Skip to main content

Pernah Bicara Atau Mimpi Terbang? Inilah Fenomena Tidur Paling Aneh di Dunia, Berikut Penyebabnya

Tidur dan alam mimpi serta arti mimpi adalah salah satu dunia yang hingga saat ini masih menjadi misteri bagi manusia. Tidak hanya dunianya saja, bahkan banyak hal-hal aneh yang terjadi ketika seseorang tidur dan tidak terjelaskan oleh sains. 

Namun faktanya beberapa perilaku dan hal aneh yang seseorang alami di kala tidur dapat dipengaruhi oleh kebiasaan siang hari seperti merokok dan kecemasan. Namun walaupun begitu, beberapa perilaku aneh yang terjadi ketika tidur cukup umum terjadi di masyarakat seluruh dunia.

Sebagai contoh, tahukah kalian bahwa sebagian besar populasi manusa berbicara dalam tidur mereka? Apakah kalian pernah bangun tidur sambil menendang, buang air kecil, atau merasa seperti baru saja ditinju di wajah? Jika demikian, kabar baiknya adalah kalian tidak sendiri. 

Namun kabar buruknya adalah seseorang akan sendirian begitu tidur REM terjadi. Bahkan Lebih buruk lagi, bisa saja kebanyakan dari kita menjadi lumpuh saat tidur.

Berikut kami telah merangkum 5 fenomena tidur paling aneh yang pernah dialami oleh seseorang berikut penyebabnya.

1. Fenomena tentang mimpi terbang

 adalah salah satu dunia yang hingga saat ini masih menjadi misteri bagi manusia Pernah Bicara Atau Mimpi Terbang? Inilah Fenomena Tidur Paling Aneh di Dunia, Berikut Penyebabnya
fenomena tentang mimpi terbang via grid.id

Kalian mengistirahatkan kepala dan tiba-tiba saja melayang ke dalam alam mimpi yang fantastis di mana segala sesuatu mungkin terjadi, dan tiba-tiba kalian mendapati diri melayang di atas tiang telepon atau puncak pohon. 

Tidak, kalian tidak sedang menggunakan pesawat, jetpack, atau alat bantu terbang lainnya. Ya, kalian benar-benar terbang dengan keadaan melayang sedemikian rupa. Hal inilah yang disebut sebagai fenomena mimpi terbang.

Walaupun kedengarannya aneh, fenomena mimpi terbang ini telah dialami oleh banyak orang, yang mana mereka menikmati kondisi mimpi terbang tersebut seakan-akan tengah berpetualang di sebuah dunia fantasi.

Tidak jarang beberapa di antara mereka yang terbangun dari mimpi tersebut bahkan bersikeras dan memaksa diri untuk kembali memimpikan kondisi mimpi yang sama.

Penjelasan ilimiah untuk fenomena mimpi terbang ini pernah dibahas dalam artikel Huffington Post oleh seorang psikoterapis bernama Jeffrey Sumber. 

Sumber menjelaskan bahwa mimpi terbang seringkali menjadi sarana pelarian dari rutinitas sehari-hari mereka yang tengah kelelahan dan mulai jengah dengan kesehariannya. 

Dalam mimpi, keberadaan Tanah mewakili sisi keras dari kenyataan. Sementara itu melayang melambangkan hambatan dan harapan. 

Dalam kondisi terbangnya, pemimpi mampu menemukan kebebasan dengan mengapung di atas udara yang merupakan perlambangan tekanan sehari-hari dan melakukan perjalanan yang seakan cukup nyata melalui awan.

Walaupun sebuah fenomena aneh, uniknya mimpi terbang adalah salah satu fenomena tidur aneh yang paling umum terjadi. Fenomena Ini bahkan telah dipelajari secara ekstensif, dan, komprehensif. 

Dalam penelitian yang ada, fenomena ini benar-benar muncul dari mereka yang merasa terjebak oleh situasi kehidupan nyata sehingga ketika tidur malah mengalami keinginan untuk merasakan kebebasan dan mengendalikan apa yang tidak bisa dikendalikan.

2. Fenomena Semniloquy atau berbicara dalam tidur

 adalah salah satu dunia yang hingga saat ini masih menjadi misteri bagi manusia Pernah Bicara Atau Mimpi Terbang? Inilah Fenomena Tidur Paling Aneh di Dunia, Berikut Penyebabnya
fenomena berbicara dalam tidur via liputan6.com

Fenomena Semniloquy atau berbicara dalam tidur, atau yang lebih dikenal sebagai mengigau merupakan sebuah fenomena aneh cukup sering menimpa mereka yang tengah tertidur.

Gelajanya pun dapat berbeda-beda mulai dari menghabiskan tidur malam dengan mengoceh cerita konyol, menceritakan rahasia ketika tertidur, bahkan menyebutkan nama orang lain seenaknya ketika tidur.

Dan uniknya lagi, semua pembicaraan yang muncul ketika tertidur tersebut, akan seringkali dilupakan begitu saja atau memang tidak sengaja terlupaka ketika bangun di pagi harinya. Hal ini lah yang kemudian dikenal sebagai fenomena Semniloquy.

Secara medis atau sains terdapat beberapa dugaan yang mendasari kondisi aneh dan terkadang lucu ini. Hal ini kemungkinan besar terjadi selama pergeseran tidur Rapid Eye Movement atau pergerakan mata cepat yang disingkat dengan REM, ketika seseorang yang tidur dibangunkan sejenak oleh sesuatu saat masih di tengah-tengah mimpi. 

Untuk alasan ini, percakapan tidur yang diucapkan dengan keras sering kali merupakan cermin dari hal-hal yang terjadi dalam mimpi, membuat munculnya teriakan hingga pembicaraan yang tidak masuk akal.

3. Fenomena mimpi berjalan

 adalah salah satu dunia yang hingga saat ini masih menjadi misteri bagi manusia Pernah Bicara Atau Mimpi Terbang? Inilah Fenomena Tidur Paling Aneh di Dunia, Berikut Penyebabnya
Fenomena mimpi berjalan via tribunnews.com

Jika fenomena mimpi terbang dan berbicara dalam tidur belum terlalu aneh, maka ketahuilah terdapat fenomena mimpi berjalan yang bahkan membuat pelakunya benar-benar berjalan sambil tidur. 

Dalam penjelasannya, di dunia mimpi, terdapat dua tipe pemimpi yang berlawanan. Ada orang yang tidur dengan lumpuh sehingga badannya tidak dapat bergerak sekalipun mimpinya cukup aktif namun pelakunya mengetahui mimpi tersebut, dan ada juga orang yang tidur sambi bergerak, bahkan berjalan namun sama sekali tidak sadar akan kondisi tersebut.

Tipe kedua inilah yang disebut sebagai mereka yang bermimpi sambil berjalan sehingga kemudian mengarahkan ke kondisi yang lebih parah yaitu tidur sambil berjalan secara nyata.

Secara medis, fenomena tidur aneh yang satu ini sering kali disebabkan oleh rasa lelah yang berlebihan, dan tubuh memutuskan untuk memenuhi kebutuhan yang bersaing secara bersamaan seperti perlu tidur dan makan pada saat yang bersamaan.

Fenomena tidur sambil berjalan ini umumnya terjadi pada hingga 15% populasi manusia di dunia dan hampir selalu tidak berbahaya. Namun ada kasus kontroversial tertentu yang jarang terjadi di mana orang yang berjalan dalam tidur diduga melakukan kekerasan. 

Tetapi walaupun begitu kebanyakan mereka yang berjalan dalam tidur cukup puas hanya dengan makan semangkuk sereal dan kembali ke tempat tidur.

4. Fenomena sindrom kepala meledak

 adalah salah satu dunia yang hingga saat ini masih menjadi misteri bagi manusia Pernah Bicara Atau Mimpi Terbang? Inilah Fenomena Tidur Paling Aneh di Dunia, Berikut Penyebabnya
Fenomena sindrom kepala meledak via klikdokter.com

Apakah kalian pernah terbangun karena tembakan atau tertidur karena suara gong? Jika demikian, kalian mungkin saja menderita sindrom kepala meledak. 

Walaupun terdengar cukup seram, nyatanya ganggangguan tidur satu ini tidak seperti kedengarannya. Fenomena sindrom kepala meledak umumnya setidaknya 10% populasi manusia di seluruh dunia.  

Dan entah kenapa wanita terutama mereka yang berusia di atas 50 tahun seringkali mengalami gangguan atau fenomena tidur satu ini.

Sementara itu, secara medis terdapat banyak spekulasi ilmiah dari mulai stres, gangguan sinyal kalsium ke otak hingga kejang lobus temporal kecil sebagai penjelasan yang paling mungkin dan masuk akal untuk fenomena ini. 

Sementara tidak ada yang benar-benar tahu pasti, perawatan medis tertentu di malam hari teratur dapat meminimalkan kemunculan kembali gangguan tidur ini, Beberapa pilihan pengobatan termasuk konsumsi penghambat saluran kalsium atau antidepresan bersama dengan konseling dapat menjadi piihan yang baik.

5. Fenomena mimpi yang kembali terjadi

 adalah salah satu dunia yang hingga saat ini masih menjadi misteri bagi manusia Pernah Bicara Atau Mimpi Terbang? Inilah Fenomena Tidur Paling Aneh di Dunia, Berikut Penyebabnya
Fenomena mimpi yang kembali terjadi via beritatagar.id

Pernah bermimpi dikejar setan hantu hingga makhluk raksasa? Kalian terbangun dan mengira mimpi itu berhenti, minum sejenak dan kemudian kembali tidur.

lima menit setelah tertidur, nyatanya mimpi tersebut kembali lagi dan malah melanjutkan adegan mengerikan pengejaran yang sebelumnya membuat kalian yang bermimpi jadi ketakutan setengah mati. Jika iya, maka kalian baru saja mengalami fenomena tidur yang dikenal sebagai Recurring Dreams, atau mimpi yang hadir kembali.

Faktanya penyebab dari munculnya mimpi berulang, terutama mimpi negatif, mungkin saja merupakan cara otak untuk membangunkan diri agar siap menghadapi masalah yang akan datang dan memotivasi diri untuk bersiap. 

Walaupun terdengar janggal dan seakan mengada-ada, salah satu studi bahkan menunjukkan bahwa siswa yang mengalami mimpi berulang yang melibatkan kegagalan ujian sebenarnya mendapat nilai yang lebih baik.

Hal ini pun menjadi pertanda bahwa sebenarnya fenomena tidur Reccuring Dream atau mimpi berulang dapat saja menjadi pertanda baik yang diberikan otak kepada tubuh terkait hal yang akan datang ke depannya atau tantangan yang akan segera muncul, hanya saja caranya tidak terlalu menyenangkan.

Dan jika memang mengalami mimpi sejenis, ada baiknya untuk segera mengingat hal apa yang tengah atau yang harusnya dipersiapkan untuk situasi ke depannya.

Sumber :

https://www.ranker.com/list/strange-sleep-phenomena-explained/cynthia-griffith?ref=browse_list&l=1

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar