Skip to main content

Solusi Adsense: Pembayaran anda saat ini ditangguhkan, Diperlukan tindakan untuk mencairkan pembayaran

Saya bikin artikel ini karena kemarin sempat kaget, pas lagi proses pencoblosan pemilihan presiden dan wakil presiden 2019-2014, saya dikagetkan dengan munculnya notifikasi merah di akun google adsense android yang biasa saya gunakan untuk mengecek penghasilan.

Ketika dilihat ternyata ada pesan merah bertulisankan "Pembayaran anda saat ini ditangguhkan, Diperlukan tindakan untuk mencairkan pembayaran",  saya benar- benar kaget, karena khawatir notifikasi tersebut sebuah peringatan serius dari  adsense. saya khawatir ada apa-apanya, padahal saya apa adanya tidak pernah melakukan hal-hal yang melanggar kebijakan google.

Sontak pingin cepat cek, tapi gak bisa ngapa-ngapain pada waktu itu karena kebetulan saya anggota KPPS yang sedang melayani warga yang melakukan proses pencoblosan, akhirnya pada saat jam istirahat, karena penasaran saya melakukan cek di komputer laptop saya dengan login ke akun google adsense.

Dan memang benar, setelah login ternyata ada notifikasi pink dengan pesan yang sama dengan notifikasi aplikasi adsense di android yang meminta saya untuk melakukan aksi.

Terlihat seperti gambar di bawah ini:


Dan setelah saya mengklik tulisan Aksi, maka muncul lagi pesan berikutnya berwarna merah seperti gambar di bawah ini:


Ada notifikasi berwarna merah dengan pesan "Jumlah pembayaran Anda lebih besar dari yang bisa diterima oleh bentuk pembayaran yang dipilih di negara Anda. Pilih metede pembayaran baru agar dapat terus menerima pembayaran.

Setelah mencari informasi di beberapa forum dan sosial media, ternyata cukup banyak blogger lain yang mengalami hal serupa. muncul notifikasi penangguhan pembayaran pada akun adsense milik mereka.

Apa Penyebabnya ?

Ternyata setelah dicari tau, ternyata sepertinya pesan tersebut muncul kepada para pemilik akun adsense dengan mata uang USD ($ Dolar) yang sampai saat ini masih menggunakan metode pembayaran Western Union.

Saya juga kurang paham, namun Sepertinya adsense memberitahukan kepada para publisher, bahwa Western union saat ini tidak lagi mendukung untuk pembayaran adsense US Dolar tidak seperti sebelumnya. ntah itu untuk para publisher yang berpenghasilan ribuan dolar atau untuk semua publisher adsense US yang masih menggunakan metode pembayaran WU.

Dari pesan tersebut kita diminta untuk menentukan metode pembayaran baru yang saat ini tersedia untuk publisher indonesia terutama yang memiliki akun adsense dolar. dan cara konfigurasinya pun sepertinya sedikit berbeda dengan seting metode pembayaran akun adsense IDR yang pernah saya jelaskan di artikel sebelumnya.

Bagaimana Solusi untuk memperbaiki Pesan Pembayaran Anda saat ini ditangguhkan...!

Notifikasi serupa memang sering dialami oleh para publisher adsense baru yang baru pertama kali mencapai ambang batas, biasanya mereka akan diminta untuk memilih metode pembayaran.

Tapi saat ini norifikasi tersebut muncul untuk pemilik akun adsense USD yang masih menggunakan WU. Jika anda kebetulan pemilik akun adsense USD dan kebetulan sama menerima pesan notifikasi penangguhan pembayaran tersebut, anda tidak perlu panik, tugas anda cukup mengganti metode pembayaran akun adsense anda yang sebelumnya Western Union menjadi Transfer kawat atau Kas, tapi menurut saya lebih baik memilik metode pembayaran dengan transfer kawat, agar pembayaran adsense langsung bisa ditransfer ke rekening bank yang kita miliki.

Apa yang saya lakukan untuk memperbaikinya adalah dengan  sebagai berikut:

1. Klik saja tombol Perbaiki sekarang pada notifikasi mereah gambar di atas.

Atau anda juga bisa memilih menu pembayaran di bilah menu sisi kiri akun adsense anda, maka selanjutnya akan terlihat gambar di bawah ini:

2. Selanjutnya klik saja pada tombol TAMBAHKAN METODE PEMBAYARAN
Maka akan muncul tampilan sebagai berikut:



3. Silahkan klik, Tambahkan detail transfer kawat baru. untuk memilih metode pembayaran transfer kawat (transfer antar bank).



Cukup Isi data:

1. Nama pada rekening bank: Isi dengan nama anda di rekening, pastikan  gunakan rekening pribadi dan pastikan nama yang digunakan sama dengan nama pembayaran anda di akun adsense.

2. Nama Bank : Hampir semua bank local bisa kita gunakan, namun setiap bank memberlakukan biaya administrasi, saya sendiri pilih bank mandiri, karena ongkos administrasi transfer cukup murah ($5 dolar tapi tergantung bank pengirimnya), selain itu juga semua saudara saya pakai mandiri, jadi lebih mudah untuk transfer antar rekening kali aja bagi-bagi uang :D.

3. SWIFT BIC:
Kode swift bic bisa tanya ke petugas bank yang anda gunakan, atau cari di internet juga banyak, silahkan sesuaikan. Karena saya pribadi menggunakan bank mandiri, maka untuk bank mandiri kode swiftnya adalah : BMRIIDJA

4. Nomor Rekening: masukan nomor rekening bank yang anda gunakan

5. Ketik ulang nomor rekening: sama dengan point 4 di atas.

6. Centang pada opsi, gunakan sebagai metode pembayaran utama di bagian bawah

Isian yang lainnya kosongkan atau biarkan saja.

Setelah itu tekan tombol  simpan.

Jika berhasil maka akan muncul tampilan seperti gambar berikut:



 Anda bisa hapus Metode pembayaran western union sebelumnya.

NOTE:
Tidak seperti seting pembayaran pada saat pertama kali akan gajian adsense yang perlu verifikasi 3 digit angka yang dikirim ke rekening yang kita gunakan, pada pengaturan ini kita tidak diminta untuk verifikasi 3 digit angka, saya juga kurang tau.. semoga saja lancar.. jaya

Setelah melakukan konfigurasi di atas, selanjutnya anda tinggal tunggu pembayaran dari google adsense dan akan masuk ke rekening anda tersebut, biasanya sih setiap tanggal 21-26 setiap bulan. bisa lancar bisa juga agak telat.

Kesimpulan

Untuk anda pemilik akun adsense US yang kebetulan masih menggunakan metode pembayaran western union/WU, lantas mendapatkan nortifikasi di akun adsense dengan pesan "Pembayaran anda saat ini ditangguhkan, Diperlukan tindakan untuk mencairkan pembayaran", sebaiknya anda tidak perlu panik, karena itu hanya pemberitahuan yang meminta kita untuk merubah metode pembayaran.

Penyebabnya kemungkinan penghasilan anda sudah cukup besar dan tidak bisa diambil menggunakan WU, atau mungkin Metode pembayaran Western Uniun saat ini sudah tidak diberlakukan untuk publisher indonesia baik pemilik akun US Dolar atau pun akun Rupiah IDR.

Dan sepertinya notifikasi tersebut muncul bukan hanya untuk blogger saja, namun para pemain youtube pun yang memonetisasi adsensenya lewat youtube mengalami hal serupa.




Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar