Skip to main content

Cara Membuat Desain Kaos Sendiri yang Keren bagi Pemula

Mau desain kaos Anda sendiri? Tapi tidak tahu caranya? Sebagian besar orang berfikir membuat desain kaos atau baju sendiri itu tidak mudah. Dibutuhkan keterampilan untuk menggunakan berbagai macam aplikasi dan Software seperti Corel Draw, Photoshop dan lain sebagainya. Namun, sebagai seorang pemula Anda bisa untuk mencoba cara membuat rancangan desain kaos sendiri yang keren terlebih dahulu.

Merancang sendiri kaos atau baju sesuai dengan kebutuhan mencangkup pemilihan kain yang digunakan, pemilihan warna, sampai dengan grafis yang akan nantinya di sablon pada pakaian tersebut. Fungsi untuk merancang kostum sendiri ada beraneka ragam mulai dari desain kaos untuk family gathering, karyawan perusahaan, komunitas atau organisasi, alumni sekolah, keluarga besar dan masih banyak lagi.

Dengan merancang design kaos, baju atau busana sendiri juga membuat kita jadi punya kebebasan untuk memiliki fashion kaos tertentu dengan logo, gambar atau warna kesukaan sehingga tidak terpaku pada stok atau persediaan kaos yang ada saja.

Apa saja yang perlu kita perhatikan dalam merancang dan membuat desain kaos sendiri? Yuk simak tahapan prosesnya pada informasi berikut ini.

Cara Membuat Desain Kaos Sendiri yang Keren bagi Pemula
bahan kain yang digunakan juga berbeda seperti kaos rumah yang bahannya lebih nyaman sedangkan kaos olahraga dirancang dengan bahan yang lebih mudah untuk menyerap keringat dan grafis yang memperlihatkan sportifitas. Dengan memahami alasan membuat desain kaos, Anda akan lebih mudah merancang desain kaos yang akan dibuat.

2. Menemukan inspirasi desain terbaik

Setelah memahami tujuan pembuatan desain kaos, langkah selanjutnya adalah mencari inspirasi desain kaos terbaik yang bisa menjadi referensi Anda. Saat ini tidaklah sulit untuk mencari informasi seputar desain desain gratis yang bisa Anda gunakan.

Banyaknya ragam contoh desain kaos dengan berbagai jenis seperti kaos lengan panjang, kaos lengan pendek ataupun kaos pola lengan panjang, kaos pola lengan pendek hingga kaos untuk anak anak. Anda juga bisa meminta bantuan dengan konsultasi di beberapa vendor konveksi kaos terbaik terkait desain kaos yang ingin Anda buat.

3. Menentukan warna kaos yang digunakan

Warna menjadi faktor utama yang perlu dipikirkan saat akan membuat rancangan desain kaos. Dalam dunia psikologi, warna memiliki arti dan maknanya masing masing. Umumnya pihak vendor kaos akan menawarkan warna kaos yang beragam. Nah, sebagai seorang desainer kita harus pintar memilih warna kaos yang tepat. Dimana warna tersebut dapat mewakili arti dan pribadi dari penggunanya.

Sebagai contoh, kaos dengan warna merah akan memberikan kesan yang bergairah dan berenergi bagi penggunanya. Kaos berwarna hijau akan memberikan kesan yang sejuk yaitu suasana alami dan santai. Kaos berwana biru menunjukkan kesan yang bijak dan tenang. Sedangkan untuk warna putih memberikan kesan yang bersih dan murni.

Bagaimana dengan warna hitam? Warna ini akan memberikan kesan yang gelap dan kelam. Selanjutnya warna kuning memberikan makna yang ceria serta ingin memunculkan hasrat untuk bermain. Kaos coklat memberi kesan yang aman dan nyaman lalu warna ungu memberikan kesan yang agung dan mewah. Warna merah muda yang umumnya disukai wanita akan memberikan kesan yang feminim dan romantis.

4. Menentukan desain grafis kaos

Desain grafis seperti apa yang ingin Anda letakkan pada kaos Anda? ada berbagai jenis desain grafis yang dapat kita temui. Bisa jadi ilustrasi, tulisan maupun gabungan dari ilustrasi dan tulisan. Grafis yang dilekatkan pada kaos satu dengan kaos lainnya tentu memiliki makna yang berbeda beda dan beraneka rupa. Mulai dari tujuannya hanya untuk sekedar ornamen pada kaos atau bahkan untuk mewakili si pengguna untuk menyampaikan pesan.

Oleh sebab itu, style dan desainnya harus disesuaikan terhadap kebutuhan. Tentukan desain grafis apakah berupa tulisan, ilustrasi dan lain sebagainya. Apabila Anda tidak memiliki cukup skill dalam membuat ilustrasi desain, namun ingin punya desain yang menarik, Anda dapat menggunakan desain grafis vector gratis yang aman copyright untuk mendesain kaos Anda.

5. Mencoba desain di Software atau minta bantuan

Setelah menyelesaikan dan memahami langkah langkah diatas mulai dari mempertimbangkan alasan dalam membuat kaos, mencari inspirasi kaos, menentukan warna yang sesuai serta menentukan desain grafis, Anda bisa langsung menggunakan tool digital untuk membantu Anda membuat desain kaos sendiri sesuai dengan kebutuhan Anda.

Apabila Anda belum ahli dalam memanfaatkan software tersebut, Anda bisa belajar mandiri dengan melihat di tutorial youtube atau meminta bantuan orang lain yang sudah handal menggunakannya. Tips lainnya adalah hendaknya Anda membuat 2 desain dimana yang pertama adalah desain grafis yang akan di sablon, kedua yaitu file dari mockup kaos dengan tata letak desain grafisnya. Hal ini bertujuan supaya file desain grafis tidak pecah pada saat disablon oleh konveksi yang mengerjakannya.

Demikianlah informasi terbaru yang membahas seputar cara membuat desain kaos sendiri yang keren bagi pemula. Anda dapat merancang kaos sendiri sesuai dengan kebutuhan, barulah Anda bisa ke tahapan berikutnya untuk membuat desain tersebut menggunakan software Corel Draw atau Photoshop. Ingin tahu seputar tutorial Adobe Photoshop, Corel Draw dan berbagai contoh template desain gratis silahkan lihat di belajar-dotcom.blogspot.com

Kaos sendiri adalah salah satu jenis pakaian yang enak dan mudah digunakan untuk berbagai kegiatan. Kita juga bisa mendesainnya dengan gambar, logo atau pesan tertentu yang ditambahkan. Anda bisa mulai belajar dengan mempertimbangkan berbagai aspek yang dibutuhkan seperti pembahasan yang sudah kita ulas diatas. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar