Skip to main content

Kabel Hdmi Dan Fungsinya

HDMI (High Definition Multimedia Interface), ketika ini menjadi salah satu fitur canggih yang disemat ke berbagai perangkat elektronik, yang memerlukan kabel HDMI untuk menikmati kejernihan suara dan gambar.

Biasanya, orang awam menilai HDMI sebagai port USB dan sering kebingungan dikala Flashdisk-nya tak bisa dihubungkan. Kadang-kadang mereka kembali menjinjing laptopnya ke toko tempat pembelian, argumentasi mereka alasannya kesalahan produk. Ini ialah salah satu contoh yang belum memahami kemajuan teknologi multimedia dikala ini, karena memang tak ada pengertian dasar yang menerangkan fungsi HDMI diperangkat Anda.

Sama mirip pada umumnya sales girl elektronik yang sering kali sering salah memberikan ‘yang mana port USB dan port HDMI’, padahal mereka sales yang menjadi ujung tombak penjualan produk. Tapi, kita tak membicarakan soal produk dan sales, ini hanya sekedar pengenalan port dan kabel HDMI.

 saat ini menjadi salah satu fitur canggih yang disemat ke berbagai perangkat elektronik Kabel HDMI dan Fungsinya

High Definition Multimedia Interface (HDMI)
Beberap produsen elektronika terkemuka mirip Sony, Philips, Panasonic, dan produsen elektronik dalam negeri kini juga ikut menyediakan port HDMI pada produk mereka. Licensi HDMI ini sudah dipegang sekitar 1200 perusahaan elektronika yang menggunakan fitur ini selaku standar port multimedia mereka.

Dan kita tahu, bahwa teknologi HDMI memberikan gambar dan suara berkualitas sebening kristal dengan teknologi HD yang mendukung delapan channel (192 khz) digital audio terkompresi. HDMI menawarkan kualitas gambar terbaik karena tak membutuhkan lossy analog untuk kompresi digital mirip yang ada pada jenis S-Video. Dari sini terperinci terasa, bahwa teknologi yang diusung HDMI jauh lebih tajam menghasilkan gambar sampai resolusi 1080p, mampu meminimalkan cahaya berlebih dibanding tata cara analog.

Lebih hebatnya lagi,.. HDMI mendukung komunikasi dua arah antara sumber output video dan DTV, memungkinkan konfigurasi otomatis one touch play. Gadget lazimnya memberikan format yang paling efektif sesuai dengan mutu dan bantuan elektronik, berkisar 480p dan 720p.

Pilih Jenis Kabel HDMI Sesuai Kebutuhan
Nah, kenapa saya saya sarankan untuk tidak salah dalam membeli, baik berbelanja gadget ataupun kabel HDMI penghubungnya. Anda juga harus mengetahui, bahwa kabel HDMI memiliki head (kabel mengenal istilah Male/Female) yang berlawanan-beda. Kabel HDMI yang dipakai dari laptop biasanya memakai Tipe Full Size, sementara dari videocam memakai kabel HDMI Tipe Mini ataupun Tipe Micro, dan output video ke layar LCD/LED TV lebih sering memakai kabel HDMI Tipe Full Size.

Kabel HDMI Tipe Full
Dengan kata lain, dari laptop ke layar keduanya memakai kabel HDMI Tipe Full. Dan dari videocam ke layar memakai kabel HDMI Mini/Full. Jadi, ada tiga jenis kabel HDMI yang diperdagangkan dan Anda jangan sampai salah membeli, pasalnya harga kabel HDMI lebih mahal dari kabel S-Video biasa.

Kabel HDMI Tipe Mini
Kabel HDMI Tipe Mini / Full
Ada tiga versi HDMI yang sudah diproduksi dibeberapa perangkat elektronika, diantaranya HDMI 1.1 yang mendukung Audio DVD, HDMI 1.2 mendukung format One Bit Audio (Direct Streaming Digital), dan yang terakhir HDMI 1.3 yang mendukung Higher Speed HDMI dengan data transfer 10,2 Gbps dan resolusi tinggi. HDMI 1.3 saat ini telah mendukung format audio Doulby, DTS, TrueHD, dan DTS-HD.

Untuk menikmati konten 1080p (Blu-ray Disc) atau teknologi video mutakhir (3D, 4K, Deep Color, Refresh rate 120Hz) disarankan menggunakan kabel High Speed ​​HDMI. Dan untuk 1080i atau 720p (umumnya dipakai pada siaran dan sinyal HD satelit) disarankan memakai kabel HDMI Standar (HDMI 1.1 atau 1.2)

Dalam mode home theater seperti di ruangan tersendiri, bagian kabel HDMI mampu diposisikan relatif jauh satu sama lain. Panjang kabel biasanya 25 hingga 100 meter dengan catatan, jika mengharapkan kualitas 1080p dengan memakai kabel lebih dari 25 meter, Anda harus menawarkan penguat di mana sirkuit tersebut tertanam konektor tersendiri yang membutuhkan sumber daya eksternal.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar