka pendapatan dari google adsense pun akan semakin baik.

Untuk mendapatkan jumlah klik tentu saja bisa kita upayakan, salah satu caranya adalah dengan meningkatkan jumlah pengunjung blog, semakin banyak jumlah pengunjung blog, maka jumlah klik iklan akan cendrung meningkat.

Baca juga: 6 hal yang bisa meningkatkan visitor blog anda

Namun yang sulit itu adalah meningkatkan nilai CPC, karena pihak google sendiri pun tidak pernah menjelaskan secara spesifik mengenai bagaimana cara meningkatkan nilai CPC.

Tapi tenang saja, walaupun tidak ada aturan jelas, ada banyak pendekatan yang bisa dilibatkan untuk meningkatkan nilai cpc, tentu saja diambil berdasarkan pengalaman dari para blogger, Untuk meningkatkan nilai CPC, selain tergantung dari niche atau topik blog yang dibahas,  faktor lainny yang dianggap dapat mempengaruhi nilai CPC adalah jumlah iklan yang terpasang dalam satu halaman.

Jumlah terbaik iklan adsense dalam 1 halaman agar BPK (CPC) meningkat.

Apa yang saya uraikan di artikel kali ini tentu saja bukan patokan mutlak, ini hanya berdasarkan pengalaman saya saja setelah beberapa tahun berkecimpung di dunia google adsense, dan ini belum tentu cocok untuk blog anda, namun setidaknya anda bisa mencobanya diterapkan di halaman blog anda.

Berdasarkan pengalaman ternyata jumlah iklan dalam satu halaman sangat mempengaruhi nilai CPC iklan dari google adsense, satu dari beberapa eksperimen google adsense yang saya pernah coba adalah peletakan iklan.

Beberapa penempatan iklan yang pernah saya coba diantaranya adalah:

1. Menempatkan 3 iklan dalam satu halaman dengan cara iklan ditempatkan dalam posisi random setiap kali halaman blog dibuka,  hasilnya ternyata CPC cendrung turun.

2. Menempatkan lebih dari 3 iklan dalam satu halaman, nilai CPC pun cendrung turun.
Untuk kasus ini saya menempatan format iklan sebagai berikut:
  • Di atas postingan (unit iklan adsense ukuran 300x300)
  • Di bawah postingan (init iklan adsense ukuran 300 x 280)
  • Di tengah artikel postingan iklan tautan.
  • Di sidebar kanan iklan baneer ukuran 300 x 600
 Dengan format ini, jumlah klik benar-benar meningkat namun sayang sekali nilai CPC cendrung turun, mungkin penyebabnya karena yang paling banyak mendapatkan klik adalah iklan tautan.

3. Menempatan 1 iklan berukuran 300x300, iklan diletakan di atas samping postingan dalam satu halaman, setelah diamati ternyat nilai CPC cendrung meningkat, namun sayang sekali jumlah klik turun.

Dari beberap kasus yang pernah saya coba ternyata untuk urausan tata letak dan juga jumlah iklan benar-benar sangat mempengaruhi nilai CPC.

Saya akhirnya menyimpulkan ternyata semakin banyak jumlah iklan maka nilai CPC semakin turun, dan Semakin sering di ubah-ubah posisi iklan juga sama dapat menurunkan CPC.

Jumlah Iklan dan Jenis iklan terbaik yang dapat meningkatkan Nilai CPC

Setelah mencoba beberapa eksperimen, berdasarkan pengalaman yang saya alami, ini untuk kasus pada halaman blog saya, ternyata untuk mendapatkan nilai CPC dan jumlah klik iklan google adsense terbaik adalah dengan  meletakan 3 iklan pada satu halaman dengan format sebagai berikut:
  • Iklan ukuran 300 x 300, diletakan di atas samping kiri artikel
  • Iklan Ukuran 300 x 280, diletakan di bawah setelah artikel.
  • Iklan Ukuran 600 x 300, diletakan di sidebar.

Sekali lagi format di atas mungkin tidak cocok diterapkan di halaman blog anda, namun untuk beberapa blog saya, iklan yang saya gunakan adalah 3 format iklan di atas.


Berapa nilai CPC yang bisa didapatkan ?


Dengan format iklan di atas, nilai CPC setiap klik rata-rata di kisaran 0.14$ - 0.5x$, bahkan terkadang jika yang melakukan klik iklan kebetulan pengunjung  dari negara luar termasuk singapura bisa mencapai 2.x$, ya memang kecil untuk ukuran blog bahasa indonesia, tapi menurut saya jika dibandingkan dengan penempatan iklan lainnya, untuk blog saya penempatan iklan tersebut cukup potensial dalam meningkatkan nilai CPC juga jumlah klik iklan yang cendrung stabil dan relevan dengan jumlah pengunjung.


Cara di atas sekali lagi belum tentu bekerja di blog anda, menurut saya untuk mendapatkan nilai CPC yang paling baik dengan cara terus menerus bereksperimen, mencoba berbagai cara hingga anda mendapatkan formula google adsense yang cocok diterapkan pada blog anda.

Setidaknya cara di atas bisa anda coba terapkan untuk blog anda, siapa tau hasilnya justru malah lebih bagus ketika di terapkan di halaman blog anda.

Demikian uraian singat mengenai Jumlah terbaik iklan adsense dalam 1 halaman agar BPK (CPC) meningkat, selamat mencoba dan semoga berhasil.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar