Skip to main content

Pemahaman Hardware, Software Dan Brainware

Didalam sebuah komputer kita akan menemukan ungkapan "Hardware, Software dan Brainware", terlebih didalam dunia pendidikan yang mungkin sering kita mendengar akan tetapi mungkin anda pembaca ada yang masih kurang paham akan apa arti dari kektiga ungkapan tersebut.
Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit menyebarkan berita ihwal apa yang saya pahami dari Hardware, Software dan Brainware.

HardwarePengertian Hardware atau Perangkat Keras ialah bagian pada komputer yang mampu tampakdan disentuh secara fisik. Kaprikornus, rupa secara fisik dari komputer dapat kita sebut selaku Hardware atau Perangkat Keras. Contoh dari Hardware ialah sebagai berikut:

Didalam sebuah komputer kita akan menemukan istilah  Pengertian Hardware, Software dan Brainware

Perangkat Hardware terdiri atas 3 jenis, ialah:
  1. Perangkat Input/Masukan: Merupakan Hardware yang digunakan untuk memasukkan (Input) kode dari pengguna komputer (User). Contohnya ialah Keyboard, Mouse, light-pen, scanner, dan Joystick.
  2. Perangkat Pemrosesan/pengolah data: Merupakan Hardware yang terdapat pada sebuah komputer untuk memproses masukkan/input dari pengguna. Contohnya ialah CPU/Central Processing Unit, ALU.
  3. Perangkat Output/Keluaran: Merupakan Hardware yang dipakai untuk menciptakan suatu proses (output) dari pengguna komputer (User). Contohnya adalah Monitor, Speaker, dan Printer.
Didalam sebuah komputer kita akan menemukan istilah  Pengertian Hardware, Software dan Brainware

Software
Pengertian Software atau Perangkat Lunak yaitu data-data yang terdapat pada suatu komputer yang doformat kemudian disimpan secara digital. Bisa dikatakan bahwa Software ialah bagian yang tidak tampaksecara fisik, namun terdapat dalam suatu komputer. Contoh dari Software yakni selaku berikut:


Software terdiri atas 2 jenis, ialah:
  1. Sistem Operasi: Merupakan Software yang digunakan untuk menghubungkan antara Hardware dengan Pengguna/User.
  2. Software Aplikasi: Merupakan Software yang dapat diaplikasikan untuk menyanggupi kebutuhan pengguna. Contohnya yakni Software paket aplikasi perkantoran mirip Libre Office dan Microsoft Office.
Brainware
Pengertian Brainware atau Perangkat Manusia yaitu orang yang memakai atau mengoprasikan komputer. Contoh dari Brainware adalah Programmer, Netter (sebutan bagi orang yang sedang melaksanakan surfing di Internet), dan orang-orang yang sedang menggunakan komputer. 
Tanpa adanya brainware ini tidak mungkin hardware dan software yang mutakhir sekalipun mampu dimanfaatkan secara maksimal.

Hubungan Antara Hardware, Software dan Brainware

Didalam sebuah komputer kita akan menemukan istilah  Pengertian Hardware, Software dan Brainware

Pengertian Hardware, Software, dan Brainware di atas pasti memiliki kekerabatan antara satu dengan yang lainnya. Seperti pada gambar, bahwa ketiga elemen tersebut mempunyai keterkaitan untuk membuat suatu komputer yang berguna.
Hardware atau Perangkat Keras komputer kalau ada tanpa Software, maka komputer hanyalah suatu mesin yang tidak berkhasiat. Karena Software tercipta untuk mengisi fungsionalitas pada komputer tersebut sehingga terciptalah sebuah komputer yang mempunyai fungsi untuk digunakan.
Apabila Hardware dan Software komputer sudah tercipta, kalau tidak terdapat Brainware untuk mengoperasikannya, maka komputer tersebut hanyalah selaku mesin yang tidak mempunyai fungsi. Bisa dikatakan hanyalah suatu Robot yang diam. Kaprikornus, Brainware atau pengguna merupakan salah satu komponen penting untuk mengoperasikan komputer biar tercipta komputer yang mempunyai fungsionalitas dan mampu menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi pengguna.

Kesimpulan Pengertian Hardware, Software dan Brainware:
Makara, mampu diambil kesimpulan bahwa Pengertian Hardware, Software, dan Brainware ialah unsur atau pondasi penting untuk membangun suatu komputer yang mempunyai fungsionalitas dan berkhasiat bagi manusia.

Demikan sedikit info yang dapat aku berikan tentang Pengertian Hardware, Software dan Brainware. Semoga info di atas dapat berfaedah bagi anda semua yang telah membacanya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar