Skip to main content

Pemahaman Cmos Dan Fungsinya

CMOS (Compelementary Metal Oxide Semi Conductor) merupakan perangkat keras kecil komputer berbentukbaterai yang ditanamkan di dalam motherboard untuk membeberi daya pada dikala komputer dalam kedaan mati atau tanpa pemikiran listrik.

CMOS berfungsi sebagai sebuah RAM berskala kecil adalah 64 byte untuk menyimpan settingan BIOS atau (Basic Input Output System) sehingga seluruh pengaturan yang anda simpan baik itu settingan boot, settingan tanggal dan waktu, pembacaan seluruh hardware atau input output akan tetap tersimpan dalam konfigurasi yang benar meskipun tanpa dialiri arus listrik.

CMOS komputer ialah pengembangan teknologi MOS yang mampu menciptakan IC dengan keperluan tenaga baterai yang cukup rendah.


Dalam teknologi komputer pada dasarnya CMOS difungsikan untuk untuk menyimpan gosip dasar mirip acara konfigurasi, program diagnostic dan settingan tanggal dan waktu biar tidak hilang sekalipun komputer telah di matikan.

Cara Kerja CMOS
CMOS diketahui dengan kekebalan desahnya yang tinggi dan penggunaan daya statis yang rendah. Pada ketika power supply mulai dihidupkan, CMOS akan melaksanakan serangkaian investigasi untuk memutuskan sistim berfungsi dengan benar.

Salah satu pemeriksan tersebut adalah menjumlah pemakaian RAM (Random Access Memori). Karena delay boot time yang di pakai untuk investigasi maka seringkali kita menentukan untuk menonaktifkan fitur ini di dalam CMOS dan menentukan untuk quick boot. Jika anda menginstal RAM yang baru sebaiknya fitur investigasi diaktifkan dulu sampai RAM sudah diperiksa dengan baik barulah dinonaktifkan.

Jika POST sudah selesai, selanjutanya CMOS akan menyelidiki pengaturan yang lain mirip menilik format harsisk dan konfigurasi RAID (Redundant Array of Independent Disk), preferensi boot, kedatangan peripheral, dan tweak overclocking.

Sebenarnya banyak pengaturan yang dapat anda rubah secara manual, namun sebaiknya pergantian dapat anda lakukan jikalau anda benar-benar memahami maksud dari konfigurasi tersebut. Mengubah pengaturan sembarangan bisa jadi akan menciptakan tata cara anda tidak bisa berlangsung normal dikala komnputer dihidupkan seperti metode tidak stabil, menimbulkan crash, atau bahakan komputer gagal boot.

Untuk mengkonfigurasi pengaturan CMOS biasanya mampu anda kerjakan dengan cara menekan tombol delete, F2 atau F3 pada saat komputer pertama kali di hidupkan. Jika sajian CMOS sudah terbuka, disana anda akan bisa melaksanakan pergantian seperti boot priority, tanggal dan waktu, mengaktifkan numlock dikala komputer startup dan lain sebagainya.

Jika pengaturan sudah akhir dan anda anggap benar, jangan lupa untuk menekan F10 untuk menyiman pergeseran yang anda kerjakan. Nah, kini sudah jelaskan apa Pengertian CMOS Dan Fungsinya.

Sekian dulu postingan Pengertian CMOS Dan Fungsinya semoga bermanfaat untuk anda..
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar