Download KI dan KD PAI SD Kurikulum 2013 Kelas 5

 

RPP Daring SD/MI Kelas 1-6 Revisi terbaru

Dalam KI mencakup 4 dimensi yang mencerminkan : 1. sikap spiritual; 2. sikap sosial; 3. pengetahuan; dan 4. keterampilan yang dimana empat dimensi ini driancang sebagai pengintegrasikan muatan pembelajaran, mata pelajaran, atau program standar Kompetensi Lulusan (SKL).

Kompetensi Dasar

Komepetensi Dasar adalah kemempuan untuk mencapai Inti yang harus diperoleh perserta didik melalui pembelajaran di sekolah/madrasah.

Langkah-langkah Pemetaan KI dan KD SD/MI Kurikulum 2013

Adapun langkah pemetaan KI dan KD yang dapat tenaga pendidika lakukan adalah.

1. Mengidentifikasi karakteristik dan kemampuan awal peserta didik. Hal ini penting dilakukan terlebih dahulu oleh Guru untuk mengetahui karakter dan bekal kemampuan siswa yang ditetapkan sebagai indikator kebersihan siswa dalam menguasai kompetensi.

2. Menentukan tahapan berfikir dari KI,KD dan Indikator Pencapaian Kompetensi. Misalnya, Jika tahapan berfikir KI ada pada C3, makan Tahapan Berfikir KD bisa dimulai dari C1, C2, dan C3 yang tujuannya untuk melihat Secara keseluruhan bagaimana KI dan KD dapat dicapai berdasarkan Pemetaan KI, KD dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK).

3. mementukan IPK Masing-masing KD pada pelaksanaan pembelajaran Pendidikan agama Islam (PAI) SD/MI Kelas 5 serta pendekatan tematik terpadu selain pelajran PJOK, Matematika, Kelas IV,V,dan VI serta dan Pendidikan Agama dan Budi Pekerti Kelas 5.

Fungsi Kompetensi Inti (KI)

Kompetensi Inti Berfungi sebagai undur pengorganisasi Kompetensi Dasar (KD) kompetensi sebagai unsur pengikat untuk organisasi vertikal dan horizontal KD.

Organisasi vertikal Kompetensi dasar merupakan keterkaitan antara isi dari Kompetensi Inti satu sama lainnya pada jenjang Sekolah dasar, menengah sehingga memenuhi prinsip belajar yang membentuk akumulasi yang berkesinambungan pada pelajaran yang dipelajari peserta didik.

Download juga : Buku Guru/Siswa SD/MI Kelas 1-6 Revisi terbaru

Sedangkan Organisasi horizontal adalah keterkaitan antara isi Kompetensi Dasar satu mata pelajaran dengan isi Kompetensi Dasar dari mata pelejaran yang berbeda dalam satu pertemuan mingguan dan kelas yang sama sehingga terjadi proses saling memperkuat setiap KI dan KD.

Rumusan Kompetensi Inti (KI) Kurikulum 2013

Adapun Rumusan Kompetensi Inti (KI) adalah sebagai berikut;

  • Kompetensi Inti – 1 (KI-1) Untuk kompetensi inti sikap spiritual
  • Kompetensi Inti – 1 (KI-2) Untuk kompetensi inti sikap sosial
  • Kompetensi Inti – 1 (KI-3) Untuk kompetensi inti sikap pengetahuan
  • Kompetensi Inti – 1 (KI-4) Untuk kompetensi inti sikap keterampilan

Fungsi Konpetensi Dasar (KD)

Kompetensi Dasar bertujuan untuk mengukur kemampuan berfikir peserta didik yang berisi sikap, pengetahuan dan keterampilan yang bersumber pada Kompetensi Inti yang harus dikuasai peserta didik, termasuk didalamnya memperhatikan karakteristik siswa pada kemampuan awal, dan ciri suatu yang dikuasai mata pelajaran.

Download juga : Silabus SD/MI Kelas 1-6 Revisi terbaru

Kompetensi Dasar yang mengacu pada Kompeentis Inti (KI) dirumuskan untuk mencapai KI kecuali Kompetensi dasar untuk mata pelajaran berdisi sendiri seperti mata pelajaran Pendidikan Agama Dan Budi Pekerti serta mata pelajaran Pendidikan Pancasilan Dan Kewarganegaraan meliputi 4 kelompok rumusan sebagai berikut;

  • Kompetensi Dasar – Untuk sikap spiritual dalam rangka menjabarkan Ki-1
  • Kompetensi Dasar – Untuk sikap sosial dalam rangka menjabarkan Ki-2
  • Kompetensi Dasar – Untuk sikap pengetahuan dalam rangka menjabarkan Ki-3
  • Kompetensi Dasar – Untuk sikap keterampilan dalam rangka menjabarkan Ki-4

Download KI dan KI SD/MI Kurikulum 2013 Edisi 2017,2018

Untuk mendownload KI dan KI Pendidikan Agama Islam (PAI) SD/MI Kurikulum 2013 Kelas 5 ini cukup mudah dan sederhana. anda akan di arahkan di Google Drive langsung terdownload otomatis tanpa harus melewati link-link yang membosankan seperti website lainnya.

File Administrasi menarik Lainnya [Download Gratis] 

Tinggalkan komentar