Skip to main content

Pentingkah Template Blog Responsive untuk SEO?

Pentingkah  Template BLOG Responsive untuk SEO? – Sebelum kita bahas lebih lengkap, saya akan ulas sedikit mengenai apa itu template blog responsive ?, template blog responsive adalah template blog yang secara otomatis akan membuat tampilan blog menyesuaikan dengan kondisi layar perangkat yang digunakan pengguna untuk mengakses halaman blog atau situs yang anda miliki, baik itu melalui perangkat computer PC maupun perangkat mobile, seperti tablet, hp yang notabene memiliki lebar layar yang kecil.

Perlu anda ketahui bahwa  saat ini pengguna   perangkat mobile tumbuh dengan pesat, lambat laun namun pasti sepertinya akan  mendominasi  perangkat personal computer (PC), ini bukanlah hanya sekedar wacana,  berdasarkan statistic google, bahwa saat ini pengguna perangkat mobile hampir mendominasi pengguna Personal computer, dan google memprediksi bahwa pengguna internet lambat laun namun pasti akan beralih ke perangkat mobile, berdasarkan alasan tersebut saat ini google sedang mempersiapkan algoritma terbarunya yang kabarnya akan louncing pada bulan april 2015, yaitu dengan menambahkan  faktor mobile friendly  sebagai salah satu dari 200+ google ranking faktor yang dapat menentukan baik tidaknya posisi judul artikel di hasil pencarian, tujuannya adalah bahwa google ingin memberikan hasil pencarian terbaik yang mudah untuk diakses,  relevan, berkualitas dan nyaman untuk perangkat mobile yang digunakan pengguna.

Pengaruh Algoritma Mobile Friendly Google Untuk SEO (April 2015)

Faktor mobile friendly sebagai salah satu dari 200+ google ranking faktor tentu saja sangat berpengaruh untuk SEO blog anda, meskupun direncanakan akan louncing di bulan april 2015, sepertinya saat ini google sudah bersiap-siap, dan sepertinya google bot sudah mulai merayapi blog anda untuk persiapan implementasi algoritma terbarunya ini dibuktikan dengan ditemukannya label mobile friendly pada hasil pencarian, dan pada saatnya nanti algoritma mesin pencari selain mampu mendeteksi dan memberikan penanda khusus “mobile friendly”  pada setiap halaman  yang sudah support mobile friendly,  sekaligus dapat menentukan sebuah halaman situs pantas-tidaknya untuk ditampilkan dengan urutan terbaik dihasil pencarian google, artinya situs yang support mobile friendly akan mendapatkan rangking pencarian lebih baik daripada situs yang tidak support untuk perangkat mobile.

Informasi tersebut tentu saja harus segera kita respon dengan cepat, jika mesin pencari sekelas google saja sudah memasukan faktor mobile friendly kedalam salah satu  algoritma pencariannya sepertinya hal tersebut akan segera diikuti pula oleh mesin pencari popular lainnya.

Cara Menjadikan Blog Menjadi Mobile Friendly

Yang harus kita lakukan untuk bisa menyesuaikan dengan algoritma terbaru  mesin pencari google tersebut  adalah dengan cara menyiapkan blog agar menjadi mobile friendly, dengan memiliki blog mobile friendly tampilan blog yang kita miliki  secara otomatis bisa menyesuaikan dengan lebar layar yang digunakan oleh pengguna baik itu layar computer maupun mobile device seperti HP, tablet atau notebook.

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kita persiapkan agar halaman situs atau blog yang kita miliki memiliki tampilan mobile friendly yaitu sebagai berikut:

1. Memasang template blog responsive
Alternatif pertama yang bisa anda pilih adalah memasang template blog responsive, silahkan anda cari dan download template blog responsive yang anda anggap bagus kemudian pasang untuk blog anda, template blog responsive akan mampu membuat tampilan blog atau situs menyesuaikan dengan lebar layar sebuah perangkat yang digunakan oleh pengguna baik itu PC maupun perangkat mobile, Jika pengguna menggunakan perangkat mobile seperti hp atau tablet yang pada umumnya memiliki dimensi atau tampilan layar yang kecil, maka tampilan halaman situs tersebut secara otomatis harus bisa menyesuaikan dengan lebar layar yang digunakan, dan bukan hanya itu seiring dengan algoritma mesin pencari template blog responsive akan mampu memberikan hasil terbaik pada hasil pencarian google.

Baca juga: cara mengganti template blog baru cepat dan lengkap

alternatif ini sepertinya akan cocok untuk anda yang baru membuat blog, silahkan anda ganti template blog anda dengan template blog responsive dari sekarang, jika kebetulan template blog yang anda gunakan tidak responsive,
 namun jika blog anda sudah berumur dan sudah memiliki trafik yang bagus, tapi tidak responsive, Pikir-pikir lagi untuk menggunakan cara ini, karena akan sangat beresiko jika harus mengganti template blog lama anda dengan template blog responsive baru, jika tetap anda lakukan maka akan mempengaruhi visitor blog anda, cara terbaik yang bisa anda pilih adalah dengan memodifikasi template blog anda agar menjadi responsive, namun kendalanya anda harus memiliki keahlian memodifikasi template, jika tidak mampu,  silahkan anda pilih alternatif kedua dibawah agar lebih aman untuk blog anda, kecuali anda sanggup menanggung resikonya, kemudian aktifkan template responsive anda sebagai template blog mobile friendly.

Untuk mengaktifkan template responsive anda sebagai template blog mobile friendly blog anda adalah sebagai berikut:


a. Silahkan Masuk ke akun blogspot anda, pilih blog yang anda maksud.

b. pada bilah menu sisi kiri silahkan anda pilih menu template, kemudian di layar bagian kanan anda klik gambar roda gigi dibawah gambar Seluler, seperti gambar dibawah ini:

 Pentingkah  Template BLOG Responsive untuk SEO Pentingkah Template Blog Responsive untuk SEO?

c. Pada tampilan berikutnya silahkan anda pilih, Ya. Tampilkan template seluler di perangkat soluler, kemudian pada Pilih template seluler, silahkan anda pilih khusus, seperti terlihat pada gambar dibawah ini:


Pentingkah  Template BLOG Responsive untuk SEO Pentingkah Template Blog Responsive untuk SEO?

 
2. Mengaktifkan  Fasilitas Mobile friendly pada pengaturan blog.
Alternatif kedua yang bisa anda pilih  adalah anda bisa mengaktifkan fasilitas mobile friendly yang terdapat dalam akun blogspot anda, jika template blog anda kebetulan tidak responsive,  anda bisa memilih alternatif ini, untuk mengaktifkan template blog non-resposive anda agar menjadi mobile friendly silahkan anda ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

a. Silahkan Masuk ke akun blogspot anda, pilih blog yang anda maksud.

b. pada bilah menu sisi kiri silahkan anda pilih menu template, kemudian di layar bagian kanan anda klik gambar roda gigi dibawah gambar Seluler, seperti gambar dibawah ini:

Pentingkah  Template BLOG Responsive untuk SEO Pentingkah Template Blog Responsive untuk SEO?

c. Pada tampilan berikutnya silahkan anda pilih Ya. Tampilkan template seluler di perangkat seluler kemudian anda pilih salah satu template yang disediakan:


Misal template yang saya pilih adalah PT. Keren sekali, jangan lupa untuk menekan tombol simpan jika selesai.

Sampai tahap diatas, berarti anda sudah selesai mengaktifkan template blog mobile friendly untuk blog anda.

Jika anda memilih cara ini, maka anda akan mendapatkan tampilan yang sesuai dengan template yang anda pilih, yang kelihatan sederhana dan tidak begitu bagus,  jika ingin terlihat bagus dan bisa anda sesuaikan anda bisa memilih alternatif pertama diatas.

Cara Cek Template Blog Mobile Friendly

Apakah template blog yang anda gunakan sudah mobile friendly?, jika anda kebetulan belum mengtahuinya, anda bisa cek template blog anda, apakah sudah support mobile friendly atau belum, caranya, kita bisa menggunakan salah satu tool yang disediakan oleh google, silahkan anda masuk ke halaman  Mobile Friendly Tool, kemudian masukan homepage blog anda pada kotak yang disediakan, tool tersebut akan membantu menganalisa blog anda apakah sudah mobile friendly atau tidak.
Pentingkah  Template BLOG Responsive untuk SEO Pentingkah Template Blog Responsive untuk SEO?
Jika template blog anda merupakan blog mobile friendly maka akan ada informasi "Awesome! This page is mobile-friendly,  seperti terlihat pada tambar diatas.



Kesimpulan,
Jadi mulai tahun 2015, memiliki template blog mobile friendly adalah salah satu keharusan, dan sangat disarankan, jika tidak, maka seo blog anda akan dianggap kadaluarsa, oleh karena itu mulailah dari sekarang untuk meninjau blog anda, jika blog anda belum mobile friendly mulailah untuk menyiapkan template blog mobile friendly, sehingga setidaknya artikel pada blog anda bisa bertahan di posisi terbaik hasil pencarian google.

Demikian artikel sederhana tentang  Pentingkah Template Blog Responsive untuk SEO?, semoga bermanfaat.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar