Skip to main content

5 Fakta Ganjil Gergaji, Mesin Pemotong yang Berguna Namun Berbahaya

Gergaji mesin adalah sejenis mesin portabel yang digunakan untuk memotong. Karena suaranya yang begitu keras, gergaji mesin yang sedang menyala bakal langsung menarik perhatian orang. Tidak jarang orang merasa ngeri saat melihat gergaji mesin karena benda ini juga bisa digunakan untuk melukai manusia hingga tewas.

Namun tahukah anda kalau sebelum menjadi mesin pemotong kayu seperti sekarang, benda cikal bakal gergaji mesin pada awalnya digunakan untuk memotong bagian tubuh manusia? Jika anda penasaran, berikut ini adalah fakta-fakta seputar gergaji mesin bakal yang bakal membuat anda takjub sekaligus terkejut.

Gergaji Mesin Awalnya Diciptakan untuk Membantu Proses Kelahiran Bayi

Gergaji mesin adalah sejenis mesin portabel yang digunakan untuk memotong 5 Fakta Ganjil Gergaji, Mesin Pemotong yang Berguna Namun Berbahaya
Gergaji Mesin Membantu Proses Kelahiran Bayi via ikons.id

Jika bicara soal gergaji mesin, maka orang seketika akan membayangkan mesin besar dengan mata gergaji yang panjang nan tajam. Oleh karena itulah, rasanya sulit membayangkan kalau mesin tersebut digunakan oleh dokter saat menangani pasien yang hendak melahirkan. Namun faktanya, memang itulah yang terjadi di masa lampau.

Gergaji mesin atau gergaji rantai pada awalnya diciptakan untuk membantu pasien hamil yang mengalami kesulitan saat harus melahirkan bayinya dengan cara biasa. Metode persalinan dengan bantuan gergaji mesin digunakan saat operasi caesar masih belum ditemukan.

Lantas, bagaimana caranya alat seberbahaya gergaji mesin bisa sampai digunakan dalam proses persalinan? Seperti yang kita tahu, bayi secara alamiah keluar melalui saluran yang terletak di bawah rahim ibunya.

Namun karena sebab-sebab tertentu (misalnya karena bayi terlalu besar atau bayi keluar dalam posisi kepala menghadap ke atas), bayi pun tidak bisa keluar secara alamiah. Pada saat inilah, dokter atau bidan bakal ikut turun tangan supaya bayinya bisa keluar.

Untuk mengatasinya, dokter pun harus memotong sebagian tulang pinggul sang ibu supaya bayinya memiliki cukup ruang untuk keluar. Pada awalnya proses ini dilakukan memakai pisau dan gergaji. 

Permasalahannya adalah kedua benda tadi tidak bisa memotong tulang dalam waktu singkat sehingga proses melahirkan menjadi jauh lebih lama dan berbahaya. Untuk mengatasi masalah tersebut, pada tahun 1780 diciptakanlah gergaji rantai khusus untuk memotong tulang pinggul.

Tidak seperti gergaji rantai modern, gergaji rantai untuk proses persalinan berukuran lebih kecil dan tidak menggunakan mesin. Untuk menggerakkan rantai pada mata gergajinya, dokter akan memutar-mutar tuas di dekat gagang gergaji.

Teknik memakai gergaji rantai untuk membantu proses melahirkan dikenal dengan istilah symphysiotomy. Di masa kini, symphysiotomy sudah nyaris tidak pernah lagi dilakukan. 

Jika ada bayi yang tidak bisa keluar dengan cara biasa, maka bayi akan dikeluarkan melalui operasi caesar. Namun di negara-negara yang kurang berkembang, symphysiotomy kadang-kadang masih dilakukan jika kebetulan operasi caesar tidak bisa dilakukan akibat masalah keterbatasan alat.

Gergaji Mesin Terdiri dari Beragam Jenis

Gergaji mesin adalah sejenis mesin portabel yang digunakan untuk memotong 5 Fakta Ganjil Gergaji, Mesin Pemotong yang Berguna Namun Berbahaya
Gergaji Mesin Terdiri dari Beragam Jenis via bukalapak.com

Layaknya benda-benda konsumsi yang tersedia di pasaran, gergaji mesin pun terdiri dari beragam jenis. Dari segi ukuran misalnya, gergaji mesin memiliki ukuran yang berbeda-beda untuk menyesuaikan tujuan penggunaannya.

Gergaji mesin yang berukuran kecil biasanya digunakan untuk memotong ranting pohon. Dibandingkan dengan gergaji biasa atau golok, gergaji mesin meringankan beban penggunanya karena penggunanya hanya perlu menyalakan gergaji mesin dan menempelkan mata gergajinya pada ranting pohon.

Semakin besar benda yang hendak dipotong, maka ukuran gergaji yang hendak digunakan juga bakal semakin besar. Gergaji mesin yang berukuran besar bisa digunakan untuk memotong batang pohon yang berdiameter besar.

Gergaji mesin bukan hanya bisa dibedakan dari ukurannya. Gergaji mesin juga memiliki sumber tenaga penggerak yang berbeda-beda. Ada gergaji mesin yang sumber tenaganya berasal dari listrik. Ada pula gergaji mesin yang menyala dengan memakai bahan bakar minyak.

Gergaji mesin juga bisa dibedakan berdasarkan tujuan penggunaannya. Selain untuk memotong kayu, gergaji mesin tertentu juga bisa digunakan untuk memotong batu dan semen. Gergaji mesin untuk keperluan yang satu ini bagian rantainya dilengkapi dengan serpihan berlian supaya tidak mudah aus.

Gergaji Mesin Kerap Muncul di Film-Film Horor

Gergaji mesin adalah sejenis mesin portabel yang digunakan untuk memotong 5 Fakta Ganjil Gergaji, Mesin Pemotong yang Berguna Namun Berbahaya
Gergaji Mesin Kerap Muncul di Film-Film Horor via orgoglionerd.it

Bagi mereka yang gemar melihat film atau game horor, karakter antagonis yang bersenjatakan gergaji mesin merupakan hal yang cukup lazim dijumpai. Wajar-wajar saja karena dari segi penampilan dan suaranya saja, gergaji mesin sudah nampak menakutkan. 

Dari sekian banyak film horor yang menampilkan gergaji mesin, karakter Leatherface adalah salah satu yang paling terkenal. Leatherface adalah karakter antagonis di film The Texas Chainsaw Massacre beserta film-film lanjutannya. 

Di film-film tadi, Leatherface ditampilkan sebagai sosok psikopat yang memakai topeng kulit dan menenteng gergaji mesin ke mana-mana. 

Namun gergaji mesin bukan hanya dimunculkan sebagai senjata khusus karakter antagonis. Di film Evil Dead, karakter protagonis Ash William ditampilkan menggunakan gergaji mesin sebagai salah satu senjatanya. Dengan senjata tersebut, Ash berjuang melawan gerombolan zombie yang membahayakan nyawanya dan orang-orang dekatnya.

Gergaji Mesin Bisa Rusak Akibat Benda Kecil Ini

Gergaji mesin adalah sejenis mesin portabel yang digunakan untuk memotong 5 Fakta Ganjil Gergaji, Mesin Pemotong yang Berguna Namun Berbahaya
Gergaji Mesin Bisa Rusak Akibat Benda Kecil Ini via harga.web.id

Dengan melihat kemampuan memotongnya yang luar biasa, rasanya tidak ada bedan yang tidak bisa dipotong oleh gergaji mesin. Namun bukan berarti gergaji mesin lantas bisa digunakan untuk memotong sembarang benda. Pohon yang dipasangi paku ternyata bisa merusak gergaji mesin.

Hal tersebut lantas dimanfaatkan oleh aktivitas militan pembela lingkungan untuk melidungi pohon dari ancaman para penebang pohon yang menggunakan gergaji. Untuk melakukannya, mereka akan menancapkan paku pada pohon, kemudian memukulnya dengan palu hingga pakunya masuk.

Paku yang dipalu pada pohon diposisikan sedemikian rupa supaya bagian kepala pakunya nampak tersembunyi di sela-sela kulit kayu. Jika gergaji mesin yang sedang memotong pohon mengenai paku, gergaji mesin tersebut bisa terlontar ke belakang secara tiba-tiba. 

Selain beresiko menimbulkan cedera pada penggunanya, rantai gergaji mesin juga bisa terputus jika sampai mengenai paku. Kalau sudah begitu, para penebang pohon diharapkan menjadi frustrasi dan akhirnya menghentikan niatnya untuk menebang pohon.

Takik menancapkan paku ke dalam pohon ini dikenal dengan istilah “tree spiking”. Salah satu kelompok yang paling giat melakukannya adalah Earth First, kelompok pembela lingkungan yang terbentuk pada tahun 90-an. 

Kelompok ini begitu ditakuti oleh kalangan pembalak hutan karena mereka tidak segan-segan menggunakan metode sabotase dengan dalih melindungi lingkungan. Mulai dari menancapkan paku pada pohon, merusak alat-alat berat, memotong aliran listrik, dan sebagainya.

Gergaji Mesin Bisa Membunuh Penggunanya Sendiri

Gergaji mesin adalah sejenis mesin portabel yang digunakan untuk memotong 5 Fakta Ganjil Gergaji, Mesin Pemotong yang Berguna Namun Berbahaya
Gergaji Mesin Bisa Membunuh Penggunanya Sendiri via mosarh.ru.id

Dari sekian banyak alat yang bisa digunakan untuk memotong kayu, gergaji mesin adalah salah satu yang paling efektif sekaligus berbahaya. Pasalnya kendati gergaji mesin bisa memotong kayu layaknya pisau yang membelah wortel, mesin pemotong ini juga menyimpan segudang bahaya terselubung.

Bahaya pertama adalah gergaji mesin bisa terlontar ke belakang secara tiba-tiba jika mata gergajinya mengenai benda yang lebih keras daripada kayu. Jika mata gergajinya terlontar hingga mengenai pengguna, korban bisa mengalami cedera parah atau bahkan meninggal.

Gergaji mesin juga menimbulkan polusi suara akibat suaranya yang keras. Jika seseorang terlalu sering menggunakan gergaji mesin tanpa memakai pelindung telinga, lama kelamaan ia bisa mengalami ketulian.

Bahaya lain dari gergaji mesin adalah ketika seseorang menebang pohon yang masih berdiri tegak tanpa memperhitungkan arah jatuhnya. Jika pohon tumbang ke arah orang yang menebangnya, maka orang tersebut bisa tertimpa pohon hingga cedera atau bahkan tewas.

Meskipun berbahaya, gergaji mesin toh tetap banyak digunakan karena benda ini terbukti efektif dalam memotong pohon dan kayu gelondongan. Supaya bahaya akibat penggunaan gergaji mesin bisa dihindari, orang yang hendak memakai gergaji mesin diminta membiasakan diri terlebih dahulu dan mengenakan pakaian pelindung yang lengkap.

referensi :

https://www.businessinsider.com/chainsaws-were-originally-invented-for-helping-childbirth-not-cutting-wood-2018-6?r=US&IR=T https://www.essentialhomeandgarden.com/chainsaws-guide/ https://www.washingtonpost.com/archive/local/1990/03/05/tree-spiking-an-eco-terrorist-tactic/a400944c-a3a0-4c03-ab99-afada6f44e7a/ https://en.wikipedia.org/wiki/Chainsaw https://perfectforhome.com/dangers-using-chainsaw/

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar