Skip to main content

Baru Tau, Ternyata Perusahaan Raksasa Ini Ternyata Berasal dari Eropa Utara

Eropa Utara merupakan kawasan di Eropa bagian utara yang terkenal akan iklimnya yang dingin. Di masa lampau, Eropa Utara terkenal sebagai tanah asal bangsa Viking. Kalau di masa kini, Eropa Utara merupakan menjadi lokasi perusahaan-perusahaan raksasa dengan jangkauan global. Berikut ini adalah 5 contoh perusahaan tersebut.

Nokia

Eropa Utara merupakan kawasan di Eropa bagian utara yang terkenal akan iklimnya yang dingi Baru Tau, Ternyata Perusahaan Raksasa Ini Ternyata Berasal dari Eropa Utara
perusahaan Nokia via idcloudhost.com

Jauh sebelum smartphone mendominasi kehidupan manusia seperti sekarang, Nokia merupakan perusahaan paling dominan dalam bisnis telepon genggam. Nokia sendiri aslinya merupakan perusahaan teknologi yang berbasis di Finlandia.

Nokia memiliki perjalanan sejarah yang amat panjang karena perusahaan ini sudah ada sejak tahun 1865. Yang menarik adalah Nokia pada awalnya berdiri bukan sebagai perusahaan telekomunikasi, melainkan sebagai perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan bubur kertas.

Nokia mendapatkan namanya dari kota Nokia dan Sungai Nokianvirta yang terletak di negara Finlandia. Saat Nokia tumbuh semakin besar, perusahaan tersebut kemudian melebarkan sayapnya ke sektor-sektor lain seperti kelistrikan, pengolahan karet, dan pembuatan kabel telepon.

Kesulitan keuangan menyebabkan Nokia sempat dijual ke pihak lain. Tahun 1967, perusahaan penerus Nokia melakukan peleburan dengan dua perusahaan lainnya. Peleburan ini sekaligus menandai lahirnya perusahaan modern Nokia seperti yang kita kenal sekarang.

Perusahaan Nokia yang satu ini awalnya bergerak di bidang teknologi militer. Telepon portabel merupakan satu dari sekian banyak produk yang dibuat oleh Nokia untuk keperluan militer.

Tahun 1981, Nokia lewat anak perusahaannya Mobira menciptakan produk telepon genggam perdananya. Sejak itu, Nokia terus memproduksi produk-produk telepon genggam. Hingga permulaan abad ke-21, Nokia merupakan perusahaan terbesar yang bergerak di sektor produksi telepon genggam.

Ericsson

Eropa Utara merupakan kawasan di Eropa bagian utara yang terkenal akan iklimnya yang dingi Baru Tau, Ternyata Perusahaan Raksasa Ini Ternyata Berasal dari Eropa Utara
Ericsson via hidayatullah.com

Nokia bukanlah satu-satunya perusahaan telepon genggam yang berasal dari Eropa Utara. Ericsson yang pada tahun 2000-an merupakan pesaing utama Nokia ternyata juga berasal dari Eropa Utara. Markas pusat perusahaan ini terletak di kota Stockholm, Swedia.

Seperti halnya Nokia, Ericsson juga sudah ada sejak abad ke-19. Ericsson pertama kali didirikan pada tahun 1876 sebagai perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan perangkat telegraf, semacam alat komunikasi jarak jauh yang mekanisme pengiriman pesannya menggunakan kode Morse.

Saat Ericsson tumbuh semakin besar, Ericsson lantas mulai melakukan ekspansi ke luar Swedia. Inggris dan Rusia menjadi dua negara pertama yang dijajal oleh Ericsson. Sesudah itu, Ericsson sempat mencoba melebarkan sayapnya ke Amerika Serikat, namun gagal.

Kegagalan tersebut tidak membuat Ericsson jera karena nyatanya Ericsson terus melebarkan cakupan perusahaannya hingga ke Meksiko dan Afrika Selatan. Ericsson nyaris mengalami kebangkrutan sesudah Perang Dunia Pertama akibat krisis ekonomi yang tengah melanda dunia.

Ericsson untungnya tidak sampai bubar setelah perusahaan tersebut mendapatkan suntikan dana dari bank-bank Swedia. Saat teknologi komunikasi berkembang menjadi kian maju, Ericsson lantas mulai merilis produk telepon genggam. 

Memasuki tahun 1997, Ericsson sudah menguasai hampir separuh pasar telepon genggam dunia. Tahun 2001, Ericsson melakukan kerja sama dengan Sony sehingga produk-produk Ericsson sejak itu dikenal dengan nama Sony Ericsson hingga tahun 2012.

IKEA

Eropa Utara merupakan kawasan di Eropa bagian utara yang terkenal akan iklimnya yang dingi Baru Tau, Ternyata Perusahaan Raksasa Ini Ternyata Berasal dari Eropa Utara
ikea via randibusines.worspress.com

Jika bicara soal perusahaan perabotan, maka IKEA merupakan nama yang bakal muncul di benak banyak orang. Hal yang wajar mengingat IKEA merupakan salah satu perusahaan terbesar yang bergerak di bidang perabotan. Perabotan IKEA juga terkenal khas karena perabotan mereka didesain supaya bisa dirakit sendiri oleh konsumennya.

IKEA pertama kali didirikan pada tahun 1943 oleh Ingvar Kampard, wiraswastawan Swedia yang pada waktu itu baru berusia 17 tahun. Ia memiliki nama IKEA untuk perusahaan yang dirintisnya ini karena masing-masing huruf yang menyusun nama IKEA memiliki makna yang mendalam bagi Kampard.

Huruf I dan K yang menyusun nama IKEA diambil dari inisial Ingvar Kampard. Huruf E berasal dari nama Elmtaryd, tempat di mana Kampard lahir. Huruf A diambil dari nama Aggunaryd, desa di Swedia yang terletak tidak jauh dari tempat kelahiran Kampard.

IKEA menggunakan warna biru dan kunig sebagai warna khasnya. Kedua warna tersebut juga merupakan warna khas Swedia karena kedua warna tadi dapat ditemukan di benda kebangsaan Swedia.

IKEA pada awalnya didirikan sebagai perusahaan yang melayani jasa pengiriman surat. Namun sejak tahun 1948, IKEA mulai menjajal bidang penjualan perabotan. 

Saat bisnis IKEA di Swedia sudah semakin besar, toko-toko perabotan IKEA mulai muncul di negara-negara tetangga Swedia sejak tahun 60-an. Sekarang, IKEA memiliki lebih dari 400 cabang yang tersebar di 52 negara, termasuk Indonesia.

Volvo

Eropa Utara merupakan kawasan di Eropa bagian utara yang terkenal akan iklimnya yang dingi Baru Tau, Ternyata Perusahaan Raksasa Ini Ternyata Berasal dari Eropa Utara
Volvo via gotoo.com

Volvo adalah perusahaan otomotif yang markas pusatnya berada di Gothenburg, Swedia. Perusahaan ini sekarang terkenal sebagai salah satu produsen utama kendaraan-kendaraan besar seperti truk dan bus.

Volvo pertama kali berdiri pada tahun 1927 sebagai perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan mobil. Supaya bisa menarik perhatian konsumen, Volvo memasarkan produk mobil buatannya sebagai mobil yang cocok untuk jalanan Swedia yang tidak mulus dan kerap dipenuhi oleh salju.

Meskipun produk otomotif pertamanya baru mulai diproduksi pada tahun 1927, Volvo aslinya memiliki asal muasal yang lebih lama dari itu. Nama Volvo pertama kali didaftarkan ke lembaga hak paten pada tahun 1911.

Awalnya Volvo hendak didirikan sebagai perusahaan yang memproduksi komponen mesin. Volvo sendiri akhirnya baru didirikan beberapa tahun kemudian, namun sebagai perusahaan otomotif.

Tahun 1928, Volvo merilis produk truk perdananya. Truk tersebut ternyata amat disukai oleh publik sehingga Volvo kemudian mulai mengekspor truk-truk buatannya ke negara-negara Eropa.

Tahun 1963, Volvo mendirikan pabrik pertamanya di luar Swedia. Tepatnya di Halifax, Kanada. Sejak periode yang bersamaan, Volvo juga mulai menjalin kerja sama dengan sesama perusahaan otomotif untuk berkolaborasi menciptakan kendaraan baru.

Pada tahun 90-an misalnya, Volvo menjalin kerja sama dengan perusahaan Mitsubishi asal Jepang. Dari kerja sama tersebut, mereka mengeluarkan produk mobil Mitsubishi Carisma dan Volvo S40.

Lego

Eropa Utara merupakan kawasan di Eropa bagian utara yang terkenal akan iklimnya yang dingi Baru Tau, Ternyata Perusahaan Raksasa Ini Ternyata Berasal dari Eropa Utara
lego via hungarytoday.hu

Jika bicara soal mainan balok, Lego bakal menjadi nama yang bakal muncul di benak banyak orang. Pasalnya dari perusahaan inilah, beredar mainan-mainan balok dengan wujud dan warna yang amat beragam. Balok-balok tersebut bisa dirangkai satu sama lain hingga menjadi aneka macam bentuk.

Lego sendiri merupakan perusahaan mainan yang markas pusatnya berada di Billund, Denmark. Namun sebelum bisa menjadi perusahaan mainan raksasa seperti sekarang, Lego juga harus melalui perjalanan panjang terlebih dahulu.

Awal mula Lego dapat ditelusuri sejak tahun 1930-an. Pada tahun tersebut, pengrajin Ole Kirk Christiansen membuat dan menjual mainan-mainan yang terbuat dari kayu. Tahun 1934, perusahaan mainan yang dirintisnya akhirnya mengadopsi nama Lego. Nama tersebut berasal dari bahasa Denmark “leg godt” yang berarti “bermain dengan baik”.

Terhitung sejak tahun 1947, Lego mulai memproduksi mainan yang terbuat dari plastik. Lambat laun, mainan berbahan plastik menjadi produk yang paling banyak diproduksi Lego menggantikan mainan berbahan kayu.

Sekarang, Lego menjadi salah satu perusahaan mainan terbesar di dunia. Hingga tahun 2015, sudah ada 600 milyar balok mainan Lego yang sudah dibuat. Toko-toko resmi milik Lego sekarang sudah tersebar di 20 negara berbeda.

Sumber :

https://en.wikipedia.org/wiki/History_of_Nokia https://en.wikipedia.org/wiki/Ericsson https://en.wikipedia.org/wiki/IKEA https://en.wikipedia.org/wiki/Volvo https://en.wikipedia.org/wiki/Lego

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar