Skip to main content

Upadate Xiaomi MIUI 8.2.1.0 dapat mengatasi lag/lemot pada kamera, suara dan pemutar video bawaan xiaomi

Permasalahan yang banyak dialami oleh pengguna xiaomi terutama xiomi redmi note 4 dan note 3 adalah lemot dan lag, permasalahan ini muncul ketika pengguna menggunakan kamera dan pemutar video bawaan xiaomi, permasalahan lainnya juga sering terjadi pada kualitas suara, baik ketika memutar musik mp3, maupun ketika bermain game, suara yang dihasilkan terkadang sangat berisik tidak bagus, tersendat-sendat dan sangat mengganggu pendengaran.

Sepertinya masalah ini bukan hanya pada sebagian pengguna xiaomi redmi note 4 saja, namun hampir semua pengguna xiaomi terutama xiaomi  redmi note 3 dan 4 mengalaminya, setelah diketahui kabarnya permasalahan tersebut terjadi akibat adanya bug pada sistem xiaomi terutama pada versi MIUI yang digunakan oleh perangkat.

Permasalahan yang banyak dialami oleh pengguna xiaomi terutama xiomi redmi note  Upadate Xiaomi  MIUI 8.2.1.0 dapat mengatasi lag/lemot pada kamera, suara dan pemutar video bawaan xiaomi

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut, cara pertama yang bisa anda coba untuk mengatasi lag pada pemutar video dan juga kamera diantaranya adalah mematikan fitur pengoptimalan memory/ memory optimization yang terdapat pada menu opsi pengembang / developer option. sayangnya solusi ini  tidak bisa bertahan permanen, menurut beberapa pengguna xiaomi termasuk saya cara ini terkadang membuat permasalahan muncul lagi walaupun tidak terlalu sering.

Cara kedua yang dapat mengatasi permasalahan lag dan lemot pada xiaomi redmi note 3 dan 4 yang banyak disarankan adalah dengan melakukan update rom ke rom developer cina, sayangnya jika menempuh cara ini hp xiaomi anda akan memiliki rom versi beta selamanya, walaupun rom jenis ini selalu mendapatkan prioritas utama untuk melakukan update pembaharuan sistem dan fitur terbaru dari xiaomi, kabarnya rom developer cina ini banyak memiliki bug karena memang difungsikan untuk uji pengembangan sistem dan fitur terbaru dari xiaomi.

Saya pribadi ketika pertama kali menemukan bug di perangkat xiaomi redmi note 4 yang saya miliki, saya tidak berani memilih cara ke dua dengan melakukan upgrade rom ke versi rom developer cina, karena saya tidak repot, saya hanya berani mencoba dengan memilih cara pertama yaitu dengan menonaktifkan fitur pengoptimalan memory yang terdapat di menu developer option, walaupun setelah dicoba benar saja permasalahan terkadang muncul lagi walaupun tidak terlalu sering, dan cara tersebut ternyata tidak bisa mengatasi masalah sound atau suara, suara tetap kadang muncul berisik tersendat-sendar  terutama ketika bermain game 3D.

Update Xiaomi MIUI 8.2.1.0 Dapat mengatasi lag pada kamera dan pemutar video xiaomi.

Setelah berlarut-larut dengan permasalahan xiaomi yang belum teratasi 100%, akhirnya saya mendapatkan notifikasi bahwa xiaomi sudah merealese update muiu 8 versi 8.2.1.0, walaupun ada notifikasi update, saya pada awalnya tidak berani melakukan update , kebetulan hp xiaomi saya menggunakan rom global official, kabarnya jika melakukan update maka jaringan 4G tidak akan lagi berfungsi.

Namun karena penasaran akhirnya saya nekad saja melakukan update MIUI 8 versi 8.2.1.0 melalui OTA dengan bantuak aplikasi updater dari xiaomi, jauh dari perkiraan setelah update ternyata permasalahan yang terdapat pada hp xiaomi saya hampir semuanya dapat di atasi.

Beberapa dampak positif setelah melakukan update miui ke versi 8.2.1.0 yang saya rasakan adalah sebagai berikut:

1.    Jaringan 4G tetap berjalan dengan normal, walaupun awalnya saya dapat informasi, jika melakukan update akan berpengaruh ke jaringan 4G yang tidak akan berfungsi, namun setelah dicoba jaringan 4G tetap bisa berjalan dengan baik.

2.    HP xiami menjadi lebih stabil tidak mudah panas, meskipun hp xiaomi redmi note 4 saya menggunakan chipset mediatek, yang kabarnya sangat mudah panas.

3.    Kamera xiaomi berjalan normal dan tidak lagi ditemukan masalah lag/lemot
4.    Pemutar video bawaah xiaomi dapat bekerja dengan baik, sampai sekarang tidak pernah lagi lag atau lemot.

5.    Suara pun yang awalnya kadang berisik tersendat-sendat apalagi ketika bermain game, sekarang menjadi normal tidak pernah lagi muncul masalah.

6.    Batarei lumayan sedikit awet.
Sepertinya update miui versi 8.2.1.0 sudah dilengkapi dengan perbaikan bug-bug yang terdapat pada versi sebelumnya.

Jadi untuk anda yang sampai saat ini masih mengalami masalah lag/lemot pada kamera dan juga pemutar video bawaah xiaomi, dan juga pada kualitas suara perangkat xiaomi anda, silahkan lakukan update miui ke versi 8.2.1.0, atau update rom hp xiaomi anda ke versi global official versi terbaru.

Cara melakukan update miui xiaomi ke versi 8.2.1.0 melalui OTA

Ada 2 Cara melakukan update miui xiaomi, bisa secara manual atau bisa secara otomatis menggunakan aplikasi updater yang disediakan oleh system xiaomi.

Untuk anda yang menggunakan xiaomi dengan rom global official atau rom cina official, anda bisa melakukan update xiaomi secara otomatis dan praktis melalui OTA (On the air) menggunakan apliksi updater bawaan xiaomi, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Pastikan xiaomi anda sudah terisi daya minimal 70%, karena proses update bisa memakan waktu 30 menit – 1 jam, disarankan hp xiaomi dalam keadaan sedang mengisi daya.

b. Pastikan xiaomi anda sudah terkoneksi dengan WIFI, karena sebelum proses update aplikasi akan melakukan download file update yang kapasitasnya cukup besar kurang lebih memiliki kapasitas 1.4 Gigabit, bisa saja menggunakan quota jika quota internet anda memadai.

c. Silahkan Buka aplikasi updater/ pembaruan di hp xiaomi anda, biasanya ada di folder tools/alat.

d. Setelah aplikasi updater terbuka, silahkan tekan saja tombol “Periksa update”, aplikasi akan melakukan pemeriksaan update, jika update ditemukan maka aplikasi akan meminta anda untuk melakukan download file update, silahkan lakukan download dan tunggu hingga proses download selesai 100%.

e. Setelah download selesai, kemudian silahkan tekan tombol “start update”.. hp xiaomi anda akan melakukan restart dilanjutkan dengan melakukan proses update. Proses update bisa memakan waktu cukup lama 30- 1 jam bahkan bisa lebih, sekali lagi saya sarankan hp xiaomi anda lebih baik dalam keadaan di cas agar hp tidak mati ketika proses update, untuk menghindari gagal update yang bisa beresiko untuk xiaomi anda.

f. Tunggu update sampai selesai, setelah update selesai hp xiaomi akan melakukan restart kemudian akan berjalan normal seperti biasanya. Tunggu sampai hp dingin, lalu silahkan cek kamera xiaomi anda, dan juga pemutar video bawaan, kemudian cek juga kualitas suara dengan mendengarkan music mp3 atau bermain game 3D yang cukup berat.

Di hp xiaomi saya (xiaomi redmi note 4, setelah melakukan update ke versi miui 8.2.1.0 permasalahan di atas dapat teratasi dengan baik) dan hp berjalan lebih stabil.

Cara Update Rom Xiaomi Secara manual

Jika hp xiomi anda kebetulan hp xiaomi dengan rom distributor yang sudah dimodifikasi, bisanya tidak bisa melakukan update via OTA, ketika di cek menggunakan updater, update tidak akan terdeteksi, jadi salah satu caranya jika ingin melakukan update harus secara manual. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Silahkan download file update di situs xiaomi, menggunakan computer atau h panda, bisa dicari disini http://en.miui.com/download.html, silahkan cari versi xiaomi sesuai dengan yang anda gunakan. Untuk xiaomi redmi note 4 bisa di download disini http://en.miui.com/download-309.html, silahkan download untuk Redmi note MTK global untuk redmi note 4 mediatek, atau redmi note qualcomm global untuk xiaomi redmi note 4 yang menggunakan chipshet qualcomm snap dragon, kemudian pilih Stable ROM dan download yang versi 8.2.1.0


Permasalahan yang banyak dialami oleh pengguna xiaomi terutama xiomi redmi note  Upadate Xiaomi  MIUI 8.2.1.0 dapat mengatasi lag/lemot pada kamera, suara dan pemutar video bawaan xiaomi


b. Setelah didownload simpan di dalam penyimpanan internal, biarkan saja di luar jangan di dalam folder.

c. Buka uplikasi updater pada xiaomi anda, biasanya ada di folder tools, kemudian setelah aplikasi updater terbuka, pilih titik 3 di pojok kanan atas, lalu pilih menu "Pilih paket pembaruan", silahkan arahkan ke file rom xiaomi yang sudah anda download sebelumnya.

d. Kemudian jika sudah tekan tombol start update, perangkat akan melakukan restart, dilanjutkan dengan proses update, tunggu proses update sampai selesai, proses update biasanya akan memakan waktu kurang lebih 30 menit sampai 1 jam, jika proses update selesai maka perangkat akan melakukan restart dan masuk ke halaman utama xiaomi.

e. Silahkan cek kamera, pemutar video, juga kualitas suara dengan cara memutar music mp3 atau bermain game.

Dengan melakukan update rom xiaomi seharusnya bug-bug yang ada pada xiaomi anda bisa teratasi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar