Skip to main content

Merubah word to pdf sangat mudah dengan ms word 2010, 2013 atau 2016

PDF adalah dokumen portable yang banyak sekali di-share dan dipublikasikan di internet, dokumen PDF dipilih karena ukurannya cukup kecil dan sangat aman, sehingga untuk dokumen-dokumen yang dishare diinternet berupa e-book banyak yang menggunakan dokumen dengan format PDF.

Sebelumnya saya sudah menyajikan cara mengkonversi pdf ke word tanpa software, masih terkait dengan dokumen PDF, di artikel kali ini saya akan coba uraikan juga cara merubah file dokumen word menjadi pdf tanpa software pihak ke 3

Pembuatan dokumen PDF sebenarnya sangat mudah, selain bisa menggunakan aplikasi khusus pengolah pdf, anda juga sebenarnya bisa menggunakan aplikasi microsoft word.

Untuk membuat dokumen pdf di microsoft  word, anda cukup mengetikan isi dokumen anda di aplikasi microsoft word, kemudian mengkonversinya sehingga dokumen word anda yang pada awalnya berakhiran .doc atau docx akan menjadi dokumen PDF (*.pdf) yang ukurannya jauh lebih kecil dan siap digunakan sebagai ebook untuk d-ishare di internet.

Untuk anda pengguna MS word 2007 dan versi sebelumnya, ketika anda ingin merubah dokumen word anda menjadi PDF tentunya harus menggunakan aplikasi pihak ke 3 baik aplikasi berbasis offline seperti nitropdf, foxit reader dan lain sebagainya,  maupun aplikasi online yang banyak tersedia diinternet seperti https://www.ilovepdf.com/word_to_pdf, dan situs-situs lainnya.

Tentunya konversi file doc ke pdf dengan menggunakan aplikasi pihak ke3 dirasa kurang efektif, karena anda harus melakukan proses konversi secara manual, ya jika menggunakan aplikasi offline seperti foxit reader, maka anda mungkin perlu mencari dan menginstal aplikasi konversi tersebut terlebih dahulu.

Begitu juga ketika anda ingin menggunakan tool konversi word to pdf onlie, maka anda setidaknya harus mencari tool online tersebut, kemudian melakukan upload file dikumen word anda lalu mendownloadnya kembali dalam bentuk pdf.

Karena konversi word to pdf ini dianggap sangat penting dan banyak sekali diperlukan oleh para pengguna,  untuk lebih memudahkan pengguna maka di versi microsoft word terbaru seperti versi ms word 2010, 2013, 2016 dan versi microsoft word setelahnya, tool konversi word to pdf akhirnya disematkan pada aplikasi ms word.

Sehingga untuk anda pengguna ms word versi baru (ms word 2010,2013 maupun 2016) anda dapat dengan mudan mengkonversi dokumen word anda menjadi pdf tanpa harus lagi menggunakan aplikasi pihak ke 3.

Cara merubah dokumen ms word ke pdf dengan mudah

Untuk anda pengguna ms word  2010, 2013 maupun versi 2016 yang ingin membuat dokumen word anda menjadi PDF, maka anda tidak perlu khawatir lagi, karena ms word versi tersebut sudah menyediakan tool konversi khusus di dalamnya sehingga untuk mengkonversi dokumen word anda menjadi dokumen PDF tidak perlu lagi harus menggunakan aplikasi pihak ke 3.

Langkah-langkah untuk merubah dokumen word ke dokumen pdf di ms word 2010, 2013 atau 2016 adalah sebagai berikut:

1. Pastikan anda menggunakan ms word versi terbaru (ms word 2010, 2013, 2016 atau setelahnya)

2. Ketikan dokumen anda atau buka dokumen word anda yang sebelumnya sudah dibuat

3. Konversi ke PDF:
a. Untuk pengguna ms word 2010, pilih menu file > save & send lalu pilih menu Create PDF/XPS Documen

PDF adalah dokumen portable yang banyak sekali di Merubah word to pdf sangat mudah dengan ms word 2010, 2013 atau 2016

b. Untuk pengguna ms word 2013 & 2016, pilih menu File > Export > Create Adobe PDF


PDF adalah dokumen portable yang banyak sekali di Merubah word to pdf sangat mudah dengan ms word 2010, 2013 atau 2016

# Opsi Lainya:
Selain cara di atas  untuk anda pengguna ms word 2010, 2013 maupun 2016, untuk export word ke pdf anda juga sebenarnya bisa langsung memilih menu File > Save as

PDF adalah dokumen portable yang banyak sekali di Merubah word to pdf sangat mudah dengan ms word 2010, 2013 atau 2016

Selanjutnya anda tinggal  menentukan lokasi untuk menyimpan file, dilanjutkan dengan mengetikan File name (nama file) dengan nama file yang anda inginkan.

Kemudian pada bagian Save as type pilih PDF(*.pdf), lalu anda bisa menekan tombol Options... untuk mengcustomisasi file pdf anda.

Kemudian tekan tombol Save untuk menyimpan dokumen word anda menjadi file PDF.

Saya pengguna MS Word 2007 bagaimana cara merubah file word ke PDF

Jika kebetulan anda pengguna ms word 2007 maka untuk merbah dokumen word menjadi PDF anda harus menggunakan cara manual dengan bantuan aplikasi pihak ke 3, karena di ms word 2007 konverter PDF belum disertakan.

Ada beberapa pilihan yang dapat anda lakukan untuk merubah file word anda menjadi PDF yaitu:

a. Cara offline
Anda bisa menggunakan aplikasi semacam foxit reader, silahkan download dan instalkan, dengan bantuan foxit reader anda bisa dengan mudah merubah word ke pdf.

Masih banyak aplikasi offline lainnya yang bisa anda gunakan untuk konversi word ke pdf, silahkan browsing..

b. Cara online.
Selain cara offline anda  juga bisa memanfaatkan situs online, ada banyak sekali situs online yang dapat membantu anda mengkonversi file word anda menjadi PDF, diantaranya:
  • https://www.ilovepdf.com/word_to_pdf
  • https://smallpdf.com/word-to-pdf
  • dll
Cari saja di google dengan mengetikan kata kunci word to pdf, maka akan banyak ditemukan situs-situs konverter word to pdf yang bisa anda gunakan.

Konversi pdf secara online, prosesnya anda harus mengupload file word anda, lalu anda download hasil konversinya dalam bentuk PDF.


Baca juga: Cara mengcopy teks dari dokumen pdf yang diproteksi

Demikian mengenai beberapa cara merubah atau mengkonversi file word to pdf semoga bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar