Skip to main content

Pemahaman Ac Dan Fungsi

AC (Air Conditioner) adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mengondisikan udara. Bisa dikatakan bahwa AC yakni alat yang berfungsi sebagai penyejuk udara. Penggunaan AC dimaksudkan untuk mendapatkan temperatur udara yang diharapkan (sejuk atau masbodoh) dan tenteram bagi badan. Tidak hanya membuat udara menjadi lebih sejuk, namun AC juga dapat meningkatkan kualitas udara dan dapat meminimalkan tanda-tanda asma dan alergi. AC sangat banyak digunakan pada wilayah yang beriklim tropis dengan kondisi temperatur udara yang relatif tinggi (panas), mirip di Indonesia. AC mampu digolongkan pada barang mewah alasannya adalah harganya yang cukup mahal dan daya listrik yang diharapkan cukup besar. Namun, bagi sebagian orang hal ini telah tidak lagi termasuk barang mewah alasannya manfaatnya untuk mengontrol siklus dan temperatur udara yang memberi efek pada ketentraman tubuh.



Dalam penggunaannya, AC tidak cuma menyejukkan atau mendinginkan udara, namun mampu juga menertibkan kebersihan dan kelembapan udara di dalam ruangan sehingga tercipta keadaan udara yang berkualitas, sehat, dan tenteram bagi tubuh.

1. Temperatur Nyaman pada Pengertian AC
Untuk membuat temperatur dalam ruangan menjadi nyaman dan sejuk seperti yang diharapkan, sebisa mungkin temperatur udara dikelola atau dikondisikan terlebih dulu. Proses mendinginkan atau menurunkan temperatur udara perlu dikerjakan dikala temperatur udara di dalam dan luar ruangan tinggi (panas). Sebaliknya, proses memanaskan atau memaksimalkan temperatur udara dilakukan ketika temperatur di dalam dan luar ruangan sangat rendah (dingin), seperti keadaan bersalju di kawasan yang mempunyai empat musim. Tubuh insan bantu-membantu memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan. Di lingkungan yang hambar, jalan masuk darah dan pori-pori kulit mengerut. Hal itu berfungsi semoga panas atau kalori tubuh tetap terjaga. Akibatnya, permukaan kulit akan menjadi lebih hambar. Sebaliknya dalam kondisi lingkungan yang panas, saluran darah dan pori-pori kulit akan mengembang supaya panas bisa dengan mudah dikeluarkan dari dalam tubuh. Akibatnya, permukaan kulit cenderung lembap karena keringat sebagai proses penguapan untuk mempertahankan suhu tubuh. Kesimpulannya yaitu pada dasarnya badan insan sanggup mempertahankan kondisi badan dalam banyak sekali kondisi. Namun, pastinya setiap manusia mempunyai batasan yang berbeda untuk mengikuti keadaan dan mengkondisikan suhu badan ketika temperatur disekelilingnya berubah secara tiba-tiba.

2. Kelembapan Udara pada Pengertian AC
Pada temperatur udara yang panas, mendinginkan udara saja belum cukup untuk menerima hawa sejuk ketika kelembapan udara ruangan masih tinggi. Pada tingkat kelembapan yang rendah, condong membuat badan terasa lebih sejuk dan tenteram karena keringat akan mudah terangkat dari pori-pori kulit. Pada Ruang ber-AC, kian dingin suhu ruangan, mempunyai arti kian banyak uap air yang dikeluarkan dari ruangan. Seperti pada saat pengaturan temperatur AC terlalu dingin, maka meakibatkan kelembapan udara ruangan menjadi rendah di tambah lagi dengan penggunaan AC selama beberapa jam. Jika keadaan ini dibiarkan, kelembapan ruangan akan semakin rendah atau melewai batas kritis. Hal ini juga mampu mengakibatkan efek kekeringan pada kulit. Akibatnya, seringkali badan mencicipi ketidaknyamanan, seperti pegal-pegal atau sakit kepala.
Untuk melakukan antisipasi menjaga kelembapan udara adalah dengan menaruh handuk lembap atau segelas air di dalam ruangan ber-AC. Cara seperti ini mampu mempertahankan dan mempertahankan kelembapan udara ruangan.

3. Udara Bersih pada Pengertian AC
Pada setiap unit AC, umumnya dilengkapi dengan filter udara yang terpasang pada bagian evaporator (indoor). Filter tersebut memiliki kegunaan untuk menyaring udara kotor di dalam ruangan. Untuk itu, unit AC membutuhkan pembersihan yang benar dan secara terpola baik pada komponen filter maupun evaporatornya. Ini diperlukan supaya kesejukan dan kebersihan udara di dalam ruangan tetap tersadar dan biar tidak menyebabkan resiko buruk bagi kesehatan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar