Skip to main content

Pemahaman Digitizer Dan Fungsinya

Kali ini saya akan membicarakan Pengertian Digitizer dan Fungsinya. Digitizer merupakan perangkat masukan yang berbentuk datar mirip papan yang memiliki beberapa tombol di bagian samping dan suatu pena khusus untuk menulis atau menggambar data yang tersambung pada komputer. Alat ini berfungsi untuk mengubah data analog menjadi data digital.


Fungsi Digitizer:
1.Mengubah data analog ke data digital
Ada dua alat yang mampu dipakai untuk mengubah data analog ke data digital, adalah scanner dan digitizer. Kedua alat ini mempunya prinsip dan format data yang berbeda. Scanner akan menciptakan data digital dalam format raster/bitmap (BMP, TIFF, PBM, GIF, JPEG, dll). Data dalam format ini tidak bagus jikalau ingin dijadikan selaku peta dasar atau jika skalanya diubah-ubah.

Format data yang anggun dalam hal ini yakni vektor. Dengan format vektor dimungkinkan untuk melaksanakan penskalaan, perubahan bentuk poligon, dan lain sebagainya. Format data ini mampu dihasilkan dengan perlindungan digitizer atau dengan melaksanakan konversi dari data raster ke data vektor dengan sebuah acara.

Ada beberapa program yang dapat dipakai untuk konversi ini, misalnya g3data dan Autotrace. g3data mampu dipakai untuk mengekstraksi data dari sebuah grafik. Prinsip kerja program ini mirip dengan digitizer. Autotrace akan mengkonversi data raster ke data vektor secara otomatis.

Bagaimana dengan alat digitizer?
Digitizer menunjukkan kebebasan terhadap kita untuk memilih titik-titik mana yang mau diambil selaku titik acu dalam penggambaran peta. Semakin banyak titik yang diambil dengan digitizer kian baik peta yang mampu digambar. Dengan teknik interpolasi "spline cubic" atau "bspline" tidak dibutuhkan lagi pengambilan titik sedetail mungkin. Ini akan menghamburkan waktu.

Pengambilan titik cukup dilakukan pada titik belok atau puncak gradien dari sebuah gambar, lalu titik lainnya mampu diinterpolasi dengan program lainnya. . Pengambilan data (digitizing) dilakukan dengan program Surfer.

2.Mengubah format ASCII dengan gnuplot
Data yang didigitize dengan acara Surfer biasanya mempunyai susunan X,Y (koordinat) yang mampu disimpan dalam format ASCII. Sebelum data ini mampu digunakan pada program penggambar vektor, misalnya Tgif atau Xfig maka format data mesti dikonversi ke dalam format yang bisa dibaca oleh program ini.

Caranya yakni dengan menambahkan parameter format data ke dalam file ASCII tersebut yang tepat dengan format program yang digunakan, misalnya .obj untuk format Tgif dan .fig untuk format Xfig. Untuk melakukan pergeseran isi file data ini, kita mesti memahami tentang format file baik .obj atau .fig Cara lain dan paling mudah ialah dengan memakai acara gnuplot alasannya adalah gnuplot memiliki terminal keluaran untuk kedua program gambar ini.

Langkah-langkah yang mampu dilakukan untuk mengganti file dari digitizer (ASCII) ke format .obj atau .fig yakni selaku berikut:
1.Buat script gnuplot hingga diperoleh gambar peta sesuai dengan yang didigitize
2.Tambahkan perintah set terminal pada script gnuplot sebagai berikut:untuk file .figset term fig color big pointsmax 5000 landscape metric \fontsize 18 size 42 29.7 thickness 1 depth 50set output "indo.fig"untuk file .objset term tgif landscape [1,1] solid "Roman" 4set output "indo.obj"
Kompilasi script gnuplot dengan acara gnuplot akan dihasilkan file .fig dan file .obj
Edit file .fig dengan program Xfig atau file .obj dengan program Tgif

Cara Kerja Digitizer
Ada beberapa prosedur kerja dari digitizer. Digitizer resistif melakukan pekerjaan atas prinsip pedeteksian titik kontak antara dua bidang resitif. Keuntungan yang diperolah dengan mekanisme mirip ini adalah bahwa digitizer ini tidak memerlukan piranti penuding khusus, yang umumnya disebut stylus, tetapi cukup dioperasikan dengan menggunakan pena biasa, atau bahkan dengan mengguanakan jari tangan. Contoh digitizer yang bekerja atas dasar mekansme ini yakni micropad.

Mekanisme kerja yang lain berdasarkan medan magnet. Piranti penuding ini akan membangkitkan medan magnet yang biasa dicicipi oleh jala-jala magnet yang merupakan bagian utama dari digitizer yang melakukan pekerjaan atas dasar adanya medan magnet.

Demikianlah Pengertian Digitizer dan Fungsinya, supaya bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar