Skip to main content

Kisah Mills Darden, Manusia Dengan Tinggi dan Berat Badan Luar Biasa

Manusia memiliki fisik yang amat beragam. Mulai dari yang bertubuh tinggi, pendek, kurus, hingga gemuk. Faktor lingkungan, genetis, serta pola hidup sehari-hari menjadi penyebab mengapa masing-masing orang memiliki fisik yang berbeda satu sama lain.

Dari sekian banyak orang bertubuh gemuk dan tinggi yang pernah hidup, rasanya tidak ada yang bisa menyaingi Mills Darden, pria asal Amerika Serikat yang hidup pada abad ke-19. Semasa hidup, Mills begitu terkenal karena fisiknya yang nampak begitu bongsor. Mereka yang berdiri di samping Mills bakal terlihat mungil bak kurcaci.

Mills Darden lahir pada tahun 1798 di dekat Rich Square, negara bagian Carolina Utara. Ia merupakan putra dari pasangan John dan Mary Darden. 

Saat baru lahir, Mills nampak normal layaknya bayi-bayi pada umumnya. Namun siapa yang menyangka kalau bayi mungil ini kelak bakal tumbuh menjadi salah satu manusia terbesar yang pernah hidup.

Saat Mills masih anak-anak, Mills menunjukkan pertumbuhan yang begitu pesat. Tidak butuh waktu lama baginya untuk tumbuh hingga melampaui tinggi orang tuanya sendiri. Menariknya lagi, pertumbuhan Mills bukan hanya terjadi ke atas, tetapi juga ke samping. Sebagai akibat dari fisiknya yang gemuk sekaligus tinggi, Mills pun nampak seperti jelmaan raksasa di dunia nyata.

Saat Mills sudah beranjak dewasa, Mills tinggal di negara bagian Tennesse sebagai petani. Pada tahap ini, ia sudah memiliki tinggi 195 cm, lingkar pinggang 1,9 cm, dan berat lebih dari 450 kilogram. 

Sebagai perbandingan, penduduk Amerika Serikat pada masa itu memiliki tinggi rata-rata 165 cm. Tinggi dan berat yang dimiliki oleh Mills secara otomatis menjadikan dirinya sebagai manusia terbesar yang hidup pada masa itu. Ia 30 persen lebih tinggi dan 6 kali lebih berat dibandingkan rata-rata orang Amerika pada masa itu. 

Menurut sejarawan Tennesse yang bernama James Jones, Mills sebenarnya bukanlah orang terjangkung maupun tergemuk yang pernah hidup. Namun ia merupakan orang gemuk tertinggi sekaligus orang tinggi tergemuk yang pernah hidup.

Tubuh Raksasa yang Memerlukan Perlakuan Khusus

Manusia memiliki fisik yang amat beragam Kisah Mills Darden, Manusia Dengan Tinggi dan Berat Badan Luar Biasa
Tubuh Raksasa yang Memerlukan Perlakuan Khusus via rumahmisteri.com

Tubuh Mills yang tinggi besar lantas membuat pria ini juga memiliki selera makan yang tak kalah fantastis. Setiap kali sarapan, Mills bakal menyantap lusinan telur, hampir 2 liter kopi, satu galon air, dan 30 biskuit dengan mentega. 

Tinggi dan berat badan akurat dari Mills sendiri sebenarnya tidak pernah diketahui. Pasalnya ia selalu enggan membiarkan tinggi dan berat badannya diukur. Tinggi Mills diketahui dari melihat foto-foto di mana ia berdiri di sebelah orang lain.

Berat Mills diketahui dengan cara memasukkan timbunan batu dan logam ke dalam kereta kuda milik Mills secara diam-diam. Saat kereta kuda yang sudah dimasukkan benda-benda tadi kondisinya sudah nampak seperti saat sedang dinaiki oleh Mills, mereka kemudian menimbang berat total batu-batu yang tadinya dimuat dalam kereta kuda Mills.

Bicara soal kereta kuda, berat badan Mills yang luar biasa menyebabkan kereta kuda Mills harus dipasangi peredam supaya cukup kuat untuk menopang bobotnya. Rumah dan pintu Mills juga harus direnovasi supaya Mills bisa memasukinya tanpa terjepit.

Perabotan yang ada di rumah Mills dibuat dari kayu pohon ek yang paling kuat supaya tidak mudah rusak saat tersenggol oleh Mills. Kemudian setiap malam tiba, Mills harus tidur di lantai karena tidak ada kasur yang cukup kuat untuk menopang berat badannya.

Mills tinggal bersama dengan istri dan anak-anaknya. Seumur hidupnya, Mills diketahui pernah 2 kali menikah. Dari pernikahan tersebut, Mills dikaruniai oleh 7 orang anak. Semua anak-anak Mills memiliki tubuh yang normal. Anak tertinggi Mills diketahui memiliki tinggi sekitar 170 cm.

Raksasa yang Benar-Benar Perkasa

Manusia memiliki fisik yang amat beragam Kisah Mills Darden, Manusia Dengan Tinggi dan Berat Badan Luar Biasa
Raksasa yang Benar-Benar Perkasa via facebook.com

Walaupun tubuhnya kelihatan kikuk, Mills ternyata memiliki tenaga yang perkasa. Menurut kabar kesaksian orang-orang, Mills bisa melemparkan 200 kg jerami dan menggendong karung makanan yang beratnya mencapai lebih dari 500 kilogram. 

Bukan hanya itu, Mills juga bisa menyeret seekor kerbau jantan dengan tangan kosong ke tempat lain meskipun kerbaunya meronta-ronta. Mills juga bisa mendorong kereta kuda yang terjebak dalam lumpur dengan mudah di saat lusinan orang bahkan tidak bisa melakukannya. 

Tenaga luar buasa yang dimiliki oleh Mills menyebabkan ia bisa melakukan aneka macam pekerjaan di ladang dengan mudah. Namun saat Mills semakin bertambah gemuk, ia menjadi semakin kewalahan saat harus berjalan-jalan ke sana kemari sehingga ia pun memutuskan untuk meninggalkan profesi petaninya.

Mills lalu banting setir menjadi pengelola kedai minum di Lexington. Di sinilah, tubuh Mills yang tinggi dan gemuk mulai menarik perhatian orang-orang. Popularita Mills mulai menyebar ke mana-mana. Banyak orang yang sengaja datang ke kedainya hanya untuk melihat sosok Mills secara langsung.

Walaupun tubuh raksasa Mills memberinya popularitas dan tenaga fisik melebihi manusia normal, di kemudian hari fisik Mills yang gemuk justru malah menjadi penyebab kematiannya. 

Pada tahun 1857, Mills dilaporkan meninggal dunia dalam usia 56 tahun. Menurut analisa dokter, Mills meninggal karena gumpalan lemak di lehernya menyumbat saluran pernafasannya sendiri. Akibatnya, Mills pun secara berangsur-angsur mengalami kekurangan oksigen hingga akhirnya meninggal dunia.

Sesudah Mills wafat, sebuah peti mati yang berukuran amat besar harus dibuat secara khusus supaya cukup besar untuk memuat jasad Mills. Papan yang digunakan untuk membuat peti mati Mills total ukurannya dikabarkan mencapai puluhan meter. Sebanyak lebih dari 1 kilogram paku juga dihabiskan untuk membuat peti mati ini. 

Saat peti mati Mills akhirnya selesai dibuat, peti mati tersebut memiliki panjang total 2,4 meter dan tinggi 87 cm lebih. Butuh 17 orang untuk memasukkan jasad Mills ke dalam peti matinya. Supaya jasad Mills bisa dikeluarkan dari dalam rumah, salah satu tembok penyusun rumah harus dihancurkan.

Prosesi pemakaman almarhum Mills dilakukan pada tanggal 4 Juni. Ia dimakamkan di Lexington. Selain batu nisan yang menginformasikan tanggal kelahiran dan kematian Mills, makam Mills juga dilengkapi dengan papan tulisan berisi informasi mengenai riwayat hidup singkat almarhum.

Rahasia Tubuh Raksasa Mills

Manusia memiliki fisik yang amat beragam Kisah Mills Darden, Manusia Dengan Tinggi dan Berat Badan Luar Biasa
Rahasia Tubuh Raksasa Mills via alchetron.com

Tentu ada di antara kita yang bertanya-tanya. Bagaimana Mills bisa memiliki badan sebesar itu? Mills diyakini bisa tumbuh begitu besar karena ia memiliki kelainan pada kelenjar pituitari miliknya. 

Kelenjar pituitari adalah kelenjar yang terletak di otak dan mengatur tingkat pertumbuhan manusia. Akibat adanya kelainan pada kelenjar tersebut, Mills pun tumbuh melampaui ukuran manusia normal. Banyak yang meyakini bahwa jika Mills tidak meninggal dunia, ia masih bisa tumbuh lebih besar lagi.

Mills memang sudah lama meninggal. Namun kisah hidupnya masih tetap menarik perhatian banyak orang hingga sekarang. Salah satunya mengenai dampak yang bisa terjadi pada tubuh manusia jika ada kelainan pada kelenjar tertentu pada tubuh manusia. 

Sumber :

https://mysteriousuniverse.org/2021/03/the-strange-story-of-the-biggest-man-who-ever-lived/ https://kellykazek.com/2019/11/13/7835/

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar