Skip to main content

Mengenal perbedaan Google Adsense dan Admob untuk pemula !

Anda mungkin saja orang yang baru ingin memulai ingin mendapatkan uang dari internet secara online, dan mungkin cara mencari uang dari internet yang baru anda kenal adalah dengan google adsense atau google admob, namun anda masih belum mengetahui secara detail apa perbedaan google adsense dan google admob.

Perlu anda ketahui, di dunia internet marketing google adsense dan admob merupakan dua hal yang sudah cukup banyak dikenal, terutama untuk para internet marketer yang sudah cukup berpengalangan menggunakan adsense dan admob untuk mendapatkan penghasilan dari internet.

Namun untuk pemula yang baru terjun ke dunia internet marketer dan baru mengenal google adsense atau google admob, pasti akan sedikit dibuat bingung terutama mengetahui perbedaannya.

Anda mungkin saja orang yang baru ingin memulai ingin mendapatkan uang dari internet secar Mengenal perbedaan Google Adsense dan Admob untuk pemula !


Admob dan adsense sebenarnya keduanya merupakan produk google yang fungsinya sama yaitu media yang dapat digunakan untuk memfasilitasi para penayang iklan (publisher iklan) agar dapat menayangkan iklan dari google di media online yang mereka miliki, namun walaupun fungsinya serupa, dan walaupun keduanya merupakan produk google sebenarnya keduanya memiliki perbedaan.

Untuk anda yang kebetulan masih bingung  membedakan google adsense dan admob, di artikel kali ini saya akan jelaskan mengenai perbedaan adsense dan admob terutama untuk anda yang masih awam atau pemula di dunia internet marketing.

Perbedaan Google adsense dan google admob?

Seperti yang telah diuraikan di atas, google adsense dan google admob merupakan 2 produk google yang memiliki fungsi serupa, yakni untuk memfasilitasi para publisher iklan untuk mengelola  iklan-iklan para advertiser (pengiklan) yang bekerjasama dengan google  untuk dipromosikan.

Para publisher atau penayang iklan akan mendapatkan komisi dari google ketika iklan yang mereka promosikan mendapatkan klik atau mendapatkan sejumlah impresi (tayangan) tertentu dari target konsumen.

Baik admob maupun adsense keduanya dilengkapi dengan fitur untuk membuat kode iklan yang dapat dipasang pada media yang diizinkan, sekaligus menyajikan laporan yang dapat memonitor performa iklan yang dipasang,  selain itu baik admob maupun adsense dapat digunakan untuk memonitor penghasilan iklan dan juga menyediakan fasiltias untuk memfasilitasi pencairan penghasilan dari komisi yang didapatkan oleh para publisher.

Walaupun memiliki fungsi yang sama, keduanya sebenarnya berbeda, perbedaannya adalah sebagai berikut:

Google adsense

Google adsense merupakan media pengelola periklanan google yang dapat digunakan untuk mengelola iklan dari google, iklan google adsense dapat dipasang di konten blog  atau situs.

Jadi untuk anda yang memiliki sebuah blog dan ingin agar blog anda bisa menghasilkan uang dari internet, maka anda bisa bergabung menjadi publisher iklan google adsense dengan mengajukan pendaftaran google adsense menggunakan blog anda, setelah anda diterima maka anda akan memiliki akun google adsense yang dapat anda gunakan untuk mengelola iklan google untuk  anda promosikan.

Anda  bisa memasang iklan dari akun  google adsense anda pada halaman blog yang anda miliki, anda akan mendapatkan komisi dari google ketika iklan yang anda pasang pada halaman blog anda mendapatkan klik dari pengunjung blog anda.

Google Admob

Sedangkan google admob (adsense for mobile) digunakan untuk mengelola iklan google yang akan dipasang di halaman aplikasi mobile seperti aplikasi android atau iphone.

Agar anda bisa memasang iklan adsense di aplikasi mobile yang anda buat, anda harus daftar dan diterima menjadi publisher admob, jika anda diterima maka anda akan mendapatkan akun google admob untuk mengelola iklan admob anda sekaligus memonitor laporan dan penghasilan dari iklan admob yang anda promosikan.

Selain memiliki akun admob, untuk menjadi penayang iklan admob anda harus mampu membuat aplikasi android, di aplikasi android yang anda buat anda bisa memasang kode unit iklan google admob anda.

Aplikasi android yang anda buat yang sudah ditempel kode unit iklan admob dapat anda promosikan di google playstore atau media promosi lainya, anda akan mendapatkan komisi dari iklan admob yang anda pasang pada aplikasi android yang anda buat jika ada pengguna yang mengunduh aplikasi android yang anda buat dan melakukan klik pada iklan admob anda atau menonton iklan video yang anda tampilkan di aplikasi android yang anda buat.

Kesimpulan

Google adsense maupun google admob merupakan dua aplikasi yang dapat digunakan untuk mengelola periklanan google sekaligus menyajikan laporan performa iklan dan juga penghasilan komisi dari iklan yang dipromosikan.

Perbedaannya terletak pada penerapan kode iklan, google adsense iklannya hanya dipasang di halaman konten blog atau website, sementara google admob iklannya hanya diperuntukan untuk dipasang di aplikasi mobile seperti aplikasi android atau aplikasi iphone.

Jadi untuk anda yang tertarik menjadi publisher google adsense, maka modal utamanya adalah anda harus memiliki alamat blog apapun yang membahas topik yang tidak melanggar kebijakan adsense, sementara untuk menjadi publisher google admob, maka anda harus mempu membuat aplikasi mobile baik aplikasi untuk android maupun aplikasi untuk iphone dan aplikasi untuk perangkat serupa lainnya.

Demikian tentang perbedaan google adsense dan admob, semoga dengan informasi di atas anda mendapatkan gambaran dan mengetetahui dengan jelas mengenai perbedaan admob dan adsesne, semoga bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar