Skip to main content

Mengkaji perbedaan situs wordpress.com vs wordpress.org

Mengkaji perbedaan wordpress.com dan wordpress.org - Ketika berkeinginan untuk membuat blog, ternyata banyak sekali pilihan situs penyedia layanan blog yang bisa kita gunakan, dan hampir sebagian besar situs penyedia layanan blog bersifat gratis. Diawal saya mulai ngeblog, situs penyedia layanan blog yang pertama kali saya kenal dan saya gunakan adalah blogspot.com atau blogger.com, saya lebih memilih layanan blog tersebut di karenakan ada brand google dibelakangnya, namun seiring dengan banyaknya referensi yang saya dapatkan mengenai dunia blog, ada satu blog lagi yang saat ini membuat saya penasaran dan tertarik untuk menggunakannya, blog tersebut adalah wordpress, silahkan baca: Alasan memakai wordpress untuk top level domain.

Setelah mendapatkan informasi yang cukup mengenai apa itu wordpress dan bagaimana cara membuat blog di wordpress, pada akhirnya saya mendapatkan informasi bahwa dibelakang nama wordpress ternyata ada dua situs besar yang menggunakan nama tersebut, yaitu wordpress.com dan wordpress.org,   munculah pertanyaan dibenak saya mengenai perbedaan kedua situs besar tersebut, terutama dalam membedakan wordpress.com dan wordpress.org, barangkali pertanyaan saya tersebut mengenai wordress sempat juga terlintas dibenak anda, pada artikel ini saya akan coba membahas sedikit mengenai perbedaan kedua situs wordpress tersebut.

 ternyata banyak sekali pilihan situs penyedia layanan blog yang bisa kita gunakan Mengkaji perbedaan situs wordpress.com vs wordpress.org

Perbedaan wordpress.com dan wordpress.org

Sebenarnya kedua situs tersebut memiliki brand yang sama yaitu wordpress, dari beberapa referensi yang saya baca, keduanya sama namun memiliki perbedaan tujuan, adapun perbedaan antara wordpress.com dan wordpress.org sebagai berikut:

Wordpress.com

Wordpress.com adalah situs penyedia layanan blog gratis seperti halnya blogspot.com / blogger.com, jadi jika anda berkeinginan ingin membuat blog semi gratis menggunakan wordpress, maka  anda bisa buat di situs wordpress.com, namun sayangnya blog yang kita buat di wordpress.com akan memiliki banyak keterbatasan, sebagai berikut:

a. Kapasitas blog yang dibatasi sampai 3 GB, jika lebih maka kita akan dikenakan biaya tambahan.

b. Blog tidak bisa dikostumisasi secara pribadi, tidak seperti di blogspot.com blog yang kita buat di wordpress.com hanya bisa menggunakan template-template blog bawaan yang disajikan oleh wordpress.com dan tanpa bisa di modifikasi dan di customisasi ulang

c. Blog yang dibuat di wordpress.com tidak bisa dimonetisasi.

d. Kurang bersahabat dengan mesin pencari google, tetap saja google lebih mengutamakan blogspot jika dibandingkan dengan blog yang dibuat dengan layanan blog lain.

e. Meskipun blog yang kita buat di wordpress.com bisa kita ganti menjadi top level domain, semuanya penuh dengan keterbatasan dan kita sebagai pemilik blog tidak punya kendali penuh atas  blog yang kita miliki, semuanya ada di kendali team wordpress sendiri. dan semuanya secara mandiri di maintenance atau dirawat oleh team dari wordpress.com.

f. Fasilitas-fasilitas tambahan seperti plugin dan lain sebagainya yang dibutuhkan oleh blog wordpress.com tidak gratis.

Namun dibalik keterbatasan ternyata blog yang kita buat di wordpress.com masih memiliki kelebihan, karena kendali penuh berada di team wordpress.com, blogger tidak berlu bersusah payah untuk melakukan maintentance terhadap struktur kode blog yang bersangkutan, baik itu seo maupun yang lainnya, barangkali untuk blogger yang hanya bisa posting, ini akan sedikit menguntungkan. karena mereka tidak perlu bersusah payah melakukan pemeliharaan struktur template secara mandiri.

Baca juga: cara membuat blog terbaru di blogger: lengkap

Wordpress.org

Sedangkan situs Wordpress.org adalah salah satu situs yang menyajikan segala macam fasilitas yang dibutuhkan untuk membangun cms blog wordpress,  jika wordpress.com merupakan penyedia layanan blog, maka wordpress.org adalah sebuah komunitas global yang menyediakan segala bentuk fasilitas wordpress, salah satunya  menyajikan file cms wordpress yang bisa kita download dan bisa kita gunakan untuk blog dengan hosting dan domain pribadi secara gratis.

Jika kita ingin membuat blog wordpress pribadi atau blog dengan nama domain sendiri (.com, .org, .co.id, dll)  atau blog yang kita hosting secara pribadi namun dengan menggunakan cms wordpress, kita bisa mendownload-terlebih dahulu file cms wordpress secara gratis di situs wordpress.org, kemudian membeli domain pribadi beserta web hostingnya, dan gunakan file cms wordpress untuk halaman blog pribadi kita.

Adapun beberapa kerugian dan keuntungan membuat blog top level domain dengan wordpress adalah sebagai berikut:

a. Harus mengeluarkan biaya, setidaknya jika kita memutuskan untuk membuat blog dengan hosting pribadi menggunakan cms wordpress, kita harus mengeluarkan biaya, biaya akan menyesuaikan dengan kapasitas blog yang kita gunakan

b. Anda harus memiliki keahlian memodifikasi kode template wordpress, ini akan merepotkan jika saja anda tidak tau seluk beluk bahasa pemrograman web, untuk meintenance kode template blog wordpress, setidaknya anda harus memahami bahasa pemrograman web, seperti HTML, CSS, javascript dan PHP, untuk kasus ini sepertinya tidak perlu khawatir jika anda mau belajar, karena banyak template-template gratis yang siap kita gunakan.

c. Situs sepenuhnya milik anda, beda halnya ketika kita membuat blog domain pribadi di wordpress.com, tetap saja kepemilikan situs bukan sepenuhnya milik anda, namun tetap menjadi milik wordpress.com, namun jika anda membuat blog wordpress dengan hosting pribadi, kepemilikan situs tersebut sepenuhnya milik anda, anda bisa modifikasi, mengganti template dan yang lainnya dengan lebih leluasa.

e. Blog wordpress yang dihosting pribadi akan memiliki nilai jual yang cukup berharga, beberapa situs penjualan blog hampir seluruhnya didominasi oleh blog wordpress yang dihosting secara pribadi, dengan nilai jual yang cukup fantastis.

f. Banyak sekali plugin-plugin wordpress yang siap kita gunakan, jika harus memodifikasi blog secara pribadi maka anda harus memiliki keahlian khusus, namun ternyata untuk cara cepatnya misal untuk membuat strukturk blog seo friendly, dan lain sebagainya, yang kita butuhkan hanya menginstal plugin khusus yang banyak sekali tersedia baik itu gratis maupun berbayar.

g. Blog bisa dimonetisasi, karena blog wordpress yang dihosting secara pribadi adalah milik kita sepenuhnya, maka blog memiliki kesempatan untuk dimonetisasi dengan lebih leluasa.


Jika harus memilih membuat domain pribadi antara blog yang kita buat di wordpress.com dengan yang kita hosting secara pribadi menggunakan template yang kita download di wordpress.org, kita kembalikan ke tujuan dan minat masing-masing, jika anda tidak mau direpotkan dengan urusan kode template sebaiknya anda memilih blog wordpress.com untuk anda upgrade dan anda jadikan domain pribadi anda, kesibukan anda barangkali hanya dengan memposting artikel saja, namun jika anda memiliki skil khusus dan senang mengotak-ngatik dan ber eksperimen dengan kode template, dan lain sebagainya, saya sarankan anda  memilih membuat hosting pribadi dengan wordpress, maka blog tersebut akan sepenuhnya menjadi milik anda.

Demikian artikel sederhana tentang Mengkaji perbedaan wordpress.com dan wordpress.org, semoga bermanfaat.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar