Skip to main content

Pemahaman Hub Dan Fungsinya

Hub ialah merupakan sebuah perangkat jaringan yang bekerja pada OSI layer 1, Physical Layer. Sehingga Hub hanya bekerja tak lebih sebagai penyambung ataupun concentrator saja, serta hanya menguatkan sinyal di kabel Unshielded Twisted-Pair (UTP). Hub tak mengenal MAC Addressing atau Physical Addressing shingga tidak bisa menyeleksi data yang harus ditransmisikan shingga collision tak mampu disingkirkan dari penggunaan Hub tersebut.



Fungsi Hub:
  • Memfasilitasikan penambahan penghilangan ataupun penambahan workstation.
  • Menambah jarak network (bisa berfungsi selaku repeater).
  • Menyediakan/memfasilitasi kelonggaran dengan mensupport interface yang berbeda (Ethernet, Toket ring dan FDDI)
  • Menawarkan feature-featur yang fault tolerance (Isolasi Kerusakan).
  • Memberikan menegement yang tersentralisasi ( koleksi info, diagnostic).
Pembagian Jenis HUB
Pada dasarnya HUB terbagi dua macam, adalah HUB aktif dan HUB pasif.
  1. Pengertian HUB Aktif adalah HUB yang memiliki kesanggupan untuk memperkuat sinyal atau biasa disebut sebagai repeater. HUB jenis ini bisa untuk meregenerasi sinyal yang masuk dari suatu komputer yang kemudian ditransmisikan kembali ke komputer lainnya. HUB aktif akan sangat memiliki kegunaan untuk menghubungkan dua unit komputer atau lebih dengan jarak yang cukup jauh.
  2. Pengertian HUB Pasif yakni HUB yang hanya bertugas untuk membagikan sinyal transmisi yang masuk ke port port komputer yang terhubung. Dengan memakai HUB Pasif dimungkinkan untuk menambah unit komputer yang terhubung dengan syarat jarak unit komputer dengan komputer yang lain tidak terlampau jauh.
Kelemahan atau Kekurangan Dari HUB
  • Tergolong perlengkapan Layer 1 dalam OSI versi (Physical layer).
  • Tidak dapat membaca paket-paket data.
  • Tidak dapat mengenali sumber dan tujuan data.
  • Hanya berperan menerima dan meneruskan data yang masuk ke semua peralatan di jaringan tergolong yang mengantardata.
Note:
Kecepataan Data pada HUB tergantung banyaknya Device atau Komputer yang tercolok pada port yanga ada di HUB, sehingga pengguna jaringan komputer banyak yang meninggalkan HUB dan Menggantikan dengan Switch. Apa itu SWITCH pada jaringan komputer akan kami diskusikan pada Artikel JavaNetMedia selanjutnya.

Demikian Pengertian HUB dan Fungsinya pada Jaringan Komputer. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar