Skip to main content

Tips Mengembalikan trafik setelah custom domain: dari blogspot ke Top level domain (TLD)

Untuk beberapa alasan terkadang kita menginginkan untuk mengganti domain blog (Custom domain), yang tadinya hanya menggunakan blog gratisan berflatform blogspot menjadi domain pribadi menggunakan top level domain (TLD) seperti (.com, .co.id, .net, .org, .id dll), tentu saja tujuannya adalah agar blog yang kita miliki lebih kelihatan profesional, tidak lagi memiliki akhiran .blogspot.com, blog akan memiliki nama brand yang jelas serta blog akan lebih mudah mendapatkan reputasi atau kepercayaan dari pengunjung,

Untuk Mengganti nama domain blog berflatform blogspot menjadi top level domain tidaklah terlalu sulit, anda tinggal membeli nama domain di penyedia hosting setempat kemudian anda konfigurasi blogspot lama anda agar blog lama anda tersebut dapat melakukan redirect ke alamat top level domain baru anda tersebut, khusus blogspot anda tidak harus membeli penyedia hosting karena file hosting blogspot masih ada di bawah kendali google, apa yang harus anda lakukan hanyalah membeli nama domain saja.
Untuk beberapa alasan terkadang kita menginginkan untuk mengganti domain blog  Tips Mengembalikan trafik setelah custom domain: dari blogspot ke Top level domain (TLD)
Melakukan custom domain seperti itu memang bukan tanpa resiko apalagi blog lama anda sebelumnya sudah memiliki reputasi yang baik dimata mesin pencari, tentu akan banyak yang terpaksa harus dikorbankan, karena domain blog baru anda  dengan top level domain akan dianggap sebagai blog baru yang harus di optimasi kembali dari awal dan tentu saja memerlukan peng-indexan kembali oleh mesin pencari.

A. Resiko Custom Domain Blogspot ke top Level domain

Banyak hal yang harus dipertimbangkan ketika anda memutuskan untuk mengganti blogspot lama anda menjadi top level domain, berikut beberapa resiko yang akan anda alami ketika melakukan custom domain:

#1. Trafik blog untuk sementara akan turun secara tiba-tiba, 

Setelah anda melakukan custom domain jangan heran jika trafik blog kembali ke awal dan terkesan tidak naik-naik, trafik blog tersebut tergangu dikarenakan domain anda akan dianggap sebagai domain yang baru dibuat yang memerlukan pengindexan google dan perlu disubmit kembali ke mesin pencari agar nama domain baru lebih cepat terindex kembali.

Meskipun trafik turun, pada umumnya trafik akan kembali normal tidak akan terlalu lama, karena blog masih akan mendapatkan pasokan trafik dari url blog lama yang ditemukan di mesin pencari yang akan  redirect langsung ke url domain baru anda tersebut. 

#2.  Adanya perubahan AlexaRank dan juga pagerank

Karena Nama domain anda sama halnya dengan domain  yang baru dibuat, tentu saja alexarank dan juga pagerank akan kembali ke awal, untuk meningkatkannya maka anda perlu mengoptimasinya kembali seperti halnya optimasi pada blog baru.

Baca juga: Tips cara meningkatkan pagerank

#3. Alamat RSS Feed akan ikut berubah.

Custom domain juga akan mengakibatkan rss feed anda ikut berubah, sehingga anda akan kehilangan pelanggan rss feed blog anda, dan  akan menyebabkan pelanggan setia blog anda harus registrasi kebali dari awal.


B. Tips Mengembalikan trafic blog setelah custom domain

Yang paling berharga dari sebuah blog atau situs adalah jumlah visitor, menurunnya jumlah visitor karena efek custom domain tentu akan mengakibatkan trafik blog yang ikut menurun, peringkat alexa rank akan kembali dari awal dan juga dampak lainnya, oleh karena itu jika anda kebetulan mengganti blog anda dengan custom domain, langkah anda berikutnya adalah mengupayakan untuk mengembalikan secepat mungkin blog baru anda ke keadaan normal seperti semula.

Langkah-langkah yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut:

#1. Submit kembali domain blog anda di google 

Lakukan submit satu kali alamat url blog baru anda di google submit url, tujuannya adalah agar domain baru anda lebih cepat dikenali dan diindex oleh mesin pencari google.

#2. Mendaftarkan domain baru anda di google webmaster tool, 

Langkah pertama setelah anda melakukan custom domain adalah melakukan submit ulang alamat blog baru anda di google webmaster tool (GWT), dengan catatan:
a. Sebainya lakukan pendaftaran blog baru anda di akun GWT yang sama, tujuannya agar anda tidak harus melakukan verifikasi ulang.
b. Blog lama anda yang sudah terdaftar tidak usah di hapus, biarkan saja.
c. Tambahkan juga peta situs baru
d. Tidak perlu melakukan verifikasi ulang.

Baca juga: Cara mendaftarkan blog ke bing dan google webmaster tool

#3. Mendaftarkan kembali blog ke alexarank

Setelah anda melakukan custom domain, hal berikutnya yang perlu anda lakukan adalah mendaftarkan kembali blog anda ke alexa rank, karena setelah berganti domain alexarank anda akan kembali ke awal, kemudian jangan lupa untuk mengganti kembali meta tag untuk alexarank di template blog anda dengan meta tag alexarank domain blog baru yang anda daftarkan, jika tidak maka alexa rank blog anda akan selamanya n/a, karena masih menggunakan data alexarank blogspot lama anda.

#4. Mendaftarkan kembali blog anda ke google analitic

Jika blog anda sebelumnya sudah terintegrasi dengan akun google analitic, maka anda perlu melakukan pendaftaran google analitic kembali untuk blog baru anda, agar blog baru anda terintegrasi dengan google analitic.

#5. Lakukan ping untuk domain blog baru anda

Ping tujuannya adalah memberi sinyal terhadap googlebot bahwa ada domain atau artikel baru yang harus di-crawl, silahkan anda lakukan ping hanya untuk url domain baru anda saja, berikut beberapa situs penyedia ping yang bisa anda gunakan:
a. GooglePing.com,  
b. Pingates.com
c. Pingomatic.com
d. Totalping.com
e. MyPageRank.net

#6. Seringlah Menerbitkan artikel Baru

Diawal berganti domain yang harus anda lakukan untuk mempercepat index google agar bisa mengenali artikel-artikel yang berada di domain baru adalah seringlah menerbitkan artikel baru, semakin sering menerbitkan artikel baru maka google bot akan sering berkunjung ke blog domain baru tersebut dan ini bisa menyebabkan index blog lebih cepat.


Meskipun blog baru dari custom domain masing dianggap blog baru, trafik akan kembali seperti sedia kala pada umumnya tidak akan memakan waktu yang lama, itu dikarenakan blog baru anda akan mendapatkan pasokan trafik dari url blog lama anda dari mesin pencari, namun seiring waktu dan semakin sering anda mempublikasikan artikel maka blog baru anda akan lebih cepat dikenali dan lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari menggantikan alamat url blog lama anda.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar