Skip to main content

Metode Supranatural yang Pernah Digunakan oleh Nazi Jerman

Jerman pada masa Perang Dunia Kedua pernah diperintah oleh partai NSDAP, atau lebih dikenal dengan nama singkat Nazi. Jika bicara soal Jerman di masa Nazi, maka seketika yang terbayang adalah negara yang dipenuhi oleh iring-iringan tentara beserta kendaraan tempur dan persenjataan canggihnya.

Namun selain mengandalkan persenjataan canggih, Nazi ternyata juga pernah menggunakan hal-hal yang bersifat mistik dan klenik. Berikut ini adalah 4 metode supranatural yang pernah digunakan oleh Nazi.

Nazi Pernah Menyewa Tukang Ramal

Jerman pada masa Perang Dunia Kedua pernah diperintah oleh partai NSDAP Metode Supranatural yang Pernah Digunakan oleh Nazi Jerman
Nazi Pernah Menyewa Tukang Ramal via listverse.com

Erik Jan Hanussen adalah seseorang yang mengklaim bisa melihat masa depan. Pada tahun 1932, ia pernah merilis tulisan berisi ramalam kalau Adolf Hitler – pemimpin Nazi – bakal menjadi kanselir Jerman pada tahun 1933.

Tulisan Hanussen tersebut membuat Hitler merasa tertarik. Pada bulan Januari 1933, Hitler mengunjungi Hanussen dan memintanya meramalkan masa depan.

Menurut klaim Hanussen, Hitler pernah beberapa kali mengunjunginya. Dalam sesi ramalan yang dilakukannya, Hanussen berkata kepada Hitler kalau Hitler memiliki masa depan yang cerah untuk meningkatkan kedudukannya. 

Namun Hanussen juga berkata bahwa bakal ada rintangan yang terbentang di hadapan Hitler dalam mewujudkan masa depannya. Supaya Hitler bisa menggapai ambisinya, Hanussen pun menyiapkan akar tanaman mandrake dan menguburkannya di kota tempat kelahiran Hitler saat bulan purnama tengah bersinar. 

Entah kebetulan atau tidak, nyatanya Hitler benar-benar terpilih menjadi kanselir baru Jerman pada awal tahun 1933. Sejak Hitler menjadi kanselir Jerman, Nazi secara berangsur-angsur menjadi partai paling dominan di Jerman.

Hitler juga terkenal kerap mendiskriminasi orang-orang Yahudi saat menjadi kanselir Jerman. Ironisnya, Hanussen sendiri ternyata aslinya merupakan orang Yahudi, namun hal tersebut tidak diketahui oleh Hitler.

Nazi Pernah Menyewa Paranormal untuk Menemukan Orang Yahudi

Jerman pada masa Perang Dunia Kedua pernah diperintah oleh partai NSDAP Metode Supranatural yang Pernah Digunakan oleh Nazi Jerman
Nazi Pernah Menyewa Paranormal untuk Menemukan Orang Yahudi via listverse.com

Perang Dunia Pertama berakhir pada tahun 1918 dengan kekalahan Jerman. Sesudah perang ini, sejumlah penduduk Jerman menyalahkan kaum Yahudi sebagai biang kerok kekalahan Jerman. 

Adolf Hitler adalah satu dari sekian banyak orang yang memendam sentimen tersebut. Itulah sebabnya ketika Hitler kelak menjadi pemimpin Jerman, ia memerintahkan supaya semua orang Yahudi di Jerman dan sekitarnya dikirim ke kamp-kamp konsentrasi.

Petualangan Hitler dalam mencari cara untuk menumpas orang Yahudi bermula ketika sesudah Perang Dunia Pertama, Hitler berkenalan dengan seorang dokter yang bernama Wilhelm Gutberlet.

Selain lihai mengobati orang sakit, ternyata Gutberlet juga memiliki keterampilan lain. Ia mengklaim memiliki kekuatan ajaib untuk mendeteksi orang-orang Yahudi hanya dengan bermodalkan bandulnya.

Untuk melakukannya, Gutberlet akan mengayunkan bandulnya di hadapan seseorang yang hendak diidentifikasi. Jika bandulnya menunjukkan gerakan tertentu, maka orang yang di hadapannya tersebut diyakini merupakan orang Yahudi.

Menurut klaim Gutberlet, gerakan bandul bisa menunjukkan unsur-unsur bahasa Yahudi terselubung yang digunakan oleh seseorang. Hitler merasa terkesan akan kemampuan Gutberlet tersebut sehingga Hitler pun merekrut Gutberlet untuk membantu Nazi melacak orang-orang Yahudi. 

Gayung bersambut karena Gutberlet sendiri bersimpati dengan ideologi Nazi. Saking percayanya Hitler pada Gutberlet , Gutberlet bahkan sempat dipercaya menjadi kepala propaganda Nazi sebelum kemudian digantikan oleh Joseph Goebbels.

Nazi Pernah Menggunakan Bandul untuk Menemukan Kapal Perang Musuh

Jerman pada masa Perang Dunia Kedua pernah diperintah oleh partai NSDAP Metode Supranatural yang Pernah Digunakan oleh Nazi Jerman
Nazi Pernah Menggunakan Bandul untuk Menemukan Kapal Perang Musuh via listverse.com

Di kota Berlin, Jerman, terdapat sebuah bangunan dengan huruf SP di pintu depannya. SP sendiri merupakan kepanjangan dari Sidereal Pendulum. Di dalam bangunan itulah, para anggota Nazi pernah beramai-ramai menggunakan bandul atau pendulum untuk melacak kapak-kapal perang musuh.

Jika keberadaan SP sudah terlihat aneh, asal muasal SP ternyata lebih aneh lagi. Pada awalnya, Nazi merasa yakin kalau Inggris selaku negara musuh Nazi menggunakan tim paranormal untuk melacak posisi kapal perang dan kapal selam Jerman.

Belakangan diketahui kalau Inggris bisa mengetahui lokasi kapal-kapal Jerman dengan menyadap kode sandi yang dikirimkan oleh para personil angkatan laut Jerman. Supaya pesannya tidak bisa dibaca sembarang orang, Jerman menggunakan alat pembuat sandi Enigma.

Inggris pada akhirnya berhasil menemukan cara untuk membaca pesan yang sudah disamarkan memakai Enigma. Dengan modal itulah, hanya masalah waktu sebelum kapal-kapal Jerman tenggelam satu demi satu akibat diserang Inggris dan sekutunya.

Jerman pada waktu itu masih belum tahu kalau Inggris sudah mengetahui cara memecahkan kode sandi Enigma. Mereka pun menduga kalau Inggris bisa menemukan kapal-kapal Jerman dengan memakai tim paranormal.

Atas dasar itulah, Jerman pun kemudian mendirikan divisi paranormal tandingan untuk melacak posisi kapal-kapal Inggris dengan memakai metode supranatural. Dan bandul merupakan alat yang digunakan dalam metode tersebut.

Jerman merasa yakin kalau metode ini bisa bekerja karena salah seorang anggotanya yang bernama Ludwig Staniak pernah mengayunkan bandul dan berhasil menebak dengan tepat lokasi bangkai kapal selam Jerman.

Kesuksesan Staniak tersebut bisa jadi hanyalah kebetulan semata, namun Nazi merasa yakin kalau bandul memang bisa digunakan untuk menebak posisi kapal dengan tepat. Sejak itulah, sepanjang Perang Dunia Kedua Nazi mengerahkan tim khusus yang mengayun-ayunkan bandulnya di atas peta sambil berharap kalau mereka bisa menemukan lokasi musuh dengan tepat.

Nazi Menggunakan Bantuan Peramal untuk Menemukan Benito Mussolini

Jerman pada masa Perang Dunia Kedua pernah diperintah oleh partai NSDAP Metode Supranatural yang Pernah Digunakan oleh Nazi Jerman
Nazi Menggunakan Bantuan Peramal untuk Menemukan Benito Mussolini via listverse.com

Semasa berkecamuknya Perang Dunia Kedua, Italia menjadi salah satu negara sekutu Jerman. Italia sendiri pada masa itu dipimpin oleh Benito Mussolini. Di tengah-tengah perang, Mussolini dikudeta dan kemudian dipenjara oleh aparat negaranya sendiri karena mereka tidak mau lagi melihat Italia melanjutkan perang sebagai sekutu Jerman.

Begitu kabar mengenai ditangkapnya Mussolini beredar, Hitler menjadi salah satu orang yang kalang kabut karena jumlah negara sekutu Jerman terancam berkurang. Jika Italia kemudian berbalik menjadi sekutu negara-negara musuh Jerman, mereka bisa memanfaatkan wilayah Italia untuk menyerang Jerman dari arah selatan.

Oleh karena itulah, Hitler pun langsung memerintahkan badan intelijennya untuk mencari tahu di mana Mussolini ditahan. Saat mereka gagal menemukan Mussolini, salah seorang petinggi Nazi yang bernama Heinrich Himmler lantas mendapatkan ide tak terduga. 

Ia menghubungi sejumlah pakar supranatural untuk membantu menemukan Mussolini. Para pakar supranatural tersebut aslinya sedang menjalani hukuman penjara. Namun mereka kemudian dikeluarkan oleh Himmler dan dijanjikan bakal mendapatkan kebebasan penuh jika berhasil menemukan Mussolini.

Salah seorang pakar tersebut mengaku kalau mereka berhasil menemukan lokasi penjara Mussolini di sebuah pulau di sebelah barta Napoli. Ia mengklaim kalau saat ia mengayunkan bandulnya di atas peta wilayah tersebut, bandulnya menunjukkan gerakan.

Mussolini ternyata memang dipenjara di pulau tersebut. Operasi khusus pun kemudian dilakukan oleh Jerman untuk mengeluarkan Mussolini dari sana. Namun, perlu diperhatikan bahwa Jerman sendiri bisa mengetahui lokasi penjara Mussolini bukan dari pakar supranatural tadi.

Jerman bisa mengetahui lokasi Mussolini setelah menyadap pembicaraan radio Italia. Meskipun begitu, Himmler tetap beranggapan bahwa metode supranatural yang ditempuhnya memang efektif karena mereka berhasil mengetahui lokasi penjara Mussolini. Oleh karena itulah, menurut kabar angin yang beredar, Himmler secara diam-diam tetap memperkerjakan para pakar supranatural tadi hingga perang berakhir.


Sumber :

https://listverse.com/2018/06/14/10-times-the-nazis-tried-to-use-supernatural-powers/

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar