Skip to main content

Pentingkah Meta deskripsi untuk SEO ?

Pentingkah Meta deskripsi untuk SEO ? - Meta deskripsi pada umumnya bisa kita sandingkan dengan judul artikel, meta deskripsi merupakan atribut HTML yang berisi tentang penjelasan singkat yang mewakili isi artikel secara keseluruhan,  fungsi dari meta deskripsi adalah membantu menyajikan informasi singkat dihasil pencarian google, deskripsi dari meta deskripsi akan ditampilkan di hasil pencarian google atau SERP,  jika kata kunci yang dijadikan kriteria pencarian memiliki relevansi dengan text yang terdapat dalam meta descripsi dari artikel yang bersangkutan.
Jumlah karakter yang terdapat didalam meta deskripsi sebaiknya tidak sembarangan, jumlah karakter optimal yang bisa kita masukan didalam meta deskripsi dianjurkan tidak lebih dari 155 karakter.
 meta deskrispi biasanya diletakan diantara kode dan , dan sangat dianjurkan ada didalam setiap artikel.

berikut adalah contoh penulisan meta deskripsi yang biasanya terletak di dalam struktur program html di area dan

deskripsi dari artikel anda">
 
meta deskripsi tidak ditampilakan didalam halaman web, namun masih bisa dibaca oleh mesin pencari untuk di tampilkan sebagai deskripsi judul di hasil pencarian, jadi sangat dianjurkan sekali menambahkan meta description pada setiap artikel blog yang kita buat.

Pentingkah Meta deskripsi untuk SEO ?

Pada tahun 2009 Penjelasan google mengenai meta deskripsi, menyebutkan bahwa meta deskripsi sudah tidak lagi menjadi bagaian dari algoritma google ranking faktor, artinya meta deskripsi sudah tidak lagi menjadi faktor penentu ranking hasil pencarian mesin pencari dan tidak lagi menjadi acuan SEO, namun meskipun begitu keberadaannya masih dianggap penting untuk meningkatkan Click Trough Rate (CTR), artinya dengan adanya meta deskripsi yang teroptimasi dengan baik, dapat meningkatkan klik pengunjung ketika judul artikel dan deskripsi artikel ditemukan dihasil pencarian.

Boleh jadi artikel yang anda miliki mudah ditemukan oleh mesin pencari, namun anda jangan salah, banyak kompetitor dengan judul serupa yang muncul di posisi hasil pencarian sama baiknya dengan artikel anda tersebut, agar artikel anda mendapatkan peluang lebih baik untuk dikunjungi dari pada artikel kompetitor, salah satu yang  bisa anda lakukan adalah menyisipkan deskripsi artikel semenarik mungkin sehingga membuat pengunjung penasaran, dan pada akhirnya pengunjung memutuskan untuk mengunjungi artikel anda, sehingga secara tidak langsung dapat meningkatkan visitor organik blog anda.

Bolehkah tidak memasukan meta deskripsi pada artikel Blog?

Sepertinya tidak masalah jika anda memilih tidak memasukan deskripsi penelusuran pada tiap artikel blog yang anda buat, karena sudah disebutkan diatas, meta deskripsi saat ini tidak menjadi penentu google ranking faktor, namun meskpun begitu tetap harus anda pertimbangkan antara mengisi meta deskripsi atau tidak, itu juga jika blog anda kebetulan terintegrasi secara otomatis dengan media social seperti facebook misalnya, jika seperti itu keberadaan meta deskripsi pada artikel blog sepertinya akan sangat penting, karena pada umumnya postingan di media social selalu melibatkan judul artikel dan meta deskripsi dari artikel tersebut, jika tidak terdapat meta deskripsi pada artikel yang di share melalui media social facebook, maka posting media social mungkin akan mencantumkan hanya judul artikelnya saja.

Aturan Penulisan Meta Deskripsi?

Ketika kita menyisipkan meta description kedalam artikel yang kita buat, sangat dianjurkan untuk menggunakan kata-kata yang mengandung kata kunci yang anda bidik, juga harus mengandung setidaknya satu kata kunci LSI, dan sebisa mungkin menyajikan deskripsi yang dapat menarik perhatian pengunjung, kata kata yang bisa kita sisipkan agar deskripsi artikel bisa membuat penasaran pengunjung, diantarnaya adalah kata-kata yang menunjukan nominal, seperti 100 cara, 1000 cara,  juga kata-kata terbaik, tercepat dan lain sebagainya.

Adapun aturan penulisan meta deskripsi adalah sebagai berikut:

a. Buatlah deskripsi setidaknya terdiri dari 150 s/d 160 karakter, sebenarnya meta deskripsi bisa dibuat dengan jumlah karakter yang kita inginkan, namun tetap saja deskripsi tersebut akan dipotong jika melebihi batas text yang diizinkan dipencarian goog,e. pada akhirnya jumlah karakter deskripsi akan disajikan di hasil pencarian google dengan jumlah sampai 160 karakter saja


b. Tidak boleh mengandung kata yang sama lebih dari 2x, apapun bisa kita masukan pada meta deskripsi, namun disarankan ketika membuat deskripsi, jika memang harus ada kata yang sama, jumlah pengulangan kata yang sama tersebut tidak boleh melebihi 2 kali.

c. Hindari duplikat konten, yaitu membuat meta deskripsi yang identik atau sama antara deskripsi di artikel yang satu dengan deskripsi pada artikel lainnya dalam satu situs yang sama walaupun judul artikelnya berbeda satu sama lain, begitu juga untuk judul artikel, sangat tidak dianjurkan anda membuat 2 judul  artikel yang persis sama satu sama lain dalam satu situs, aktivitas seperti itu akan memberikan sinyal duplikat koten kepada mesin pencari, dan duplikat konten sangat tidak disukai oleh mesin pencari.

d. Janan memasukan karakter double Quote ("), jika dalam deskripsi yang kita masukan mengandung karakter tersebut, google langsung akan memotong deskripsi tersebut sampai batas ditemukannya tanda double qoute, dianjurkan jika memang harus memasukan tanda seperti itu lebih baik, tanda double quote diganti saja dengan singgle quote, dan harus diingat untuk tidak melibatkan karakter non-alphanumerik di meta deskripsi ini.

 Cara Mengaktifkan Fasilitas Input Meta deskripsi pada blogspot.

Pada umumnya blog terutama untuk blogspot, ketika pertama kali digunakan, fasilitas untuk menambahkan meta deskripsi secara default belum aktif, sehingga kita tidak bisa memasukan meta deskripsi untuk setiap artikel yang kita buat, oleh karena itu untuk dapat memasukan meta deskripsi untuk tiap artikel, maka kita harus mengaktifkan fasilitas input meta deskripsi terlebih dahulu,
langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Masuk ke akun blog anda, pilih dan klik salah satu judul pada daftar blog anda, jika anda memiliki 1 blog dalam satu akun.

b. pada bilah menu sebelah kiri, silahkan anda pilih menu "stelan" kemudian pilih submenu "Preferensi Penelusuran"

c. Pada bagian tag meta untuk deskripsi, klik Edit

d. Pada tulisan "Aktifkan Deskripsi Penelusuran" Silahkan anda pilih "Ya"

e. Masukan deskripsi blog anda pada kotak yang disediakan, sesuai dengan topik blog anda. kemudian klik simpan.

Dengan mengaktifkan fitur tersebut diatas, sekaligus akan mengaktifkan fasilitas input meta deskripsi pada blog.

Cara menggunakannya sangatlah mudah, caranya ketika anda membuat artikel, pada menu sebelah kanan artikel anda, yang terdiri dari "Label", "Jadwal" dan lain-lain akan ditambahkan salah satu menu "Deskripsi Penelusuran", anda bisa klik menu tersebut, kemudian anda akan diminta untuk memasukan deskripsi dari artikel anda tersebut.


Demikian artikel sederhana menengai Pentingkah Meta deskripsi untuk SEO ?, semoga bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar