Skip to main content

5 Tempat Wisata Pulau Terbaik di Sulawesi Tengah paling Indah

Teluk teluk indah dan pulau pulau yang cantik, pasti membuat mata tertuju dan ingin berwisata ke tempat tersebut ya. Bagaimana tidak jika Sulawesi Tengah terkenal dengan keindahan alamnya, terlebih teluk teluk dan pulau pulaunya yang indah nan cantik.

Jika anda berlibur ke Sulawesi Tengah, jangan lupa ya mampir ke teluk teluk dan pulau pulau yang indah nan cantik ini. Dibawah ini adalah tempat tempat tujuan wisata di provinsi Sulawesi Tengah yang bisa anda kunjungi bersama keluarga.

5 Tempat Wisata Pulau Terbaik di Sulawesi Tengah paling Indah

1. Pulau Lutungan


Nama pulau Lutungan dulunya bernama Tando Kanau yang merupakan pulau yang terkenal dengan kisah keramatnya dimasa lampau. Dimana pada masa itu Raja Syaifuddin Bantilan yang memerintah daerah setempat ingin dimakamkan di pulau tersebut pada saat beliau meninggal. Sang Raja bertujuan agar kota Tolitoli dapat terjaga dari gangguan dari manapun jika beliau dimakamkan di pulau Lutungan.

Untuk itu banyak orang yang berkunjung ke pulau Luntungan tersebut dikarenakan ingin memohon doa. Selain itu pulau Luntungan juga terkenal dengan panorama alamnya yang indah. Jika ingin ke pulau ini, kita akan menempuh perjalanan berkisar 25 menit dari Tolitoli dengan menggunakan moda transportasi laut.

2. Kepulauan Togean


Kalau Tempat Wisata Papua terkenal adalah Raja Ampat, nah kalau di provinsi Sulawesi Tengah terkenal dengan Kepulauan Togean. Kepulauan Togean juga menyimpan panorama alam kepulauan yang eksotis seperti di Raja Ampat Papua. Kamu pecinta snorkeling dan diving, disinilah tempatnya.

Selain kita bisa bersnorkeling dan diving, juga bisa menjumpai banyak spesies ikan laut dan juga kepiting kenari yang berkembangbiak di tempat ini.

Untuk mencapai pulau ini, kita harus melewati perjalanan darat selama 4 jam kemudian dilanjut perjalanan laut.

3. Pulau Kadidiri



Masih termasuk dalam gugusan kepulauan Togean, Pulau Kadidiri juga cocok untuk aktivitas snorkeling dan diving. Dengan panorama bawah laut yang menakjubkan, juga terdiri dari gugusan batu karang terjal yang eksotis. Selain itu kita juga bisa mengunjungi pemukiman orang Bajo di Kabalutan sambil menjelajahi hutan di Pulau Malenge.

Disini tersedia juga tersedia cottage untuk menginap. Jadi anda tidak usah kuatir jika ingin menghabiskan malam di pulau Kadidiri ya. Tinggal memesan kamar, lanjut deh untuk berlibur sambil snorkeling dan diving serta menjelajahi hutannya yang penuh dengan pemandangan alam yang sangat indah.

4. Pulau Pasoso


Pulau Pasoso merupakan salah satu pulau yang cantik yang ada di provinsi Sulawesi Tengah. Sebagai pulau penyu hijau oleh masyarakat dijadikan tempat berkembangbiaknya habitat tersebut. Penyu hijau merupakan habitat yang sangat langka sehingga perlu dilestarikan dan dikembangbiakkan agar tidak punah.

Biasanya Penyu hijau di pulau Pasoso ini akan bertelur pada periode bulan September dan November. Jadi kalau ingin melihat mereka bertelur, maka disarankan datanglah berkunjung pada bulan September dan November tersebut. Selian itu kita juga dapat melihat panorama alam laut dan pemandangan pantai yang tak kalah menggoda dan indah jika dibandingkan dengan tempat lain.

5. Pulau Una Una


Pulau Una-una ini masih termasuk kepulauan Togean yang memiliki keunikan dengan pasir pantai yang berwarna putih dan hitam. Berdasarkan dari sejarah letusan kolosal dari gunung Colo di Pulau Una una ini berabad-abad lalu yang menyebabkan bercampurnya material vulkanik dengan pasir pantai sehingga berdampak pada warna pasir menjadi hitam dan putih. Selain wisata laut yang indah, wisata kawah gunung Colopun tak kalah indahnya.

Itulah rekomendasi Tujuan Wisata Pulau Terbaik di Sulawesi Tengah yang bisa dikunjungi. Tidak hanya terkenal akan wisata pulau yang indah, negara kita memiliki Ragam Wisata Indonesia yang sangat bervariasi. Semoga bermanfaat sebagai informasi wisata ya. Selamat mempersiapkan liburan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar