Skip to main content

Riset Kata Kunci dengan Google Keyword Planner

Riset Kata Kunci dengan Google Keyword Planner - Disini akan dijelaskan secara detail mulai dari Apa itu Riset Kata kunci? ,langkah efektif yang harus diperhatikan sebelum  melakukan riset kata kunci, dan bagai mana cara melakukan riset kata kunci dengan Google Keyword Palanner.
          
          Target Bloger adalah menjadikan blognya populer dan banyak pengunjung, seiring dengan banyaknya pengunjung, maka rating blog akan memiliki peluang besar tampil pada 10 besar mensin pencari google, agar blog banyak pengunjung, kita harus mengarahkan pengguna internet menemukan dan mengunjungi blog kita, para pengguna internet sebagaian besar akan berusaha melakukan pencarian di mesin pencari dengan memasukan kata kunci pencarian yang relevan dengan apa yang mereka cari. ada beberapa tip yang harus dipersiapkan dengan baik oleh para bloger untuk memancing para pencari agar menemukan dan mengunjungi blog kita, salah satu yang harus dilakukan adalah melakukan riset kata kunci.    

Apa itu riset kata kunci?
          Riset kata kunci adalah mencari dan menganalisa padanan kata yang tepat dan relevan yang sering digunakan pengguna internet ketika mereka melakukan pencarian di mesin pencari, padanan kata yang sudah kita dapatkan jika perlu kemudian dianalisa, dimodifikasi atau di revisi untuk digunakan sebagai judul artikel blog atau judul halaman web yang akan kita terbitkan.


Cara Melakukan Riset Kata Kunci        
          Studi kasus berikut barangkali bisa memberikan gambaran cara melakukan riset kata kunci, sebagai contoh, Saya adalah seorang penjual jaket kulit yang akan memulai menjual dan memasarkannya secara Online, sebelum produk kita dipasarkan secara online, setidaknya saya akan memikirkan judul yang tepat untuk barang dagangan yang akan saya jual tersebut, saya akan mencari dan memikirkan judul dan akan mendapatkan alternatif lebih dari satu judul untuk menjual jaket kulit tersebut, misal saya berhasil memikirkan dan mendapatkan beberapa alternatif judul seperti dibawah ini:

1. Jual Jaket Kulit

2. Jual jaket kulit murah berkualitas

3. Jaket kulit cantik masa kini

4. Jaket Kulit Pria dan Wanita

         Dengan ke 4 judul diatas tidak ada yang salah dan sah-sah saja ketika saya mengambil salah satu judul diatas untuk di jadikan judul produk yang akan saya jual, missal saya mengambil judul no 1. Jual Jaket Kulit. Memang judul yang diambil tersebut sangat relevan dan bagus, tetapi ada yang harus dipikirkan lebih lanjut bahwa jeket kulit tersebut akan dipasarkan secara online, dan saya yakin tidak sedikit orang yang berbisnis serupa dengan bisnis saya ini yang memasarkan dan menjualnya secara online, untuk urusan mesin pencari sekelas google, kata kunci yang digunakan tersebut bisa jadi memiliki banyak pesaing dari blog/situs lebih tua yang lebih dulu populer, atau situs yang sudah memiliki reputasi yang baik di mesin pencari untuk kata kunci tersebut, dan ini akan sulit menjadikan halaman blog atau situs baru kita dengan kata kunci tersebut ditemukan atau berada pada urutan 10 besar mesin pencari.

          Berdasarkan kasus diatas harus ada langkah berikutnya untuk menguji qualitas dari judul /kata kunci yang sudah kita dapatkan tersebut agar tidak kalah bersaing, yaitu dengan cara mengetahui tingkat persaingan dan penggunaan untuk kata kunci tersebut, kita bisa memanfaatkan salah satu tool dari google yaitu google keyword planner. Belakangan Tool yang sering digunakan untuk riset kata kunci adalah Google Adwords External Keyword Tool, namun saat ini tool tersebut sepertinya sudah dihentikan penggunaannya sejak agustus 2013 lalu dan kemungkinan besar tidak bisa digunakan kembali, sebagai gantinya google menyediakan tool baru yang relative sama, lebih spesik dan dengan tampilan yang berbeda dengan pendahulunya. Tool tersebut adalah Google Keyword Planner, tidak seperti pendahulunya untuk dapat menggunakan tool baru tersebut kita diharuskan membuat akun google adwords terlebih dahulu, baru kita dapat menggunakan tool tersebut. 
            
          Saya Asumsikan bahwa Anda telah memiliki akun google adword, dan siap untuk menggunakan fasilitas Google keyword planner, kalo belum punya, silahkan baca bagaimana cara membuat akun google adword

langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Masuk ke akun google adword Anda atau  klik disni, setelah masuk, pilih menu Alat dan Analisis > Perencana Kata Kunci   akan keluar tampilan seperti ini:

Disini akan dijelaskan secara detail mulai dari  Riset Kata Kunci dengan Google Keyword Planner



















Ada 4 pilihan, silahkan pilih  Pilihan pertama Telusuri ide kata kunci group iklan baru, maka akan muncul tampilah seperti ini:
Disini akan dijelaskan secara detail mulai dari  Riset Kata Kunci dengan Google Keyword Planner





















Masukan kata kunci yang akan digunakan, misal Jual Jaket Kulit, kemudian tekkan tombol "dapatkan ide" seperti gambar diatas, untuk yang lainya biarkan sebagaimana mestinya, setelah Anda menekan tombol akan muncul tampilan seperti ini:

Disini akan dijelaskan secara detail mulai dari  Riset Kata Kunci dengan Google Keyword Planner


















Kemudian kita pilih tab ide kata kunci, untuk melihat dan menganalisa kata kunci yang kita masukan, dapat dilihat pada gambar di atas, ada 6 nomber yang sudah ditandai dari no 1 sampai dengan no 6,

1. Pada no 1 ini, Anda bisa menentukan penargetan untuk kata kunci tersebut, pada gambar diatas penargetan ditentukan untuk semua lokasi/negara, Anda juga bisa mengatur sesuai dengan yang diinginkan.

2. Pada no 2 Anda bisa masukan alternatif kata kunci yang lain untuk dicari

3. Pada No 3 dapat dilihat tingkat penelusuran bulanan, untuk riset kata kunci silahkan cari kata kunci yang memiliki penelusuran bulanannya cukup tinggi

4. Pada No 4, dapat dilihat nilai persaingan dari alternatif kata kunci yang muncul yang bisa kita analisa, silahkan cari untuk kata kunci yang nilai persaingannya rendah atau sedang, harus diingat untuk kaskus ini jangan mencari nilai persaingan yang tinggi, karena akan memperkecil peluang berada pada urutan 10 besar mesin pencari.

5, Pada No 5, dengan mengarahkan mouse diatas icon tersebut kita akan melihat grafik tingkat pencarian tiap bulan.

6. Pada no 6, diberi tanda biru, bahwa kata kunci tersebut mempunyai kualitas yang cukup bagus untuk digunakan, yaitu untuk kata kunci Jaket Kulit Pria, karena memiliki tingkat pencarian yang tinggi dan tingkat pesaing yang rendah, Anda bisa mengunakan kata kunci ini untuk dikembangkan.

Asumsikan bahwa  saya akan menggunakan kata kunci dasar Jaket Kulit Pria, kemudian silahkan buat artikel atau halaman web dengan mengembangkan kata kunci dasar tersebut menjadi 5 sampai dengan 7 kata, misal dari kata kunci diatas kita bisa membuat judul artikel dengan variasi seperti ini:
jaket kulit pria murah berkualitas atau Jaket kulit Pria Paling banyak dicari atau  Jaket Kulit Pria beraneka ragam model,  intinya setiap kali kita mendapatkan kata kunci dengan tingkat persaingan menengah ke bawah dan tingkat pencarian tinggi, cobalah untuk memodifikasi kata kunci tersebut menjadi 5 sampai dengan 7 kata  untuk digunakan sebagai judul artikel,

Anda bisa melakukan hal yang sama untuk judul artikel yang lain, lakukan dari awal langkah-langkah diatas dan terus berulang.

Demikian arikel sederhana mengenai Riset Kata Kunci dengan Google Keyword Planner saya share untuk anda, Moga bermanfaat.

Jangan lewatkan juga artikel menarik lainnya tentang Riset kata kunci dengan google trends.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar