Skip to main content

Tips Menghemat Quota internet ketika membuat artikel blog

Salah satu yang menjadi rutinitas seorang blogger adalah membuat artikel, untuk membuat artikel di blog memang sudah sangat dipermudah sekali, itu dikarenakan tampilan editor artikel blog tidak jauh berbeda dengan editor MS. Word, cukup enak digunakan serta tidak membingungkan meskipun untuk seorang pemula, apalagi yang terbiasa mengetik di MS. Word barangkali tidak asing dengan editor blog, bedanya di blog tool editor yang bisa anda gunakan jauh lebih sederhana.

Ada banyak alternatif ketika blogger membuat artikel blog, apa yang mereka lakukan barangkali disesuaikan dengan kondisi masing-masing blogger, untuk blogger yang terbatas dengan koneksi internet misalnya, mungkin mereka akan memilih membuat artikel secara offline terlebih dahulu misal di ms word, notepad atau di aplikasi khusus editor artikel lainnya, ketika artikel sudah selesai dan terkumpul cukup banyak, baru mereka publish secara online ke blog yang mereka miliki.

Saya sendiri tidak jauh berbeda, ketika tidak ada koneksi internet maka saya biasanya membuat artikel di ms word, kemudian jika sudah selesai dan ada koneksi internet saya akan langsung mengkopinya dan mempublishnya secara online, namun terkadang ketika ada koneksi internet saya lebih nyaman langsung membuat artikel menggunakan editor blog yang bersangkutan.

Dari awal saya membuat blog sampai sekarang koneksi internet yang saya gunakan hanya mengandalkan sebuah modem saja, cukup mengisi kuota sebesar 50.000 sudah bisa menikmati koneksi internet yang lumayan cukup, namun yang menjadi permasalahan adalah terbatasnya quota, semakin kecil quota maka akan semakin lambat,  apalagi sering digunakan untuk menulis artikel, browsing dan download, tentu akan sangat menguras quota.

Tips Menghemat Quota internet ketika membuat artikel blog

Tips berikut barangkali hanya diperuntukan untuk blogger yang terbatas dengan quota internet, jika anda termasuk blogger dengan quota internet terbatas, maka tidak ada salahnya anda bisa coba tips berikut untuk menghemat quota internet anda sehingga quota lebih awet, beberapa tips yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut:

1. Membuat Artikel secara offline

Salah satu tips yang mungkin bisa anda pilih ketika membuat artikel blog adalah, membuat artikel blog secara offline terlebih dahulu kemudian publish jika sudah selesai.

Untuk membuat artikel secara offline anda bisa menggunakan MS. Word, notepad atau editor-editor text lainnya, namun yang perlu anda perhatikan apabila anda milih membuat rtikel menggunakan MS.Word jika artikel tersebut ingin anda publish di blog,  sebaiknya artikel dari MS Word anda kopikan terlebih dahulu ke Notepad, kemudian dari notepad anda kopikan ke editor blog untuk anda publish, jika anda langsung kopi paste dari MS Word ke editor blog untuk anda publish, biasanya  format-format unik code yang berasal dari MS Word akan ikut terkopi juga, sehingga kapasitas artikel blog bisa membengkak, jika tidak percaya silahkan anda coba, kemudian lihat di mode HTML, maka akan banyak terdapat uniq code-uniq code yang berasal dari MS Word yang ikut terbawa.

2. Menggunakan Mode Luring Di Browser

Tips yang kedua yang bisa anda coba untuk menghemat quota internet ketika anda membuat artikel blog adalah dengan cara menggunakan mode luring browser. mode luring adalah mode yang membuat browser anda bekerja secara offline atau tidak terhubung ke internet.

Jika anda lebih menyukai membuat artikel blog di editor blog yang bersangkutan, setelah anda membuka editor blog anda  lebih baik anda aktifkan mode luring pada browser yang anda gunakan, kenapa mode luring perlu diaktifkan, karena ketika anda sedang mengetik artikel secara online di editor blog, editor blog secara otomatis akan menyimpan artikel yang anda sedang tulis kurang lebih 1-2 menit sekali, setiap kali artikel tersimpan maka akan menyedot quota internet anda, bayangkan jika anda membuat 1 artikel dalam waktu yang sangat lama, tentu saja akan tersimpan berulang-ulang dan tentu akan menguras quota anda. oleh karena itu lebih baik kita mengaktifkan mode luring  pada browser agar, browser bekerja secara offline sementara kita mengetikan artikel blog, namun perlu diingat juga, sebaiknya jika tulisan sudah cukup banyak, anda aktifkan kembali koneksi internet anda sebentar agar tulisan anda tersimpan kemudian kembali lagi hidupkan mode luring.

Cara mengaktifkan Mode luring di Browser:

Mozila Firefox:

1. Munculkan bilah menu pada browser mozila anda, jika browser mozila sudah aktif, tekan tombol ALT pada keyboard anda

2. Pada menu File/Berkas, pilih menu "Bekerja Luring" / Work Offline

Google Croome:

1. Ketikan
chrome://flags/
2. Kemudian anda cari :
Enable Offline Cache Mode
3. Klik Tombol Enable dekat tulisan diatas


3. Matikan Koneksi Internet

Alternatif berikutnya untuk menghemat quota internet ketika membuat artikel adalah, mematikan koneksi internet ketika anda membuat artikel menggunakan editor blog.


Memang banyak alternatif yang bisa anda pilih, tujuannya adalah untuk menghemat quota internet ada agar tidak cepat habis, demikian artikel tentang Tips Menghemat Quota internet ketika membuat artikel blog, semoga bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar