Download Prota Promes Pjok SD Kelas 1-6 Kurikulum 2013

 

Program Tahunan (PROTA) merupakan rencana penetapan alokasi waktu dalam 1 tahun untuk capai tujuan pembelajaran dari KD dan KI yang telah ditetapkan.

Dari tahun ketahun format RPP mengalami perubahan namun pada pemerintahan bapak Nadiem Makarin membentuk sebuah inovasi Perangkat 1 lembar yang dilengkapi dengan prota Pjok SD 2020/2021 yang sudah ada dalam perangkat pembelajaran Pjok SD 2020/2021.

Unduh Juga : Perangkat Pembelajaran PAI & BP SD Kelas 1-6

Selain anda mendapatkan prota dan promes daring PAI SD/MI pada blog Masse.id anda juga bisa mendapatkan silabus PAI SD Revisi 2020 sesuai masa pandemi covid-19 yang mana semua sekolah lockdown dan melakukan pembelajaran jarak jauh.

Fungsi dan Cara Menyusun Prota Promes Pjok SD/MI

Fungsi dan cara menyusun prota promes PAI dan BP (SD/MI). Pendidik tidak hanya memiliki kewajiban untuk memberikan pembelajaran berkualitas di dalam kelas. Namun pendidik juga harus mempersiapkan kematangan perencanaan bahkan sebelum pembelajaran dimulai. dan seluruh perencanaan yang dilakukan tersebut jarus berpedoman pada prota dan promes yang telah ditetapkan.

Download juga : Administrasi Guru Pjok SD/MI Kelas 1-6 Revisi terbaru

Apa pengertian prota? Prota atau yang juga dikenal dengan program tahunan ini merupakan rencana pengalokasian waktu dalam 1 tahun untuk mencapai pembelajaran. Sementara promes atau program semester merupakan gambaran pembelajaran yang akan berlangsung dalam 1 semester ke depan dengan memperhatikan kalender akademik dan PROTA yang telah dibuat.

Prota Dan Promes Pjok Sd Kurikulum 2013 Revisi 2018

Penyusunan prota promes Pjok dan BP (SD/MI) akan dibuat oleh masing-masing pembelajaran atau tema kelas pada jenjang pendidikan tertentu. Hal ini karena pedoman pembelajaran yang satu ini berfungsi sebagai gambaran pembelajaran yang akan dikembangkan pendidik dalam satu semester di tahun pelajaran berikutnya.

Cara Menyusun PROTA Pjok (SD/MI)

Sudah menjadi kewajiban pendidik di akhir tahun pembelajaran untuk menetapkan rencana pembelajaran di semester yang akan dayang. Namun sebelum membuat perencanaan semester, pendidik lebih dahulu harus memetakan atau menyusun program tahunan, yakni PROTA.

Yup, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, PROTA merupakan rencana penetapan alokasi waktu dalam 1 tahun untuk capai tujuan pembelajaran dari KD dan KI yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu ini penting karena akan mempengaruhi jumlah jam pembelajaran (JP) untuk siswa memperoleh pembelajran dengan kompetensi dasar tertentu.

Download juga : RPP Daring SD/MI Kelas 1-6 Revisi terbaru

Komponen prota promes Pjok dan BP SD/MI yang harus ada yakni identitas berupa kelas, muatan pelajaran dan tahun pelajaran, serta format isisan berupa KD atau tema, subtema dan tentunya alokasi waktu. Lalu, bagaimana cara menyusun prota? Langkah-langkah perancangan PROTA adalah sebagai berikut:

  1. Menganalisis kalender pendidikan yang berlaku di daerah tertentu.
  2. Menandai hari libur nasional, maupun hari-hari tidak efektif untuk dilakukan pembelajaran.
  3. Menghintung HBE dan JBE, yakni hari belajar efektif dan jam belajar efektif setiap bulan dan semester dalam 1 tahun.
  4. Menata alokasi waktu tersebut untuk kompetensi dasar dengan mempertimbangkan waktu untuk ujian dan menganalisis materi.

Cara Menyusun PROMES Pjok (SD/MI)

Jika sudah menetapkan program tahunan, maka program semester dapat dibuat. Program semester yakni perencanaan berupa program yang berisi garis-garis besar tentang apa saja yang akan dicapai dalam 1 semester. Promes ini berisi tentang pokok aktivitas guru yang dilakukan dengan mempertimbangkan alokasi waktu dan kompetensi dasarnya.

Download juga : Buku Pjok Kelas 1-6 Revisi terbaru

Komponen yang harus ada dalam prota promes Pjok dan BP SD/MI adalah identitas berupa satuan pendidikan, mata pelajaranm kelas, semester, dan tahun pembelajaran. Komponen isiannya berpa materi, tema dan subtema, alokasi waktu yang disediakan, dan bulan yang diperinci dengan minggu per minggu. Nah, bagaimana cara menyusun program semester tersebut? perinciannya adalah sebagai berikut.

1. Memasukkan kompertensi dasar dan indikatornya.

2. Menetapkan JP dan jumlah tatap muka setiap minggunya.

3. Menata kebutuhan waktu sesuai dengan kolom bulan dan minggu.

4. Menambahkan catatan pada kolom keterangan jika diperlukan.

Menyusun prota promes Pjok  SD/MI kelas 1 2 3 4 5 6 merupakan satu di antara berbagai tugas pokok guru untuk membuat perencanaan pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa untuk guru atau pendidik ada dalam kelas maupun sebagai fasilitator pembelajaran pun memerlukan perencanaan matang dan mendetail.

Download Prota Dan Promes Pjok SD Kelas 1-6 K13

Untuk mendownload Prota Dan Promes Pendidikan Pjok Kelas 1-6 SD/MI Kurikulum 2013 Kelas 6 ini cukup mudah dan sederhana. anda akan di arahkan di Google Drive langsung terdownload otomatis tanpa harus melewati link-link yang membosankan seperti website lainnya.

Download juga : Silabus SD/MI Kelas 1-6 Revisi terbaru 

Baiklah, tanpa banyak bicara silahkan download Prota Dan Promes Pendidikan Pjok SD/MI Kurikulum 2013 Revisi terbaru di bawah ini.

Download Prota Pjok Kelas 1-6 Semester Ganjil-Genap

Tinggalkan komentar