Skip to main content

Tips Melindungi Blog Dari Sabotase (Negative SEO)

Sabotase blog memang bukan isapan jempol belaka dan bukan hanya sekedar wacana, sabotase bisa saja dilakukan oleh blogger lain yang yang menganggap anda saingan atau menganggap anda musuh. atau bisa saja dilakukan oleh pihak-pihak tertentu yang sengaja dibayar, terbukti di beberapa forum dan group-group media sosial banyak sekali pihak yang menawarkan jasa berbayar, hanya dengan ($5) mereka bisa berusaha menggunakan teknik blackhat seo untuk menghancurkan reputasi blog kompetitor, anda bisa coba buktikan dengan melakukan pencarian menggunakan kata kunci "Negatif SEO", di facebook atau di forum-forum seperti (fiverr.com atau blackhatworld.com), akan banyak sekali ditemukan ratusan bahkan ribuan pos yang menawarkan jasa berbayar yang dilengkapi dengan  testimoni mereka yang terbukti sudah berhasil menghancurkan reputasi blog dengan negatif seo.

Apa yang mereka tawarkan pada umumnya berkaitan dengan segala upaya untuk menghancurkan reputasi blog atau situs target dengan menerapkan teknik blackhat seo sehingga blog target akan mendapatkan reputasi yang buruk di mata mesin telusur google,  tujuannya tidak lain adalah sabotase dari sang kompetitor, akibatnya sangatlah merugikan, blog atau situs yang pada awalnya terkenal dan memiliki reputasi yang baik dimata mesin telusur, seiring waktu lambat tapi pasti akan menjadi blog yang memiliki reputasi buruk di mata google bahkan bisa berujung mendapatkan penalty serius dari google.

Google sebenarnya sudah mengantisifasi segala sesuatu yang ada sangkut pautnya dengan negatif seo,atau segala hal yang bisa menyebabkan reputasi blog semakin buruk karena perbuatan orang lain, karena google menyadari ada celah-celah tertentu pada blog yang bisa dimanfaatkan oleh orang lain yang bisa merugikan blog, namun tidak sedikit blogger yang tidak tau bagaimana untuk mengantisifasinya.

Melalui artikel kali ini saya akan coba uraikan mengenai bagaimana cara melindngi blog dari tindakan negative seo, yang mungkin bisa terjadi pada blog anda;

Mengenal Apa itu NegativeSEO?

Negatif seo adalah tindakan yang melibatkan seo , yang tujuannya untuk memperburuk SEO blogger lain dengan cara-cara teknik seo yang dilarang (black hat seo) dan teknik seo yang sangat berpotensi mendapatkan penalty dari mesin pencari google, pada umumnya negative seo dilakukan bukan oleh si pemilik blog yang bersangkutan namun dilakukan oleh orang lain dengan tujuan untuk memperburuk reputasi blog yang menjadi sasarannya di mata mesin pencari.

Beberapa teknik yang dianggap bisa mengancam blog anda diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Melakukan Peretasan terhadap website Anda (hacking)
  • Membuat profil backlink yang tidak alami dengan cara menciptakan ratusan hingga ribuan backlink menggunakan teknik spamy tanpa aturan dan membabibuta menuju situs Anda
  • Melakukan copy-paste terhadap artikel blog Anda, lalu mempublish konten tersebut di berbagai situs atau blog dummy sehingga terjadi duplikat konten
  • Membangun banyak link di situs-situs atau blog yang tidak berkualitas dengan menggunakan text jangkar (anchor text) yang mengandung kata -kata yang yang berkaitan dengan perjvdian, s3x, 0bat-0batan terlarang dan kata kunci lainnya yang sangat tidak aman.
  • Menciptakan akun media sosial palsu dan merusak reputasi website Anda melalui akun tersebut
  • Mencopot links terbaik yang dimiliki oleh website Anda

A. Cara Melindungi blog dari tindakan Negative SEO

Teknik-teknik negatif seo memang sangat berbahaya dan sangat mengancam, untuk meminimalisir dampaknya sebaiknya anda bisa mengupayakan sedini mungkin untuk mengantisifasi segala kemungkinan buruk yang mungkin bisa terjadi pada blog anda.

berikut beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk mengantisfasi blog anda dari tindakan dikerjai oleh orang lain atau tindakan lainnya baik disengaja maupun tidak yang bisa mengancam reputasi blog anda di mata mesin pencari:

#1. Mengaktifkan Pemberitahuan (Email Alert) pada google webmaster tool.

Untuk mengantisifasi hal-hal buruk yang bisa terjadi pada blog anda, google sudah menyediakan tool khusus (email alert) yang bisa anda aktifkan di halaman utama akun google webmaster tool yang anda integrasikan dengan blog anda, angkah-langkah untuk mengaktifkan email aler di google webmaster tool adalah sebagai berikut:

a. masuk ke akun google webmaster tool anda.

b. Klik menu bergambar roda gigi yang letaknya di pojok kanan atas, kemudian pilih dan klik sub menu "Search Console Preferences", seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

Sabotase blog memang bukan isapan jempol belaka dan bukan hanya sekedar wacana Tips Melindungi Blog Dari Sabotase (Negative SEO)

c. Pada tampilan berkutnya silahkan anda atur seperti gambar dibawah ini:

Sabotase blog memang bukan isapan jempol belaka dan bukan hanya sekedar wacana Tips Melindungi Blog Dari Sabotase (Negative SEO)
Silahkan anda pilih bahasa untuk pesan email, ceklis Email Notifications, pilih type, anda bisa memilih All issues, pilih email untuk mengirim pesan, kemudian tekan tombol "Save"

dengan mengaktifkan email alert, maka setiap kali ada hal-hal yang dianggap mengancam blog anda, akan ada pemberitahuan email dari google sehingga anda bisa segera melakukan tindakan pencegahan terhadap segala hal yang bisa mengancam blog anda.

#2. Lacak dan amati setiap backlink yang menuju situs Anda.

Yang kedua yang bisa anda lakukan untuk mengantisifasi hal-hal yang bisa mengancam blog anda adalah selalu melacak dan memperhatikan setiap backlink yang menuju blog anda. Untuk memonitor backlink, anda bisa menggunakan situs monitorbacklink seperti :

opensiteekplorer.com,
ahref.com atau
openlinkprofiler.com.

Situs-situs tersebut bisa anda manfaatkan untuk memonitor jumlah backlink yang blog anda miliki secara lengkap namun harus anda periksa secara manual.

ada juga tool monitor backlink yang cukup bagus untuk memonitor blog anda, tool ini mampu mengaktifkan pemberitauan melalui email setiap kali ada backlink baru yang menjuju situs anda, untuk menggunakan tool tersebut anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu.

Silahkan masuk menuju situs monitorbacklink.com, lakukan pendaftaran, tekan tombol "start using it now" untuk memulai pendartaran, terlihat seperti gambar dibawah ini:


Silahkan ikuti langka-langkah registrasi sampai selesai, akun monitor backlink akan meminta untuk mengintegrasikan alamat blog anda dan juga google analitic blog anda.



Jika berhasil, monitorbacklink.com secara otomatis akan mengecek backlink yang menuju situs anda, dan secara rutin akan memberikan informasi melalui email setiap kali terdapat penambahan backlink baru yang mengarah ke blog anda, terlihat seperti gambar dibawah ini:

Sabotase blog memang bukan isapan jempol belaka dan bukan hanya sekedar wacana Tips Melindungi Blog Dari Sabotase (Negative SEO)


Tool ini sebenarnya tool berbayar namun anda bisa menggunakan versi trialnya, jika anda cukup modal anda bisa mencobanya untuk menjadi premium member untuk meningkatkan keamanan blog anda dari sabotase seo negatif.

#3. Lindungi backlink terbaik yang anda miliki jangan sampai dihapus

Adakalanya anda bisa medapatkan backlink dari situs-situs terkenal, spammer atau pihak yang ingin menjatuhkan reputasi blog anda akan menggunakan berbagai cara salah satunya adalah mengupayakan agar backlink yang anda miliki dari situs-situs yang memiliki reputasi baik dihapus.

mereka bisa menghubingi pemilik situs untuk menghapus backlink ke situs anda atas nama anda, untuk menghindari hal tersebut, ketika anda berusaha membangun backlink di situs-situs yang memiliki reputasi baik, disarankan untuk selalu menggunakan email dari domain anda (nama_email@domain.com), begitu juga ketika anda menghubungi dan berinteraksi dengan pemilik situs tersebut. dengan begitu anda akan lebih mudah mendapatkan kepercayaan bahwa anda pemilik situs yang bersangkutan.

Artikel terkait: Apa itu backlink dan bagaimana cara membangunnya

#4. Tingkatkan keamanan blog anda dari gangguan h@cker atau virus.

Keamanan blog adalah salah satu yang paling penting yang benar-benar harus anda perhatikan, tanpa anda sadari bisa saja blog anda diserang oleh h@cker atau disusupi virus oleh pihak-pihak tertentu,  oleh karena itu anda harus mengupayakan untuk melindungi blog anda dari gangguan tersebut. pada umumnya flatform blog terkenal seperti wordpress sudah menyediakan plugin khusus yang dapat mengantisifasi serangan semacam itu.

beberapa upaya untuk meningkatkan keamanan blog diantaranya adalah:

a. jika kebetulan situs anda menggunakan flatform wordpress anda bisa menginstal google authenticator plugin, salah satu plugin worddpress dari google yang cukup handal, silahkan anda pasang password yang benar-benar rumit pada plugin tersebut.

Sabotase blog memang bukan isapan jempol belaka dan bukan hanya sekedar wacana Tips Melindungi Blog Dari Sabotase (Negative SEO)
plugin ini mampu meningkatkan keamanan blog anda dengan melipatgandakan proses authentikasi, setiap kali anda masuk login ke blog wordpress anda, maka akan ada dua tahap yang harus ditempuh, yang pertama  login di wordpress kemudian yang kedua anda akan diminta juga login dari plugin tersebut.

b. Selalu melakukan backup blog anda secara rutin
c. Jangan lupa menggunakan password login yang benar-benar rumit dan sulit ditembus.

#5. Selalu Memeriksa duplikat konten artikel blog anda.

Duplikat content bisa terjadi jika ada blogger lain yang berusaha melakukan copy-paste artikel blog anda, kemudian menerbitkan kembali artikel tersebut pada blog mereka tanpa ada modifikasi baik judul maupun isi konten, banyaknya duplikat konten akan menyebabkan semakin memperburuk reputasi blog anda di hasil pencarian google.

Untuk meminimalisir tindakan copy paste, anda bisa mengupayakan untuk melindungi artikel anda agar tidak bisa di copy paste, ada banyak teknik khusus menggunakan css maupun javascript agar artikel tidak bisa di copy paste, selain itu anda juga bisa menggunakan tool khusus untuk memeriksa duplikasi artikel anda, salah satu tool online yang cukup bagus untuk mendeteksi duplikat conten adalah copyscape.com, cara kerjanyapun sangat sederhana, mudah dan cepat, anda cukup memasukan url artikel blog yang ingin anda cek, atau dengan cara memasukan beberapa kalimat dari isi artikel blog anda untuk diperiksa, copyscape akan memberikan informasi jika artikel anda memiliki duplikasi karena tindakan copy paste tanpa izin yang dilakukan oleh blogger lain.

Jika anda menemukan bahwa artikel blog anda sudah di copy paste oleh blogger lain, sebaiknya anda segera menindaklanjutinya dengan serius yaitu dengan melaporkan tindakan copy paste tersebut agar blog si pelaku mendapatkan hukuman yang setimpal dari mesin pencari.

Artikel terkait: Cara melaporkan pencurian artikel (Copy-Paste) ke Google DMCA

#6. Jangan mencoba untuk mencari musuh online.

jangan sekali-kali mencoba untuk menjadi musuh blogger lain, kadang tindakan anda tanpa disadari bisa memancing blogger lain membenci anda, karena mungkin mereka melihat cara bersosialisasi anda yang kurang ramah, misalkan komentar anda yang selalu mengejek dan mengancam, komentar yang memperlihatkan sikap arogan, kurang bisa menghargai orang lain, sehingga tindakan anda bisa memancing kebencian dari blogger lain, ujungnya bisa jadi ada diantara mereka akan mencoba untuk menjatuhkan anda dengancara melakukan hal-hal yang tidak diinginkan pada blog anda sehingga berdampak buruk.

 ada 3 hal yang menjadi alasan kenapa mereka mengerjai blog anda:
  • Bales dendam karena sikap anda kurang menyenangkan
  • Hanya sekedar iseng
  • Berusaha menjatuhkan reputasi blog anda di SERP karena blog anda dianggap saingan.

#7. Jangan terlalu terbuka mengenai kesuksesan online anda.

Saat ini dunia online terutama aktivitas blogging bukan hanya sekedar untuk menyalurkan hobi semata, namun bisa kita jadikan pekerjaan yang cukup menjanjikan, tidak sedikit orang yang bisa dianggap sukses hanya dengan menggeluti bisnis online nyaris tanpa modal, jika kesuksesan dari dunia online sudah anda raih, sebaiknya jangan sekali-kali mempublikasikan kesuksesan anda, misalkan karena penghasilan anda besar, dengan alasan tertentu lantas anda publikasikan penghasilan anda di berbagai forum online atau dalam blog anda sendiri, dengan tujuan agar orang lain tau bahwa anda adalah si sukses.

Bisa jadi apa yang anda lakukan membuat orang lain iri dan akhirnya mereka memutuskan untuk mengerjai blog anda sehingga pada akhirnya bisa merugikan anda.

Oleh karena itu berapapun yang sudah anda dapatkan dari dunia online sebaiknya tutup rapat-rapat dari konsumsi publik, krena anda tidak pernah tau ada pihak yang mudah terpancing iri dan ingin mengerjai anda agar anda terpuruk.

B. Bagaimana cara Mengatasi Blog yang diserang Negative SEO

Jika anda meyadari bahwa ada pihak-pihak tertentu melakukan sesuatu (negative SEO) yang bisa memperburuk blog anda sebaiknya segera lakukan hal-hal berikut ini:

a. Buat list backlink yang anda anggap buruk untuk dihapus.

Link yang buruk adalah link yang bersumber dari situs-situs yang sangat dibenci oleh google, diantaranya adalah situs-situs perjud!an, situs-situs p0rno, situs-situs 0bat-0batan terlarang dan situs-situs sejenis lainnya.

Lakukan pemeriksaan backlink yang menuju situs anda, anda bisa menggunakan opensiteexplorer.com, ahref.com, openlinkprofile.com dan situs lainnya yang bisa menampilkan backlink yang menuju situs anda, jika anda menemukan ada situs sumber backlink berasal dari situs-situs yang dilarang diatas sebaiknya anda catat dan list satu persatu untuk dilakukan penghapusan.

b. Lakukan Upaya penghapusan backlink.

Jika anda sudah memiliki daftar backlink yang ingin anda hapus, lakukan penghapusan backlink tersebut dengan cara menghubungi webmaster atau pemilik situs yang bersangkutan secara baik-baik untuk menghapus link yang menuju situs anda. jika anda sulit menemukan informasi kontak di blognya anda bisa menggunakan situs who.is untuk mendapatkan alamat email atau no telepon/hp dari si pemilik situs tersebut.

c. Ajukan List disavow links ke google

Banyaknya tindakan yang dianggap spamy oleh google akan membuat blog anda mendapatkan penalty dari google, terkadang tanpa disadari ada pihak yang secara sengaja melakukan tindakan seo negative terhadap blog anda dan pada akhirnya blog anda mendapatkan penalty dari google dikarenakan banyaknya link spam yang menuju situs anda.

Untuk urusan ini sebenarnya google sudah mengantisifasinya bahwa blog kemungkinan mendapatkan serangan link spam dari pihak lain, terkadang anda tidak bisa mengupayakan untuk menghapusnya seperti langakah a dan b diatas, oleh karena itu google menyediakan google disavow tool untuk mengatasi hal tersebut.

Jika anda menemukan bahwa ada backlink yang bersumber dari situs-situs tertentu yang tidak pernah anda bangun sebelumnya, sebaiknya silahkan list asal backlink tersebut, kemudian ajukan disavow ke pihak google, google akan mencoba untuk menetralisir pengaruh dari link-link buruk tersebut untuk mengembalikan reputasi blog anda menjadi normal kembali.

Sabotase blog memang bukan isapan jempol belaka dan bukan hanya sekedar wacana Tips Melindungi Blog Dari Sabotase (Negative SEO)


Gunakan cara di atas jika blog anda benar-benar mendapatkan serangan link spam dari pihak lain, sebaiknya hati-hati ketika menggunakan alat ini, jika salah maka dampaknya link-link berkualitas yang dimiliki blog anda akan ikut terhapus akibatnya bisa menurukan reputasi blog anda dihasil pencarian.


Hal terburuk bisa saja terjadi pada blog anda, semakin tekernal dan populer suatu blog maka serangan bsia saja terjadi kapanpun bahkan tanpa anda sadari, oleh karena itu kemanan blog adalah point penting yang harus benar-benar mendapatkan perhatian khusus dan harus benar-benar diantisifasi sejak dini, jika dibiarkan maka akan sangat merugikan untuk blog anda.

Demikian artikel tentang  Tips Melindungi Blog dari Sabotase (Negatif SEO), semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar